1. Diberitahukan akan ada maintenance (MT) susulan fixing beberapa fitur forum, error-error technical dan perbaikan `kosmetik' forum dan beberapa update lainnya. Forum akan tutup-buka dimulai Senin, 20 April 2015 - Jumat, 24 April 2015 dari jam 00:00 - 08:00 WIB pagi secara intensif atau bisa lebih panjang jika tidak selesai selama 8 jam per-harinya. Dan juga terjadi pada waktu² lainnya MT dadakan singkat. Mohon maaf atas gangguan ini.

Macam-macam Karbohidrat

Discussion in 'Science and Technology' started by MorningDawn, Aug 7, 2010.

  1. MorningDawn

    MorningDawn Beginner Members

    Joined:
    Feb 22, 2010
    Messages:
    393
    Trophy Points:
    18
    Ratings:
    +3 / -0
    Akhirnya, thread pertama ane nih...
    jangan di :bata: yah ?!






    Karbohidrat ('hidrat dari karbon', hidrat arang) atau sakarida (dari bahasa Yunani, sákcharon, berarti "gula") adalah segolongan besar senyawa organik yang paling melimpah di bumi. Karbohidrat memiliki berbagai fungsi dalam tubuh makhluk hidup, terutama sebagai bahan bakar (misalnya glukosa), cadangan makanan (misalnya pati pada tumbuhan dan glikogen pada hewan), dan materi pembangun (misalnya selulosa pada tumbuhan, kitin pada hewan dan jamur)
    Bentuk molekul karbohidrat paling sederhana terdiri dari satu molekul gula sederhana yang disebut monosakarida, misalnya glukosa, galaktosa, dan fruktosa. Banyak karbohidrat merupakan polimer yang tersusun dari molekul gula yang terangkai menjadi rantai yang panjang serta dapat pula bercabang-cabang, disebut polisakarida, misalnya pati, kitin, dan selulosa. Selain monosakarida dan polisakarida, terdapat pula disakarida (rangkaian dua monosakarida) dan oligosakarida (rangkaian beberapa monosakarida).


    Klasifikasi karbohidrat


    Monosakarida
    Monosakarida merupakan karbohidrat paling sederhana karena molekulnya hanya terdiri atas beberapa atom C dan tidak dapat diuraikan dengan cara hidrolisis menjadi karbohidrat lain. Monosakarida dibedakan menjadi :


    Glukosa, suatu gula monosakarida, adalah salah satu karbohidrat terpenting yang digunakan sebagai sumber tenaga bagi hewan dan tumbuhan. Glukosa merupakan salah satu hasil utama fotosintesis dan awal bagi respirasi. Bentuk alami (D-glukosa) disebut juga dekstrosa, terutama pada industri pangan.
    Glukosa (C6H12O6) adalah heksosa—monosakarida yang mengandung enam atom karbon. Glukosa merupakan aldehida (mengandung gugus -CHO). Lima karbon dan satu oksigennya membentuk cincin yang disebut "cincin piranosa", bentuk paling stabil untuk aldosa berkabon enam. Dalam cincin ini, tiap karbon terikat pada gugus samping hidroksil dan hidrogen kecuali atom kelimanya, yang terikat pada atom karbon keenam di luar cincin, membentuk suatu gugus CH2OH.
    Glukosa dapat dibentuk dari formaldehida pada keadaan abiotik, sehingga akan mudah tersedia bagi sistem biokimia primitif. Hal yang lebih penting bagi organisme tingkat atas adalah kecenderungan glukosa, dibandingkan dengan gula heksosa lainnya, yang tidak mudah bereaksi secara nonspesifik dengan gugus amino suatu protein.


    Fruktosa (bahasa Inggris: fructose, levulose, laevulose) adalah gula sederhana (monosakarida) yang ditemukan di banyak jenis makanan dan merupakan salah satu dari tiga gula darah penting bersama dengan glukosa dan galaktosa.

    Disakarida dan oligosakarida
    Disakarida merupakan karbohidrat yang terbentuk dari dua molekul monosakarida yang berikatan melalui gugus -OH dengan melepaskan molekul air. Contoh dari disakarida adalah :
    .
    Sukrosa merupakan suatu disakarida yang dibentuk dari monomer-monomernya yang berupa unit glukosa dan fruktosa, dengan rumus molekul C12H22O11. Senyawa ini dikenal sebagai sumber nutrisi serta dibentuk oleh tumbuhan, tidak oleh organisme lain seperti hewan Penambahan sukrosa dalam media berfungsi sebagai sumber karbon. Sukrosa atau gula dapur diperoleh dari gula tebu atau gula beet. Unit glukosa dan fruktosa diikat oleh jembatan asetal oksigen dengan orientasi alpha. Struktur ini mudah dikenali karena mengandung enam cincin glukosa dan lima cincin fruktosa.

