1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Biology Lucid Dream

Discussion in 'Science and Technology' started by t4kumi, Oct 14, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    t4kumi Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 4, 2009
    Messages:
    663
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +145 / -0
    Ok, stelah lihat di list gak ada thread Lucid Dream, aku memberanikan diri untuk memulai thread Lucid Dream ini.

    Lucid Dream, Singkatnya, Lucid Dream adalah keadaan dimana kita sadar kalau kita sedang bermimpi. Dengan kata lain, tujuan penelitian ini adalah membuat seseorang dapat masuk ke keadaan lucid dream secara sadar dan sesuai keinginan. Lucid Dream terbagi dua.

    1.Dream Initiated Lucid Dreaming (DILD)
    adalah keadaan saat kita sadar kita sedang berada dalam mimpi SAAT sedang di tengah mimpi. Ini lebih sering terjadi, dan ini lebih ke arah kebetulan.

    2.Wake Initiated Lucid Dreaming (WILD)
    adalah keadaan lucid dream yang disengaja.

    Oneironaut adalah orang yang bisa bebas menjelajahi mimpi, dan menurut penelitian, keadaan ini seharusnya dapat dilatih! Ada beberapa tokoh sejarah yang tercatat sebagai Oneironaut. Salah satunya, untuk contoh, adalah Richard Feynman, peraih nobel fisika yang terkenal saat berhasil menemukan kenapa Shuttle Chalengger meledak. Dia seorang Oneironaut natural, bisa dibaca di catatan-catatannya di bukunya.

    Bagaimana cara menjadi oneironaut? Richard Feynman mencobanya dan berhasil hanya dalam sekali coba. Caranya adalah dengan menjaga kesadaran saat kita mulai tertidur.

    Mengerti? Biasanya, kita tak sadar dan tiba-tiba saja sudah terbangun keesokan harinya. Kapan tepatnya kita tertidur? Untuk menjadi seorang oneironaut, kita harus melatih diri dan berusaha memperhatikan kapan tepatnya kita tertidur. Saat kita berhasil sadar saat menembus membran antara bangun-tidur ini (dikenal dengan istilah hypnagogic state), secara teori kita akan bisa sadar saat tiba di alam mimpi.

    Cara ini disebut Wake initiation of lucid dream (WIoLD). Teknik Step by stepnya adalah seperti ini:

    1.Konsentrasi dan Relaks. Tutup mata dan konsenerasikan pikiran ke relaksasi sekujur tubuh dari ujung rambut sampai ujung kaki. Kontrol pernafasan dan lambatkan.

    2.Buka mata pikiran. Maksudnya, coba buat bayangan visual sementara mata kita tertutup.

    3.Jaga pikiran agar tetap sadar. Inti dari WIoLD adalah membuat tubuh relaks tetapi pikiran terjaga dalam keadaan santai. Kalau pikiran tegang, tubuh tidak akan mau tidur. Cara ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya berhitung, membayangkan diri sedang naik turun tangga, dan lain sebagainya. Fase 2 dan 3 dapat dilakukan sendiri sendiri atau bersamaan.

    4.Ini adalah fase utama, perhatikan baik-baik. Kebanyakan orang (termasuk saya) sering berhasil tiba di fase ini tapi gagal masuk ke fase selanjutnya. Padahal barrier antara dunia nyata dan dunia mimpi sudah setipis kertas.

    Saat kita tiba di hypnagogic state dalam keadaan sadar, kita biasanya akan mengalami sleep paralysis (yang biasa dikenal dengan diduduki jin saat tidur), mendengar suara-suara keras, sulit bernafas, sensasi jatuh atau berputar-putar, dan perasaan melayang ke dimensi lain. Kebanyakan orang akan panik dan terbangun. JANGAN! Tenangkan diri. Tenang saja, belum ada orang mati karena masuk ke alam mimpi. Pertama mungkin akan panik dan terbangun, tapi kalau cukup sering tiba di fase 4 ini, mudah-mudahan rasa panik itu akan hilang.

    5.Ini adalah fase setelah kita berhasil tiba di alam mimpi. Kita akan mengalami sensasi seperti berada di ruangan atau terowongan yang gelap gulita. Kadang orang sudah sampai sini, panik, dan terbangun. SAYANG SEKALI!!!

