1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Biology Mengapa Kita Berhenti Bertumbuh?

Discussion in 'Science and Technology' started by Hyperangel, Jan 27, 2010.

  1. Offline

    Hyperangel Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    652
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,619 / -0
    Rata-rata bayi mempunyai tinggi kira-kira satu kaki, delapan inci pada waktu dilahirkan. Dalam waktu 20 tahun berikutnya, manusia berkembang tiga kali lipat dari panjang tubuh ketika ia dilahirkan dan mencapai tinggi rata-rata sekitar lima kaki delapan inci.
    [​IMG]
    Mengapa manusia tidak terus bertumbuh? Apa yang membuat tubuh berhenti bertambah besar? Di dalam tubuh terdapat sistem kelenjar-kelenjar yang dinamakan kelenjar-kelenjar endokrin yang mengendalikan pertumbuhan tubuh kita.

    Kelenjar-kelenjar endokrin adalah: kelenjar tiroid (kelenjar gondok) di leher, kelenjar di bawah otak yang menempel pada otak, kelenjar timus yang terdapat di dalam dada, dan kelenjar kelamin. Kelenjar di bawah otak adalah kelenjar yang merangsang pertumbuhan tulang-tulang kita.

    Jika kelenjar itu terlalu banyak bekerja, lengan dan kaki kita tumbuh terlalu panjang serta tangan dan kaki kita menjadi terlalu besar. Jika kelenjar tidak bekerja cukup keras, kita mungkin akan tumbuh sebagai orang kerdil.

    Seorang anak dilahirkan dengan kelenjar timus yang besar dan kelenjar itu tetap menjadi semakin besar selama masa kanak-kanak. Ketika seorang anak mencapai usia 13 atau 14 tahun, kelenjar timus mulai menyusut.

    Kelenjar timus dan kelenjar kelamin mungkin mempunyai hubungan tertentu. Selama kelenjar timus bekerja, kelenjar-kelenjar kelamin tetap kecil. Pada waktu kelenjar-kelenjar kelamin berkembang, kelenjar timus berhenti bekertja. Inilah sebabnya mengapa ketika seseorang menjadi dewasa secara seksual pada usia kira-kira 22 tahun, ia akan berhenti bertumbuh!

    Kadang-kadang kelenjar-kelenjar kelamin terlalu cepat berkembang dan menghambat pertumbuhan kelenjar timus lebih cepat. Hal ini sering kali membuat seseorang mempunyai tinggi badan di bawah rata-rata.

    Karena kaki kita bertumbuh lebih lambat dan lebih dari bagian-bagian tubuh lainnya, perkembangan awal ini membuat kaki menjadi pendek. Itulah sebabnya mengapa orang-orang berkembang terlalu cepat sering kali bertumbuh pendek dan gemuk. Napoleon adalah contoh dari jenis orang ini.

    Jika kelenjar-kelenjar kelamin berkembang terlalu lambat, kelenjar timus tetap bekerja dan orang itu menjadi lebih tinggi dari ukuran tinggi rata-rata. Sebenarnya, kita tetap bertumbuh sedikit bahkan setelah mencapai usia 25 tahun, dan kita mencapai tinggi maksimum kira-kira pada usia 35 atau 40 tahun.

    Setelah itu tubuh kita menyusut kira-kira setengah inci setiap 10 tahun sekali! Alasan untuk ini adalah mengeringnya tulang-tulang rawan di dalam sendi-sendi kita dan di dalam tulang belakang pada waktu kita bertambah tua.

    src:http://aku-ingin-tahu.blogspot.com/2008/09/mengapa-kita-berhenti-bertumbuh.html
     
    Last edited: Jan 29, 2010
    • Thanks Thanks x 9
    • Like Like x 4
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    aoi_azzura Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 23, 2008
    Messages:
    268
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +59 / -0
    Makanya banyak atlet yang diutak-atik dengan suntik hormon.
    Tapi utak-atik hormon bahaya banget deh kayaknya.
    :niceinfo:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  4. Offline

    kiefs Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 8, 2009
    Messages:
    1,194
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +747 / -0
    stau anee,,cwo ituu brhenti tumbuh lagi kaloo udah 21 taun gan,,

    nah,,kaloo cwe ituu 19 taun..

    CMIIW,,
     
  5. Offline

    sosmall Senpai Veteran

    Joined:
    Jan 10, 2009
    Messages:
    5,296
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +74,014 / -0
    Wah dalam beberapa tahun lagi masa pertumbuhan dah slsai nih :boong:

    Kalo gitu harus rajin minum vitamin dan berolahraga biar mendapatkan postur tubuh yg ideal :semangat:

    Biar ga nyesal ntar kalo dah slsai masa pertumbuhan :lol:
     
  6. Offline

    tamago Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 26, 2008
    Messages:
    358
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +129 / -0
    Banyak makanan bergizi gan biar cepet gede...

    apalagi klo faktor gen nya udah pendek, tambah susah lagi dah.
     
