1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Manfaat KOLESTEROL Bagi Pembentukan SEL OTAK-Harapan Penderita Parkinson

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by ireh, Oct 6, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    ireh Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 22, 2009
    Messages:
    2,121
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +6,310 / -0
    Ternyata kolesterol bermanfaat untuk membantu proses pembentukan sel otak! Berita gembira bagi penderita penyakit parkinson - salah satunya adalah Muhammad Ali sang petinju legendaris Amerika Serikat - yang mengalami gangguan pada proses dan fungsi otak, dari ketrampilan gerak sampai kepada sistem ganjaran dan ketergantungan karena beberapa sel otak telah mati.

    Sekedar informasi, Kolesterol adalah zat yang berupa minyak, sedangkan darah kira komponen utamanya adalah air. Seperti yang kita ketahui, air dan minyak tidak pernah bias bercampur. Namun inilah ajaibnya karya Tuhan. Kolesterol mampu beredar dalam darah kita berkat adanya ‘kendaraan' tertentu yaitu lipoprotein. Layaknya mobil pickup yang mengangkut muatan di bagian belakanganya, suatu saat kolesterol yang diangkut oleh lipoprotein dapat tumpah jika muatan kolesterol tersebut melebihi kapasitas angkut si lipoprotein. Akibatnya tumpahan minyak itu akan menempel di dinding pembuluh darah dan menjadi kerak-kerak yang tentunya kelak akan mengganggu peredaran darah. Yang menjadi masalah apabila kerak-kerak tersebut terbentuk di pembuluh darah karotis (pembuluh darah ke otak) atau pembuluh koroner yang bertugas memberi makan bagi sel-sel otot jantung yang berfungsi vital bagi tubuh. Stroke dan serangan jantung adalah ancaman di kemudian hari, sehingga keadaan dislipidemia mutlak memerlukan berbagai intervensi medis. Inilah bahaya umum bila kolesterol tidak terkonrol. (Wikimu)

    Walaupun sosok kolesterol sebagaimana tulisan di atas menjadi momok bagi mereka yang tidak dapat merawat kesehatan dan mengontrol komposisi makanan yang dikonsumsi, ternyata kolesterol sangat bermanfaat bagi perkembangan dan pembentukan sel otak.

    Studi: Kolesterol Diperlukan Bagi Perkembangan Otak

    Stockholm (ANTARA News) - Kolesterol diperlukan buat pembentukan sel otak, demikian kesimpulan satu studi baru-baru ini oleh karolinska Institute, Swedish Medical University, seperti dilaporkan Xinhua.

    Profesor Ernest Arenas, yang memimpin studi tersebut, mengatakan percobaan pada tikus memperlihatkan pembentukan syaraf penghasil dopamine selama pertumbuhan otak bergantung atas aktifnya reseptor khusus di otak oleh satu bentuk oksidasi kolesterol yang disebut "oxysterol", demikian siaran pers dari Karolinska Institute.

    "Oxysterol memberi sumbangan bagi perkembangan sel penghasil dopamine secara lebih aman dan lebih baik, yang merupakan kemajuan sangat besar karena itu meningkatkan kemampuan perkembangan perawatan baru penyakit parkinson," kata Arenas.

    Sel syaraf penghasil dopamine memainkan peran penting dalam banyak proses dan fungsi otak, dari ketrampilan gerak sampai kepada sistem ganjaran dan ketergantuan. Semua itu juga adalah jenis sel yang mati pada penyakit Parkinson, kata Profesor Arenas.

    Suatu hari, sel itu diharapkan akan memungkinkan penggantian sel yang mati di otak pada pasien Parkinson dengan pencangkokan sel penghasil otak dopamine yang dikembangkan. Sel seperti itu juga dapat dimanfaatkan untuk menguji-coba obat baru Parkinson, kata siaran pers tersebut.

    Hasil studi itu telah diterbitkan di dalam jurnal "Cell Stem Cell".
    http://besteasyseo.blogspot.com/
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.