1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Trivia Manfaat Hewan Yang Dianggap Menjijikkan

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by yopisukita, Jul 16, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    yopisukita Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    908
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +20,970 / -0
    Cekidot eh Bekicot :hahai:

    [​IMG]

    Manfaat Bekicot?? Sejarahnya, Bekicot berasal dari Afrika Timur, tersebar keseluruh dunia dalam waktu relatif singkat, karena berkembang biak dengan cepat. Bekicot tersebar ke arah Timur sampai di kepulauan Mauritius, India, Malaysia, akhirnya ke Indonesia. Bekicot sejak tahun 1933 telah ada disekitar Jakarta, sumber lain menyatakan bahwa bekicot jenis Achatina fulica masuk ke Indonesia pada tahun 1942 (masa pendudukan Jepang). Sampai saat ini, bekicot jenis Achanita fulica banyak
    terdapat di Pulau Jawa.

    Sentra peternakan bekicot banyak ditemukan di masyarakat pedesaan Jawa Timur, Bogor (Jawa Barat), Sumatera Utara dan Bali. Bekicot diternakkan umumnya jenis Achatina fulica yang banyak disenangi orang, karena bekicot jenis ini banyak mengandung daging. Konon di Eropa, bekicot jenis ini digunakan sebagai bahan baku makanan yang disebut Escargot. Escargot semula berbahan baku Helix pomatia. Karena Helix pomatia lama kelamaan sulit diperoleh maka bekicot jenis Achatina fulica menggantikannya sebagai bahan baku Escargot.
    Manfaat bekicot yaitu :
    Selain pakan ternak bekicot merupakan sumber protein hewani yang bermutu tinggi karena mengandung asam-asam amino esensial yang lengkap. Masyarakat yang menggemari makanan dari bahan baku bekicot (sate bekicot, keripik bekicot ) adalah masyarakat Kediri. Disamping itu bekicot juga kerap dipakai dalam pengobatan tradisional, karena ekstrak daging bekicot dan lendirnya sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti abortus, sakit waktu menstruasi, radang selaput mata, sakit gigi, gatal-gatal, jantung dan lain-lain.

    Sedangkan kulit bekicot sangat mujarab untuk penyakit tumor. Sejenis obat yang dikenal berasal dari kulit bekicot, dinamakan Maulie., yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti kekejangan, jantung suka berdebar, tidak bisa tidur/insomania, leher membengkak dan penyakit kaum wanita termasuk keputihan.


    [​IMG]

    Lintah atau pacet dapat hidup di payau, sawah atau takungan air. Hewan ini punya kebiasaan menghisap darah hewan lain atau manusia. Karena itu anda harus berhati2 bila berada di genangan air, rawa-rawa atau sungai-sungai. Kalau sudah menghisap darah manusia, hewan ini akan terus melekat di kulit takkan terlepas walau anda mencabutnya dengan sekuat tenaga, ia baru melepaskan korbannya bila sudah merasa puas dan tubuhnya menggelembung penuh dengan darah mangsanya.

    Bila digigit lintah cepatlah ambil abu rokok, taburkan abu tersebut, atau alkohol pada tubuhnya maka is akan mati. Lintah ini walau tubuhnya putus jadi dua, ia tidak akan mati, potongan tubuhnya akan menjadi lintah baru.

    Jenis lintah yang bagus untuk pengobatan ialah yang berwarna hitam kecoklatan dan bersih. Lintah mengandung protein dan zat anti pembeku darah, zat ini secara ilmiah disebut hirudin atau hemaphilin, khasiatnya yang utama mencegah zat-zat pembeku darah.

    Pada akebanyakan penderita mati pucuk (impotens), biasanya urat atau jalan darah disekitar batang zakar ada yang tersumbat atau beku,sehingga zakar tidak tegang, jika batang zakar disapu minyak lintah (lintah oil) dan diurut-urut (lakukan berkali-kalu) makan darah di sekitar zakar menjadi besar.

    1. Cara Mengolah Lintah

    Lintah biasanya diambil pada musim kemarau, cara menangkapnya dengan abu, atau dititis dengan minyak tanah seterusnya dikeringkan dengan menjemurnya dibawah sinar terik matahari atau di panggang.

    Lintah yang sudah dibersihkan digoreng dengan minyak bijan sampai kering kuning kemudian di keringkan. Juga terdapat perbedaan antara minyak lintah asli dan yang tidak.

    2. Beberapa Khasiat Lintah

    a. Memecahkan darah
    b. Melancarkan haid yang tidak teratur
    c. Membesarkan dan menegangkan zakar
    d. Lintah yang hidup digunakan untuk menghisap bagian tubuh yang sakit seperti gatal- gatal,ruam dan kudis-kudis yang sukar sembuh.

