1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Historical Places Makam Cao Cao, Tokoh Legendaris Romance of Three Kingdoms

Discussion in 'World History' started by Romantic_Water, Feb 16, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    Romantic_Water Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 18, 2009
    Messages:
    479
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +126 / -0
    BEIJING — Para arkeolog China telah menemukan makam yang kemungkinan adalah milik Cao Cao, jenderal dan penguasa legendaris dari abad ketiga yang menjadi gambaran politisi licik di cerita rakyat China. Surat kabarChina Daily memuat pernyataan para arkeolog bahwa makam itu ditemukan di Desa Xigaoxue, dekat Kota Anyang, di Provinsi Henan tengah. Luasnya 740 meter persegi, dengan jalur sepanjang 40 meter yang berujung pada ruang bawah tanah.

    Para pakar sejarah menyatakan bahwa bakat militer dan politik Cao Cao begitu cemerlang sehingga ia berhasil membangun kerajaan terkuat dan termakmur di China utara selama masa "Tiga Kerajaan", yaitu dari tahun 208 hingga 280 Masehi, ketika China terbagi menjadi tiga.

    Tokoh Cao Cao pada opera china tradisional dan juga di novel sejarah China yang paling populer, "Romance of the Three Kingdoms", sering kali ditampilkan sebagai penjahat yang licik dan menghalalkan segala cara. Dalam penokohan fiksinya, Cao Cao konon berkata, "Lebih baik aku menyalahi dunia daripada dunia menyalahi aku."

    Dari makam tersebut, dalam penggalian selama setahun, telah ditemukan sisa tulang-belulang dari tiga orang dan lebih dari 250 relikui. Begitulah tutur para arkeolog China. Sisa kerangka-kerangka manusia itu telah diidentifikasikan sebagai seorang pria berumur sekitar 60 tahun dan dua wanita, satu berusia sekitar 50 tahun dan satu lagi sekitar 20 sampai 25 tahun.

    Para ahli mengatakan bahwa sang pria tersebut adalah Cao Cao, yang meninggal pada usia 65 tahun tahun 220 Masehi. Wanita yang lebih tua adalah permaisurinya, dan wanita muda itu adalah pelayannya. Laporan arkeolog juga menyatakan bahwa di antara temuan relikui terdapat lukisan di batu yang menggambarkan kehidupan sehari-hari pada masa Cao Cao, dan beberapa loh batu bertuliskan daftar barang persembahan, dan juga sejumlah barang-barang pribadi milik Cao Cao.

    Laporan arkeolog juga mencatat insiden penyitaan loh batu bertuliskan "Raja Wu dari Wei", yaitu gelar anumerta Cao Cao, dari sejumlah orang yang berusaha mencurinya dari makam itu.

    "Batu-batu bertuliskan gelar anumerta Cao Cao itu merupakan bukti terkuat," kata arkeolog Liu Qingzhu, dari Akademi Ilmu Sosial China. "Kecuali makam Cao Cao sendiri, tak ada makam lain yang bisa memiliki begitu banyak relikui bertuliskan gelar anumerta Cao Cao."

     
    • Thanks Thanks x 11
    • Like Like x 9
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    bosscha Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 17, 2009
    Messages:
    909
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,297 / -0
    hahah cao-cao mati pun bikin penasaran orang.
    ga ada yang tau makamnya dimana.

    tapi kalo nggak gitu nanti makamnya dirusak oleh orang2 yang dendam sama dia.
     
  4. Offline

    ojongonotalah Beginner Members

    Joined:
    Feb 21, 2011
    Messages:
    309
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +854 / -0
    Thread Edukatif dari ojongonotalah, semoga bermanfaat. :peace:


    Sebelumnya kita hanya mengenalnya lewat novel ternama "Romance of the three kingdoms" atau film blockbuster "Red Cliff". Kali ini, Jenderal Cao Cao yang perkasa kembali muncul ke permukaan setelah para arkeolog Cina mengumumkan bahwa mereka mungkin telah menemukan makam pemimpin yang legendaris tersebut.

