1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Mekanisme Kerja Granat Tangan

Discussion in 'Science and Technology' started by gusrus, May 31, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    gusrus Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    219
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,429 / -0
    [​IMG]

    Agan2 dah tau kan bentuk granat seperti apa dan sebahya apakah granat kalau salah digunakan.. dah pada tau blom cara kerja granat itu seperti apa??

    Granat tangan atau granat genggam adalah bom yang digenggam dan dilemparkan dengan menggunakan tangan. Istilah granat ini berasal dari bahasa Perancis Kuno dari kata (pome) grenate (pomegranate: buah delima), buah yang ukurannya mirip dengan granat genggam versi awal, dan karena kandungan serpihan granat tangan juga mirip dengan biji dalam buah itu.

    Selain granat tangan, ada juga granat yang dirancang untuk ditembakkan dari senapan dan pelontar granat. Granat jenis ini bukan granat tangan, karena tidak bisa diaktifkan hanya dengan menggunakan tangan.

    Terdapat berbagai bentuk dan ukuran granat, yang masing-masing memiliki tujuan yang berbeda-beda. Pada umumnya granat dirancang untuk meledak dan melontarkan serpihan-serpihan tajam ke segala arah. Ada juga granat yang terbakar, dan melepaskan asap. Tetapi semua granat memiliki dua kesamaan, yaitu pertama, bisa diisi oleh bahan peledak atau bahan kimia. Kedua, granat memiliki liang untuk memasukkan sumbu.

    Pada dasarnya granat adalah bom kecil yang cara kerjanya mirip petasan. Petasan dibuat dari kertas yang diisi dengan bubuk mesiu dan mempunyai sumbu kecil. Apabila sumbu dinyalakan, api akan berjalan dari sumbu menuju bubuk mesiu, membuatnya meledak. Granat tangan berfungsi dengan cara yang sama, perbedaan adalah sumbu granat dinyalakan oleh mekanisme elektronik atau piroteknik, dan bukan api.

    Granat pembakar TH3.
    [​IMG]
    Granat gas CS.
    [​IMG]
    Granat asap kuning.
    [​IMG]
    Granat kejut, flashbang.
    [​IMG]

    Granat mempunyai tiga karakteristik:

    1. Jarak penggunaan yang dekat.
    2. Daerah kerusakan yang kecil.
    3. Ada penundaan ledakan agar bisa dilempar dengan aman.
    4. Kulitnya yang keras membuatnya bisa dipantulkan pada tembok atau tanah

    Granat mempunyai bagian utama seperti berikut:

    1. Badan – mengandungi pengisi dan dalam kebanyakan granat juga mengandungi serpihan.
    2. Pengisi – bahan kimia atau bahan peledak dalam granat, yang menentukan kegunaan granat
    3. Sumbu – membuat granat berfungsi dengan menyalakan atau meledakkan bahan pengisi.

    [​IMG]
    [​IMG]

    Grenade, Hand, Riot, CN1, ABC-M25A1
    [​IMG]
    Grenade, Hand, Incendiary, TH3, AN-M14
    [​IMG]
    Grenade, Hand, White Smoke, TA, AN-M83
    [​IMG]
    Grenade, Hand, Rubber Ball, Non-Lethal, GG04
    [​IMG]
    Grenade, Hand, Smoke, WP, M15
    [​IMG]

    JENIS-JENIS GRANAT

    Granat serpihan

    Granat serpihan (bahasa Inggris: fragmentation grenade) adalah granat yang dirancang untuk membunuh infanteri, yang dibuat untuk memuntahkan serpihan ke segala arah. Badannya dibuat dari plastik keras atau besi, lalu badannya diisi serpihan tajam, kawat, bola-bola besi, atau badan luarnya sendiri pun bisa bekerja sebagai serpihan. Bila kata "granat" digunakan tanpa penjelasan lebih lanjut, selalu diasumsikan bahwa yang dimaksud adalah granat jenis ini.

