1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Trivia Manfaatkan Garam Untuk Membantu Keperluan Masalah Dalam Rumah Anda

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by Hyperangel, Feb 24, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    Hyperangel Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    652
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,619 / -0
    Penggunaan garam tidak pada tempatnya dapat merusak lingkungan dan menjadikan lahan kering dengan kandungan kadar garam tinggi, atau pencemaran pada persediaan air.

    Tetapi garam juga dapat menjadi zat yang sangat berguna, sebab sesungguhnya, tubuh kita mengandalkan garam dari sumber eksternal untuk kelangsungan hidup. Ternyata dibalik itu juga terdapat berbagai manfaat garam bagi kehidupan rumah tangga.

    [​IMG]

    Menurut Institut Salt, garam memiliki lebih dari 14.000 kegunaan yang sudah diketahui, dan setiap orang Amerika sepanjang hidup mereka masing-masing mengonsumsi lebih dari 16 ton garam.

    Akan tetapi hanya sebagian dari jumlah itu yang dicerna. Sedangkan bagian terbesarnya adalah untuk mencairkan gundukan salju saat musim dingin.

    Sebenarnya garam juga dapat dimanfaatkan dengan berbagai cara di seputar rumah sebagai alternatif yang lebih ramah lingkungan daripada bahan kimia sintetis. Selain mudah mendapatkannya, harganya juga sangat murah, dengan begitu Anda dapat menghemat. Berikut ini sedikit penggunaan dari garam:


    Garam sebagai bahan poles
    Dengan mencampurkan garam dan cuka menjadi sebuah adonan kental, maka ia dapat dipakai untuk menggosok dan membuat kilap benda dari perak dan tembaga. Gunakan sehelai kain lembut untuk penggunaannya dan gosokkan, lalu bilas bersih dengan air, kemudian keringkan.


    Pembersih
    Ini adalah sesuatu yang saya pe-lajari selama bekerja di supermarket saat masih muda. Untuk tumpahan minyak dan telur, tutupi area yang terkena noda dengan garam, maka akan menjadi lebih mudah untuk mengangkat noda tersebut.


    Garam sebagai pembersih pipa saluran
    Garam dan air panas dalam jumlah yang sebanding yang kita tuang ke dalam saluran pipa akan dapat membantu menghilangkan bau tak sedap dan dapat membantu melarutkan minyak, juga membantu memperpanjang usia pipa.

    Tetapi cara ini mungkin sebaiknya tidak dipakai pada sistem pembuangan air limbah kotor, yang mungkin dapat membunuh bakteri baik yang berperan sangat penting untuk menghancurkan zat padat.


    Membebaskan jendela kaca dan kaca mobil dari embun
    Bersihkan bagian dalam jendela kaca di rumah dan mobil Anda dengan spons yang telah dicelupkan ke dalam larutan air garam, lalu keringkan. Cara ini akan membantu mencegah pengembunan selama cuaca dingin.

    Selain itu, dengan menggosokkan kain kecil yang telah dibasahi dengan garam pada kaca bagian depan mobil Anda, maka juga dapat mencegah pengembunan. Pada iklim bersalju, cara ini dapat mencegah terbentuknya es pada kaca.


    Menggosok periuk dan panci
    Tuangkan garam kasar ke atas perlengkapan masak berminyak sebelum penggosokan untuk membantu menghilangkan lemak-lemak yang menempel.


    Menghilangkan noda teh dan noda kopi
    Untuk menyingkirkan noda teh dan kopi pada cangkir dan karaf anggur ( sejenis bejana untuk minuman anggur ), taburkan garam ke atas sponge dan usapkan dengan gerakan berputar-putar pada waktu menggosok noda yang menempel.


    Mensterilkan spons
    Spons pembersih yang biasanya digunakan untuk keperluan dapur adalah tempat perkembangbiakan yang sempurna bagi berbagai macam bakteri tidak baik. Dengan merendam spons ke dalam larutan garam kadar tinggi, dapat membantu membasmi bakteri-bakteri tersebut.


    Penakluk serangga
    Tuangkan garam pada tempat-tempat dimana semut sering berkerumun, dengan cara searah garis untuk mencegah semut-semut tersebut lewat.


    Cara paling bersahabat untuk membasmi gulma
    Campuran garam dan air panas dengan perbandingan 1 : 3 dapat dituang secara langsung ke atas gulma untuk membasmi mereka.


