1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Other Menabung, Langkah Pertama Menuju Hidup yang Lebih Baik

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by zacktheripperz, Feb 21, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    zacktheripperz Beginner Members

    Joined:
    Jan 17, 2010
    Messages:
    201
    Trophy Points:
    102
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,136 / -0
    Benar nggak sih, kalau kita menghasilkan uang lebih banyak berarti hidup yang lebih baik?

    Bukannya yang terjadi malah seperti ini; Meningkatnya pendapatan biasanya dibarengi dengan kenaikan standar hidup atau gaya hidup. Sehingga -sama saja- Anda akan tetap menghabiskan hampir seluruh penghasilan bulanan untuk memenuhi gaya hidup yang baru. Bayangkan saat Anda mendapatkan promosi maka dengan standar hidup baru Anda “harus” membeli mobil yang lebih mempresentasikan jabatan Anda. Mobil baru dengan kredit yang artinya utang. Kemudian, masih cara pikir yang sama Anda merasa dengan posisi sekarang ini maka saya harus membeli rumah yang lebih bagus. Dengan pola pikir dan kebiasaan seperti ini, sulit untuk mencapai apa yang diinginkan, yaitu kekayaan atau kesejahteraan masa datang.

    [​IMG]

    Apa yang menjadi masalah dari pola pikir seperti ini?
    Sangat tidak benar bila Anda berpikir bahwa kekayaan akan datang dengan sendirinya karena penghasilan Anda besar serta tetap mempertahankan perilaku keuangan Anda. Anda harus berubah menjadi lebih baik dan lebih bertanggung jawab.Langkah pertama yang dapat Anda ambil adalah budayakan menabung.

    Menabung adalah menyisihkan dana dari pendapatan setiap bulannya untuk suatu tujuan keuangan di masa depan.

    Lazimnya untuk meraih tujuan keuangan tersebut Anda melakukan dengan dua cara.
    Pertama adalah dengan berhutang atau meminjam dana pada pihak tertentu, misalkan bank. Dengan mengambil langkah ini Anda harus membayar jumlah utang yang Anda pinjam dan bunganya. Sedangkan yang kedua adalah dengan menyisihkan dana dari pendapatan sampai terkumpul dana yang cukup untuk membeli barang yang Anda inginkan atau tujuan keuangan yang ingin dicapai.

    Dari segi waktu, cara pertama memungkinkan Anda untuk membeli sesuatu lebih cepat dibandingkan dengan cara kedua. Dengan itu, Anda harus membayar lebih dengan bunga yang harus ditambahkan dari biaya awal. Namun, perihal utang ini harus dipertimbangkan secara bijak. Jangan sampai cicilan utang yang harus dibayar setiap bulannya memberatkan keuangan Anda dan keluarga. Secara umum, dari pendapatan yang diperoleh setiap bulannya, alokasi dana untuk cicilan bulanan tidak melampaui 30 persen.

    Bila Anda bisa menyisihkan sebagian dari pendapatan Anda secara regular, maka potensi pencapaian tujuan juga akan semakin meningkat.

    Mengapa orang sulit untuk menabung?
    Salah satu hal yang menyebabkan sulitnya individu untuk menabung adalah tujuan keuangan. Tanpa tujuan keuangan yang spesifik maka tidak ada dorongan atau motivasi untuk mencapai apa yang diidamkan selama ini. Oleh karenanya kami merasa bahwa tujuan keuangan menjadi sangat dibutuhkan.

    [​IMG]

    Mungkin juga karena Anda tidak memiliki account tabungan atau investasi yang berbeda dengan tabungan pemakian sehari-hari. Karena bila tabungan untuk kebutuhan harian dan tabungan untuk tujuan masa datang berada dalam satu account maka akan sangat sulit untuk dapat menyisihkan sebagain dari tabungan tersebut. Karena semuanya berasal dan menuju kesatu tabungan. Ada baiknya bila Anda mulai memikirkan untuk membuka rekening tabungan atau investasi yang lain sebagai penempatan dana guna mencapai tujuan keuangan yang dimiliki.


    SOURCE
     
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    Aragon81 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 25, 2008
    Messages:
    1,633
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +4,942 / -0
    wah gan....
    kalo menbung pasti ada yang ditabung...
    gimana yang gali lubang tutup lubang ya...

    menabung juga ngurangi duit kita lo gan...
     
  4. Offline

    mulia24 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 18, 2009
    Messages:
    284
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +47 / -0
    menabung merupakan kegiatan yang berguna, kita tidak pernah tahu kapan kita akan membutuhkan uang pastinya. dengan menabung kita telah membuka sebuah jalan baru yang akan kita pakai nantinya ketika kita mendapati jalan buntu. umumnya uang kita terkuras saat menemui masalah kesehatan (dah berpengalaman banget saya soal ini) :sedih:

    sayangnya menabung sulit bagi banyak orang (termasuk saya). istilahnya pantang lihat uang dalam dompet. :hiks: apalagi kalau sudah ketemu barang elektronik yang canggih2 :hihi: lenyap dah rencana tabungan dan tabungan yang telah ada.. :aghh:
     
  5. Offline

    jetpumz Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 10, 2009
    Messages:
    72
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +8 / -0
    setuju gan... tapi gataw kenapa kalo gw nabung gw punya perasaan aman buat pengeluaran gw entarnya nih.... ya konklusinya nabung tuh bukan dosa dan bakal berguna buat demikian harinya ^^ nice info brader keep the hard work

    :idws: :niceinfo:
     