    Granat asap

    Granat asap merupakan granat berbentuk kaleng yang digunakan sebagai alat isyarat darat atau darat ke udara, penanda zona sasaran atau pendaratan, atau penyembunyi pergerakan tentara. Granat asap biasanya terbentuk dari silinder logam dengan lubang di bagian atas dan bawah untuk mengeluarkan asap. Ada dua jenis utama granat ini: granat asap berwarna dan granat penyembunyi. Pada granat asap berwarna, pengisinya biasanya terdiri daripada 250 hingga 350 gram campuran asap pewarna (kebanyakannya potasium nitrat, laktose dan pewarna). Tersedia warna-warna merah, hijau, kuning, dan ungu. Granat asap penyembunyi biasanya berisi campuran HC (hexachloroethane/zinc) atau campuran TA (terephthalic acid).

    Jenis granat asap lain, adalah jenis asap meledak. Granat ini berisi fosforus putih (WP). Granat WP meledak dan menyebarkan phosphorus putih ke segala arah, lalu phosphorus terbakar apabila ketika bertemu udara, dan terbakar dengan api kuning terang, sambil menghasilkan asap putih yang banyak (phosphorus pentoksida). Ia juga berfungsi sebagai granat pembakar.

    Granat anti-kerusuhan

    Granat gas ini berisi gas air mata, yang biasanya berupa gas CS (Chlorobenzol malononitrile). Bentuk dan pengoperasian granat ini sama dengan gas asap, tetapi bedanya granat ini berisi 80 sampai 120 gram gas air mata, yang akan menyebabkan iritasi pada mata dan sistem pernafasan.

    Apabila seseorang terkena gas ini untuk waktu yang lama (lebih dari 10 menit) granat ini mampu menyebabkan lepuh pada kulit dan luka permanen pada paru-paru. Dan bagi orang yang lemah atau sudah tua, gas CS mampu menyebabkan kematian.

    Pemakaian granat gas sering keliru, granat ini seharusnya tidak digunakan untuk membubarkan segerombolan orang banyak karena akan menyebabkan panik. Pemakaian yang tepat adalah untuk menggunakan granat ini untuk membuat pagar pembatas, untuk mengarahkan pergerakan massa, atau untuk melindungi anggota kepolisian yang sedang terkepung.

    Granat pembakar

    Granat pembakar (bahasa Inggris: incendiary grenade) menghasilkan panas sangat tinggi melalui reaksi kimia. Bentuknya hampir serupa seperti granat asap dan gas. Pengisinya terdiri daripada 600 hingga 800 gram thermat (TH3), yang merupakan versi thermit yang diperbarui, bahan pembakar yang digunakan dalam granat sewaktu Perang Dunia II. Sebagian daripada campuran thermat berubah menjadi besi cair, yang terbakar pada suhu 2204° Celsius. Granat ini dapat melelehkan logam yang bersentuhan dengannya. Pengisi thermate bagi granat AN-M14 terbakar selama 40 detik dan mampu membakar menembusi 12,7 mm kepingan baja. Granat ini juga tidak memerlukan oksigen dalam pembakaran dan mampu terbakar di bawah air. Fosforus putih juga digunakan sebagai pengisi granat pembakar, yang membakar pada suhu 2760°C.

    Pembakaran thermat dan fosforus adalah dapat menyebabkan luka bakar yang paling parah dan menyakitkan karena thermat dan fosfor terbakar pada secara cepat dan suhu yang membuat satu partikel kimia tersebut membakar menembus kulit, saraf, otot dan juga tulang. Selain itu, fosforus putih amat beracun. Dosis 50-100 miligram bisa menyebabkan kematian.