  7. Offline

    GeePha Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 8, 2009
    Messages:
    172
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +288 / -0
    ^
    nah, gw termasuk tuh

    btt,
    gk kebayang klo pertumbuhan kita gk berhenti, perbedaan ukuran mencolok bgt
    kita (yg msh muda) bakal kesulitan klo bicara ma org tua
    trus org tua juga susah ngerawat bayi yg mungil bagi mereka
    trus ukuran baju jd banyak bgt...
    dll
    :panik:
     
    • Like Like x 1
  8. Offline

    matI_Tersedak_Bubur Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 20, 2008
    Messages:
    397
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +23 / -0
    ough bentar lagi ternyata ...

    sekarang 19 berarti masih bisa tumbuh :sebel:

    target 210 cm ... current 171 cm :panda:

    uooooghhhh :sedih:
     
    • Like Like x 1
  9. Offline

    hidey-holey Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 7, 2008
    Messages:
    12,336
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +23,690 / -0
    untunglah kita berhenti tumbuh disaat tepat, kasihan celana kita harus sering2 diganti kalo tumbuh terus (tapi tkang jahit jadi seneng:p)
     
  10. Offline

    haineko Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 9, 2009
    Messages:
    1,126
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +5,514 / -0
    :apa: haineko dah brenti tumbuh? :???:
    haineko just turned 24 last month :malu2: or am i 23.......darn it i've got problems with math :swt:
    .
    .
    .
    .
    .
    yep, 24 it is
     
    • Like Like x 1
  11. Offline

    notox Post Hunter Veteran

    Joined:
    Nov 11, 2008
    Messages:
    2,840
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +10,008 / -0
    Yup bener skali --> disni kelenjar berperan penting utk melanjutkan dan menghambat.
    Bayangkan klo ada kelenjar yg gk menyusut tapi terus bertumbuh ketika bayi??
    Jadi ny --> Bayi raksasa/ bayi tp sebesar org dewasa :lol:
     
    • Like Like x 2
  12. Offline

    mulia24 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 18, 2009
    Messages:
    284
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +47 / -0
    lho :???: kemarin baru saja baca berita kesehatan di sebuah surat kabar harian lokal di rubrik kesehatannya bahwa manusia berhenti berkembang pada usia 20 tahun, koq disini beda ya? tapi tidak apa2 deh, pendapat masing2 orang kan beda, ilmuwan dan peneliti juga sering berbeda pendapat dan menulis jurnal menurut pendapatnya sendiri. :malu:

    wah, tinggi badan saya sekitar 170cm, berarti kelenjar pada tubuhku berkerja kurang maksimal :ngambek: , masa sepupuku yang beda usia (lebih kecil muda 5 tahun dari saya) koq malah dah 173cm :onfire: tuh kelenjar nya over work berarti. tapi lebih baik lebih tinggi ketimbang lebih *tidak begitu tinggi* karena kerja yang tinggi banyak (atlet,model,dll) kalau yg *tidak begitu tinggi* lebih sedikit (badut/aktor humor). :hiks:
     
  13. Offline

    dibu Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 8, 2009
    Messages:
    553
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +99 / -0
    bukannya itu juga dipengaruhi faktor turunan juga?
    hormon2 yang bekerja + asupan vitamin yang masuk ke dalam tubuh? :???:
    makanya tinggi orang berbeda2...

    trus kalo mengkonsumsi pil2 peninggi badan kaya yang di iklan2 tipi ngaruh gak yah kalo diminum yang uda lewat dari masa pertumbuhan? :???:
     
  14. Offline

    Fusilier Beginner Members

    Joined:
    Mar 28, 2009
    Messages:
    284
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +21 / -0
    Aku punya buku yang dijadikan TS sebagai sumber : "Aku Ingin Tahu" karya Arkady Leokum. Sayang udah nggak terbit lagi (aku beli di 2001, waktu kelas 3 SD). Buku itu sekaligus juga sumber dari sumber thread ini. Thread ini kan dari 'aku-ingin-tahu.blogspot'. Nah, aku buka itu source, trus ingat pernah baca. Bongkar literatur, ketemu
     
    Last edited: Mar 21, 2010
  15. Offline

    Luminescence Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 11, 2010
    Messages:
    777
    Trophy Points:
    57
    Ratings:
    +17 / -0
    wow..ternyata kelenjar kelamin memegang peranan penting bagi pertumbuhan manusia ya? :???:
     
  16. Offline

    nakamura197 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 30, 2009
    Messages:
    552
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +499 / -0
    Menyusutnya kan karena membungkuk setau gw... jadi bilangan manusia menyusut kayaknya gak tepat.... karena sifat2 sel yang irreversible
     
  17. Offline

    fantajiiorz Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 13, 2010
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    ....tinggi maksimum kira-kira pada usia 35 atau 40 tahun.:kaget:

    asyik ternyata ane masi ada harapan gan..
    hahaha..
     
  18. Offline

    tellor Beginner Members

    Joined:
    Feb 8, 2010
    Messages:
    373
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +135 / -0
    gue dah 25 lebih perasan gak nambah nambah.... :bingung: .. kalo max usia 35 / 40 th sukurlah :sigh: berarti mashi ada harapan tambah tinggi aku :haha: :semangat::semangat:
     
  19. Offline

    yuripuspita Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 24, 2010
    Messages:
    1,144
    Trophy Points:
    132
    Ratings:
    +4,743 / -0
    aku sama kakakku gizinya sama tapi kakakku sering gelantungan di pintu yang membuat dia tinggi banget malah di julukin tiang listrik..ternyata faktor gizi itu ga cukup...
     
  20. Offline

    Fallen_Angelz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 1, 2010
    Messages:
    974
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +59 / -0
    faktor gizi n keadaan psikis, bener2 ngaruh...
    apalagi dari gen keturunan ortu kita...
     
  21. Offline

    djackdani Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 28, 2009
    Messages:
    387
    Trophy Points:
    57
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +45 / -0
    Hmm....bener juga ya!! Berarti klo anak pubernya cepet maka pertumbuhan badanya jadi melambat karena kelenjar timus mulai berhenti bekerja. Anak2 zaman sekarang kecil2 pikiranya sudah dewasa intinya sudah cepet matang :hahai:



    :niceinfo::niceinfo:
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.