1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Lupa Ingatan: 'Penyakit Jiwa' Para Pejabat

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by smkosasih, Sep 30, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    smkosasih Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,335
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,178 / -0
    dikutip dari detikHEALTH dan ditulis oleh :
    Dr.Andri,SpKJ
    Psikiater, Pengamat Kesehatan Jiwa


    Belakangan ini ada beberapa kasus yang sedang marak diperbincangkan dikaitkan dengan terminologi kondisi mental emosional seseorang yang merupakan ranah seorang dokter jiwa. Terakhir yang menarik adalah masalah kondisi LUPA INGATAN yang mulai sering dialami pejabat-pejabat yang sedang terkena kasus korupsi.

    [​IMG]

    Belum lama ini seorang menteri mengatakan lupa saat diperiksa sebagai saksi di pengadilan berurusan dengan kasus korupsi. Lalu beberapa hari kemudian seorang ketua partai besar juga tidak mengakui apa yang pernah dikatakan oleh sang bendahara tentang keterlibatannya dalam suatu perusahaan dan proyek yang ternyata merugikan negara.

    Sayangnya sebenarnya beberapa bukti yang terpampang jelas merujuk pada keterlibatan mereka dalam proses kejadian yang saat ini disangkalnya dan mengatakan lupa.

    Lupa Ingatan Itu Sakit Jiwa

    Sebagai seorang psikiater saya akrab dengan pasien-pasien yang lupa ingatan karena penyakit jiwa yang dinamakan Demensia. Penyakit yang sering tidak diketahui sampai benar-benar parah ini hampir lebih sering mengenai pasien lanjut usia. Paling sering yang datang ke tempat praktek saya adalah Demensia Alzheimer.

    Demensia Alzheimer adalah salah satu jenis Demensia yang ditandai dengan penurunan secara nyata dari fungsi memori (kesulitan dalam belajar informasi baru dan memanggil informasi yang dipelajari sebelumnya) dan salah satu dari fungsi intelektual (gangguan bahasa, gangguan melakukan aktifitas motorik, kesulitan dalam mengenal benda, gangguan dalam fungsi eksekutif seperti merencanakan, mengorganisasi, pengabtrakan dan merangkai tindakan ).

    Keadaan ini mengganggu fungsi pribadi dan sosial individu itu. Demensia Alzheimer hanya merupakan salah satu dari jenis Demensia namun angka kejadiannya paling tinggi (lebih dari 50% kasus demensia adalah demensia Alzheimer).

    Biasanya Demensia atau dikenal dengan Penyakit Pikun ini diderita oleh pasien yang berusia 60 tahun ke atas walaupun karena beberapa sebab seperti serangan stroke, trauma kepala berat dan kencing manis yang tidak terkontrol, pasien bisa mengalami gejala-gejala demensia pada usia yang lebih dini. Gejala awal yang paling sering dialami oleh pasien yang mengalami demensia adalah LUPA.

    Selective Dementia

    Lalu apakah yang terjadi pada para pejabat yang sering kali lupa ingatan akan peristiwa terkait tindak korupsi ini bisa dinamakan Demensia? Rasanya hal itu memerlukan pemeriksaan yang lebih jauh. Hanya saja secara gamblang kita melihat bahwa apa yang dialami oleh para pejabat ini sepertinya hanya lupa hal-hal tertentu saja bukan lupa semuanya.

    Seorang pasien yang mengalami demensia apalagi tipe Alzheimer daya pikirnya semakin lama semakin menurun. Pasien sering bahkan sudah mulai lupa tempat tinggalnya di mana atau merasa tempat tinggalnya saat ini bukan rumahnya. Pasien juga bisa lupa dengan anggota keluarganya bahkan anak-anaknya sendiri.

    Jika melihat dari usia, para pejabat ini tentunya belum termasuk golongan manusia di atas 60 tahun. Lalu jika dilihat dari riwayat kesehatan walaupun tentunya tidak pernah dikatakan ke publik, rasanya pejabat-pejabat ini tidak pernah mengalami peristiwa sakit yang berat seperti trauma kepala berat, serangan stroke berdarah yang membuat koma dalam jangka waktu tertentu atau keracunan zat yang membuat otak menjadi rusak.

    Artinya secara sepintas dengan mata awam kita melihat pejabat-pejabat ini baik-baik saja kesehatannya.

    Malingering

    Lalu kalau demikian apakah masih bisa dipercaya yang dikatakan para pejabat itu bahwa dirinya LUPA? Tentunya ini merupakan tugas dari para penegak hukum untuk membuktikan apakah benar-benar lupa atau sebaliknya hanya pura-pura lupa.

    Proses pemeriksaan dan sampai persidangan nanti tentunya diharapkan ada suatu proses yang transparan, jujur, adil dan memperhatikan fakta-fakta yang ada. Orang bisa seribu kali bilang Lupa tetapi kalau fakta berkata lain maka apa yang dikatakannya bisa gugur malah bisa disebut berbohong.

    Bicara tentang gangguan jiwa yang seringkali diungkapkan oleh para orang-orang yang terkena atau terlibat kasus-kasus hukum, saya jadi ingat ada suatu terminologi dalam ilmu kedokteran jiwa yang disebut Malingering.

