1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Masjid Sultan yang Terus Bertahan

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by hamzzzs, Aug 23, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    hamzzzs Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 16, 2009
    Messages:
    55
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    Palembang -Masjid Agung Palembang ini dibangun pertama kali oleh Sultan Mahmud Badaruddin I atau Pangeran Jayo Wikramo pada 1 Jumadil Akhir 1151 H atau 1738 masehi. Bangunan ini berdiri di belakang Benteng Kuto Besak, istana Sultan yang dulunya terletak di suatu pulau yang dikelilingi sungai Musi, sungai Sekanak, sungai Tengkuruk, dan sungai Kapuran.

    Bangunan Masjid kali pertama dibangun berukuran hampir berbentuk persegi empat yakni 30 meter x 36 meter. Keempat sisi bangunan ini terdapat empat penampilan yang berfungsi sebagai pintu masuk, kecuali di bagian barat yang merupakan mihrab.

    Atapnya berbentuk atap tumpung, terdiri dari tiga tingkat yang melambangkan filosofi keagamaan. Atap berundak adalah pengaruh dari candi.

    Bahan-bahan yang dipergunakan adalah bahan kelas satu dari Tiongkok dan Eropa. Arsiteknya atau para pekerjanya berasal dari Tiongkok.

    Lantaran sulitnya mendatangkan material bangunan, maka pekerjaan masjid ini cukup lama. Masjid baru selesai dikerjakan dan diresmikan pada tanggal 28 Jumadil awal 1161 H atau 26 Mei 1748 M.

    Pada awalnya masjid ini tidak mempunyai menara. Baru pada tahun 1753 dibuat menara yang beratap genteng. Kemudian pada tahun 1821 atap genteng diganti dengan atap sirap. Menara juga ditinggikan yang dilengkapi beranda lingkar.

    Setelah 100 tahun lebih masjid itu berdiri, sekitar tahun 1848 diadakan rencana perluasan oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda. Sebelum perluasan itu, bentuk gerbang serambi masuk telah diubah dari bentuk tradisional menjadi bentuk Doric.

    Pada tahun 1879 telah diadakan perubahan masjid, perluasan bentuk gerbang serambi masuk dibongkar ditambah serambi yang terbuka dengan tiang benton bulat sehingga bentuknya seperti Pendopo atau seperti gaya bangunan kolonial. INi merupakan perluasan pertama dan penambahan rancangan. Tahun 1874 dilaporkan bentuk menara berubah dari aslinya, dan tahun 1916 menara ini disempurnakan lagi.

    Pada tahun 1930 diadakan perubahan yaitu menambah jarak pilar menjadi 4 meter dari atap. Setelah kemerdekaan, tahun 1952 dilakukan perluasan ketiga dengan bentuk yang tidak lagi harmonis dengan aslinya dengan ditambah kubah.

    Pengurus Yayasan Masjid Agung 1966 -1979 meneruskan penambahan ruangan dengan menambah bangunan lantai 2, yang selesai tahun 1969. Pada tanggal 22 januari 1970 dimulai pembanguan menara baru dengan tinggi 45 meter, bersegi 12 yang dibiayai Pertamina dan diresmikan pada tanggal 1 Februari 1971.

    Sejak tahun 2000 masjid ini direnovasi dan selesai pada tanggal 16 Juni 2003 yang diresmikan oleh Presiden RI Megawati Soekarno Putri. Hingga saat ini masjid sultan ini masih terus bertahan.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    nedco87 Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 23, 2008
    Messages:
    7,969
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +5,680 / -0
    drenovasi mengubah bntuk aslinya gak
     
  4. Offline

    kucinglistrik Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    May 1, 2009
    Messages:
    5,226
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +38,552 / -0
    wah keren nih. apalagi klo misalnya ditambahin pic sebiji buat ilustrasi.....
     
  5. Offline

    kzha Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 10, 2009
    Messages:
    1,868
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +7,159 / -0
    sayang ga pake gambar :swt:

    kayaknya bentuknya udah beda dengan dulu ya bro,. udah direnovasi beberapa kali dan perluas,. dulu kan sempit cuma 30x36 meter
     
  6. Offline

    kimmonosz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 18, 2009
    Messages:
    705
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +153 / -0
    pengen liat picnya
    tapi kayanya kuat bgt yah temboknya...
     
  7. Offline

    zutara Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 3, 2008
    Messages:
    9,284
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +46,243 / -0
    wuih...10 tahun lama pembuatannya...manteb...pantes aja masih kokoh mpe skrg...manteb...:top:

    @TS : besok lg tambahin pic yah...yar gk bosen bacanya...:hihi:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.