1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Other Mau tau kenapa jaringan internet agan lemod??

Discussion in 'Science and Technology' started by hayasegawa, Jan 19, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    hayasegawa Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 31, 2009
    Messages:
    938
    Trophy Points:
    156
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,206 / -0
    Sebelumnya ane ksh tau dulu yang namanya Bandwith buat agan-agan yang belom ngerti..


    Mau tau kenapa jaringan internet agan lemod??

    Definisi Bandiwith:

    Quote:

    * Bandwith adalah besaran lalu lintas data yang diperbolehkan melalui website anda ke seluruh internet. Besaran bandwidth yang bisa disediakan perusahaan hosting ditentukan oleh koneksi jaringan mereka, baik yang melalui internal data center mereka maupun ke eksternal yaitu internet publik.

    * Bandwidth besaran transfer data yang diperbolehkan dalam suatu paket hosting. Misalnya anda memiliki halaman web sebesar 48KB, maka setiap pengunjung halaman web anda yang membuka halaman tersebut akan mengunduh/download informasi/data sebesar 48 KB ke komputer mereka. Jika ada 100 pengunjung ke halaman tersebut maka telah terjadi transfer data sebesar 4800 KB dari server dimana file anda berada ke komputer pengunjung. Jadi Bandwidth adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan besaran data yang telah ditransfer keluar dari kuota space hosting anda.[/b]

    Mau tau kenapa jaringan internet agan lemod??

    nii cuma menurut sumber ya gan..
    * Karena besar bandwidth yang disewa dengan jumlah terminal yang menggunakannya berada di bawah standar kenyamanan. Misal bandwidth yang anda sewa 256kbps dan terminal yang lagi konek ke internet 50, maka rata-rata (jika memang rata) akan mendapat 256/50 = 5.12 kbps. Ini berada dalam level ketidaknyamanan berinternet (<10kbps), jika sekedar dikaitkan dengan bandwidth saja.

    Saran cara mengatasinya : tentu dengan menaikkan besar bandwidth yg disewa. Sejumlah provider untuk kalangan corporate menawarkan bandwidth mulai dari 64kbps, 128kbps, 256kbps, 512kbps, 1Mbps, dan seterusnya. Tawaran besaran bandwidth ini juga diiringi dengan tawaran rasio-nya seperti : 1:1 (clear), 1:4, 1:8, 1:16 dan seterusnya. Akhirnya anda juga akan ditawari dengan sejumlah cara (media) koneksi jika memang alternatif lain dimiliki oleh provider tersebut, katakanlah apakah melalui: wireless, kabel atau fo.

    * Karena sejumlah terminal/user menggunakan bandwidth melebihi jatah rata2 yang semestinya, sehingga sebagian user kehilangan jatah nyamannya. Misal bandwidth yang disewa 256kbps dan terminal yang lagi menggunakan hanya 20, berarti rata2 semestinya mendapat 256kbps/20 = 12.8kbps, dan ini berada dalam zona kenyamanan (>10kbps). Tetapi ternyata ada beberapa user yang aktivitasnya sangat mnyedot bandwidth, misal aktivitas download, upload dan turunannya yg semacam itu, maka terganggulah kenyamanan teman2 lain sesama komunitas.

    Saran cara mengatasinya : Setiap user diberitahu agar mau menahan nafsu downloadnya atau gunakan bandwidth/user/service management, yaitu semacam aplikasi yg diletakkan di server yg dapat mengontrol bandwidth, dan service yg digunakan oleh setiap user/client.

    * Bandwidth yang disewa cukup besar (misal 384kbps) tetapi oleh karena tidak clear (1 : 1) maka bandwidth tersebut berbagi pakai dengan tetangga sebelah. Misal jika anda menyewa bandwidth 1:4, ini artinya ada 3 tetangga lain di luar corporate anda yg juga menggunakan jatah tersebut. Layanan Spedol yang ditawarkan PT. *elkom kabarnya ( dari hasil ngobrol dgn salah seorang petugas lapangan) ternyata memiliki ratio 1:8. Beberapa provider internet [swasta] umumnya secara terang2 an menyatakan pilihan (menu) ratio bandwidth yang diperdagangkannya.