    Malingering ini merupakan suatu 'gangguan jiwa pura-pura' dimana seseorang berusaha menampilkan dirinya dengan gejala-gejala gangguan jiwa agar terhindar dari proses hukum atau pengadilan. MALINGERING memang bukan diagnosis gangguan jiwa, tapi memang sepertinya banyak dialami oleh para MALING.

    sumber:
    Code:
    http://www.detikhealth.com/read/2011/09/28/155235/1732513/775/lupa-ingatan-penyakit-jiwa-para-pejabat?l991101775
     
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    zhalie Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 29, 2009
    Messages:
    155
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +23 / -0
    Emang dasar koruptor...!!!!!
    Berani berbuat gk berani tanggung jawab!!!:panda:
     
  4. Offline

    R3Qui3M Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 29, 2009
    Messages:
    622
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,837 / -0
    ya begitulah,
    koruptor mana mau ngaku, ntar kalo ngaku masuk penjaranya lama, gak bisa senang2 lg..
     
  5. Offline

    dotamaniac Beginner Members

    Joined:
    Jan 19, 2010
    Messages:
    351
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +21 / -0
    ini udah biasa. selalu aja ada alasan biar ga ketangkep.
     
  6. Offline

    Telopolo Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 25, 2010
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    pasti awalnya gitu nyangkal pura2 ga tau

    tapi akhirnya ketauan juga -_-"
     
  7. Offline

    triswanda_tito Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 24, 2011
    Messages:
    1,070
    Trophy Points:
    127
    Ratings:
    +2,340 / -0
    kalo liat berita akhir2 ini, para koruptor tuh emang banya menggunakan alasan Lupa ingatan ato kena cuci otak...


    namanya juga penjahat...:haha:
     
  8. Offline

    Thira Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 25, 2010
    Messages:
    6,234
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +25,899 / -0
    pasti pura² lupa....:garing:

    kalo sampai hilang ingatan beneran....tau rasa dah tuh.....:garing:
     
    • Like Like x 1
  9. Offline

    RainDog Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 8, 2010
    Messages:
    2,315
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +2,595 / -0
    kepalanya dibenturkan ato di pukul...
    biasanya sembuh penyakit lupa ingatannya...
    seperti di sinetron2..:hihi:
     
  10. Offline

    mr_ark Superstar Super Moderator

    Joined:
    Jan 14, 2009
    Messages:
    22,046
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +65,807 / -11
    pejabat kok sampe menderita penyakitnya MALING. :yareyare:

    hipnotis aja kali yak biar ngaku. :hipno:
     
    • Thanks Thanks x 1
  11. Offline

    tuan_buncis2002 Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 24, 2011
    Messages:
    2,541
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,547 / -3
    perlukah mereka yg pada ngaku lupa ingatan dibawa ke psikiater?
     
  12. Offline

    flint91 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 30, 2011
    Messages:
    1,473
    Trophy Points:
    127
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,102 / -1
    mereka lupa janji karena udh kenyang am korupsiny..:hahai:
     
  13. Offline

    lastking Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 8, 2009
    Messages:
    4,930
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +3,623 / -0
    tapi tidak lupa untuk menyimpan duitnya dengan baik biar gak ketauan :hahai:
     
  14. Offline

    hydra16 Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    143
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +14 / -0
    :yareyare:
    ini sih sudah biasa, mudah2an beneran gila sekalian dari pada pura2 lupa:swt:
    tikus busuk!
     
  15. Offline

    ReXis Beginner Members

    Joined:
    May 12, 2010
    Messages:
    246
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    walaupun ngaku lupa tapi kalau buktinya mencukupi pastinya si koruptor nantinya terseret juga ke penjara..
     
  16. Offline

    kucing_alas Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    898
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +57 / -0
    ooo....ada tren baru lg ya...klo yg lama kan pura2 sakit...
     
  17. Offline

    roxaz Superstar Veteran

    Joined:
    Feb 7, 2010
    Messages:
    11,980
    Trophy Points:
    277
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +18,207 / -15
    itu bukan lupa ingatan

    bilang aja alasan atau ngeless :sigh:
     
  18. Offline

    andriks Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 5, 2009
    Messages:
    574
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +344 / -0
    alibi yang bagus sampa lupa semua..

    harusnya ada peraturan, kalo lupa ingatan langsung tembak mati :D
    pasti pada keder
     
  19. Offline

    yudhis273 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 3, 2010
    Messages:
    884
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +2,073 / -0
    gw paling kesel nih kalo ada tersangka ngaku sakit lupa. eh, ujung-ujungnya kabur ke luar negri kaya si Nun*n.
     
  20. Offline

    Evanthom Beginner Members

    Joined:
    Sep 28, 2011
    Messages:
    250
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +243 / -0
    alasan paling bagus untuk menghindari hukum.. kalo ketangkap trus d introgasi cukup bilang lupa.. klo kira2 mw d bwa k pgdilan pake alasan berobat keluar negeri.. trus gak balik2 lagi..:yareyare:
     
  21. Offline

    dragon02 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 22, 2011
    Messages:
    685
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +237 / -0
    haha jadi utk kasus para pejabat ini namanya MLINGERING ya, hehehe..

    mmg kterlaluan juga sih para pejabat yg terkait kasus korupsi itu,. lupa (jelas berpura2 lupa) dngan apa yg terjadi beberapa waktu lalu..
    apakah mereka tidak sadar sedang dimenjadi perhatian hampir seluruh warga di indo.. ckck..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.