1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Mandilah air dingin mulai dari sekarang

Discussion in 'Lifestyle' started by vincentrevival, Aug 26, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    vincentrevival Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,338
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,522 / -0
    KOMPAS.com — Mandi air panas atau air hangat rasanya memang enak dan nyaman. Bayangkan bila Anda pulang ke rumah setelah seharian beraktivitas, menumpang kendaraan umum berdesakan dengan orang lain, dengan mandi air panas rasanya akan membuat semua kotoran dan rasa lelah lenyap seketika.

    Namun, tak hanya rasa nyaman yang didapat setelah mandi air panas, tetapi juga rasa penyesalan. Sebab, air panas ternyata membuat kulit kering dan mudah keriput. Sebab, air yang panas akan meluruhkan minyak alami yang terdapat pada kulit. Di lain pihak, meskipun terkesan menyeramkan bagi sebagian orang, mandi air dingin ternyata memberikan banyak manfaat. Berikut empat di antaranya:

    1. Sirkulasi darah lebih baik
    Air yang hangat akan mengalirkan darah ke kulit, sedangkan air dingin mengalirkan darah ke organ-organ tubuh. Perubahan antara panas dan dingin ini akan memicu sirkulasi yang lebih baik dalam darah, dengan memaksa darah untuk bergerak. Anda disarankan untuk mengubah air panas dan dingin beberapa kali, dan mengakhiri mandi dengan air dingin untuk membantu sirkulasi darah tersebut.

    Kita perlu memastikan sirkulasi darah yang baik karena hal ini dapat mencegah berbagai kondisi, seperti hipertensi, pengerasan arteri, dan urat-urat kaki yang menonjol (varises). Sirkulasi darah yang baik akan memperbaiki sistem tubuh kita, sekaligus membuat penampilan kita lebih menarik.

    2. Wajah lebih berkilau
    Uap air panas cenderung akan membuka pori-pori. Dengan pori-pori wajah yang terbuka, kotoran akan lebih mudah dibersihkan. Namun, setelah selesai membasuh wajah, sebaiknya Anda menutup kembali pori-pori yang terbuka dengan mengguyurkan air dingin ke wajah. Membasuh wajah yang sudah bersih dengan air dingin juga akan mencegah pori-pori tersumbat kotoran dan minyak, yang menyebabkan masalah pada kulit seperti jerawat. Selain itu, air dingin juga membuat pembuluh darah menyempit sehingga mengurangi pembengkakan dan munculnya lingkar hitam di bawah mata. Hasilnya, kulit akan terlihat lebih berkilau.

    3. Rambut lebih sehat
    Seperti yang telah dikatakan tadi, air panas akan membuka pori-pori. Bayangkan bila pori-pori pada kulit kepala Anda terbuka, tentu rambut jadi mudah rontok. Sebaliknya, air dingin akan menutup kutikula yang menyebabkan rambut menjadi lebih kuat dan mencegah kotoran terkumpul di kulit kepala. Rambut yang lebih kuat juga tak akan mudah tercabut ketika Anda menyisirnya, dan dengan sendirinya memperlambat kerontokan rambut. Tak hanya itu, air dingin juga membuat rambut Anda lebih berkilau. Sebab, air dingin tidak melenyapkan minyak alami yang terdapat pada kulit kepala dan rambut.

    4. Tubuh lebih bugar
    Ingin bisa mengawali hari dengan tubuh yang segar dan bugar? Mandilah dengan air dingin, karena air dingin akan membantu "membangunkan" saraf-saraf dalam tubuh Anda. Selepas mandi air dingin, Anda juga lebih dapat mengatasi udara dingin di luar rumah. Hal ini berbeda dengan mandi air panas, yang akan membuat tubuh menjadi lemas. Itu sebabnya, mandi malam dengan air panas membuat Anda siap tidur nyenyak.

    Mandi air dingin akan membuat Anda berenergi dan menguatkan seluruh esensi kehidupan Anda. Anda jadi lebih waspada dan bersemangat.

    Bila Anda belum terbiasa mandi air dingin, cobalah cara ini secara bertahap. Misalnya, dengan mulai mengurangi kadar hangat yang Anda gunakan saat mandi. Pelan-pelan, buatlah menjadi lebih kurang hangatnya, mulai dingin, dan akhirnya dingin sama sekali. Mulailah dengan mengguyur kaki lebih dulu, baru perlahan mengguyur tubuh bagian atas. Bila sudah terbiasa, Anda akan menaklukkan rasa "takut" pada air dingin. Kelak, Anda bahkan tak akan sempat memikirkan apakah air tersebut dingin atau tidak.

    sumber : http://female.kompas.com/read/2011/08/24/15364738/Mandilah.Air.Dingin.Mulai.dari.Sekarang
     
    • Thanks Thanks x 3
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    evente Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 27, 2011
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +197 / -0
    bener tuh bos
    gw emg lebih milih mandi pake aer dingin ketimbang aer panas sih...
    lebih seger setelah mandi
     
  4. Offline

    danieldg Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 4, 2010
    Messages:
    129
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +21 / -0
    wah makasi info nya...
    mandi air dingin kl tinggal di daerah gunung sih jadi air es...
     
  5. Offline

    dickh4rp3r Beginner Members

    Joined:
    Oct 7, 2009
    Messages:
    404
    Trophy Points:
    31
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +18 / -0
    gw sich tiap hari mandi air dingin
    tpp air hangat juga ada kelebihannya
     
  6. Offline

    tQa Beginner Members

    Joined:
    Mar 21, 2011
    Messages:
    224
    Trophy Points:
    52
    Ratings:
    +246 / -0
    jarang banget yang namanya mandi pake air hangat..
    walopun sedingin apapun,, yang namanya mandi tetep mandi..
     
