1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Memangnya Kamu Bisa Lebih Baik???

Discussion in 'Motivasi & Inspirasi' started by Arthuria, Jun 13, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    Arthuria Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 5, 2009
    Messages:
    1,234
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +259 / -0
    Cuman mo sekedar menyampaikan uneg2 aja sie, kalo gue sala post silahkan di move aja.

    Sebagai orang yang lumayan seneng nongkrong di forum2 online gue banyak menemukan beberapa postingan yang mengkritik sesuatu, apa aja, baek itu pemerintah, seorang artist, dan lain lain sebagainya. Dan di tiap postingan itu pasti ada yang menjawab dengan kata2 sakti yang gue jadikan judul yaitu "Memangnya kamu bisa lebih baek??"

    Ini menurut pendapat pribadiku sie, dan mungkin berbeda dengan pendapat orang lain, tapi menurutku kata2 itu bener2 kata2 yang tidak pantas untuk menjawab sebuah kritik, kenapa? memangnya kalo aku ga bisa maen musik aku ga berhak menentukan seorang penyanyi ato band itu jelek? memangnya kalo aku ga bisa bikin film yang bagus aku ga berhak menentukan sebuah film itu bagus atau jelek??? kalo memang begitu seandainya ada seorang dokter melakukan malpraktek berarti sang pasien ga boleh protes, kenapa? karena memangnya sang pasien bisa jadi dokter yang lebih hebat??

    menurut gue sie orang yang biasa menggunakan kata2 "Memangnya kamu lebih baek" adalah orang yang tidak siap untuk di kritik, bayangkan aja, yang dikritik baru sesuatu yang disukainya misalnya grup band yang disukainya di kritik karena dianggap plagiat, trus dikluarinlah kata2 sakti tadi, itu baru sesuatu yang disukainya, bagai mana nanti kalau dia mengluarkan sebuah karya trus ada yang mengkritiknya.

    Dalam Novel pendekar pemanah burung rajawali ada satu adegan sewaktu Racun Barat dikepung oleh para tokoh dunia persilatan dan hendak diadili. Kalian tau apa pembelaan si Racun Barat?? yap kata2 sakti yang mirip, dia bilang kira2 begini :"Memangnya diantara kalian ada yang tidak pernah membunuh orang atau melakukan kejahatan semacamnya?", gampangnya sie dia bilang "memangnya kalian lebih baek dari aku?", jadi jelas kan bagaimana tipe orang yang senang menjawab atau membela sesuatu atau orang lain dengan kata2 itu.

    karena itu mulai sekarang cobalah untuk menjawab kritik tidak dengan kata2 tersebut, kalau misal ada yang mengkritik sesuatu yang kamu sukai, cobalah jawab dengan memaparkan fakta2 kenapa kamu menyukainya, misal kalau ada yang bilang band kesayanganmu plagiat ato kampungan jawab dengan fakta apa saja kehebatan band itu, itu akan lebih baek.
     
    • Like Like x 3
    • Thanks Thanks x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Online

    Kite Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    589
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +516 / -0
    yup, saya setuju...
    untuk mengkritik seseorang atau apapun pasti dibutuhkan dasar mengapa hal tersebut layak di kritik.
     
  4. Offline

    Ken Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 10, 2009
    Messages:
    4,367
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +56,962 / -0
    menurut saya orang yang mengkritik itu ga mikir dari sudut pandang orang yang dia kritik..
    :sigh:
     
  5. Offline

    gegege Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 6, 2009
    Messages:
    729
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +419 / -0
    Setuju banget gan... Tapi memang kritik itu kan dilandasi oleh cem-macem hal, ada yang objektif ada yang subjektif, jadi kalo mo ngritik, ya mbok yang rasional gitu, biar yang dikritik juga bisa nerima, ya toh?
     
