1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Manfaat ruangan gelap saat tidur

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by apple0093, Sep 18, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    apple0093 Rockstar Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 20, 2009
    Messages:
    42,686
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +17,365 / -0
    Manfaat lampu gelap saat tidur :


    Malam yang gelap diam-diam berkolaborasi dengan tubuh.Hanya dalam keadaan yang benar-benar gelap tubuh menghasilkan Melantonin, salah satu hormon dalam sistem kekebalan yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan kanker prostat. Sebaliknya, tidur dengan lampu menyala di malam Hari - sekecil apapun sinarnya menyebabkan Produksi hormon melantonin terhenti.

    Biolog Joan Roberts menemukan rahasia ini setelah melakukan percobaan pada hewan. Ketika hewan diberi cahaya buatan pada malam Hari, melantoninnya menurun dan sistem kekebalan tubuhnya melemah. Rupanya, cahaya Lampu - seperti juga TV - menyebabkan hormon menjadi sangat lelah. Oleh Karena itu, selain menghemat energi, dengan mematikan lampu ketika tidur merupakan cara alami untuk meningkatkan kesehatan tubuh.


    Jenis-jenis gangguan tidur yang dapat dialami oleh siapa saja antara lain adalah:

    A. Jet-lag. Adanya perubahan waktu antara siang dan malam yang mendadak akibat perjalanan dengan pesawat terbang. Ini bisa mengganggu irama sirkadian tubuh manusia.

    b. Kafein, nikotin, alkohol. Kafein nikotin yang terlampau banyak dapat menimbulkan kesulitan untuk tidur. Kondisi ini sering dialami oleh peminum kopi, perokok, dan pencandu alkohol.

    C. Faktor lingkungan. Dentuman suara musik yang keras, suara pabrik yang berisik, tidur dengan lampu yang menyala terang, akan menyebabkan tidur seseorang menjadi terganggu.


    Penyebab gangguan tidur pada perempuan adalah:

    A. Stres psikis. Ada anggota keluarga yang meninggal dunia, menghadapi ujian, kecelakaan lalu lintas, putus cinta. Secara statistik, 34% kaum perempuan sering mengalami hal ini dibanding 22% pada laki-laki. Kemungkinan karena perempuan lebih sensitif.

    B. Gangguan mitra tidur. Kurang lebih 17% perempuan mengeluh sulit tidur karena mitra tidurnya memiliki kebiasaan mendengkur dan hanya 5% laki-laki mengeluhkan penyebab serupa.

    C. Pekerja malam, perawat rumah sakit, penjaga malam, buruh pabrik. Mereka yang bekerja pada malam Hari ternyata lebih sering mengalami gangguan tidur. Para perempuan pekerja malam ini lebih sering pula mengalami gangguan siklus haid, dan sukar untuk hamil.

    D. Terkait dengan haid. Hormon progesteron bersifat menimbulkan rasa tenang dan rasa kantuk. Hormon progesteron akan meningkat pada masa ovulasi, yaitu kurang lebih pada Hari 12-14 dari siklus haid. Beberapa perempuan akan mengalami rasa lemas dan rasa kantuk yang berlebihan.

    Gangguan tidur mulai terjadi ketika hormon progesteron ini mulai menurun, yaitu beberapa Hari menjelang datangnya haid (Hari 22-28 dari siklus haid). Perempuan akan lebih sering terbangun, tidur kurang nyenyak, atau terbangun dengan perasaan yang tidak segar.

    E. Terkait dengan hamil. Pada masa hamil juga terjadi perubahan-perubahan yang dapat mengganggu tidur. Pada kehamilan 1-3 bulan, hormon progesteron mulai meningkat, menimbulkan rasa kantuk pada beberapa perempuan. Rahim yang membesar mulai mendesak kandung kemih, sehingga perempuan hamil sering terbangun beberapa kali untuk berkemih.

    Pada kehamilan 4-6 bulan, hormon progesteron mulai stabil. Rahim sudah tidak lagi mendesak kandung kemih. Perempuan hamil akan merasakan masa-masa tidur yang paling nikmat. Hampir tidak Ada gangguan tidur pada usia kehamilan ini.

