1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Mahasiswa Jenius Termuda di Hongkong berumur 9 Tahun dari Indonesia

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by angelzinc, Aug 13, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    angelzinc Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 6, 2009
    Messages:
    717
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +31,148 / -0
    Mahasiswa Jenius Termuda di Hongkong berumur 9 Tahun dari Indonesia

    [​IMG]

    March Boedihardjo, satu dari banyak anak berprestasi Indonesia keturunan Tionghoa lahir pada tahun 1998 di Hongkong. March Boediharjo dan keluarganya adalah orang Indonesia yang bermukim di Hongkong. Dan ketika tahun 2005, March dan keluarganya hijrah ke United Kingdom, ketika kakak laki-lakinya, Horatio Boediharjo yang saat itu berusia 14 tahun mendapat beasiswa di Oxford University, dalam program Phd, dan membuat ia menjadi salah satu siswa termuda di universitas itu.

    Kedua anak keturunan Boediharjo ini memang menunujukantalenta lebih dalam bidang ilmu matematika, ayahnya memang sudah sejak kecil mengenalkan matematika kepada kedua anaknya ini, bahkan ketika makan pun yang mereka bicarakan adalah soal matematika. March menyelesaikan sekolah menengahnya di Inggris ketika ia dan keluarganya menemani kakaknya menempuh pendidikan di Ingris. Hebatnya, dia masuk dalam kelas akselerasi, sehingga hanya perlu waktu dua tahun menjalani pendidikan setingkat SMA itu. Hasilnya, dia mendapat dua nilai A untuk pelajaran matematika dan B untuk statistik. Dia juga berhasil menembus Advanced Extension Awards (AEA), ujian yang hanya bisa diikuti sepuluh persen pelajar yang menempati peringkat teratas A-level. Dia lulus dengan predikat memuaskan.

    Dalam sejarah AEA, hanya seperempat peserta AEA yang bisa mendapat status tersebut. Ia juga mendapatkan 8 GCSEs dalam waktu yang sama dengan ketika ia mengikuti ujian A-level di Inggris. Setelah itu, ia pun mendaftarkan diri ke Baptist Hong Kong (HKBU), sebenarnya March sudah melamar ke beberapa universitas lain di Hong Kong. Di antaranya yaitu Universitas of Hong Kong, Hong Kong University of Science and Technology, dan Chinese University of Hong Kong. Namun, sayangnya universitas-universitas itu belum memberikan jawaban, aku ayah March. Sebenarnya, March ingin menyusul kakaknya yang berusia 14 tahun yang melanjutkan pendidikan di Oxford University di Inggris, namun sayangnya keluarga mereka tidak punya cukup uang, waluapun ayahnya adalah seorang pengusaha karena biaya hidup di Inggris itu sangat mahal dan akhirnya March dan orang tuanya pun harus kembali ke Hongkong lagi meninggalkan kakaknya yang sedang menempuh pendidikan di Oxford.

    Ia mencatatkan diri sebagai mahasiswa termuda di Universitas Baptist Hong Kong (HKBU). Di tahun-tahun pertamnya dia mengkritik bahwa pelajaran yang diajarkan terlalu mudah. Ia mendapatkan B+dan A- di hampir semua ujian matematika yang membuat ia masuk ke dalam daftar Dean, yaitu penghargaan bagi siswa yang memiliki IPK 3.00-3.49 dengan tidak ada nilai dibawah C. March juga akan memiliki gelar sarjana sains ilmu matematika sekaligus master filosofi matematika. Karena keistimewaannya itu, perguruan tinggi tersebut menyusun kurikulum khusus untuknya dengan jangka waktu penyelesaian lima tahun yaitu pada tahun 2010. Dia juga mengkritik bahwa ia tidak punya kesan baik terhadap rekan kuliahnya.

    [​IMG]

    "Mereka tidak memberi tanggapan (di ruang kuliah). Mereka cuma mendengarkan dan satu sama lain tidak berinteraksi," katanya.

    Anak itu mengatakan rekannya di sekolah sebelumnya "ingin bermain", tidak seperti mahasiswa perguruan tinggi.

    Ketika ditanya tentang cara beradaptasi dengan lingkungan dan orang-orang baru, March mengaku tidak pernah cemas berhadapan dengan teman sekelas yang lebih tua darinya.”Ketika saya di Oxford, semua rekan sekelas saya berusia di atas 18 tahun dan kami kerap mendiskusikan tugas-tugas matematika,’’ kisahnya.

