1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Melaporkan Maling Pulsa Malah Dipolisikan

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by vincentrevival, Oct 10, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    vincentrevival Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,338
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,522 / -0
    Jakarta - Sudah tiga hari ini, Maya Masfufah, ketakutan. Ia bahkan tidak kuasa membendung air mata memikirkan nasib sang suami, Feri Kuntoro dan tiga anaknya. Ia sangat cemas Feri akan masuk penjara.

    Maya ketakutan setelah Kamis, 6 Oktober, PT Colibri Networks, penyedia layanan konten handphone melaporkan balik Feri ke Polres Jakarta Selatan. Feri dituduh melakukan pencemaran nama baik karena mengadukan PT Colibri dan Telkomsel ke Polda Metro Jaya atas tudingan pencurian pulsa.

    "Istri saya nangis terus pas tahu saya dilaporkan. Dia kan nggak kerja kalau saya sampai di penjara, bagaimana nanti nasib tiga anak kami," jelas Feri kepada detik+.

    Feri merupakan satu-satunya warga yang berani melaporkan kasus pencurian pulsa yang akhir-akhir ini meresahkan masyarakat ke Polda Metro Jaya. Setiap bulan pulsa senilai Rp 50-an ribu raib tidak tahu juntrungnya dari handphone Feri. Feri mengetahui penggerusan pulsa ini dari hasil print out tagihan bulanan yang ia terima dari Telkomsel.

    Feri menduga pulsanya tersedot setelah mengikuti sebuah program undian lewat SMS dengan hadiah Blackberry yang ditayangkan oleh televisi swasta, pada Januari 2011.

    Ketika mendaftar, Feri tidak mendapatkan pertanyaan atau jawaban yang ia terima. Yang muncul malah SMS tentang artis-artis yang tidak jelas alias tidak ngetop. Bahkan terkadang SMS itu masuk ke selulernya saat tengah malam. Hal itu terang saja membuat pelanggan kartu pasca bayar Telkomsel ini merasa terganggu.

    Ia pun memutuskan untuk keluar dari program undian itu. Tapi anehnya, saat ia ingin melakukan unreg terhadap program undian itu tidak pernah berhasil. Alhasil, SMS-SMS premium itu tetap masuk dan menguras pulsa miliknya.

    Pada Juni 2011, Feri lantas mendatangi gerai Grapari di daerah Gambir, Jakarta Pusat. Tapi customer service Grapari tidak memberikan jawaban yang memuaskan saat ditemui Feri.

    "Saat saya meminta SMS premium ke nomer saya diputus, orang Grapari cuma bilang biayanya nggak seberapa kok Pak. Jawaban customer service itu tentu saja membuat saya kesal," terang Feri saat ditemui detik+ di wilayah Jakarta Selatan.

    Gemas dengan sikap cuek operator dalam menyikapi pencurian pulsa ini, Feri akhirnya melaporkan Telkomsel dan PT Colibri Networks ke Polda Metro Jaya pada 6 Oktober 2011. Kasus yang dilaporkan Feri mendapat nomor laporan LP/3409/X/2011/PMJ/ Dit. Reskrimsus.

    "Bagi saya mungkin uang segitu (Rp 50 ribu/ bulan) tidak masalah. Tapi saya tidak suka dengan cara mereka mengambil pulsa dengan cara seperti itu. Makanya supaya jadi pembelajaran saya melaporkan pencurian pulsa itu ke polisi," ujar Feri.

    Feri berharap pelaporan terhadap operator bisa merangsang pelanggan lain yang merasa pulsanya dicolong mau melakukan hal serupa. Apalagi bukan tidak mungkin yang merasa tertipu dengan akal-akalan SMS premium tersebut kebanyakan masyarakat kelas bawah yang tidak mengerti adanya pencurian tersebut.

    Polisi masih menganalisa laporan Feri, apakah memenuhi unsur pidana atau tidak. Untuk itu polisi akan melibatkan saksi ahli dalam penyidikan.

