1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Info Mengapa mutu pendidikan Finlandia terbaik di dunia?(semoga jadi tolak ukur buat kita)

Discussion in 'Random Images' started by Hktoyshop, Aug 9, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    Hktoyshop Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 19, 2008
    Messages:
    14,786
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,909 / -0

    Sistem pendidikan Finlandia adalah yang terbaik di dunia. Rekor prestasi belajar siswa yang terbaik di negara-negara OECD dan di dunia dalam membaca, matematika, dan sains dicapai para siswa Finlandia dalam tes PISA. Amerika Serikat dan Eropa, seluruh dunia gempar.

    Untuk tiap bayi yang lahir kepada keluarganya diberi maternity package yang berisi 3 buku bacaan untuk ibu, ayah, dan bayi itu sendiri. Alasannya, PAUD adalah tahap belajar pertama dan paling kritis dalam belajar sepanjang hayat. Sebesar 90% pertumbuhan otak terjadi pada usia balita dan 85% brain paths berkembang sebelum anak masuk SD (7 tahun).


    Kegemaran membaca aktif didorong. Finlandia menerbitkan lebih banyak buku anak-anak daripada negeri mana pun di dunia. Guru diberi kebebasan melaksanakan kurikulum pemerintah, bebas memilih metode dan buku teks. Stasiun TV menyiarkan program berbahasa asing dengan teks terjemahan dalam bahasa Finish sehingga anak-anak bahkan membaca waktu nonton TV.
    Pendidikan di sekolah berlangsung rileks dan masuk kelas siswa harus melepas sepatu, hanya berkaus kaki. Belajar aktif diterapkan guru yang semuanya tamatan S2 dan dipilih dari the best ten lulusan universitas. Orang merasa lebih terhormat jadi guru daripada jadi dokter atau insinyur. Frekuensi tes benar-benar dikurangi. Ujian nasional hanyalah Matriculation Examination untuk masuk PT. Sekolah swasta mendapatkan dana sama besar dengan dana untuk sekolah negeri.
    Sebesar 25% kenaikan pendapatan nasional Finlandia disumbangkan oleh meningkatnya mutu pendidikan. Dari negeri agraris yang tak terkenal kini Finlandia maju di bidang teknologi. Produk HP Nokia misalnya merajai pasar HP dunia. Itulah keajaiban pendidikan Finlandia.


    Kemajuan sebuah bangsa lebih ditentukan oleh karakter penduduknya dan karakter penduduk dibina lewat pendidikan yang bermutu dan relevan.
    Bagaimana Indonesia?
    Ada yang berpendapat, keunggulan mutu pendidikan Finlandia itu tidak mengherankan karena negeri ini amat kecil dengan jumlah penduduk sekitar 5 juta jiwa, penduduknya homogen, dan negaranya sudah eksis sekian ratus tahun. Sebaliknya, penduduk Indonesia lebih dari 220 juta jiwa, amat majemuk terdiri dari beragam suku, agama, budaya, dan latar belakang sosial. Indonesia baru merdeka 66 tahun.

    Pendapat senada dikemukakan oleh tokoh-tokoh dan pemerhati pendidikan Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Jepang, dan negara-negara lain dibandingkan dengan negaranya. Yang paling malu AS karena unit cost anggaran pendidikannya jauh melebihi Finlandia tapi siswanya mencapai ranking 17 dan 24 dalam tes PISA, sedangkan siswa Shanghai China ranking 1, Finlandia 2, dan
    Korea Selatan 3. Soal siswa di Shanghai China juara masih diragukan karena belum menggambarkan keadaan mutu seluruh pendidikan China. Kalau Finlandia sebagai negara kecil bisa juara mengapa negara kecil yang sudah established seperti Islandia, Norwegia, New Zealand tak bisa?
    Akhirnya semua mengakui bahwa sistem pendidikan Finlandia yang terbaik di dunia karena kebijakan-kebijakan pendidikan konsisten selama lebih dari 40 tahun walau partai yang memerintah berganti. Secara umum kebijakan-kebijakan pendidikan China dan Korea Selatan (dan Singapura) juga konsisten dan hasilnya terlihat sekarang.