    Seorang wartawan BBC di Hongkong, Vaudine England pernah mewawancarinya suatu saat dan ia berkata bahwa March Tian Boedihardjo tidak beda dengan bocah-bocah lain yang berusia 9 tahun, ia masih memiliki sisi kejenakaan khas anak-anak dan March juga mengaku bahwa selain ia hobi melahap dan mempelajari semua buku matematika miliknya, ia juga sangat senang bermain catur, monopoli, dan lego.

    rasanya terkadang sangat disayangkan sekali kalo orang'' yg pintar/jenius yg asli orang indonesia begitu mereka lulus dr skolah/kuliahnya mereka langsung diambil ama orang luar negri dgn tawaran kerja,gaji yg lebih dr cukup, dan mendapat lanjutan gelar di luar negri ...
    tp pergerakan dr pemerintah indonesia untuk mendanai mereka dan memperkerjakan mereka dgn gaji yg spantasnya tidak ada :panda: sangat disayangkan sekali ..

    :makasih-g:Semoga Thread ini menambah wawasan anda :makasih-g:
     
    • Thanks Thanks x 5
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    Apocalypse92 Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 24, 2009
    Messages:
    47
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    setuju m opini kk angelzinc!! :top:
    kbanyakan sih malah keluar dan akhirnya malah bangun negara lain!!
     
  4. Offline

    ichinarayan Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 14, 2010
    Messages:
    581
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +221 / -0
    opini agan emang bener n tepat, bukan cuman maslah orang jenius aja yang d pandang sebelah mata oleh pemerintah, atlit kita juga banyak yang sekarang masa depannya udah g jelas lagi, abis manis pensiun di buang
     
  5. Offline

    ytree Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 9, 2011
    Messages:
    509
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +1,736 / -0
    setuju banget.. emang dukungan pemerintah kurang soal ni... jadi bykn org2 yg jenius kerja di negara laen gr2 di negara sendiri ga dihargai... :ehem:
    but at least, mereka ud turut mengharumkan nama bangsa lah.. :cihuy:
     
    Last edited: Aug 14, 2011
  6. Offline

    kasogi Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 7, 2010
    Messages:
    514
    Trophy Points:
    142
    Ratings:
    +4,180 / -0
    Umur 9 tahun sudah mahsiswa salut
    adik kakak sama2 jenius
     
  7. Offline

    mmhH Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    May 5, 2011
    Messages:
    421
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +231 / -0
    itulah masalahnya, klo di indo mah utk urusan uang mereka lebih suka utk konsumsi pribadi daripada utk membekali jenius2 masa depan penerus bangsa...... :yareyare:
     
  8. Offline

    Alovera Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 18, 2010
    Messages:
    655
    Trophy Points:
    107
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,573 / -0
    Jenius....baru umur 9 taun udah jadi mahasiswa, berarti dia belajarnya cepet banget ya nyerap d otaknya...gw aja belajar 9 taun kadang2 masih bingung soal matematika....
     
  9. Offline

    Scrapper Beginner Members

    Joined:
    Aug 23, 2009
    Messages:
    354
    Trophy Points:
    17
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +88 / -0
    Kayaknya pemerintah tutup mata low soal beginian...liat aja apa ada komentar dari Pemerintah indonesia dalam artikel diatas?:panda::gakdenger:

    wow....qw sendiri IPK 3.00 harus berjuang sekuat tenaga sampek:stress::pusing:, yang ini kyaknya gampang bgt nyari IPK segitu....:matabelo:
     
  10. Offline

    fajarkurtz Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 25, 2009
    Messages:
    2,164
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +3,461 / -1
    kasihan sekali bocah ini umur 9 tahun waktunya bermain sepuasnya sama teman teman seumuranya, main layangan, main kelereng, main lompat tali, petak umpet dll.. malah disuruh kuliah..
    walaupun nanti dia jadi orang paling pintar di dunia atau paling kaya di dunia misalnya,,, aku yakin g akan bahagia dan saat dia menyesalinya dia tidak bisa membeli masa kecilnya kembali berapapun harganya.. :sedih:
     