    Saat kita tiba di sini, dengan berkonsenterasi cukup keras, kita dapat memilih dan menjelajahi mimpi kita sendiri. Dan kita secara resmi berhasil menjadi seorang Oneironaut

    Tentu saja, ini lebih mudah dikatakan daripada dilakukan. Oleh karena itu, saya meneliti cara-cara yang bisa dilakukan untuk mempermudahnya. Cara-cara tersebut adalah:

    1.Dream Recall.
    Ini adalah teknik paling dasar dan harus dilakukan terus menerus. Sediakan pensil dan kertas di sebelah kasur kita, dan setiap kita bangun tidur, langsung catat apapun yang teringat dari mimpi kita. Banyak orang sulit mengingat mimpi, cara ini akan membiasakan otak untuk mengingat mimpi. Dream Recall juga akan membantu memperjelas Lucid Dream.

    2.Makan Pisang.
    Serius. Pisang mengandung banyak Tryptophan dan Vitamin B6 per gramnya. Tryptophan, akan diubah menjadi Serotonin di otak, dibantu oleh Vitamin B6. Serotonin adalah zat kimia yang mengatur mood, ingatan jangka pendek, dan MIMPI di dalam otak. Beberapa bahan makanan lain mengandung Serotonin cukup banyak, misalnya tomat dan kacang. Tapi serotonin sulit diserap oleh otak, karena terhalang oleh blood-brain barrier yang melingkupi otak. Coba makan banyak pisang tiap hari, terutama setelah makan malam.

    3.Wake-Back-to-Bed (WBTB)
    Ini adalah teknik untuk berusaha langsung masuk ke fase REM (Rapid Eye Movement), yaitu fase tidur saat terjadinya mimpi. Tidurlah dalam keadaan lelah, kemudian bangun 5 jam kemudian. Dalam keadaan mengantuk, konsenterasilah pada teknik WIoLD.

    Untuk orang yang kesulitan sadar sampai hypnagogic state, bisa juga menggunakan cara ini: pasang jam weker/minta orang bangunkan 1/2 jam-1 jam setelah kita mulai berusaha tidur. Biasanya kita mulai kehilangan kesadaran pada waktu itu. Tapi jangan bangun! tetap dalam kondisi setengah tidur, coba lagi teknik WIoLD dan berusaha sadar menembus hypnagogic state sekali lagi.

    Apakah semua orang bisa menjadi Oneironaut? Sebenarnya ya, tapi kemungkinan, ada orang-orang tertentu yang berbakat menjadi Oneironaut. Sayangnya saya tidak termasuk orang-orang tersebut. Itulah alasannya kenapa saya mencari sukarelawan. Orang-orang seperti apa yang berbakat menjadi Oneironaut?

    Orang dengan pikiran visual. Ada beberapa tipe pikiran manusia, yaitu Visual, Literal, dan Kinestetis. Orang dengan tipe pikiran visual dapat membayangkan benda secara visual saat menutup mata, orang berpikiran literal akan membayangkan DESKRIPSI benda, dan orang bertipe kinestetis akan membayangkan GERAKAN atau dia sedang MENGGUNAKAN benda.

    Cara sederhana membedakan 3 tipe pikiran itu, seorang pemilik pikiran visual mudah belajar menggunakan gambar, pemilik pikiran literal dengan membaca atau mendengarkan, dan kinestetis dengan menulis atau berbicara keras-keras.

    Seorang visual juga tidak bisa berhitung dalam hati dan membaca dalam waktu yang bersamaan, sementara seorang literal dan kinestetis (saya lupa urutannya) tidak bisa berhitung dalam hati sambil berbicara, dan tidak bisa bicara sambil berhitung dalam hati.

    Kebanyakan artis dan desainer memiliki tipe pikiran visual, penulis memiliki tipe pikiran literal, dan atlet memiliki tipe pikiran kinestetis. Saya pribadi, adalah seorang literal. Bagi kalian yang merasa memiliki tipe pikiran visual, cobalah menjadi seorang Oneironaut!

    sumber :

    Aku pernah mendapatkan Lucid Dream n berhasil, sangat2 menyenangkan dan seru sekali, karena aku benar2 bisa mengendalikan mimpi. Kalian semua harus mencoba!!
     