    Kebijakan-kebijakan pendidikan Indonesia cenderung tentatif, suka coba-coba, dan sering berganti.
    Lalu bagaimana dengan kebijakan pendidikan Indonesia jika dibandingkan dengan Finlandia?
    1. Kita masih asyik memborbardir siswa dengan sekian banyak tes (ulangan harian, ulangan blok, ulangan mid-semester, ulangan umum / kenaikan kelas, dan ujian nasional). Finlandia menganut kebijakan mengurangi tes jadi sesedikit mungkin. Tak ada ujian nasional sampai siswa yang menyelesaikan pendidikan SMA mengikuti matriculation examination untuk masuk PT.
    2. Kita masih getol menerapkan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) sehingga siswa yang gagal tes harus mengikuti tes remidial dan masih ada tinggal kelas. Sebaliknya, Finlandia menganut kebijakan automatic promotion, naik kelas otomatis. Guru siap membantu siswa yang tertinggal sehingga semua naik kelas.
    3. Kita masih berpikir bahwa PR amat penting untuk membiasakan siswa disiplin belajar. Bahkan, di sekolah tertentu, tiada hari tanpa PR. Sebaliknya, di Finlandia PR masih bisa ditolerir tapi maksimum hanya menyita waktu setengah jam waktu anak belajar di rumah.
    4. Kita masih pusing meningkatkan kualifikasi guru SD agar setara dengan S1, di Finlandia semua guru harus tamatan S2.
    5. Kita masih menerima calon guru yang lulus dengan nilai pas-pasan, sedangkan di Finlandia the best ten lulusan universitas yang diterima menjadi guru.
    6. Kita masih sibuk memaksa guru membuat silabus dan RPP mengikuti model dari Pusat dan memaksa guru memakai buku pelajaran BSE (Buku Sekolah Elektronik), di Finlandia para guru bebas memilih bentuk atau model persiapan mengajar dan memilih metode serta buku pelajaran sesuai dengan pertimbangannya.
    7. Hanya segelintir guru di tanah air yang membuat proses belajar-mengajar itu menyenangkan (learning is fun) melalui penerapan belajar aktif. Terbanyak guru masih getol mengajar satu arah dengan metode ceramah amat dominan. Sedangkan, di Finlandia terbanyak guru menciptakan suasana belajar yang menyenangkan melalui implementasi belajar aktif dan para siswa belajar dalam kelompok-kelompok kecil. Motivasi intrinsik siswa adalah kata kunci keberhasilan dalam belajar.

    8. Di tanah air kita terseret arus mengkotak-kotakkan siswa dalam kelas reguler dan kelas anak pintar, kelas anak lamban berbahasa Indonesia dan kelas bilingual (bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar) dan membuat pengkastaan sekolah (sekolah berstandar nasional, sekolah nasional plus, sekolah berstandar internasional, sekolah negeri yang dianakemaskan dan sekolah swasta yang dianaktirikan). Sebaliknya di Finlandia, tidak ada pengkotakan siswa dan pengkastaan sekolah. Sekolah swasta mendapatkan besaran dana yang sama dengan sekolah negeri.
    9. Di Indonesia bahasa Inggris wajib diajarkan sejak kelas I SMP, di Finlandia bahasa Inggris mulai diajarkan dari kelas III SD. Alasan kebijakan ini adalah memenangkan persaingan ekonomi di Eropa, membuka kesempatan kerja lebih luas bagi lulusan, mengembangkan wawasan menghargai keanekaragaman kultural.
    10. Di Indonesia siswa-siswa kita ke sekolah sebanyak 220 hari dalam setahun (termasuk negara yang menerapkan jumlah hari belajar efektif dalam setahun yang tertinggi di dunia). Sebaliknya, siswa-siswa Finlandia ke sekolah hanya sebanyak 190 hari dalam satu tahun. Jumlah hari liburnya 30 hari lebih banyak daripada di Indonesia. Kita masih menganut pandangan bahwa semakin sering ke sekolah anak makin pintar, mereka malah berpandangan semakin banyak hari libur anak makin pintar.



    SUmbEr


    *** Yang Nikmat dan Sehat KLIK

    Blog HK-Toys KLIK
    Official Web Fleshlight on Hk-toys KLIK
     
    • Thanks Thanks x 10
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    queuniq Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 26, 2010
    Messages:
    472
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +37 / -0
    wah hebat banget pemikiran untuk pengembangan pendidikan yang bener-bener visioner
     
  4. Offline

    saoyuan Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 13, 2009
    Messages:
    2,037
    Trophy Points:
    97
    Ratings:
    +364 / -0
    bener banget ini, ganti pemerintah, ganti juga kebijakannya, yang ada para pelajar kebingungan. perbandingan antara pendidikan indonesia dan finlandia bener-bener tepat.

    ane gak setuju dengan menjadikan hal ini sebagai pertimbangan kenapa indonesia gak maju. bukan alasan indonesia punya penduduk yang lebih besar dan kemerdekaan yang baru 60an tahun jadi gak bisa maju pendidikannya. yang jadi permasalahan adalah poin-poin yang disampaikan TS di atas dan tentu saja kebijakan yang terus berganti tiap pergantian pemerintahan
     