    Pada kehamilan 7-9 bulan, mulai terjadi gangguan tidur. Adanya rasa panas di daerah dada, rasa gerah, hidung yang tersumbat, kram pada tungkai bawah, lebih sering berkemih akan mengganggu kualitas dan kuantitas tidur perempuan hamil. Sekitar 97% perempuan akan lebih sering terbangun tengah malam dan sukar untuk tidur kembali. 30% perempuan yang tidak pernah mendengkur akan tidur dengan mendengkur.

    F. Masa menopause. Produksi hormon estrogen mulai menurun, membuat 30%-40% perempuan lebih sering terbangun di tengah malam karena keringat yang banyak, rasa jantung berdebar, atau timbul keluhan rasa panas di dada dan kepala.


    Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi gangguan tidur antara lain adalah:

    1. Hindari makanan berkadar gula tinggi (madu, sirop), mengandung kafein (kopi, cokelat, the), rokok, atau alkohol, menjelang waktu tidur.

    2. Tidur dan bangun pada waktu yang teratur setiap Hari.

    3. Gunakan tempat tidur hanya untuk hubungan intim dan tidur. Tidak untuk kegiatan lain seperti belajar, bekerja, membaca, senam, dan sebagainya.

    4. Olahraga yang teratur akan membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan nyaman. Demikian pula bagi perempuan hamil, olahraga dapat mengurangi kejadian kram di tungkai bawah.

    5. Biasakan tidur dalam suasana gelap tanpa lampu menyala.

    6. Shalat/Berdoa.

    7. Jangan gunakan obat tidur karena dapat menimbulkan efek samping seperti gangguan ingatan, kurang waspada, sering ngompol dan sakit kepala.

    8. Konsultasi ke dokter, mungkin dokter perlu memberikan nasihat atau obat-obat tertentu seperti melatonin, hormon estrogen, dan sebagainya.


    Semoga bermanfaat..

    maap bgt klo repost :repost:, silahkan di delete aja mod :maaf:

    klo berguna boleh klik thanks ato kasi grp :xiexie:
     
    • Like Like x 4
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    nospec Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 7, 2008
    Messages:
    3,462
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9,558 / -0
    hoo, gw baru2 aja sih tidur pake matiin lampu, klo dulu ga berani, takut gelap... :hahai:
     
  4. Offline

    Happybahbah Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 17, 2008
    Messages:
    1,792
    Trophy Points:
    226
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,372 / -0
    owhh satu aib will terkuak wkwkwk.. :haha:

    berdasarkan info diatas berarti emang cara tidur gw bener..
    sep dah haha.. :top:
     
    • Like Like x 1
  5. Offline

    Arnez Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 13, 2009
    Messages:
    329
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +86 / -0
    hoo ternyata ada orang yang hampir sama kaya gw yha :panda::panda::panda:
     
  6. Offline

    apple0093 Rockstar Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 20, 2009
    Messages:
    42,686
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +17,365 / -0
    heheh makanya klo tdur matiin lampuny, ane dlu ga bs, tp skarang malah ga bs tdur klo ga dmatiin lampuny :top:
     
    • Like Like x 1
  7. Offline

    sosmall Senpai Veteran

    Joined:
    Jan 10, 2009
    Messages:
    5,296
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +73,993 / -0
    Sama.. dulunya takut tidur kalo matiin lampu.
    Tp skarang sih ok2 aja. Nyala ok, mati juga gpp :haha:
     
    • Like Like x 1
  8. Offline

    ryomin Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 13, 2009
    Messages:
    2,279
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,864 / -0
    hohoho..
    aqu mlah bru2 ni matiin lampu maz mau tidur..
    biz dlu tkut,,prnah liat hal2 yng begituan jdi gg brani matiin lampu paz mu tdur..
    skrang ci udah biasa :piss:

    :niceinfo:
     
  9. Offline

    tehkotak88 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 14, 2009
    Messages:
    1,325
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +2,646 / -0
    Ni die yg susah...

    Kamer ane sempit gan..pasti di kasur mulu dah...
     