    • Thanks Thanks x 9
    • Like Like x 7
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    Raestloz Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 5, 2009
    Messages:
    5,098
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +4,535 / -0
    Gw juga pernah dapet, 2 hari berturut2 :) keduanya sadar di dalam mimpi... satunya kalo ga salah dengan cara ngeliat ke cermin

    Hari pertama gw panggil Amaterasu dari Okami dan mengurangi gravitasi :haha:

    hari kedua gw panggil gebetan gw dan jadiin gw orang paling kaya sedunia :hihi:

    tapi sampe sekarang ga ketemu2 lagi...

    tambahan:

    Kalo penasaran, cari entry di wikipedia soal "Lucid Dream", disitu dikasih tahu maetode2 ampuh guna menyadarkan diri bahwa kita sedang bermimpi
     
  4. Offline

    angelios Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 18, 2009
    Messages:
    309
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +36 / -0
    aq jg perna... kalo sadar pas mimpi lngsng nyoba terbang.. tp biasanya gk isa tahan lama.. abs tau lg mimpi trus terbang gak lama lngsng bangun :panda:
     
  5. Offline

    mogulemon Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 3, 2008
    Messages:
    616
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +3,062 / -0
    gw pernah ngerasa banget antara sadar dan tidur, kayak roh mau keluar, mungkin fase 4. abis itu ketakutan langsung bangun, kayak roh dicabut, gemetar gw hehehe... btw kalo mau lucid dream ada tuh audionya buat ngebantu ngalamin lucid dream, tidur sambil dengerin audio tsb. cari aja di torrent banyak.
     
  6. Offline

    silentwalker Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 18, 2009
    Messages:
    64
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    wah gw sering abis mimpi pasti inget jelas tuh mimpi kaya beneran az...
    :aaaa::aaaa:
     
  7. Offline

    Iou Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 17, 2009
    Messages:
    353
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +3,501 / -0
    Kayanya saya pernah ngalamin juga deh sekali... (inget masukin gelap gitu soalnya (fase 5?))
    Tapi, sadar dalam mimpi ini maksudnya kita bisa kontrol mimpi kita gimana kan ya? Kyanya belom bisa sampe kontrol...
     
  8. Offline

    angelios Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 18, 2009
    Messages:
    309
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +36 / -0
    kayaknya ini pengalaman OOB y... lucid dream gk nyeremin kok..
    (kcuali nyadar nya pas lagi mimpi dkejar2 mbak kunti :panik:

    na ini yg calon lucid dream.. dlatih dikit pasti bisa bro...

    yup, bisa ngapain2 aja dmimpi, tmasuk datangkan miy*bi buat maen pilem ama qt :hahai:
     
  9. Offline

    Sagippio Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 6, 2008
    Messages:
    883
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +777 / -0
    dulu sering sadar dalam mimpi kayak gitu, biasanya sih kubuat melayang2 atau semacamnya. Sekarang, kecuali mimpi2 yg berkesan, biasanya aku ga ingat mimpi2ku.

    pernah, aku mimpi, trus bilang ke temanku (dalam mimpi), "percuma aku cerita banyak ke kamu, toh kamu ini cuma image-mu dalam mimpiku"

    aku tipe visual (btw, literal = auditorial?), dan aku tau keadaan ketika aku memasuki alam mimpi, yaitu ketika aku memasuki image yg aku buat di kepalaku (aku jadi benar2 berada di dalam alam yg aku ciptakan sebelum tidur). cuma yang jadi masalah adalah barrier itu, biasanya keadaan itu ga berlangsung lama sebelum aku terbangun.

    dan ada satu lagi masalah, entah kenapa aku memiliki ingatan yang berbeda dalam mimpi. misal: dalam mimpi aku ingat kenal dengan seseorang, atau pernah melakukan sesuatu kemarinnya; tapi ketika bangun, aku tau kalo ingatan itu palsu...
     