    Saran cara mengatasinya : Sewa-lah bandwidth yg clear (1:1), atau jika tidak mampu berdoalah agar tetangga anda di sebelah (untuk 1:8 berarti anda memiliki 7 tetangga) tidak menggunakan internet seheboh (serakus) para user di corporate anda.

    * Karena traffik internet secara keseluruhan (situasi di tengah perjalanannya) memang lagi padat. Internet adalah interkoneksi berbagai jaringan melalui suatu device utama yg disebut dengan router. Perjalanan data menuju tujuannya akan ditransfer melalui satu router ke router lain. Jika router2 tersebut gagal menentukan jalur terbaik bagi lintasan data anda, maka bisa saja data tersebut berputar dari satu lokasi ke lokasi lain sebelum [benar-benar]tiba ke tujuannya.

    Saran cara mengatasinya:Biasakan baca bismillah setiap di awal bekerja, Artinya berdoalah agar setiap data milik anda akan melewati jalur yg lurus dan benar, dan diridhai-NYA.:matabelo

    * Karena server yg sedang anda akses dalam kondisi sangat sibuk dalam melayani client lain yg juga turut mengakses. Misal anda lagi mengakses server *ahoo dan pada saat yg sama sejumlah besar user lain juga mengakses server *ahoo tersebut sehingga jadinya anda mendapat waktu antrian yg cukup lama.

    Saran cara mengatasinya:Jangan ngotot utk mengakses server yg lagi sibuk. Gitu aja kok repot. Tapi biasanya untuk server yg berlevel profesional pasti kinerja dari server tersebut selalu di-upgrade oleh pengelolanya.

    * Karena komputer yg anda gunakan terjangkiti penyakit malicious program (virus, trojan dan sejenisnya) yg mampu me-lemotkan akses anda. Sejumlah manusia2 (programmer) berbakat telah memproduksi program yang sifatnya dapat melemahkan bahkan merusak sistem. Katakanlah mereka adalah manusia2 hebat yg beraliran hitam dan kita2 adalah korban kehebatan sekaligus kehitaman mereka.

    Saran cara mengatasinya:Cara paling ampuh agar komputer anda tak terjangkiti ”virus” dari internet adalah dengan menjauhkan komputer anda dari internet itu sendiri. Ini saran serius lho, sebab saran ini direkomendasi oleh William Stalling sendiri sebagai salah satu ahli yg buku2 IT-nya banyak dipakai dimana2. Saran lain anda diharap berhati2 dalam memilih server yg dikunjungi, karena beberapa situs seringkali memasang perangkap untuk pengunjungnya. Dan terakhir, pasang juga program anti virus yg anda percayai.

    * Karena provider jasa internet belum paham untuk bermain jujur. Mereka ibaratnya menggunakan timbangan palsu, di alat timbangannya 1 kilogram padahal aslinya 800 gram. Dalam hal ini kita sendiri sebagai user juga kesulitan untuk membuktikannya. Tau kenapa ? Karena sampai saat ini tidak ada alat pengukur bandwidth yang standar atau yg disetujui bersama, cmiiw.

    Saran cara mengatasinya : Jika anda (corporate anda) profesional maka buatlah MoU yg detail (berpihak ke anda) sebelum deal transaksi benar2 terjadi. Atau dengarkan (koleksi) keluhan2 pelanggan sebelumnya terhadap provider tersebut. Tetapi biasanya, semakin jujur sang provider maka semakin mahal harga kestabilan bandwidth yg ditawarkannya. Kejujuran di jaman ini memang mahal

    * Karena ukuran kenyamanan berinternet anda di atas rata2. Dalam hal ini kenyamanan bisa berarti waktu transfer dan bisa juga ditambah dengan kstabilan koneksi.

