1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Manfaat susu kedelai..

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by tomiero, Dec 20, 2008.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    tomiero Post Hunter Veteran

    Joined:
    Oct 29, 2008
    Messages:
    3,464
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +7,234 / -0
    moga2 ga :fd_7:
    :D :D :D

    [​IMG]


    Anda bingung menghadapi semua harga yang terus melambung tinggi? Kalau harga susu sapi terus naik, maka Anda jangan menjadi kuatir. Mutu protein yang ada pada susu kedelai nyaris sama dengan yang ada pada susu sapi. Sehingga dengan dua gelas susu kedelai yang 30% kebutuhan protein dalam sehari, siap mengantikan fungsi susu sapi tersebut.

    Susu kedelai sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang alergi susu sapi. Apakah anda adalah orang yang setiap kali minum susu sapi maka Anda mengalami diare? Hal tersebut terjadi karena alergi yang disebabkan anda tidak memiliki enzim lactase dalam saluran pencernaan sehingga tidak mampu mencerna laktosa dalam susu sapi.
    Umumnya, hal ini melanda mereka orang dewasa yang tidak minum susu pada waktu masih kecil.

    Untuk balita dua gelas susu kedelai sudah dapat memenuhi 30% kebutuhan protein sehari. Dibandingkan dengan susu sapi, komposisi asam amino dalam protein susu kedelai kekurangan jumlah asam amino metionin dan sistein. Tetapi, karena kandungan asam amino lisin yang cukup tinggi, maka susu kedelai dapat meningkatkan nilai gizi protein dari nasi dan makanan sereal lainnya. Mutu protein dalam susu kedelai hampir sama dengan mutu protein susu sapi.

    Susu kedelai tidak mengandung vitamin B12 dan kandungan mineralnya terutama kalsium lebih sedikit ketimbang susu sapi. Secara umum susu kedelai mempunyai kandungan vitamin B2, B2 niasin, piridoksin, dan golongan vitamin B yang tinggi. Vitamin lain yang terkandung dalam jumlah cukup banyak ialah vitamin E dan K.

    Untuk memperoleh susu kedelai yang baik dan layak konsumsi, susu kedelai yang telah diproses haruslah bebas dari bau dan rasa langu kedelai, bebas antitripsin, dan mempunyai kestabilan yang mantap.

    Bau dan rasa langu dapat dihilangkan dengan cara: menggunakan air panas (suhu 80 - 100oC) pada penggilingan kedelai, atau merendam kedelai dalam air panas selama 10-15 menit sebelum digiling. Agar bebas antitripsin, kedelai direndam dalam air atau larutan NaHCO3 0,5% selama semalam (8 - 12 jam) yang diikuti dengan perendaman dalam air mendidih selama 30 menit.

    Tahapan pembuatan susu kedelai dengan metode yang sederhana adalah sebagai berikut:

    1.Kedelai yang telah disortasi (dipisahkan dari kotoran dan biji rusak) direndam dalam larutan NaHCO3 0,25 - 0,5% selama 15 menit. Perendaman dilakukan pada suhu ruang, dengan perbandingan larutan perendam dan kedelai 3 : 1.

    2.Kedelai ditiriskan dan dididihkan selama 20 menit.

    3.Kedelai digiling dengan penggiling logam, penggiling batu (yang biasa dipakai pada pembuatan tahu), atau blender.

    4.Bubur yang diperoleh ditambah air mendidih sehingga jumlah air secara keseluruhan mencapai 10 kali lipat bobot kedelai kering.

    5.Bubur encer disaring dengan kain kasa dan filtratnya merupakan susu kedelai mentah.

    6.Untuk meningkatkan rasa dan penerimaan, ke dalam susu kedelai mentah ditambahkan gula pasir sebanyak 5 - 7% dan flavor seperti coklat, moka, pandan, strawberi secukupnya, kemudian dipanaskan sampai mendidih.

    7.Setelah mendidih, api dikecilkan dan dibiarkan dalam api kecil selama 20 menit.

    Susu kedelai sebaiknya dalam suhu dingin sekitar 5oC (suhu lemari es).
    Susu kedelai ini selain dapat menggantikan posisi susu sapi ternyata sangatlah bermanfaat untuk menghambat osteoporosis. Hal ini disebabkan pada kedelai terdapat senyawa alami mirip estrogen, yaitu yang disebut fitoestrogen. Fitoestrogen telah terbukti mampu menghambat osteoporosis

    Osteoporosis atau keropos tulang dapat terjadi pada pria maupun wanita. Namun wanita mempunyai peluang untuk mengalaminya empat kali lebih besar dibandingkan pria, khususnya bagi mereka yang telah mengalami menopause (menurunnya produksi hormon estrogen). Pria yang telah mengalami andropause (menurunnya hormon androgen) juga sangat rentan terhadap osteoporosis.

    Hormon estrogen antara lain mempunyai fungsi untuk membantu penyerapan kalsium dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Apabila kadar hormon ini di dalam tubuh berkurang, maka jumlah kalsium yang dapat diserap dan disimpan pada tulang menjadi sangat berkurang.