    Granat kejut

    Granat kejut, atau disebut juga flashbang, pada awalnya dirancang dan dibuat untuk dipakai Special Air Service Inggris. Granat ini dirancang untuk membingungkan, atau mengalihkan perhatian musuh selama beberapa ******* Granat jenis ini yang paling banyak ditemui adalah granat kejut M84, yang diberi julukan "Flashbang", karena menghasilkan cahaya membutakan (6-8 juta Candela) dan ledakan yang keras (170-180 desibel).

    Ketika meledak, granat tersebut tetap utuh tanpa menghasilkan serpihan. Granat ini berbentuk tabung segienam besi dengan lubang untuk pengeluaran ledakan cahaya dan bunyi. Pengisinya adalah 4,5 gram peledak campuran oksida logam magnesium dan ammonium perklorat atau potasium perklorat.

    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    alan97 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    402
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +1,754 / -0
    btw masih binun mekanismenya delay yg memicu ledakan itu
    bahan apa yg digunakan trus bagaimana cara men-delay-nya?
    apa bahan tersebut akan terbakar pelan2 hingga akhirnya meledak gitu yah? :???:
     
  4. Offline

    g4kuto Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 18, 2008
    Messages:
    875
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +115 / -0
    ternyata granat emang bener2 sensitif..

    tadi baca berita di jogja tepatnya di kota Bantul ada anak2 yang dapet granat nanas tapi malah di pakai buat main lempar2an,beruntungnya Per pemicu udah rusak..
     
  5. Offline

    Tenten Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 15, 2009
    Messages:
    518
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +118 / -0
    hmm ternyata granat tu pengamannya ada dua ya, pantesan klo di film2 kan sering tuh safety pinnya ditarik tapi meledaknya baru klo sudah dilempar padahal waktu dipegang lumayan lama tuh
     
  6. Offline

    DelQ Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    May 17, 2009
    Messages:
    411
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +118 / -0
    kayaknya gitu, Bro, kalo baca yang point no 3&4 dari gambar yang ente quote.
    Jadi kaya semacam petasan ato air mancur (jenis kembang api) ato semacamnya lah, kan ada sumbu yang bikin ga langsung meledak...
     
  7. Offline

    selfrit Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 28, 2008
    Messages:
    912
    Trophy Points:
    107
    Ratings:
    +530 / -0
    kok wa baca di artikel militer granat baru meledak kalau terkena benturan atau getaran pas safety pinnya di lepas, lalu kalau safety pin dilepas terus di pasang lagi pengamannya tetep bekerja jd ga meledak katanya
     
  8. Offline

    kucing_alas Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    898
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +57 / -0
    bgm dengan sistem kerja granat yang digunakan wkt PD II, bentuknya tuh yang kayak obor...
     
  9. Offline

    am4terazu Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 25, 2009
    Messages:
    2,627
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,648 / -0
    Ini juga yg maw gw tanya..
    bahkan granat ini di pelm2, cara pakai nya di ketok dulu..
     
  10. Offline

    tygrex Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 29, 2009
    Messages:
    564
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +335 / -0
    waaaaw.... jdi pengen main granat :hehe:











    klik me :matabelo:"[​IMG]"
     
  11. Offline

    ZeroTracing Members

    Joined:
    Aug 29, 2010
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Keren Gan informasinya, sayang g ada granat aslinya, jd g bisa langsung praktek bongkar pasang..... :fufufu:
     
  12. Offline

    Yuzaku Beginner Members

    Joined:
    Aug 10, 2010
    Messages:
    235
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +19 / -0
    iya..selama safety levernya terus di tekan dan ndak dilepas..granat bakal aman..ndak meleduk...
     
  13. Offline

    sunsphoenix ~Super Cool~ Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 5, 2008
    Messages:
    5,730
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +2,159 / -0
    Ini loh granat yg bikin saya penasaran..

    Pengin liat deh aslinya kek gimana ~_~, mungkin videonya..
    Dah lama main CS pake flasbang, skarang jadi pengin liat yg asli >_<
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.