1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Biography Masabumi Hosono, Satu-satunya Orang Jepang Yang selamat dari Tragedi Titanic

Discussion in 'World History' started by blacksheep, Jun 19, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    blacksheep Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,600
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +24,958 / -0



    [​IMG]
    Sinking of the Titanic - LIFE Images​



    [​IMG]
    Masabumi Hosono​





    Mungkin anda masih ingat salah satu adegan dalam film Titanic saat sekoci terakhir akan diturunkan dan seorang pria nyelonong masuk kedalam sekoci tersebut, padahal yang diutamakan saat itu adalah perempuan dan anak-anak terlebih dahulu yang diperbolehkan masuk kedalam sekoci itu.Nah, kisah berikut adalah adegan setelah pria bule itu masuk kedalam sekoci penyelamat yang merupakan salah satu kisah heroik seorang penumpang Titanic yang berhasil ia catat dan catatannya ia simpan, ia menulis surat dalam bahasa Inggris kepada istrinya pada kertas catatan Titanic tetapi setelah ia diselamatkan ia kemudian menulisnya dalam bahasa Jepang. Sebelum akhirnya catatan tersebut dipublikasikan oleh putrinya.


    Tahun 1910, Departemen Perhubungan Jepang mengirim utusan resmi bernama Masabumi Hosono, 42 tahun ke Rusia untuk belajar dari negara tersebut tentang perkeretaapian. Hosono menyelesaikan tugas nya itu pada awal 1912, kemudian ia pulang dan berhenti di London, dalam perjalanan pulangnya dengan melintasi Atlantik dengan menggunakan kapal Titanic. Perlu dikatakan, bahwa perjalanannya tidak seperti yang direncanakan.


    Pada tanggal 14 April jam 11:40, hanya empat hari setelah berlayar, Titanic menghantam gunung es.


    ketika ia sedang nyenyak tertidur, 25 atau 30 menit setelah tabrakan terdengar suara ketukan, kemudian Hosono segera keluar di kabin kelas dua . Ia kemudian Berhasil keluar mencapai dek paling atas, namun sebagai orang asing, ia diperintahkan untuk menggunakan Dek yang lebih rendah, jauh dari perahu penyelamat. ’sementara tembakan isyarat darurat sedang ditembakan ke udara terus-menerus, dan dengan warna biru berpendar dan suara yang cukup menakutkan. Somehow saya tidak dapat menghilangkan rasa ketakutan dan kesedihan, ‘tulis Hosono dalam suratnya.


    Bagaimana ia berhasil mencapai Dek atas ?. ‘Saya mencoba untuk mempersiapkan diri untuk saat terakhir tanpa persiapan, membuat pikiran saya tidak meninggalkan sesuatu yang tercela seperti Jepang. Tetapi saya masih bisa mencari dan menunggu kesempatan untuk setiap kemungkinan untuk bisa bertahan hidup ‘.


    Tiga kali ia mencoba untuk naik sekoci penyelamat namun oleh petugas dilarang karena yang didahulukan adalah wanita dan anak-anak, Akhirnya kesempatan ketiga datang ketika petugas penurun sekoci berseru ‘hanya tinggal untuk dua orang ! . Seorang pria melompat ‘Pemikiran Saya tertuju pada Istri dan anak-anak bahwa saya tidak akan lagi dapat melihat Istri yang saya sangat cintai dan anak-anak, karena tidak ada alternatif lain bagi saya untuk berbagi dari takdir yang sama seperti Titanic. Tetapi apa yang dilakukan orang pertama yang melompat ke sekoci terakhir, membuat saya untuk mengambil kesempatan terakhir ini, Ia kemudian melompat masuk kedalam sekoci yang berisikan perempuan dan anak-anak.





    [​IMG]
    Satu dari beberapa sekoci penyelamat yang membawa Penumpang Titanic​



    ‘Setelah kapal tenggelam, kemudian muncul kembali, dengan orang-orang yang berjatuhan kedalam air sebelum akhirnya tenggelam. Sekoci kami juga di isi dengan isak tangis istri-istri, anak-anak, perempuan yang suaminya tidak terbawa dalam sekoci penyelamat ,khawatir tentang keselamatan suami dan bapak mereka. Dan saya benar-benar tertekan dan sengsara karena itu, tidak mengetahui apa yang akan terjadi pada diri saya dalam jangka panjang setelah ini.