    3. Penggunaannya

    a. Diminum dalam bentuk serbuk 2 - 4 gram
    b. Untuk obat oles seperti minyak lintah (lintah oil), lintah hidup direndam dan diambil cairannya

    4. Pantangan
    a. Mereka yang lemah badan, kurang darah, yang tidak memiliki darah beku, wanita hamil dilarang menggunkan obat ini.
    b. Lintah tidak boleh dicampur dengan garam.


    [​IMG]

    Berdasarkan penelitian yang diketuai Tyas Kurniasih dari Universitas Gadjah Mada Jogjakarta berjudul Kajian Potensi Undur-Undur Darat (Myrmeleon sp) 2006, binatang ini mengandung zat sulfonylurea. Kerja sulfonylurea pada undur-undur adalah melancarkan kerja pankreas dalam memproduksi insulin. Karena, ketika insulin dalam tubuh manusia menurun sementara kadar glukosa darah meningkat, maka terjadi ketidakseimbangan. Di mana insulin sebagai penghasil energi tubuh terus berkurang. Akibatnya, tubuh mudah terserang penyakit.


    [​IMG]

    Cacing tanah termasuk binatang invertebrata (tidak bertulang belakang). Ia hidup di dalam tanah yang gembur dan lembab. Cacing tanah mengandung kadar protein tinggi, sekitar 76%, jauh lebih tinggi daripada kadar protein pada daging mamalia (65%) dan ikan (50%).

    Cacing tanah mempunyai banyak khasiat untuk menyembuhkan penyakit dan menjaga kesehatan. Sudah banyak orang yang mengkonsumsi tanpa bersentuhan dengan efek samping.

    Beberapa penelitan juga membuktikan adanya daya antibakteri dan protein hasil ekstrasi cacing tanah, yang sanggup menghambat pertumbuhan bakteri gram negarif Escherichia coli, Shigella dysenterica, Staphylococcus aureus dan Salmonelllathypus.

    Tidak mengherankan jika cacing tanah bisa dimanfaatkan sebagai media pengobatan. Ia mampu mengobati berbagai infeksi saluran pencernaan seperti typus, disentri, diare, serta gangguan perut lainnya seperti maag. Bisa juga untuk mengobati penyakit infeksi saluran pernapasan seperti batuk, asma, influenza, dan TBC.

    Bahkan, cacing tanah dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi, serta menurunkan kadar gula darah pagi penderita diabetes. Selain itu, dapat digunakan untuk mengobati wasir, eksim, alergi, luka, sakit gigi, mengurangi pegal linu akibat keletihan atau akibat reumatik.

    Cacing tanah juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan, terutama meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan nafsu makan, bahkan menambah vitalitas seksual kaum lelaki. Tak mengherankan pula jika sekarang banyak dipasarkan kapsul herbal yang berisi ekstrak cacing tanah.

    Bukan rahasia lagi jika sebagian prosuk kosmetik juga menggunakan cacing tanah sebagai bahan bakunya, terutama pelembab kulit dan lipstik. Bahkan di beberapa negara maju, cacing tanah diolah menjadi makanan spesial yang nikmat dan kaya nutrisi. Tak hanya itu, cacing tanah juga dapat diolah untuk berbagai keperluan seperti pembuatan pakan ayam dan pellet ikan.


    sumber :



     
    Last edited: Oct 24, 2011
    • Thanks Thanks x 8
    • Like Like x 4
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    gravitazy Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 19, 2010
    Messages:
    477
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +960 / -0
    dari pada harus "berjibaku" untuk mengolahnya...
    mending wa cari yg dah jadi aja deh,,,

    btw,, kalo lintah dibelah jadi dua,,
    benar nih masing2 potongan, jadi lintah baru?????
     
  4. Offline

    yopisukita Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    908
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +20,970 / -0
    seperti nya salah pengertian mungkin bos...mungkin potongan yang masih hidup tadi apabila dkawinkan dengan lintah lain mungkin akan berkembang menjadi lintah baru...githu mungkin kali om,,!!
     