    Laktosa adalah bentuk disakarida dari karbohidrat yang dapat dipecah menjadi bentuk lebih sederhana yaitu galaktosa dan glukosa. Laktosa ada di dalam kandungan susu, dan merupakan 2-8 persen bobot susu keseluruhan. Untuk mencerna air susu digunakan enzim laktase. Enzim ini membelah molekul laktosa menjadi dua bagian: glukosa dan galaktosa, yang kemudian dapat diserap usus.


    Polisakarida
    Polisakarida merupakan karbohidrat yang terbentuk dari banyak sakarida sebagai monomernya. Rumus umum polisakarida yaitu C6(H10O5)n. Contoh polisakarida adalah :


    Selulosa (C6H10O5)n adalah polimer berantai panjang polisakarida karbohidrat, dari beta-glukosa. Selulosa merupakan komponen struktural utama dari tumbuhan dan tidak dapat dicerna oleh manusia.

    Glikogen adalah salah satu jenis polisakarida simpanan dalam tubuh hewan.Pada manusia dan vertebrata lain, glikogen disimpan terutama dalam sel hati dan otot.Glikogen terdiri atas subunit glukosa dengan ikatan rantai lurus ([FONT=&quot]α1[FONT=&quot]→[/FONT]4) dan ikatan rantai percabangan ([FONT=&quot]α[/FONT]1[FONT=&quot]→[/FONT]6).Glikogen memiliki struktur mirip amilopektin (salah satu jenis pati) tetapi dengan lebih banyak percabangan, yaitu setiap 8-12 residu[/FONT]
    Ketika permintaan gula dalam tubuh meningkat maka glikogen akan dihidrolisis oleh sel.Namun, cadangan energi ini tidak dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi dalam jangka lama. Misalnya pada manusia, glikogen simpanan akan terkuras habis dalam waktu satu hari kecuali bila dipulihkan dengan mengkonsumsi makanan.

    Pati atau amilum (CAS# 9005-25-8) adalah karbohidrat kompleks yang tidak larut dalam air, berwujud bubuk putih, tawar dan tidak berbau. Pati merupakan bahan utama yang dihasilkan oleh tumbuhan untuk menyimpan kelebihan glukosa (sebagai produk fotosintesis) dalam jangka panjang. Hewan dan manusia juga menjadikan pati sebagai sumber energi yang penting.
    [FONT=&quot]Pati tersusun dari dua macam karbohidrat, amilosa dan amilopektin, dalam komposisi yang berbeda-beda. Amilosa memberikan sifat keras (pera) sedangkan amilopektin menyebabkan sifat lengket. Amilosa memberikan warna ungu pekat pada tes iodin sedangkan amilopektin tidak bereaksi.

    sumber

    Sorry om mod kalo :repost:. kalo :repost: di del aja...
    Kalo pada seneng boleh dong.:thx::grp:
    [/FONT]
     
  2. reazon

    reazon Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 20, 2009
    Messages:
    1,562
    Trophy Points:
    88
    Ratings:
    +66 / -0
    wah,, ternyata karbohidrat ada macam2 juga.....:hmm:
    yg gw tw,, karbohidrat ada pada nasi,, ubi,, dll....:hehe:
     
  3. gerarrdway

    gerarrdway Beginner Members

    Joined:
    Apr 20, 2009
    Messages:
    208
    Trophy Points:
    18
    Ratings:
    +21 / -0
    kata guru gw
    kalo puasa banyakin makan yg ada polisakaridanya karena butuh waktu lama untuk dicerna(karena ikatannya)
    tapi abis baca ini,kayaknya ada polisakarida yg emg ga bisa dicerna ya
     
  4. pep_chi_entik

    pep_chi_entik Lurking Around Gatotkaca

    Joined:
    Mar 5, 2010
    Messages:
    689
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +442 / -0
    sebelumnya cuma tau soal glukosa... :kecewa:
    tapi sekarang akhirny tau jg klasifikasi karbohidrat...
    :niceinfo:
     
  5. happybratboy

    happybratboy Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 11, 2009
    Messages:
    5,310
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +268 / -0
    wah terlalu kimia nih penjelasannya
    tapi bagus buat tambah ilmu
     
  6. jambuws

    jambuws Beginner Members

    Joined:
    Mar 8, 2010
    Messages:
    200
    Trophy Points:
    18
    Ratings:
    +2 / -0
    wah dejavu kimia pas SMA, dulu sih nangkep, sekarang udah buntu:aghh:
     
  7. MorningDawn

    MorningDawn Beginner Members

    Joined:
    Feb 22, 2010
    Messages:
    393
    Trophy Points:
    18
    Ratings:
    +3 / -0
    setau ane, selulosa gak bisa dicerna soalnya ada lignin dan hemiselulosa...
    nah.. lignin sama hemiselulosa ini yang menghalang hidrolisis pada ikatan selulosa....