    Di lain pihak, kebutuhan tubuh akan kalsium untuk berbagai aktivitas tetap setiap harinya.Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, terpaksa cadangan kalsium yang ada dalam tulang diambil sedikit demi sedikit.

    Akibatnya perlahan tetapi pasti, cadangan kalsium akan terus menipis sehingga massa tulang akan berkurang, rapuh dan mudah patah.Dewasa ini masalah menopause dapat ditunda dengan terapi hormon estrogen (estrogen replacement therapy), yang juga diharapkan dapat menghambat laju osteoporosis.

    Yang terutama dianjurkan melakukan terapi hormon estrogen, adalah mereka yang berhenti menstruasi sebelum usia 40 tahun, atau mereka yang menderita osteoporosis pada usia muda. Oleh karena itu, tidak ada salahnya, kalau budaya makan tempe, tahu, dan susu kedelai lebih digalakkan lagi karena kandungan senyawa alami mirip estrogen pada kedelai, dipercaya dapat menghambat osteoporosis.
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    ZGMF-x42s Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 16, 2008
    Messages:
    290
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +47 / -0
    wah susu yang satu ini adalah favorit ku nih...
     
  4. Offline

    Deathbat Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 1, 2008
    Messages:
    608
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +64 / -0
    untungnya daku suka susu kedelai!
    :haha:

    meskipun ga tiap hari sih..
    tapi gw suka banget.
    berserat,
    dan enak.. *ya iyalah*


    thx atas infonya kk!
    hehehe
     
  5. Online

    namami_amami Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 8, 2008
    Messages:
    403
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +42 / -0
    Sayangnya guenga suka susu keledai ehh kedelai.
    Tapi rasanya nga praktis, kalau susu kedelai yang tinggal disiram air panas nga dijual yach?
     
  6. Offline

    eldiablo Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 2, 2008
    Messages:
    35
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    gw emang paling demen minum susu kok...hehe :D
     
  7. Offline

    wongedan Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 10, 2009
    Messages:
    23
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    wah kebetulan saya emang suka minum susu kedelai tiap pagi broo..
     
  8. Offline

    wongedan Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 10, 2009
    Messages:
    23
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    btw idws forum ini kok cepet banget kalo loading ya?? :D
     
  9. Offline

    mamantse Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 21, 2009
    Messages:
    13
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    di daerah gw susu kedelai 1 gelas 2rb aja nih...:D

    murah meriah tapi sehat...:D
     
  10. Offline

    Bloody_Bangaa Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 5, 2010
    Messages:
    32
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    susu kacang udah enak, sehat pula..
    :D
     
  11. Offline

    nununu Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 24, 2010
    Messages:
    2,088
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +198 / -0
    jadi susu dari tanaman lebih baik daripada susu dari hewan.

    sama kayak konsep vegetarian ya
     
  12. Offline

    kulocaki Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 1, 2008
    Messages:
    5,008
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +49,656 / -2
    tempat gue 1500 gan tiap hari orang na dagang keliling..
    siang2 plus es woh mantab!!
    selain enak juga bergizi~
     
  13. Offline

    Bloody_Bangaa Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 5, 2010
    Messages:
    32
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    di tempat q udah ga jualan sihh..
    apa jgn2 itu yang pake bahan pengawet n pewarna, ya?
    :dead:
     
  14. Offline

    gharazor Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 3, 2009
    Messages:
    655
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +341 / -0
    :niceinfo:

    mantap nih infony
     
  15. Offline

    brainFREEZE Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 13, 2009
    Messages:
    138
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +356 / -0
    kok gk cocok ya rasanya susu kacang di lidah ane...
    apa gara2 ada rasa manis2 gitu nya yak??
     
  16. Offline

    dextone Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 27, 2008
    Messages:
    81
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    dulu pas gua fitness minum susu kacang nih buat pengganti susu fitness..proteinnya ga kalah tinggi
     
  17. Offline

    RottenSherry Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 10, 2009
    Messages:
    164
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +13 / -0
    Hiks...gw gak doyaaaaan... Udah dicoba-coba dan dipaksa-paksa tapi tetep gak doyan...padahal gw doyan banget ama segala macem susu sapi... Hiks... Padahal manfaatnya banyak...
     
  18. Offline

    hapoki Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 12, 2010
    Messages:
    192
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +12 / -0
    wah.. patut dicoba nih resepnya.. thanks infonya
     
  19. Offline

    zoro_kasep Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 29, 2009
    Messages:
    117
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +24 / -0
    mau kolesterol aga2 turun?
    minum susu kedelainya kuranglebih 30 menit sebelum makan deh..
    mungkin ada efek samping (sering kentut, eek aga mencret) but it's normal folks!

    oiya,koreksi tuk TS atau yg bikin wacana, ketiadaan enzim lactase bukan karena dari kecil gabiasa minum susu, tapi mang bawaan (genetik) :)
     
  20. Offline

    Rick_hardner Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 10, 2009
    Messages:
    1,867
    Trophy Points:
    132
    Ratings:
    +1,803 / -0
    Salah satu minuman kesukaan gw ternyata banyak manfaatnya...
     
  21. Offline

    galuhrestu Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 9, 2010
    Messages:
    474
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +2,073 / -0
    susu selalu baik buat kesehatan memang...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.