    Kompleks pemakaman yang ditemukan diperkirakan berusia sekitar 1.800 tahun dan dipercaya merupakan tempat peristirahatan terakhir Cao Cao, seorang jenderal cerdas dan pemimpin pada abad ke-3 yang sering ditampilkan dalam kisah-kisah rakyat sebagai politisi yang licik.

    Kompleks tersebut ditemukan di desa Xigaoxue di dekat kota Anyang, Propinsi Henan, dan memiliki luas 8.000 kaki persegi. Didalamnya ada terowongan sepanjang 130 kaki yang menuju ke sebuah ruang bawah tanah.

    [​IMG]

    Menurut para sejarawan, kepandaian militer dan politik Cao Cao telah membuat ia mampu membangun negara Wei yang dianggap sebagai negara terkuat dan termakmur di Cina selama periode tiga kerajaan (208 - 280 M) dimana saat itu Cina terbagi kedalam tiga wilayah yang berbeda.

    Dalam makam itu ditemukan jasad dua perempuan dan seorang pria serta lebih dari 250 relik selama penggalian yang berlangsung selama satu tahun belakangan.

    Jasad pria itu diidentifikasi sebagai seorang pria berumur 60an. Sedangkan dua jasad perempuan itu diperkirakan berusia 50an dan 20an.

    Menurut para ahli, jasad pria tersebut adalah Cao Cao yang meninggal pada tahun 220 Masehi di usia 65 tahun. Sedangkan dua mayat perempuan lainnya diduga sebagai permaisuri dan pelayannya.

    Di dalam kompleks pemakaman tersebut juga ditemukan lukisan-lukisan batu yang menampilkan kehidupan sosial masyarakat masa Cao Cao. Lalu ditemukan juga sebuah lempengan batu yang berisi ukiran mengenai obyek-obyek kurban dan beberapa barang lain yang dianggap sebagai milik pribadi Cao Cao.

    [​IMG]
    [​IMG]

    Sebelumnya, sebuah lempengan batu bertuliskan "Raja Wu dari Wei", yaitu gelar yang diberikan kepada Cao Cao setelah ia meninggal, sempat dicuri dari makam tersebut, namun pihak yang berwajib berhasil mendapatkannya kembali.

    "Lempeng batu bertuliskan gelar tersebut adalah bukti terkuat yang kami miliki bahwa makam itu adalah milik Cao Cao." Kata Liu Qingzhu, arkeolog dari Chinese Academy of Social Sciences.

    "Kami percaya tidak ada satu orangpun yang dapat memiliki relik yang bertuliskan mengenai Cao Cao di dalam sebuah makam sebanyak itu, kecuali, tentu saja makam itu milik Cao Cao sendiri."

    Cao Cao yang kita kenal lewat buku-buku dan film adalah pemimpin terakhir dinasti Han timur sebelum akhirnya membentuk negara sendiri pada periode kekacauan politik masa tiga kerajaan.

    Ia meninggal pada tahun 220 Masehi di Luoyang, sebuah kota di timur dinasti han dan dianugerahkan gelar sebagai kaisar negara Wei yang didirikannya.

    Ayahnya adalah anak adopsi dari kasim kepala di pengadilan kerajaan dan Cao adalah seorang komandan sebuah pasukan kecil sebelum ia diangkat sebagai jenderal setelah berhasil memadamkan pemberontakan yang mengancam kerajaan Han.

    Karakter yang menampilkan Cao Cao sering digambarkan sebagai seorang berandalan yang licik dalam novel ternama "Romance of The Three Kingdoms". Karakternya yang licik ini begitu terkenal di Cina sehingga bahkan dijadikan pepatah yang berbunyi "Jika kamu membicarakan Cao Cao, maka Cao Cao akan datang". Selain sebagai jenderal, Cao Cao juga dikenal sebagai seorang penyair.