    "Kita masih menganalisa dulu, ada langkah-langkah yang harus kita tempuh. Misalnya meminta keterangan ahli dulu," kata Kasubdit Cyber Crime Polda Metro Jaya AKBP Wisnu Hermawan.

    Tapi hanya selang beberapa jam dari laporan Feri, PT Colibri balik melaporkan suami Maya ini ke polisi. Bapak tiga anak ini diadukan ke Polres Jakarta Selatan atas tudingan melakukan pencemaran nama baik.
    Kuasa hukum Colibri Networks, Andri W Kusuma menyatakan laporan Feri ke Polda Metro Jaya tidak memiliki landasan yang kuat. Andri menyatakan, Feri berlangganan konten SMS premium yang dikelola Colibri Networks dengan nomor *933*33# secara sukarela.

    "Registrasinya secara sukarela terhadap 2 layanan kami. Jadi secara sadar dia tahu bahwa layanan itu berbayar," kata Andri.

    PT Colibri mengaku sudah memberikan penjelasan yang memadai soal konten berbayar itu. Perusahaan ini juga tidak percaya Feri telah melakukan unreg tapi selalu gagal.Menurut Andri, kalau memang mengirim unreg tidak mungkin akan gagal. "Kalau pun ada gangguan, itu ada di pihak operator. Pasti akan diterima pihak operator kemudian saat jaringan itu baik dan akan langsung diputuskan layananya," ucap Andri.

    Laporan balik PT Colibri itu sempat membuat keder Feri, terlebih sang istri jadi sedih dan menangis. Tapi Feri kini telah mantap untuk terus maju dengan kasus maling pulsa yang dilaporkannya. Ia pun sudah mendatangi Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) dan mendapat dukungan. Didampingi pengacaranya, David Tobing, Feri siap menghadapi serangan balasan dari Colibri. "Mungkin itu (laporan Colibri) untuk menakuti pelanggan agar tidak berani melapor ke polisi," ujar Feri.

    Sebenarnya masalah penyedotan pulsa yang dialami Feri sudah lama terjadi dan memakan banyak korban. Setidaknya, menurut catatan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), modus perampokan pulsa via SMS premium sudah terjadi sejak 3 tahun lalu.

    "Pada 2010 saja yang melaporkan penggerusan pulsa lewat SMS premium mencapai 101 orang," ujar Tulus Abadi, Pengurus Harian YLKI kepada detik+.

    Pengaduan para pelanggan operator selular itu kemudian diteruskan kepada operator dan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI). Saat itu, kemudian YLKI mengadakan mediasi dengan operator, BRTI, dan penyedia layanan konten atau content provider (CP). Tapi sayangnya pengaduan kandas karena seluruh operator yang diundang tidak hadir.

    Keengganan operator mempertanggungjawabkan layanannya ini, menurut Tulus, berpangkal kepada Kemenkominfo yang dianggap tidak tegas dan acuh terhadap keluhan para pelanggan operator seluler.

    YLKI berharap laporan Feri tidak menguap di tengah jalan. "Polisi harus serius menindaklanjuti laporan itu. Karena banyak konsumen yang dirugikan," tandas Tulus Abadi.

    Sementara General Manager Corporate Communications Telkomsel Ricardo Indra, saat dihubungi detik+ untuk meminta tanggapan soal dilaporkannya Telkomsel sebagai operator yang menyedot pulsa ke Polda Metro Jaya, belum mau memberikan tanggapan. Pertanyaan detik+ via surat elektronik yang diminta Ricardo sampai berita ini diturunkan belum kunjung dibalas.

    sumber : http://www.*********.com/read/2011/...159/melaporkan-maling-pulsa-malah-dipolisikan
     
    • Thanks Thanks x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    vincentrevival Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,338
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,522 / -0
    indo oh indo.... semua serba pakai uang, ga ada hukum. yg berkuasa yg menang, siapa yg bisa melawan org beruang kalo kita benar sekalipun. yg ada cuma bisa tutup mulut terima nasib :dead:
     