  7. Offline

    zulfikarfahmi Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 20, 2010
    Messages:
    555
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +102 / -0
    menjadi sehat karena tidak punya uang
    :swt:
    keuntungan menjadi orang miskin
     
  8. Offline

    Freakuensi Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 25, 2011
    Messages:
    1,016
    Trophy Points:
    96
    Ratings:
    +1,714 / -0
    Di rumah gue ..
    Hawanya yang dingin .. jadi membuat AIR nya jadi dingin .. kemarin kemarin gue .. ga brani mandi . karena dingin nya ..
    tp klo tau ada manfaatnya mandii AIR dingin .. ya :kecewa:

    -NICE INFO-
     
  9. Offline

    tukiman Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 4, 2010
    Messages:
    1,879
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +13,943 / -0
    tergantung cuacanya sih
    klo hawanya dingin ya pake air panas/anget, hawa panas ya pake air dingin

    masa hawanya dingin mandi pake air dingin :dead:
     
    • Thanks Thanks x 1
  10. Offline

    vincentrevival Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,338
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,522 / -0
    wew, bang tuki jg eksis disini. keren euy avatarnya. ya kalo hawa dingin pake air dingin mah siap2 masuk RS :hahai:

     
  11. Offline

    acehkhan12 Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 6, 2010
    Messages:
    6,595
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +109,338 / -1
    sebelum datang masa tua..sebisa mngkn mandi air dingin..:hahai:
     
  12. Offline

    Hhmm Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 21, 2009
    Messages:
    2,092
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +9,018 / -0
    barusan nyoba search di google dengan keyword mandi dengan air hangat, rata2 artikel yg muncul pada ngebahas masalah dampak negatifnya :takut:

    tp, kata orang2, klo misal kita belum ada tidur dari semalam & ingin beraktiftas seperti biasanya, malah disarankan paginya mandi dengan air hangat... KATANYA LOH YA... apa betul? soalnya saya pernah coba beberapa kali, bandingin mandi dengan air panas dan air dingin dalam kondisi blm ada tidur dari semalam, malah tubuh lebih berasa fit jika mandi dengan air panas di pagi harinya...

    mungkin kk TS bs jelaskan yg demikian? :???:
     
  13. Offline

    __todosengel Superstar Veteran

    Joined:
    Jul 25, 2011
    Messages:
    11,011
    Trophy Points:
    262
    Ratings:
    +18,240 / -0
    kalo ane sih biasanya emang mandi air dingin..
    tp kaloagak gak enak badan ya terpaksa pake air hangat...
    soalnya air di kota malang dingin sekali :dingin:
     
  14. Offline

    earthlink Beginner Members

    Joined:
    Aug 4, 2008
    Messages:
    256
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +379 / -0
    tapi kata orang dulu dan orang tua.. kalo sering mandi malam2 trs pakai air dingin.. nanti bisa kena rematik gitu...
    jd yg mana yg benar yah.. bingung jg dah... tapi gua sih emang lebih suka mandi air dingin.. kalo mandi air panas.. setelah mandi rasanya seperti keringatan gitu
     
  15. Offline

    sigmaboys Silent Reader Members

    Joined:
    May 2, 2011
    Messages:
    13
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +1 / -0
    yang pasti di china juga ada penelitian mandi pake air dingin plus malem2 bisa buat kulit makin bersih dan putih... padahal kalo di sini pada ga boleh y mnd malem hehe
     
  16. Offline

    vincentrevival Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,338
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,522 / -0
    udah pasti lah itu kk. g ada artikel 1 lg coba cek aja, g males ubek2 lg. klo blm tidur semalam trs mandi air dingin siap2 serangan jantung. bukan masuk angin lg loh

     
    • Thanks Thanks x 1
  17. Offline

    alvin_wj Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 17, 2009
    Messages:
    48
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    Hmmm.. mungkin lebih tepat kalo pake air anget aja kali yah? IMO air dingin lebih banyak buruknya daripada bagusnya.
     
  18. Offline

    dtechboys Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 19, 2010
    Messages:
    607
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +752 / -0
    kalo ane sih air dingin selalu :haha:
    kelamaan air anget harus di angetin dulu di kompor :madesu:
     
  19. Offline

    sHinerenzu Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 21, 2010
    Messages:
    74
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +863 / -0
    Jaman dulu gw masih tinggal di Riau sih,, berhubungan panas bgt udaranya, gw emang mandi pake aer dingin. Jelas lebih seger.

    Tapi sejak gw pindah ke bandung,,berhubung di rumah gw dingin bgt, g kuat deh mandi pake air dingin. Apalagi gw kudu berangkat pagi dan pulangnya malem. Berrti kudu mandi subuh2 ama malem. Sekalinya gw nyoba mandi pake aer dingin,,gw langsung sakit. T^T
     
  20. Offline

    etca Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 2, 2011
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    mandi pake air dingin mah jauh lebih sering
    pake air hangat jarang banget euy!
     
  21. Offline

    dyelewer Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 20, 2010
    Messages:
    4,133
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +5,040 / -0
    laa air dingin normal apa air dingin suhu kulkas nih maksudnya..

    kalau mandi air anget kan katanya juga bagus,,

    tapi mandi air dingin bisa bikin melek kalo lagi ngantuk :hehe:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.