    Kuburan tersebut ditemukan dengan tidak sengaja pada Desember 2008 ketika seorang pekerja dekat Kilin sedang menggali lumpur untuk membuat batu bata. Penemuan itu tidak dilaporkan kepada pemerintah dan pejabat lokal baru mengetahui mengenai penemuan itu ketika lempeng batu yang bertuliskan gelar Cao Cao disita dari seorang penjarah makam.
    [​IMG]

    :idws:

     
    Last edited by a moderator: Mar 6, 2011
    • Thanks Thanks x 2
  5. Offline

    gamz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 1, 2009
    Messages:
    746
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +460 / -0
    wah2 ga mau disalahkan ni orang..:hehe:

    cao-cao tuh tokoh raja di Orochi Warrior ya???:???:

    maaph OOT..:piss:
    lanjut gan..
     
    • Like Like x 1
  6. Offline

    mulia24 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 18, 2009
    Messages:
    284
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +47 / -0
    kalau betul makan Cao Cao ditemukan :malu: , itu bisa menjadi salah satu bukti nyata keberadaan cao cao sekaligus bisa digunakan untuk menguak kebenaran cerita rakyat tentang legenda 3 kerajaan dan dapat sekaligus digunakan untuk konfirmasi romance of the three kindom yang ditulis oleh penulis kerajaan. demikian juga dengan Liu Bei dan Sun Quan :mimisan:
     
  7. Offline

    revenand Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 3, 2008
    Messages:
    236
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +169 / -0
    stubuh ma beliau ini! brarti emang sejarah beneran ya! bukan hanya sekedar cerita sebelum tidur jaman cina dulu!
     
  8. Offline

    Aragon81 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 25, 2008
    Messages:
    1,633
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +4,942 / -0
    wah pembuktian bentar lagi bener2 terbukti...
    cao cao emang legendaris yang bukan hanya cerita2 para leluhur
    ane juga demen ma novel ma gamenya
     
    • Like Like x 1
  9. Offline

    dejivrur Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,103 / -2
    penasaran pengen liat pedangnya, apakah sama dengan pedang yang direbut dari cao cao oleh zhao yun dalam film andy lau - Three kingdoms - ressurection of the dragon

    dan katanya beberapa waktu lalu ditemukan makam jendral dengan pedang yang sama sekali belum karatan dan katanya tajam sekali
     
    • Like Like x 1
  10. Offline

    deVnyx Post Hunter Veteran

    Joined:
    Jun 5, 2007
    Messages:
    2,917
    Trophy Points:
    171
    Ratings:
    +1,687 / -0
    wuidih...

    mantep nih...

    moga2 slanjutnya ditemukan jga makam liu bei... :D :D
     
  11. Offline

    Rincar Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 14, 2008
    Messages:
    582
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +918 / -0
    wah info yg sangat menarik.. :top:
    saya kira cuma cerita fiktif ternyata beneran ada..

    dengan ditemukannya makam ini merupakan salah satu bukti keberadaan Cao Cao yang pernah berkuasa dahulu kala..
     
    • Like Like x 1
  12. Offline

    jfythen Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 3, 2009
    Messages:
    68
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +15 / -0
    setau saya, kisah 3 kerajaan itu emang benar-benar ada cuma dibuat novelnya dengan beberapa fiksi. Jadi kayak bikin cerita dari kejadian nyata ditambah bumbu fiksi gitu loh. CMIIW
     
  13. Offline

    shucia Members

    Joined:
    Mar 16, 2010
    Messages:
    7
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    cerita 3Kingdoms itu nyata luo guanzhong mendramatisir historical record dan akhirnya menjadi Romance Of Three kingdoms yg lbh dikenal org2 skrg.
    ROTK karya Luo GuanZhong ini mnrt gw lbh pro ke pihak Shu dan menempatkan Wei sbg pihak tyrant,pdhal mnrt gw Cao Cao jauh lbh kompeten sbg pemimpin dibanding Liu bei atau Sun Quan.
     
  14. Offline

    giganticskies Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 22, 2009
    Messages:
    5,705
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +7,716 / -1
    Keren banget bisa nemuin makam orang yang keberadaanya pun diragukan karena dalam cerita :top:
    Moga2 yang lain nyusul :lalala:
     
  15. Offline

    deleter Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 10, 2009
    Messages:
    743
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +129 / -0
    Cao Cao adalah salah satu tokoh favorit gua di Romance of the Three Kingdom
    Tidak seperti Liu Bei yang "terlalu baik", Cao Cao lebih berani mengambil resiko daripada mementingkan reputasi....