    Saran cara mengatasinya : Kalo anda membutuhkan koneksi broadband yakinkan bahwa anda memang benar2 membutuhkannya(menurut FCC broadband adalah bandwidth 200kbps ke atas, tentu saja ukuran ini untuk per satu koneksi, bukan keroyokan). Koneksi kualitas broadband terutama dibutuhkan untuk layanan data streaming semacam aplikasi video conference. Apakah anda membutuhkan itu ? Jika tidak, fokuskan aja pada kstabilan koneksi anda

    [​IMG]
    htt*://bwmeter.i2.co.id

    INGAT...!
    pesan ane buat agan-agan yg pake spidol/tip x/pulpen :hammer:..
    smoga yang menggunakan internet limited dan bukan unlimited ati-ati ya..
    ane udah jadi korbannya tapi dah pindah ke unlimited



    jangan lupa ijo2 n thanks apalgi grp ya ... kk:piss::piss::piss:
     
    • Like Like x 4
    • Thanks Thanks x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    bonbontea Beginner Members

    Joined:
    Jan 26, 2009
    Messages:
    236
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +39 / -0
    nice info bos
    nambah pengetahuan nih
    jd bisa mikir2 klo mo langganan inet lg
     
  4. Offline

    hayasegawa Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 31, 2009
    Messages:
    938
    Trophy Points:
    156
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,206 / -0
    :piss::piss: jangan nafsu apalagi terburu2 mau langganan inet ya kk idws.... :piss: dipikir2 dan di kalkulasi sesuai pengeluaran, kebutuhan atau tidak...
     
  5. Offline

    jerukno15 Lurking Around Veteran

    Joined:
    Jun 30, 2009
    Messages:
    1,968
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +18,487 / -0
    hahhaaa... saia (dan teman-teman) pakai spi***
    pernah kena yang limited sekarang dah pindah yang ke unlimited :lol:
    kalau ingat jadi geli sendiri plus miris :gembel:
     
  6. Offline

    RockD Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 24, 2008
    Messages:
    581
    Trophy Points:
    171
    Ratings:
    +881 / -0
    mending pake semar klo begitu..:lol:
    temen saya ada pake spidol unlimited bayar hampir 300k/bulan. tapinya kena quota data 2gb juga.. lewat dari quota speed nurun drastis lemot bngt..:ngupil:
     
  7. Offline

    yogiescool Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 18, 2009
    Messages:
    1,071
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,436 / -0
    Ane pake SPidol Family kok Kaya gini??? Web nya salah ya?
    Btw ane gak bisa p diganti sama *, itu emang jadi supaya apa?

    [​IMG]
     
  8. Offline

    mulia24 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 18, 2009
    Messages:
    284
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +47 / -0
    lho, bukannya sudah sesuai? kan sapidol memberikan speed download upto 1Mbps. yang menyedihkan adalah kecepatan uploadnya. sebagai informasi, hasil yang anda tunjukkan adalah hasil untuk download dari server lokal (mungkin jakarta/bandung/jogja/medan/palembang) coba deh dengan server luar, misal: singapore/india/hongkong. dijamin kecepatan dibawah 0.6Mbps (singapore bisa 0.8) dengan sapidol.
     
  9. Offline

    tamago Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 26, 2008
    Messages:
    358
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +129 / -0
    Thank,s info nya gan....