  11. Offline

    Freakuensi Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 25, 2011
    Messages:
    1,016
    Trophy Points:
    96
    Ratings:
    +1,713 / -0
    Orang pinter , di Indonesia itu ga Laku mas bro ..
    Pernah nonton ga ?? Kick Andy Spesial Orang Indonesia yang Kerja di luar Negeri ..
    Banyak banget padahal orang Indonesia yang pinter Wong penduduknya aja banyak :kecewa:
     
  12. Offline

    cocom_8991 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 18, 2010
    Messages:
    404
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +45 / -0
    perusahaan pada takut memperkejakan orang pinter gan .. gak ada dana buat gaji mereka . akhirnya pergi keluar negeri dah orang pinter2 ky gitu , banyak perusahaan yang akan mengantri untuk orang pintar seperti march .
     
  13. Offline

    ukid Beginner Members

    Joined:
    Dec 6, 2010
    Messages:
    265
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +21 / -0
    semoga setelah sukses dia bisa kemballli dan memajukan negara kita tercinta ini...
     
  14. Offline

    makodo Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 13, 2008
    Messages:
    148
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +46 / -0
    kok baca komentar dia kesannya dia agak sombong gt ya..
     
  15. Offline

    cosurya Silent Reader Members

    Joined:
    May 6, 2011
    Messages:
    68
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    Indonesia kurang mengharigai kerja keras orang lain
    kyak sri mulyani aja loo
    didepak pdahal beliau itu jelas2 sangat bermutu...
     
  16. Offline

    andirempoa08 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 1, 2009
    Messages:
    865
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +17,874 / -0
    para ilmuan indonesia pada keluar negeri karena ilmunya di hormati dan di hargai... yang betah itu para poli-tikus dan koruptor tiap hari kerjaannya ribut atas nama rakyat.. padahal atas nama perut sendiri... ckckckck... :peace:
     
  17. Offline

    azkhaz Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 6, 2009
    Messages:
    2,210
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +121,624 / -1
    Memang penghargaan kita terhadap SDM yang luar biasa masih sangat kurang, sehingga kita sering kehilangan SDM yang sangat berharga bila mereka tetap berada di indonesia


    Maklum , masih anak-anak :hehe:

    Karena terlalu high level sehingga dia merasa aneh berada ditengah siswa yang biasa-biasa aja ..
     
    Last edited by a moderator: Apr 24, 2012
  18. Offline

    damia Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 2, 2012
    Messages:
    676
    Trophy Points:
    122
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +3,595 / -0
    buat aku sendiri sih IPK itu ga ngejamin kualitas bagus, di kampus banyak ko yang IPK nya diatas 3, tapi karena sistem indo yang lebih 'percaya' dengan nilai UTS/UAS jadi itu bukan nilai yang 'sesungguhnya'__

    di indonesia juga banyak orang pinter sebenernya... kalo liat di metro tv, sering ko denger si A ato B ato C yang menang olimpiade fisika/mtk internasional; tapi sayangnya kabar tentang para jenius dari indonesia paling beredar di TV berita dan itu cuma sekali... mungkin dikabarin lagi kalau mereka menang lagi tahun depan :haha:

    btw, walaupun dia dari indonesia, seberapa persen ya orang2 yang tinggal diluar cinta negara ini :???:
    kalau mereka cinta negara ini, kayanya sih sejauh apapun mereka, sekecil apapun gaji disini.. mereka bakalan ngasih kontribusi buat yang dicintainya(negara) :hmm:
     
  19. Offline

    denia23 Beginner Members

    Joined:
    Mar 17, 2010
    Messages:
    375
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +3,775 / -0
    buset jenius amat tu bocah...
    udah gitu materi di kampus di anggap terlalu gampang...
    dewa bgt
     
  20. Offline

    vaxyu Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 3, 2011
    Messages:
    412
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +18 / -0
    lah orang jenius d indonesia skarang emang bisa langsung lompat kelas ya?
     
  21. Offline

    sillyfox Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 14, 2009
    Messages:
    501
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +131 / -0
    opini ane:
    too much pressure for a little kid...
    di usianya yg baru segitu harusnya dia bnyk2in bermain, mencari teman, belajar bersosialisasi dengan teman2 sebayanya...

    ya memang sih prestasi itu penting,
    tapi kebahagiaan adalah tujuan utama harusnya...

    sekarang bahagia gk dia dalam posisi seperti itu??
    kesian justru ane bacanya...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.