  6. Offline

    tarumainfo Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 1, 2009
    Messages:
    566
    Trophy Points:
    207
    Ratings:
    +5,812 / -0
    Saya setuju sekali. Dengan statement :

    Untuk mengkritisi sebuah karya seni, memang tidak diperlukan kemampuan khusus untuk menilai. Semisal untuk menilai sebuah musik, tidak perlu menjadi ahli musik, mengerti komposisi, dan lain sebagainya. Yang diperlukan adalah kemampuan meneliti sebuah lagu dengan cermat (liriknya, dan keseluruhannya).
    Akan tetapi, untuk mengkritisi sebuah bidang yang eksak seperti dokter, kita setidaknya memiliki pengetahuan tentang bidang tersebut.

    Jadi harus dibedakan untuk mengkritisi sebuah karya seni dengan karya ilmiah. Yah, jadi, memang gak bisa dicampurkan kedua karya itu dan menentukan standardisasi untuk mengkritik *ciaaahhh*. hahahaha.

    Tapi, tuk statement "Memangnya kamu lebih baik?", MENURUT SAYA, merupakan statement yang dilontarkan untuk memberhentikan diskusi dan menyerang secara personal.
    Solusinya tuk statement seperti diatas, MENURUT SAYA,
    kalau orang ketiga yang berkata seperti itu, tinggal dijawab dengan "Tidak, tapi saya lebih baik dibandingkan anda dengan tidak melontarkan statement seperti itu"
    kalau orang pertama, tinggal dijawab dengan statement diatas atau "Tidak, akan tetapi saya ingin mendengarkan penjelasan anda atas statement sebelumnya (semisal ngomong "Plagiat!", dlsb)"

    Itu menurut saya looooohhhh..
    Tapi, klo emang orangnya lagi semangat tuk ngajak debat dlsb. Jawab ajah "Ya, saya lebih baik dari anda sampai saya tidak perlu membuktikannya kepada anda."

    LOL. :piss:
     
  7. Offline

    Arthuria Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 5, 2009
    Messages:
    1,234
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +259 / -0
    @ tarumainfo, sip pendapat anda sangat menarik,
    dan tanggapan untuk statement itu juga oke, saya tidak terpikir untuk menanggapi seperti itu,

    dari beberapa sumber di internet gue juga pernah baca, menganggapi kritik itu bukan dengan cara menyerang yang mengkritik, soalnya kalo kita menyerang kapabilitas si pengkritik itu justri memperlihatkan kalau si pengkritik benar, dan juga menunjukan kekerdilan hati kita.

    @ ken : kritik itu pasti ada, apa lagi kalau kamu mengeluarin sebuah karya, dan kritik itu juga penting, karena dari situlah kita bisa tau apakah karya kita itu diterima atau tidak. dan ya anda benar, memang si pengkritik tidak dan tidak akan pernah melihat dari sudut pandang yang di kritik, karena emang itu kenyataannya, mis ada suatu band yang mengeluarkan sebuah singgle, nah si pengkritik ga bakal mau tau bagaimana susahnya bikin satu lagu itu, si pengkritik cuman taunya bagai mana hasil dari lagu itu yang di dengarnya. Karena itulah si penghasil karya harus bisa dan harus siap untuk menerima kritik
     
  8. Offline

    noerha Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 19, 2010
    Messages:
    3,043
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +88,896 / -0
    Saya rasa ada perbedaan pengertian antara kritik dan debat/adu mulut...
    Tapi kalo dijelaskan saya juga agak bingung....:keringat:
    Intinya, saya setuju kalau keluar kata2, Emang kamu bisa lebih baik.... Artinya itu sudah tidak sehat.
     
  9. Offline

    marzhell Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 8, 2010
    Messages:
    48
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +654 / -0
    Stuja bangettt, paling kesel klo dah dkritik ngeluarin kata2 keq gitu ,, kliatan langsung dah sifatnya, pengen menang sendiri , sombonggg, huhhh,, jempol dah buat TS
     
  10. Offline

    tarumainfo Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 1, 2009
    Messages:
    566
    Trophy Points:
    207
    Ratings:
    +5,812 / -0
    Wah, bacaan dari mana tuh. Saya sih seringnya mengamati kondisi di sekitar saya. Haha. Tiba-tiba ajah bisa mikir kayak gituan. haha.
    Benar juga, kalau mengkiritik jangan dengan secara menyerang. Akan tetapi, itu tidak ada bedanya dengan orang yang sudah pikirannya sempit. Lalu solusinya apa jika memang orang itu terbukti sempit? Yah, menurut saya, biarkan saja. Tidak ada yang bisa dilakukan. Resiko jika mengkritik orang tersebut sepertinya dianya juga gak bakalan ngomong" lagi sih. Eh, tapi, gak tau juga sihh. Hanya hipotesa saya biasa...