    Semoga saja ditemukan juga makam Liu Bei dan Sun Quan......
     
  16. Offline

    monokoroboo Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 7, 2009
    Messages:
    170
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +43 / -0
    Beneran ada itu si Cao Cao. Bahkan Liu Bei, Sun Quan, Lu Xun, Zhou Yu, Zhuge Liang, dan banyak lagi lainnya, memang benar2 tokoh sejarah china asli. Kalau nda percaya, coba buka2 wikipedia aja.

    Sementara cerita samkok itu juga berdasarkan fakta2 sejarah asli, seperti misal pertempuran Chibi (Red Cliff), pertempuran Guan Du, pengambil alihan Shu oleh Liu Bei dll. Paling nggak, 80% benar lah yang ada dalam novelnya. Beberapa aja didramatisir dan diberi beberapa tambahan untuk memperkuat alur cerita.
    Ternyata masih banyak ya, yang belum tahu bahwa samkok itu cerita novel berdasarkan sejarah asli.... Dynasty Warrior memang benar2 berjasa deh dalam mencetak fans2 samkok. Hehehehe ayo baca buku novelnya bro, dijamin lu ga bakalan bilang jelek deh.
     
  17. Offline

    Kurenai_Hotaru Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 22, 2009
    Messages:
    1,105
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +3,683 / -0
    Emg beneran ada koq, dia kan tokoh sejarah yg terkenal di masa 3 kerajaan.

    Dengan ditemukannya makam Cao Cao, jadi penasaran sama bagian dalam serta karya sastra yg ditulis sm dia.
     
  18. Offline

    dibu Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 8, 2009
    Messages:
    553
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +99 / -0
    cerita romance of three kingdoms emang beneran ada...walopun kejadian nyata sama yang di novelnya ada yang berbeda seperti zhuge liang yang lebih unggul dibanding zhou yun
    sama seperti cerita sengoku di jepang...

    salut neh sama cao cao...karena entah terlalu pintar ato ga pengen ilmunya dicuri cao cao ngebakar semua buku2 strategi perang yang dia tulis sendiri...salut salut...
    cuma sayang dari semua anak2 cao cao cuma cao pi yang paling menonjol tapi itu juga ga sesukses cao cao
     
  19. Offline

    chibiziku Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 6, 2010
    Messages:
    283
    Trophy Points:
    82
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72 / -0
    cuma mo nambahin aja, ga cuma dijadiin cerita fiksi, game atao apapun tp tokoh-tokoh 3 kingdom ambil contohny Guan Yu/Kuan Yu & adikny Zhang Fei atau apapun versi namanya dianggap dewa oleh pnganut agama tertentu d beberapa negara di asia, contohny agama shinto di jepang.
     
  20. Offline

    sp4rkfist Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 2, 2009
    Messages:
    6,633
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,263 / -0
    Cao Cao: Sosok pemimpin yang sering menggunakan intimidasi untuk mencapai tujuan, namun punya harga diri dan prinsip, seperti yang dia lakukan ke guan yu
    Liu Bei: Pemimpin yang digambarkan memiliki hati yang baik, dan itu sering menjadi penghambat dalam mencapai tujuan
    Sun Quan: Pemimpin yang terlalu menggantungkan keputusannya pada orang sekitarnya
    Dong Zhuo: Pemimpin yang lalim, sama sekali tidak mempedulikan rakyatnya
    Lu Bu: Pemimpin yang barbar
     
  21. Offline

    shiro666 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 14, 2010
    Messages:
    572
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +685 / -0
    Ternyata Three Kingdom bukan cerita belaka :terharu:

    Yang ingin boku ketahui itu Lubu prajurit paling kuat milik Dong Zhuo

    Kalo ada makam Cao Cao berarti Sun Jian ama Liu Bei seharusnya ada :sigh:

    Moga para peneliti dapat menemukan makam mereka .
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.