    Pencuci mulut dan obat kumur
    Larutkan sekitar seperempat sendok teh garam ke dalam setengah sendok makan air hangat. Ratakan ke seputar mulut Anda lalu kumur-kumur. Saya juga telah merasakan manfaatnya, ini benar-benar membantu ketika berhadapan dengan sakit gigi.


    Papan potong yang berbau tidak sedap
    Papan potong dengan bau yang tidak sedap menandakan adanya bakteri, dan ini bukan hanya masalah bau pada papan potong, tetapi juga merupakan masalah kesehatan.

    Bakteri dapat dihilangkan dengan garam, oleh sebab itu usapkan garam pada area papan potong Anda yang beraroma tidak sedap, biarkan sebentar lalu bilas, papan potong Anda akan menjadi berbau segar dan menjadi bebas bakteri!


    Pemadam kebakaran
    Simpan sekotak garam sedekat mungkin sebagai alat pemadam api pada saat keadaan darurat untuk memadamkan kebakaran akibat minyak. Tetapi ia tidak boleh menggantikan alat pemadam api yang sesungguhnya, hanya untuk menjadi cadangan yang baik.


    Pembersih setrika
    Berkali-kali, setrika besi mengangkat sedikit demi sedikit kotoran yang mengakibatkan mereka menempel ketika Anda menggosok pakaian Anda. Untuk menghilangkan segala macam kotoran tersebut, taburkan garam ke atas selembar kertas dan lalu disetrika di atasnya.

    Gunakan sedikit uap panas untuk membersihkan pancaran air sesudah melakukan hal ini dan juga bersihkan alas setrika dengan sehelai kain lembab ketika sudah tidak panas.


    Mencegah terbentuknya noda pada cerobong
    Jika Anda menggunakan pembakaran kayu untuk kompor atau tungku pemanas, jelaga dan cairan ter kayu akan terbentuk pada cerobong asap, hal ini telah mengurangi estetika dan juga dapat meningkatkan risiko kebakaran pada cerobong asap. Segenggam garam yang dilemparkan ke atas nyala api adakalanya dapat membantu menghilangkan jelaga.


    Mengawetkan Susu
    Berikut tips menarik yang saya temui beberapa kali—dengan menambahkan sejumput garam pada susu, akan membuat susu lebih awet disimpan untuk waktu yang lebih lama tanpa mengubah rasa!


    Di atas hanya beberapa masalah yang umum dari berbagai kegunaan garam, akan tetapi sesungguhnya masih banyak manfaat lainnya. Satu hal yang harus diperhatikan, selain jumlah yang berlimpah-limpah dan murah, terlalu banyak garam yang melekat di saluran air kita atau bahkan di halaman pekarangan, akan dapat merusak lingkungan, oleh karena itu gunakan secukupnya saja.


    :grp: :thx: gak nolak.. hehehehe:piss:

    sumber


    sorry kalo :repost: :piss:
     
    • Thanks Thanks x 9
    • Like Like x 6
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    MeTim_Holey Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 18, 2009
    Messages:
    512
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,078 / -0
    hoho, seperti kata samwise, sekotak garam adalah hal paling penting yang harus kita bawa kemana-mana:lol:
     
  4. Offline

    mulia24 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 18, 2009
    Messages:
    284
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +47 / -0
    wah, ternyata garam memiliki amat banyak kegunaan. :niceinfo:

    saya hanya tahu beberapa, terutama untuk telur dari forum ayam di US :hihi:

    dan 1 hal lagi, koq fungsi utamanya pada rumah tangga malah tidak ada ya? memang sudah umum, tapi koq malah tidak ditulis? tak lain dan tak bukan adalah pemberi rasa asin pada masakan. :keringat:
     
    • Thanks Thanks x 1
  5. Offline

    MeTim_Holey Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 18, 2009
    Messages:
    512
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,078 / -0
    ^
    mugnkin akrena untuk masakan itu terlalu umum ya, soalnya kan judulnya untuk membantu masalah.
    bukan guna garam yang utama itu sendiri:lol:
     
  6. Offline

    mulia24 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 18, 2009
    Messages:
    284
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +47 / -0
    nah, itu dia brother, membantu masalah dimana masakannya kurang asin atau tidak asin. :hihi: selain membuat asin, garam juga memberi citarasa tersendiri buat masakan. :piss:
     
  7. Offline

    MeTim_Holey Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 18, 2009
    Messages:
    512
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,078 / -0
    mungkin maskud judulnya kurang jelas dan lengkap ya,
    jadi ini guna garam bagi external, bukan internal:p
     
  8. Offline

    manteero Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 13, 2009
    Messages:
    1,388
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,782 / -0
    ouh...

    baru tahu...

    trus kok gak ada yg garam bisa mengusir ular ketika kemping???

    garam dipake sebagai ganti odol, dipake buat nyuci, dipake buat oralit???

    padahal hal sepele tersebut penting juga loh...

    ama satu lagi...

    garam buat luka...
    walau perih tapi luka akan lebih cepat kering...
     