  4. Offline

    am4terazu Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 25, 2009
    Messages:
    2,631
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,767 / -0
    astaga....
    Beraninya sama wong cilik... :hulk:
     
  5. Offline

    zulfikarfahmi Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 20, 2010
    Messages:
    555
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +102 / -0
    apaan tuh?

    dasar ga punya etika tu orang

    konsumen merugi harus di bantu jangan malah dipolisikan

    :cihui:
     
  6. Offline

    baru Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 10, 2008
    Messages:
    1,754
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +3,758 / -0
    wah payah banget hukum indonesia tidak ada uu yang melindungi konsumen
     
    • Like Like x 1
  7. Offline

    crazy4fun Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    May 1, 2009
    Messages:
    6,252
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +5,816 / -0
    Provider kaya telkomsel pasti nga mo ngalah sama masyarakat meski uda berbuat salah juga :yareyare:
    Yg penting bwat mereka sih duit,urusan ngerugiin pelanggan mah provider2 itu uda nga peduli :yareyare:
    Memang gini sih provider2 di indo,nga ada yg bener :swt:
     
  8. Offline

    vanpan Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 24, 2011
    Messages:
    509
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +57 / -0
    wah kalo kasus kek gini sih jelas da embel2 WANI PIRO :minta:
     
  9. Offline

    mr_ark Superstar Super Moderator

    Joined:
    Jan 14, 2009
    Messages:
    22,267
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +66,785 / -11
    Salut buat Pak Ferri. :top:
    Cicak aja berani lawan buaya. :haha:

    Yah, susahnya aparat hukum di Indonesia gampang disogok. :swt: Kalo udah gitu, pengadilannya malah tambah lama, duit abis buat sidang, ujung-ujungnya kasus menguap begitu saja.
     
  10. Offline

    felix12 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 2, 2009
    Messages:
    487
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +9 / -0
    Yang beginian mah udh sering.

    Bukan cmn di Indo tapi di Amerika aja pernah.
     
  11. Offline

    smkosasih Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,335
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,178 / -0
    uang memang berkata beda..
    apalagi polisinya kaya gitu(rahasia umum)
    :facepalm:

    sumber dari detik--inet ya..:???:
     
  12. Offline

    sp4rkfist Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 2, 2009
    Messages:
    6,633
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,263 / -0
    Last edited: Oct 10, 2011
  13. Offline

    Seppunshop Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 29, 2009
    Messages:
    0
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +3,211 / -0
    payah, hukum indonesia hanya melindungi orang kaya,.. :facepalm:
     
    • Like Like x 1
  14. Offline

    hennyoux Beginner Members

    Joined:
    Sep 20, 2011
    Messages:
    204
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +3 / -0
    udah rahasia umum di indonesia, siapa yang punya uang dia yang berkuasa.. huft..
     
  15. Offline

    chopperoseo Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 15, 2011
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    mentang-mentang rkyat kecil

    parahh
     
  16. Offline

    totonpunk Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 8, 2011
    Messages:
    1,436
    Trophy Points:
    97
    Ratings:
    +475 / -0
    keadilan selalu berpihak pada orang yang punya uang
    kapankah keadilan dan hukum benar2 ditegakkan?
    maling ayam aja digebukin, maling pulsa digebukin juga 10 kali
     
  17. Offline

    biancoz Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 29, 2011
    Messages:
    149
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    parah neh
    banyak yang kena tipu
     
  18. Offline

    dyelewer Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 20, 2010
    Messages:
    4,133
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +5,040 / -0
    selalu aja rakyat yang dibela dan perusahaan dihina :lol: ..

    pertimbangkan ini..


    lagian perusahaannya kan ga maksa pelanggannya buat registrasi..
    bapaknya itu sendiri yang termakan nafsunya sendiri pengen dapet BB :garing:

    terus tiba tiba nuduh kalo perusahaannya maling,,


    anda pasti juga ga terima kalo nama baik anda dicemarkan kan... :ngacir:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.