    Intinya tetep aj klo month cepet koneksinya sewalah provider yang cepet pula, tentunyaa dengan harga yang cepat pula$
     
  10. Offline

    hidey-holey Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 7, 2008
    Messages:
    12,336
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +23,690 / -0
    kesimpulannya, inet saia lemot karena saia bayar yang murah meriah,
    ad duit ada barang:hehe:
     
  11. Offline

    justinromanz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 22, 2009
    Messages:
    1,823
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +7,611 / -0
    hha,infonya bagus walaupun sarannya kadang suka ngaco'
    ane' udah pake' unlimited bro
    emang sihh kalo pake' yang limited suka was",takutnya ntar tagihannya bengkak :awas:
     
  12. Offline

    mulia24 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 18, 2009
    Messages:
    284
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +47 / -0
    kecepatan download dan upload bukan hanya ditentukan oleh ISP. bisa saja anda dan yoggie memakai ISP yang sama. tetapi komputer, merek kabel, kualitas kabel, jarak antara splitter ke modem, merek modem dan lain sebagainya belum tentu sama bukan? belum lagi waktu anda melakukan test kecepatan, diwaktu yang sama bukan dengan yoggie?

    nah, banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan. mulai dari ISP, semakin berkualitas (dan umumnya mahal <sesuai dengan hukum ekonomi>) maka semakin kencang akses internet anda.

    komputer: apakah komputer anda bervirus,trojan dan atau berspyware? semakin banyak program jahat tsb di komputer anda terutama yang menggunakan bandwidth anda (spyware umumnya) semakin lambat koneksi anda

    merek kabel: semakin bermerek (umumnya semakin mahal) semakin baik pula kecepatan koneksi (walau tetap dibatasi oleh speed max ISP mis: upto 1Mbps) (merek dan kualitas bisa berbeda) cth: apa merek phone cell paling terkenal dipasaran? mungkin sebagian besar akan mengatakan merek N, namun coba pakai merek N, merek SE, merek S, merek M dan coba bandingkan ketahanannya. ingat, keterkenalan merek tidak selalu menjamin kualitas produk.

    kualitas kabel: semakin berkualitas kabel anda, kecepatan koneksi semakin berpeluang mencapai speed terbaiknya.
    jarak antara splitter ke kabel: walau hampir dikatakan tidak berpengaruh, namun jika dhitung tetap akan berpengaruh. dengan kecepatan elektron (dalam kasus ini sinyal listrik) 3x10pangkat8 m/s (inget fisika dan kimia dlu) jarak <50m mungkin akan tidak terasa sama sekali tetapi jika jaraknya jauh y semakin lambat koneksi anda (merek dan kualitas bisa berbeda) cth: pakai contoh diatas.

    merek modem: apakah mrek anda sxxex atau yang lain? beda modem seringkali terdapat beda setting untuk maximal speednya, juga seringkali terdapat perbedaan kecepatan modem 1 dngan modem lainnya. kenapa modem berpengaruh? coba deh cari tahu apakah pengertian modem itu sendiri dan anda pasti mengerti. intinya pada fungsi modem untuk *menerjemahkan/konversi dan memisahkan*. semakin cepat/bagus kinerja konversi dan pemisahan, semakin kencang koneksi anda.

    dan masih banyak faktor lainnya yang berpengaruh. 1 hal lagi, jangan mempergunakan server lokal sebagai bahan test mutlak karena menggunakan server lokal sebagai bahan test sama dengan anda melempar sebuah jeruk kepada teman anda di seberang jalan raya dengan lebar 10meter, peluang besar tertangkap jeruk oleh teman anda pasti besar (bahkan walau bakatnya sbagai catcher softball sangat buruk) :piss: pergunakan server luar negeri sebagai pengetest yang baik.

    mohon maaf kepada bro hayasegawa sebagai thread owner karena sudah menulis panjang lebar di threadnya. :sembah: maksud saya cuman untuk menjawab pertanyaan brother yang lain. :piss:
     
  13. Offline

    hayasegawa Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 31, 2009
    Messages:
    938
    Trophy Points:
    156
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,206 / -0
    Untk yg sudah memberikan komen panjang, g apa2, namanya jg kita share tips di sini :belajar: :piss:, mungkin kita semua punya satu keluhan yg sama "tentang knpa internet kita lemot?" namun tanpa kita tahu akan jwbn pasti akan pertanyaan it.. Silahkan jika ada yg mau menambahkan , :piss:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.