  9. Offline

    passat Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 27, 2009
    Messages:
    2,475
    Trophy Points:
    97
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +226 / -0
    setuju banget gan banyak manfaat yang diperoleh dari garam, tapi kira-kira ada efek resiko juga gag ya dari penggunaan garam di aktivitas sehari-hari...:???:
     
  10. Offline

    platinum Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 25, 2009
    Messages:
    306
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +104 / -0
    sepertinya garam untuk mengusir ular tidak sepenuhnya benar. Pernah dipraktekin dan ternyata ular masih bisa melewati garam meskipun dalam jumlah banyak. Tapi ga tau kalo diteliti lebih lanjut..
     
  11. Offline

    dejivrur Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,103 / -2
    ternyata ular ga ngacir, malah semut yang klepek klepek gak bisa lewat

    tar cobain ah, disamping rumah banyak semut merahnya
     
  12. Offline

    mazznoer1 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 12, 2010
    Messages:
    1,079
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,224 / -0
    WaW keren. padahal garam NaCl jika dipisah dadalah logam berat yang berbahaya dan gas beracun yang mematikan tapi kalau merek bergabung makamenjadi barang yang sangat banyak gunanya :piss::piss::piss::piss::piss::piss::piss:
     
  13. Offline

    consciousness Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 1, 2010
    Messages:
    984
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,630 / -0
    garam emank bner2 berkhasiat bgt deh..
    tu makanya 2/3 air Bumi ini yaitu laut, rasanya asin, n jadi bahan utama pmbuat garam..
    Tuhan bner2 Maha Adil..
     
  14. Offline

    mataraman1 Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 8, 2009
    Messages:
    189
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +5 / -0
    terima kasih banget atas infonya. bermanfaat banget :)
     
  15. Offline

    yuma Senpai Veteran

    Joined:
    Oct 3, 2009
    Messages:
    5,764
    Trophy Points:
    201
    Ratings:
    +3,001 / -0
    Sejumput ini seberapa jumlah tepatnya? Soalnya kadar jumputan setiap orang kan beda :iii:
     
  16. Offline

    cute366 Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 10, 2009
    Messages:
    91
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    nambahin bos...
    Fungsi antimikroba garam :
    sebenarnya garam merupakan antimikroba yang sangat baik, karena dapat menghancurkan proteolitik sel mikroba, sehingga menyebabkan mikroba menjadi hancur karena dehidrasi. Hal in ijuga yang menyebabkan mengapa makanan yan gberkadar garam tinggi awet... tapi perlu diingat juga.. garam juga memiliki batas aman konsumsi..
    kalo gak salah 2300 mg per hari (menurut FDA) CMIIW
     
  17. Offline

    cute366 Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 10, 2009
    Messages:
    91
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    kalo di pisah bukan logam berat bos.. keliatannya jadi asam (cl) dan basa (Na) dan keduanya merupakan unsur kimia biasa.. bukan logam berat kok.. apalagi gas beracun.,. :P
     
  18. Offline

    tovic Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 19, 2009
    Messages:
    1,129
    Trophy Points:
    127
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +354 / -0
    wah ternyata banyak juga yak manfaat garam
    gw kira cuma buat masak doang
    thanks infonya bro ntar dicoba
     
  19. Offline

    silver_bullet Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    May 22, 2010
    Messages:
    2,376
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +16,193 / -0
    banyak gunanya persedian melimpah

    dan harganya murah :top:
     
  20. Offline

    askanagase Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 10, 2008
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +4 / -0
    Kalau waktu kemah dulu,,, garam ditaburin di sekitar tenda,,, biar aman dari ular,,,
     
  21. Offline

    areeavicenna Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 10, 2009
    Messages:
    553
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +226 / -0
    tambahan bro...
    kalo dikampung gw
    bisa buat ngusir ular juga
    terbukti ampuh :top:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.