  6. Offline

    hidey-holey Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 7, 2008
    Messages:
    12,329
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +23,684 / -0
    menabunglah dengan serius,
    dalam artyian, menabung saja, jangan pake atm dan cc, karena dua itulah yang membuat orang bertanya2 kenapa tabungannya koq stagnan
     
  7. Offline

    meech Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 1, 2007
    Messages:
    1,874
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +87,708 / -0
    drpd ditabung lebih cepet berkembang klo di-invest aja duit nya
    klo takut rugi?
    ya deposito aja deh :lol:
     
  8. Offline

    mulia24 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 18, 2009
    Messages:
    284
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +47 / -0
    setuju, saya sendiri memiliki ATM yang saya amankan didalam laci saya dan tidak pernah saya gunakan, alasan saya membuat kartu ATMnya yah untuk jaga2 dikalau saya butuh uang dan tidak ke bank (lokasi jauh). dan untungnya, sampai saat ini ATM tersebut tetap diam disarangnya :hahai: dengan kata lain belum pernah saya gunakan, saya sadar keberadaan ATM membuat tabungan saya di cut setiap bulan, namun dengan alasan jaga2 maka ATM tetap saya take. CC? saya ingin, namun belum punya, alasan, malas apply :hehe: lagian berbahaya apabila saya pegang :panda: kalau pas di Car***** lewat stand2 elektronik kan bahaya :ngambek: karena pasti tertarik untuk membelinya.

    betul kalau tabung lambat berkembang, untungnya pemerintah baru2 ini membuat program *tabunganku* tujuannya agar banyak rakyat indonesia yang belum memiliki tabungan dapat menabung tanpa was-was. karena tabunganku punya banyak kelebihan katanya (saya bukan jadi agen promosi pemerintah lo). yang saya tahu cuman 1, yakni bebas ADM (mirip da***** leb** deh). :hot:

    NB: yang menurut saya kemungkinan berbau promosi selalu saya sensor dengan (*) :malu2: ogah promosi without incentive :piss:
     
  9. Offline

    ippayajus Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 5, 2009
    Messages:
    221
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,192 / -0
    nice tips.. memang dibutuhkan tujuan2 keuangan sebagai motivasi untuk mencapainya.. pengalaman pribadi memang semakin besar pendapatan maka pengeluaran semakin besar karena kebutuhan bervariatif n selalu ingin dipenuhi selama ada cadangan dana.. harus punya tekad kuat untuk mengeremnya..
     
  10. Offline

    flyn Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    May 2, 2009
    Messages:
    220
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +204 / -0
    [translating...... OK]
    [result: "jangan menabung di bank, menabunglah di celengan ayam jago" :haha:]

    emang sih kalo nabung di bank n isinya sedikit, bukannya nambah
    malah kepotong biaya administrasi.. :panda:
     
  11. Offline

    dejivrur Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,103 / -2
    kalau punya duit gw mau nabung dalam bentuk tanah ah

    yang namanya tanah kan, makin tahun makin naik harganya
    investasi, tapi nabung penting sih...
     
  12. Offline

    hidey-holey Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 7, 2008
    Messages:
    12,329
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +23,684 / -0
    saia pernah itung2,dari bank *********** supaya bunga bank diatas biaya administrasi bulanan, minimal saldo kita ahrus 60juta:p

    kalo di ayam jago lebih cepet habis dong, kan lokasinya mudah dijangkau, kecuali kalo celengannya dikubur di tempat terpencil:hehe:
     
    • Like Like x 2
  13. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,149
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,162 / -0
    Terkadang (atau malah sering) nafsu dan gengsi pingin keren bikin dompet terkuras :nangis:

    yg penting:
    Hiduplah sehari2 seakan-akan Anda tidak punya uang banyak...
    Kalo perlu, dompet yg dibawa ke mana diisi seadanya, jadi begitu kita lihat barang yang bagus, kita merasa seolah2 engga bawa uang... jadi keinginan untuk menguras dompet buat hal2 tidak perlu akan teredam dengan sendirinya.
     
  14. Offline

    fickre Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 13, 2010
    Messages:
    45
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +301 / -0
    tapi bukannya nabung itu malah membatasi gerak kita untuk selalu berbuat lebih?
    coba kita perhatikan sejarah nabung itu darimana.
    denger2, nabung itu berasal dari kebiasaan yg ditanamkan VOC buat org indo biar org2 indonesia ga memiliki jiwa "ingin selalu lebih"
    bayangin klo kita ga nabung..kita akan terus kekurangan dan selalu membuat inovasi untuk dapet sesuatu yg lbh banyak dan lebih banyak....
     
  15. Offline

    superlover Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 6, 2009
    Messages:
    424
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +146 / -0
    IMO,nabung itu sbenernya bukan sarana untuk dapetin duit lebih dari bunga yg dikasi bank.. Nabung di bank dapet bunga,ya itu mang hak kita,tp mnurut gw esensi nabung adalah gmana mental kita buat memanage uang kita sndiri,alias ngatur cash flow..
    Org yg gk pernah nabung,gmana bisa punya uang katakan 1,2jt staon (100rb x 12 bulan),krn pnghasilan dia dipake buat beli ini n itu.. Dah gk bisa pny 2,4 jt staon,gmna bisa dia pny 24jt staon,dah gt gmna bisa dia dapet 24 jt staon? Nabung nyiapin mental kita klo bbrp waktu mendatang,kita naek pangkat,naek gaji,penghasilan kita abis gr2 buat foya2..
    So,nabung penting bgt n stuju, nabung itu langkah pertama menuju hidup yg lbh baik.. tapi disertai usaha2 yg laen tentunya.. :piss:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.