  10. Offline

    Raestloz Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 5, 2009
    Messages:
    5,098
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +4,535 / -0
    Memang itulah ciri mimpi

    Dalam mimpi otak mendapat kesan yang berbeda, kecuali kiat tersadar a.k.a. mendapat Lucid Dream. Hal yang aneh terasa normal dalam mimpi, sebab pastinya gw lupa, sehingga kita sering nggak sadar kalau itu mimpi
     
  11. Offline

    jinutan Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 16, 2009
    Messages:
    59
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +9 / -0
    Gile brati gw anaknya tipe visual deh keknya, bis smenjak blajar software2 3d, gw tiap abis liat benda trus merem bentar pasti langsung liat itu benda jd wireframe gitu. (menurut gw sih itu nglatih supaya bisa sculpting 3d lebih jago heheh...)
    Baru tau ad tipe2 kek gitu, thanks info nya y!

    Masalah lucid dream tuh ane keknya pernah ngalamin. Secara itu sama kek pingin masuk fase2 di semedi... (mohon koreksi klo salah y!)
    Dulu2 gw sering latihan semedi tp posisi tidur (bwat skalian tidur ahahha...) sambil baca2 "Namo tassa ara... "(bacaan2 budhist getoh d) sambil atur irama nafas trus relax badan.
    Eh kadang2 gw ketiduran trus masuk fase sleep paralysis. Disitu fase itu tuh kita
    musti jaga pikiran, jangan sampe mikirin serem2 kek kuntilanak/setan/jin/apalah, soalnya otak kita pasti bakal respon ke arah ketakutan ga jelas getoh!
    Tips dr gw sih buat alihin ke sono mending ke arah yang lebih menyenangkan hahaha. Contohnya: Mikirin lg berbuat mesum gitu ama cewek super cantik hahah... (maklum gw cowok normal hahaha...)

    Menurut pengalaman gw sih, pas gw abis mikirin gituan gw bisa masuk Lucid Dream, soalnya gw bisa atur2 cewek mana yg mao gw mesumin, teknik2 yg gw mo pake, tempat posisi, dsb ahahaha....

    Btw thanks Nice Info bro...
     
  12. Offline

    western_gunner Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 5, 2009
    Messages:
    613
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +152 / -0
    Bnran nih bz?? g juga pernah n sering kali yah yang sleep paralysis, cuma emang serem banget badan jadi berat n gak bz gerak gt, justru pas disini g paksain spy bz bangun...intinya pas tahap ini biarin aja gt yah spy bz masuk alam mimpi???

    trz kalo mw keluar dari alam mimpinya gmn???
     
  13. Offline

    Raestloz Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 5, 2009
    Messages:
    5,098
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +4,535 / -0
    Sleep paralysis =/= kaku lucid dream

    Sleep paralysis terjadi di alam nyata, lucid dream terjadi di alam mimpi

    Sumber dari keduanya kemungkinan sama... kalo ga salah Sleep paralysis itu karena tubuh belum sadar bahwa kita sudah bangun sehingga kinerja tubuh tetap seperti kondisi tidur: tidak bertenaga

    kalo kaku waktu mau lucid dream itu tubuh yakin kita sedang bermimpi, karena memang kenyataannya seperti itu, tapi karena kita sadar tiba2 tubuh ga sempat merespon duluan dan kinerja tubuh tetap seperti sedang mimpi: tidak bertenaga

    Keluar dari alam mimpi itu paling bilang ke diri sendiri: "GW pengen bangun!" tapi siapa sih yang mau keluar dari lucid dream?
     
  14. Offline

    western_gunner Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 5, 2009
    Messages:
    613
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +152 / -0
    Loh g jadi bingung:???: katanya sebelum mengalami lucid dream kita mengalami sleep paralysis dl?? apa g yang ngaco nih??

    wah serem juga yh kalo mpe orang lebih milih mimpi daripada kehidupan yang nyata...buat sekedar refreshing ok lah, ato gak sebagai alternative game RPG jadi gak punya konsol pun bisa ngerasain role playing :haha:
     
  15. Offline

    otsuka Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 23, 2009
    Messages:
    388
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +4,691 / -0
    gw pernah sampai fase 4,mau bangun rasanya berat.
    makan pisang-->seperti di Mr.BRAIN
     
  16. Offline

    patrick_star Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 21, 2009
    Messages:
    305
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +3,249 / -0
    GW sering begituan..tiap hari
    tp kalo bangun subuh terus tidur lagi...(pas puasa)

    tp random (mimpinya), ga sesuai keinginan....
    ya kalo ada cw d mimpiku langsung ......
    wkkkk
     