  10. Offline

    moonlightwolfz Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 11, 2009
    Messages:
    193
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +19 / -0
    gw ga bisa klo Gelap.. :takut:
    semalem aja ada suara nangis-nangis di kamar gw jam 3
    :takut::takut::takut:
     
  11. Offline

    morierti Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 17, 2009
    Messages:
    23
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    wah. . . . asiik nie. . .
    aku paling suka tidur gelap. paginya langsung maknyus. . .:yahoo:

    ade hubunganya gagya sambil liad bintang???:???:
    heheh
     
  12. Offline

    agus_adhe Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 12, 2009
    Messages:
    267
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +28 / -0
    Tapi kalo yg kasurnya isi dipan emang ga takut apa ntar keluar tangan dari bawah kasur........


    hi........ seremmmmmmmmmm.


    tapi gw sih biasanya emang matiin lampu kalo tidur, kalo terang susah tidur. lgan kasur gw kan ga ada dipannya. ntar kalo ada tangan yg keluar dari bawah ga mungkin bisa, udah dijepit ma kasurnya kale. hahahahahahhahaha
     
  13. Offline

    bee_sweet_bee Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 20, 2009
    Messages:
    1,230
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +13,687 / -0
    sapa tuh yg nangis...
    tp mending gw lgsg matiin lampu pasang headphone dah...

    dulu pernah ada yg ngasih tau gw klo tidur itu bagus nya lampu dimatiin tp gw blum tau ada penelitian nya...
    banyak manfaatnya juga ternyata tidur lampu dimatiin...
     
  14. Offline

    Neena Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 3, 2009
    Messages:
    996
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +6,544 / -0
    gue lebih nyaman gelap...dan agama gue juga menganjurkan tidur dalam gelap sihhhhh
     
  15. Offline

    summonedskull Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 30, 2009
    Messages:
    2,000
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +25,471 / -0
    mesti gelap total ya... :???:

    kalo remang remang masih ga ngefek ya kk :???:
     
    • Like Like x 2
  16. Offline

    apple0093 Rockstar Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 20, 2009
    Messages:
    42,686
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +17,365 / -0
    setau ane sih klo remang2 jg tetep kurang baik, klo ga salah badan kita produksi hormon melatonin

    yg dimana hanya saat gelap gulita diproduksiny scara banyak

    itu mncegah penyakit2 utk tubuh kita

    CMIIW :maaf:
     
  17. Offline

    FLintR Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 11, 2009
    Messages:
    93
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +259 / -0
    btulz.. tdr g paling suka yg gelap2... gila klo ga gelap.. tutup aj muka g pake selampe wkwkwkwk
     
  18. Offline

    ardasever Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    437
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +14,142 / -0
    setuju banget nih...gw paling anti kalo ada cahaya saat tidur..
    yang penting ...pastiin dulu nyamuk gag banyak...matiin lampu...tarik selimut...duhh asyiknya !!:malu2:
     
  19. Offline

    agakeren Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 18, 2009
    Messages:
    456
    Trophy Points:
    141
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,424 / -0
    jaman gw kecil (SD) gw gk biasa tidur gelap karena takut..

    tapi setelah smp sma dah mulai tidur gelap2an, alasannya karena enak aja
    klo gelap tuh gampang tidurnya, terus gk silau gtu

    gue aja ernah nyoba pake lampu kecil yang warnanya orange gtu, tapi malah gk bisa tidur krn silau..
    gue matiin deh, trus simpen di gudang :haha:
     
  20. Offline

    ibnuibrahim Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 11, 2009
    Messages:
    72
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +18 / -0
    biasanya sih harus ada celah biar cahaya lampu dari luar bisa masuk sedikit.. jadi gak pengap
     
  21. Offline

    clauz Senpai Moderator

    Joined:
    Apr 7, 2009
    Messages:
    5,370
    Trophy Points:
    222
    Ratings:
    +119,678 / -0
    wah baru tw nih infonya.. ternyata banyak faktor yg bisa pengaruin kalo kita susah tidur dan dampak cahaya lampu terhadap badan kita itu.. :niceinfo:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.