    Tapi, kalau itu sih, masalahnya adalah bukan di pengkritik melainkan di pendengarnya. Ada yang mampu mendengar kenyataan walaupun pahit ada yang tidak. Lalu siapa yang salah? Tidak ada. Jikapun dipaksa apa penyebabnya adalah masalah umur dan mind-state. Tapi, jangan sampai mengeluarkan kata-kata yang sarkasme sih. Dan pastinya dalam mengkritik sih, harus disertai solusi.

    Kalau saya sih setiap mengkritik biasanya bertanya dulu "Mau dikritik gak sama saya?". Hahaha. Di Kampus, saya biasanya paling sering mengkritik. Tapi, sekarang, sih, mengkritik kalau ada persetujuan orangnya. Yah. Menurut saya sih, karya seni jangan dikritik. Kenapa? karena tingkat relatifnya bisa lebih tinggi daripada karya eksak. :D Sayangnya, saya lebih suka mengkritisi karya eksak. :D
     
  11. Offline

    zillagod7 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 10, 2009
    Messages:
    292
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +22 / -0
    memang-nya kamu bisa lebih baik? jawaban macam apa itu? jawaban kepepet? hahaha....
    klo masalah kritik karya seni kan emang bebas dari sudut pandang apapun bagaimana pandangan pemirsa memandang karya seni tsb.... gak ada yang salah kok, klo udah plagiat sih malah gak layak dikritik kale.... buat apa ngritik karya plagiat?
     
  12. Offline

    Arthuria Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 5, 2009
    Messages:
    1,234
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +259 / -0
    emang sie boss, tapi herannya banyak bener yang mengeluarkan kata2 itu, mo di facebook, forum atau situs berita, ntah la yaa apakah orang yg ngeluarin kata2 itu kurang pendidikan kale yaa, tapi bener juga yak ngekritik karya plagiat bikin capek aja yak ngetiknya hehe
     
  13. Offline

    cobel_witch Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 27, 2009
    Messages:
    68
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +9 / -0
    Pada intinya.... siapa pun atau apa pun yang ingin maju dalam bidang apa pun memang musti siap menghadapi apa pun.... Kritik kek, fitnah kek apa kek.... Dan manusia itu kan emang nggak puasan... jadi pasti akan ada hal-hal yang di kritikin terus.... atau di protesin.. Yah kayak gue gini... Nganggur binggung.. begitu dapet kerja ngeluh terus tentang kerjaannya.... (kok gw jadi curhat...??? maap yak)
     
  14. Offline

    shinminho Senpai Veteran

    Joined:
    Sep 29, 2009
    Messages:
    5,202
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,814 / -0
    yup,setuju sekali gw, tujuan kritik kan supaya bisa intropeksi diri untuk lebih baik/bagus lagi ,orang yg gak siap di kritik berarti menggangap dirinya udah baik/bagus
     
  15. Offline

    harumiya Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 11, 2009
    Messages:
    566
    Trophy Points:
    77
    Ratings:
    +247 / -0
    stuju banget kk, emang itulah fungsi dikritik, agar tertantang untuk lebih baik lagi dan smakin menunjang kreativitas.
    tapi aku sepertinya orang yang kebal terhadap kritik ni....gawat gawat... :hahai:
     
  16. Offline

    benih Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 11, 2009
    Messages:
    484
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,282 / -0
    benar kk

    la kita kan sekedar mengkritik

    artinya memberi masukan

    malah protes
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.