    Hosono diselamatkan oleh sekoci 13 tetapi dikecam di negaranya sendiri untuk melakukan hal yang tidak ksatria tersebut ketika banyak orang lain meninggal dunia. Perdana menteri Jepang saat itu kemudian memecat ia dalam pemerintahannya kemudian beberapa minggu kemudian memanggilnya kembali, namun citranya masih tetap tercoreng dan harian koran jepang menjulukinya sebagai orang pengecut, buku yang mengutip masa hidup beliau sebagai contoh tingkah laku yang memalukan dan seorang profesor etika menyebutnya orang tak bermoral .Bahkan Publik Jepang saat itu menganjurkannya untuk Hara-Kiri, untuk menyelamatkan mukanya.


    Hosono tidak pernah melakukan bunuh diri, tetapi ia berharap dapat mengulanginya dan mati bersama Titanic. Ia tidak pernah membicarakan pengalamannya lagi, dan melarang apa pun yang menyebutkan tentang Titanic di rumahnya. Setelah beliau meninggal tahun 1939, sebagai seorang pria yang hancur dan dilupakan banyak orang. Surat tersebut kemudian dipegang oleh istrinya, apa yang tertulis tersebut diyakini menjadi satu-satunya kisah hidup yang ditulis oleh penumpang Titanic sendiri , Surat tersebut kemudian disimpan dalam laci hingga tahun 1997 , ketika film blockbuster Titanic Premier di Tokyo, Masyarakat Jepang saat itu sangat antusias untuk menyaksikan film Titanic karena ada satu-satu nya orang Jepang yang ikut dalam Perjalanan Titanic, Masabumi Hosono, namun kali ini dengan lebih banyak simpati.


    lebih dari 2.200 penumpang dan awak kapal Titanic, hanya bertahan lebih dari 700, termasuk 316 dari 425 perempuan dan 56 dari 109 anak-anak. Bahkan jika setiap perempuan dan anak-anak telah di masukan dalam sekoci penyelamat, masih akan ada cukup ruang untuk hampir 700 dari 1.690 orang pria, namun hanya 338 orang selamat, tidak semua pria melakukannya karena mereka telah menolak kesempatan untuk naik ke dalam sebuah sekoci, Banyak yang mengira inilah penyebab banyaknya korban dalam titanic.




    Referensi
    The Guardian (Inggris), 13 Desember 1997
    Code:
    http://unik77.blogspot.com/2009/06/masabumi-hosono-satu-satunya-orang.html
     
    Last edited: Jul 24, 2009
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    ngilerman Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 11, 2008
    Messages:
    2,782
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +129,236 / -2
    huhu...

    kasian brusaha nyelametin diri tapi pas udah slamet malah dicecar sama negara...
    dipecat pula
     
  4. Offline

    blinkerz Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 10, 2009
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +7 / -0
    apa penyebab banyaknya korban = harga diri? jadi bertanya-tanya gw.... kalo sekocinya cukup ya naek aja kali...
     
  5. Offline

    Kokuryu Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 2, 2009
    Messages:
    774
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +188 / -0
    Nah masalahnya sekocinya ga cukup. Sekocinya dijatah untuk 1178 orang sedangkan kapasitas Titanic sekitar 3000 orang gan.
     
  6. Offline

    ark_beetle Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 29, 2008
    Messages:
    3,189
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,544 / -0
    berita baru buat gw, saia kira semua penumpang titanic itu tidak ada yang selamat. Ternyata ada...

    Mengenai pengecut atau tidak, saia kira usaha untuk menyelamatkan diri itu bukan tindakan yang pengecut, itu nyawa kita sendiri koq, cuman satu-satunya di dunia ini
     
  7. Offline

    ayssid Beginner Gatotkaca

    Joined:
    Dec 18, 2007
    Messages:
    466
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +1,420 / -0
    Jepang sebelum tahun 1945 dan beberapa tahun setelahnya, bushidonya kerasa banget ya....

    kalau gw ada di kapal titanic gimana ya ???
     