  5. Offline

    Shouenga Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 21, 2008
    Messages:
    1,662
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,772 / -0
    ngga kok, emang bisa tumbuh jadi lintah baru (kayak tanaman)

    baru tau kalo undur undur bisa buat obat diabetes :swt:

    kalo gak salah dulu lintah dipake buat ngobatin orang yang infeksi gara gara darahnya kesumbat abis operasi
     
  6. Offline

    1c4ru5 Senpai Regional Leader

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    6,690
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,791 / -1

    gw uda bca om ts bgus skli nice thread

    dan om 1 ini btul jga krn ane prnh bca di bku ilmu alam kek om neh blg kok :hehe:
     
  7. Offline

    Ken Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 10, 2009
    Messages:
    4,367
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +56,975 / -0
    wele lintah dimakan.. :muntah:
    tapi banyak gunanya jg tuh.. :rokok:
     
  8. Offline

    sunsphoenix ~Super Cool~ Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 5, 2008
    Messages:
    5,735
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +2,174 / -0
    tapi rasa jijiknya itu loh :sigh:

    bnyk yg kaga nahan ..
     
  9. Offline

    dibu Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 8, 2009
    Messages:
    553
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +99 / -0
    dari semuanya cuma pernah nyoba makan bekicot sama cacing tanah..
    kalo bekicotnya se uda dimasak jadi enak...kalo cacing tanahnya pas masih hidup rasanya kenyal2 dimulut...brrr aneh:muntah:
     
  10. Offline

    KuroxZero Lurking Around Moderator

    Joined:
    May 8, 2010
    Messages:
    964
    Trophy Points:
    121
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +800 / -0
    walaupun cacing tanah agak menjijikan tapi sekarang banyak yg bikin kapsul dari ekstrak cacing tanah,
    bagus buat jaga kesehatan.
    lebih baik mencegah daripada mengobati :piss:
     
  11. Offline

    dmag Beginner Members

    Joined:
    Oct 11, 2009
    Messages:
    418
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +114 / -0
    penah minum bro?:panik:
     
  12. Offline

    dark_kiva Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    May 5, 2010
    Messages:
    479
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +660 / -0
    ada? mahal gak harganya?
     
  13. Offline

    yopisukita Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    908
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +20,970 / -0
    Lho jadi yang benernya gmana ya om??apa lintah termasuk spesies amoeba yang bisa membelah diri githu ya??maaf om klo salah :swt: hehehehe
    Wah iya ya om,,jadi sebagian besar tenaga medis kita menggunakan undur2 dalam hal operasi githu..??

    hehehe sama2 om,,ijo2 nya om..ckckckckc ?? owh jadi btul toh lintah bisa membelah diri githu??

    hahahaha...
    tapi tentunya di goreng dlu om,,,klo di telan hidup2 mah cari mati namanya hahahaha :lol:
     
  14. Offline

    yopisukita Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    908
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +20,970 / -0
    hahahaha ya semua yang jijik dan pahit itu terkadang lebih manjur lho om...gw pernah tu makan cacing hidup2 memang aneh awalnya,,,tapi sakit yg gwa drita cepat sembuh hehehe,,,

    hahahahha iya om,,kenyal2 gmana githu apalgi waktu kegi2t isi perutnya kluar semua huaaa :sigh: awalnya doank tapi sudah itu ga lagi om..

    wah pepatah yg bnar skali om,,semakin kemajuan zaman maka timbul lah tablet dan macam2 obat yang memudahkan kita untuk menkonsumsi itu om,,ckckck
     
  15. Offline

    yopisukita Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    908
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +20,970 / -0
    hahaha ga tau tu klo ma om KuroxZero klo saya udah om..

    paling cuma skitaran 30 rbuan / brapa lah ya...hahaha hubungi ke apotik terdekat aj lah om wkwkwkw :lol:
     
  16. Offline

    reazon Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 20, 2009
    Messages:
    1,564
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +20,014 / -0
    masa makan undur-undur.....
    jadi inget waktu kecil dulu sering nyari undur-undur d tumpukan pasir deket rumah......
    btw,, kalo ga salah undur-undur itu larva ya.....
    lupa gw larva apa.....:sigh:
     
  17. Offline

    yopisukita Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    908
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +20,970 / -0
    klo ini larva dari kupu2 om,, tapi klo gwa pndang mah larva sama undur2 ithu beda ya,,, [​IMG]
     
  18. Offline

    Will Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 14, 2010
    Messages:
    1,934
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +3,279 / -0
    jadi merinding baca penjelasan kaya gini :takut:
     
  19. Offline

    yopisukita Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    908
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +20,970 / -0
    hahahahaah biasa aj om,,awal nya memang githu semua...tapi ini lebih mujarab kox...obatnya...!!!
     
  20. Offline

    greenteanovi211 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 14, 2009
    Messages:
    486
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +40 / -0
    cacing tanah itu paling mantap kan
     
  21. Offline

    Crosscrusade Beginner Members

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    277
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +9 / -0
    ternyata lintah bisa dipake buat obat kejantanaan he..he..he:hero:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.