    CMIIW... :piss:
     
  8. nakamura197

    nakamura197 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 30, 2009
    Messages:
    563
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +13 / -0
    contohnya gandum :) atau serat OAT
     
  9. Crosscrusade

    Crosscrusade Beginner Members

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    277
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +1 / -0
    walah jadi inget pelajaran kimia di skul, nostalgia ma pelajaran
    nice share nih
     
  10. bian_kleco

    bian_kleco Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 14, 2009
    Messages:
    1,165
    Trophy Points:
    103
    Ratings:
    +215 / -0
    lepas dari SMA, emang suka gitu, luping gmana gtu
     
    Last edited: Aug 24, 2010
  11. noname_168

    noname_168 Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 27, 2010
    Messages:
    109
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +0 / -0
    Kalo karbohidrat kompleks masuk mana donk ya:iii:
     
  12. Raika94

    Raika94 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 15, 2009
    Messages:
    1,001
    Trophy Points:
    48
    Ratings:
    +68 / -0
    sependapat sama yang diatas...
    yang gw tau karbohidrat adanya pada nasi, kentang, gandum, dll...

    Glukosa termasuk karbohidrat y???
    setau saya glukosa itu gula..

    Thx buat infonya
     
  13. JessPv

    JessPv Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 25, 2010
    Messages:
    33
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +0 / -0
    OOO.... gitu toh, setahu aku sih karbohidrat itu punya serat, sedangkan saripati karbohidrat baru glukosa..... makasih kakak atas inpona, jadi lebih ngerti dikit aku.
     
  14. zz11

    zz11 Rockstar Executive VIP

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,701
    Trophy Points:
    183
    Ratings:
    +3,341 / -0
    Karbohidrat simpleks itu kan yang monosakarida dan disakarida.
    Kalo polisakarida yg berbentuk polimer seperti pati/amilum kelihatannya sudah termasuk karbo kompleks, cmiiw.
    Sedangkan ada lagi yg namanya glikoprotein (glikogen plus protein), itu jelas termasuk karbo kompleks juga.

    *dah lupa2 sama kul gizi dulu :dead:
     
  15. MorningDawn

    MorningDawn Beginner Members

    Joined:
    Feb 22, 2010
    Messages:
    393
    Trophy Points:
    18
    Ratings:
    +3 / -0
    Karbohidrat itu kan molekul yang memiliki ikatan Karbon , Hidrogen , sama Oksigen...
    Sebagaimana yang kita tahu bahwa rumus molekul glukosa kan C6H12O6...
    glukosa juga termasuk glukosa soalnya rumus molekulnya mengandung C,H,sama O :piss:
     
  16. noname_168

    noname_168 Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 27, 2010
    Messages:
    109
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +0 / -0
    :sebel::sebel: akibat nga serius neh waktu sekolah lupa semua :onion-07:
     
  17. red_rackham

    red_rackham Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 12, 2009
    Messages:
    776
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +49 / -0
    Nambahin sekalian nih.
    Selulosa ga bisa kita cerna karena kita tidak punya enzim untuk menguraikan ikatan beta pada struktur kimia selulosa. Enzim ini namanya selulase dan hanya ditemukan di bakteri. Sapi dan hewan2 memamah biak lain bisa mencerna selulosa karena ada bakteri pengurai selulosa yang hidup di lambung dan ususnya.

    Sebenarnya mungkin maksud guru bro gerarrdway adalah banyak makan sayur yang mengandung polisakarida berbentuk selulosa (kalo cuma amilum, bentar jg dah dicerna. believe me ^___^). Berhubung selulosa ga bisa dicerna sama lambung kita, tu sayuran bakal nongkrong lama di lambung dan memberi kita sensai kenyang lebih lama. Selama lambung masih berisi, kita ga akan merasa lapar.

    Hehe....semoga penjelasan saya berguna ^__^
     

Share This Page