  8. Offline

    Kiddo Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 15, 2009
    Messages:
    1,146
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +668 / -1
    wuiih baru tau gw kalo ada orang jepun n ada yg selamat dari titanic XD
     
  9. Offline

    reita890 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 24, 2009
    Messages:
    325
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +77 / -0
    wao negara jepang emang menjunjung haraga diri tinggi
    masa gara2 satu warga negara selamat dia malah di hina karena berhasil selamat
     
  10. Offline

    Izan Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 5, 2009
    Messages:
    2,886
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +3,750 / -0
    ni jepang dolo masi ngangep busido sebagai jalan hidup kali ya makanya pas selamat mala di caci maki
     
  11. Offline

    mardhika Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 12, 2008
    Messages:
    201
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +617 / -0
    duh malan banget nasibnya
    niat tuk selamatin diri
    e pas pulang ke negaranya malah dihina n dicaci
     
  12. Offline

    RudeKai Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 20, 2009
    Messages:
    53
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    wah.
    kasian ya dia..
    uda berusaha nyelametin diri..
    tapi dicerca..
    bahkan dipecat pula...
    siapapun yg selamat bukannya mestinya dihargai ..
     
  13. Offline

    blademaster Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 7, 2009
    Messages:
    603
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +108 / -0
    Kasian banget tuh orang............
    Sampe mati tetep dicela juga.............
     
  14. Offline

    v3rt3x Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 15, 2009
    Messages:
    2,605
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +1,390 / -0
    Batak Jawa gan :hihi:

    Ho- --> Kamu / lo
    -Sono --> Sana

    Jadi translatenya: Kamu ke sana, ato, sono lo :lol:

    -------

    gile juga ye penilaian orang2 Japan sampe kek gitu, tapi mentalnye si sono lo ntu boleh juga tuh ga sampe leftside (arahkiri-->harakiri) :p
     
  15. Offline

    caesarkidd Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 7, 2009
    Messages:
    198
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +936 / -0
    masih kental dengan jiwa samurai dulu...jadinya tekanan akan bertambah besar...
    kalau sekarang....injek-injekan utk menyelamatkan diri sendiri
     
  16. Offline

    Xinez Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    2,933
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +30,264 / -0
    eh ini orang jepun apa jawa ya??

    namanya kayak orang jawa, masabumi hasono :hihi:

    btw kasihan tuh orang, bisa slamat tapi menderita seumur hidup :madesu:
     
  17. Offline

    bahenol Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 18, 2009
    Messages:
    188
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +4 / -0
    eerrr....
    kasian hosono-san
    pasti sisa hidupnya ga tenang karena dikira pengecut.... =.=a
    yah, emang lain negara lain perilaku lah
    kalo di negara kita mungkin uda kaya tuh orang
    bikin biografi ato buku tentang Titanic ^^
     
  18. Offline

    pitiex Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 3, 2009
    Messages:
    566
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +838 / -0
    bener2 kasian.....

    demi istri dan anak tercinta
    malah dihujat oleh negara tercinta......
    :onion-38:
     
  19. Offline

    WhiTeAdicT Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 14, 2009
    Messages:
    3,280
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +15,650 / -0
    ada juga yah orang jpan yg selamat..cowok lagi..kasian juga sih tuh orang..emank sih harusnya cowok mendahulukan wanita n anak2..tapi di saat kepepet gt mah smua orang juga pengen selamat..haha
    nice info gan!
     
  20. Offline

    KyleSteward Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 7, 2008
    Messages:
    1,294
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +82 / -0
    Hmm sebenernya seh dalam kondisi begitu, setiap orang jelas lebih mementingkan nyawanya dan keluarganya dibanding orang lain yah secara rata2.

    Gw malah kesel ama yang cecar dia. Emang klo misalnya mereka yang berada dalam kondisi seperti itu, mereka bisa yakin 100% ga bakal kabur dan mendahulukan diri sendiri.

    Mereka bisa dengan gampangnya ngomong begitu, karena mereka hanya mengetahui bukan mengalami
     
    Last edited: Jul 26, 2009
  21. Offline

    erha Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 4, 2008
    Messages:
    1,385
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +935 / -0
    yup gw setuju, mungkin kalo mengalami kejadian serupa gak pake lama langsung kebur dan mendahulukan diri sendiri (90% kabur, 9% bengong karena shock, 1% nolongin yang lain).
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.