    • Thanks Thanks x 1
  5. Offline

    bernardgo Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 9, 2011
    Messages:
    511
    Trophy Points:
    17
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +129 / -0
    nice inpoo,.. :niceinfo:

    semoga aza, inpo ini bisa dibaca oleh2 petinggi2 qta, shingga mereka bisa memikirkan (dan melakukannya) apa yang terbaik buat bangsa ini,..
    kan alokasi APBN qta untuk pendidikan 20%, tpi masih bnyk sekolah2 tertinggal, BHMN/BLU yang semakin mencekik, n bnyk bnget anak2 daerah yang buta huuruuf,..

    maju terus Pndidikan di Indonesia,..!!
    (maaf klo radaa2 oot yah,.)
     
  6. Offline

    na3ngCut Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 26, 2010
    Messages:
    475
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +44,245 / -0
    bener banget ...

    pantesan indonesia gak maju-maju ..:keringat:
     
  7. Offline

    lo3kie Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 3, 2011
    Messages:
    568
    Trophy Points:
    91
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,062 / -0
    variasi pendidikan dengan metode belajar di indoor maupun outdoor itu sangat bagus buat perkembangan fisik dan mental
     
  8. Offline

    Hktoyshop Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 19, 2008
    Messages:
    14,786
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,909 / -0
    yup... emang bener tuh bro, selain itu praktek kelapangan itu yang akan memberikan pelajaran berharga buat seorang murid.
     
  9. Offline

    JReeFstaR Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 6, 2009
    Messages:
    135
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    Pantesan aja Indonesia gag maju-maju..
    Guru aja disini masi banyak yang S1..
    Itu ja Lum tentu LuLusan terbaik..
    UAN aja banyak yang hasiL nyontek..
    Lum Lagi dTambah Biaya pendidikan yang mahaL..
    PLus oknum guru yang maLakin siswa..
     
  10. Offline

    jaim2010 Beginner Members

    Joined:
    Feb 26, 2011
    Messages:
    271
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +3 / -0
    Kalau di Indonesia sebaiknya sekolah itu gratis, biar banyak yg mengenyam pendidikan.
     
  11. Offline

    styrgwyr Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 4, 2010
    Messages:
    556
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +66 / -0
    perasaan waktu gw sd udah belajar bahasa inggris kok cman sd gw emang swasta

    kayanya kalo di luar itu udah fokus ningkatin mutu pendidikan
    kalo di indo si masi banyak yang dipikirin :

    yang baru aje kmaren2 yang bikin gw :facepalm:
     
  12. Offline

    Hktoyshop Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 19, 2008
    Messages:
    14,786
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,909 / -0
    monggo di lanjutkan maning bro,,,,
     
  13. Offline

    electroboy Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 10, 2010
    Messages:
    26
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    nice info,,,,

    betapa membosankannya terlalu banyak teori,
     
  14. Offline

    Hktoyshop Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 19, 2008
    Messages:
    14,786
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,909 / -0
    hehehehe ane kurang ngerti dengan apa yang agan katakan ini?
     
  15. Offline

    moronichell Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 30, 2008
    Messages:
    537
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +36 / -0
    selain faktor dari sistem pendidikan ini juga besar pengaruhnya
    orang indonesia (termasuk ane kadang2) terlalu males baca, maunya disuapi ilmu terus2an
    padahal kalo mau baca, di internet yang namanya ilmu itu banyaknya gak ketulungan, asal pinter2 aja nyarinya
     
  16. Offline

    Hktoyshop Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 19, 2008
    Messages:
    14,786
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,909 / -0
    ya,,, semua tergantung kemauan juga gan,,,

    kalo emang kitanya malas ya gak bakalan dapat apa2.
     
  17. Offline

    asakuray Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 30, 2011
    Messages:
    761
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +181 / -0
    Wah bener tuh....
    klo siswa di peras terus otaknya malah yang ada bikin stress siswa...
     
  18. Offline

    yudhis273 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 3, 2010
    Messages:
    884
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +2,073 / -0
    nice post, gan..

    ternyata masih banyak yang harus kita benahi di Indonesia
     
  19. Offline

    Hktoyshop Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 19, 2008
    Messages:
    14,786
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,909 / -0
    iya gan..
    harus banyak di benahi.
     
  20. Offline

    Hktoyshop Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 19, 2008
    Messages:
    14,786
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,909 / -0
    monggo di lanjutkan mas bro,,, semoga bener menjadi tolak ukur buat kita.
     
  21. Offline

    silvermelon Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 7, 2011
    Messages:
    199
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +0 / -0
    jangan banyakin ujian nya tp banyakin aktifitas luar nya
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.