  17. Offline

    Chopsuey03 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 11, 2009
    Messages:
    709
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +133 / -0
    pernah baca si artikel kek gini sbelumnya trus pas q coba cuman mentok sampe sleep paralys abis itu di coba lagi malah kebablasan tidur sampe pagi :swt:

    bay the way :niceinfo:
     
  18. Offline

    t4kumi Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 4, 2009
    Messages:
    663
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +145 / -0
    Mungkin ada yang salah menanggapi kali yah, kalau kalian berada dalam mimpi trus nyadar .. oh ini dalam mimpi... itu bukanlah lucid dream, itu adalah hal yang biasa dan sering di alami sama orang2.

    Untuk membuktikan kalau kalian dalam keadaan lucid dream atau gak, di dalam mimpi yang dimana kalian sadar ada di dalam mimpi itu, coba kalian bayangkan muncul suatu kata, ntah itu kalian munculkan didalam buku, dinding atau apa ajalah... SATU kata aja, misalkan kata "MAJALAH", di dalam mimpi itu coba kalian eja tulisan itu, INGAT!! Mengeja, bukannya membaca. Jadi kalian harus mengejanya menjadi " M-A-J-A-L-A-H ", sehingga kalian bisa memahami huruf2 itu menyusun suatu kata yaitu MAJALAH. Kalau kalian hanya berada di dalam keadaan menyadari kalian berada di dalam mimpi biasa seperti kebanyakan yang terjadi, percaya saja ma aku, kalian gak akan bisa mengeja tulisan tersebut ^ ^, udah aku coba, sulit banget mengejanya... karena otak kita udah bener2 beristirahat. Nah beda kalau kalian sudah berada di dalam lucid dream, kalian akan dapat mengeja tulisan itu dengan sangat mudah, Silahkan Mencoba!! :D.

    Untuk mendapatkan lucid dream yang sempurna, mungkin lebih baik harus melewati fase sleep paralysis, jangan takut sama segala bentuk kengerian yang hadir disaat itu, baik itu seperti kalian diraba2 sama hantu, liat bayangan gelap, pindah ke dimensi lain, susah bernapas, dengar suara2 yang gak jelas, kuping berdenging dan masih banyak lagi, toh gak ada kasus yang mengatakan kalau orang mati karena sleep paralysis ^ ^, baik itu ciri2 yang seperti gak bisa nafas.. tnang aja... jangan takut n bangun, aku udah coba.. gak mati koq :D. Segala bentuk kengerian itu gak nyata, itu hanya halusinasi, hadapi dengan santai n tenang. setelah berhasil melewati sleep paralysis, kalian akan seolah2 seperti berada di tmpat lorong yang gelap banget... gak bisa liat apa2, seperti masuk dalam black hole... fase ini menurutku lebih mengerikan ^ ^ karena dulu berhasil membuatku ketakutan n bangun. Setelah fase lorong gelap tersebut kita seperti terbangun dalam tidur(padahal udah dalam mimpi).. nah di saat seperti inilah harus mengetes udah dalam lucid dream atau gak dengan tips mengeja diatas ;). kalau bisa.. Selamat.. Anda berhasil hehehe....
     
    • Thanks Thanks x 1
  19. Offline

    mamor Beginner Members

    Joined:
    May 31, 2009
    Messages:
    293
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +397 / -0
    wah nice info!
    belom pernah ngalamin satu pun :haha:

    tanya nih..
    dalam lucid dream kita yg mengatur skenario mimpi ato random?
    ga enk klo random,kan susah klo dapet mimpi horor :XD:
     
  20. Offline

    t4kumi Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 4, 2009
    Messages:
    663
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +145 / -0
    @mamor, kita yang mengatur, mau seperti apapun... kalau gak suka horor ya jangan mencoba memunculkan hantu... hehehe... coba bayangin terbang aja.. ini yang paling seru :D ... disaat aku mendapatkan lucid dream, terbanglah yang paling seru... setinggi apapun.. sampai awan.. bner2 kerasa nyata banget... dan bedanya lagi di lucid dream ini mimpinya teratur sesuai apa yang kita bayangkan, beda dengan mimpi biasa yang gak jelas/random... sperti bermimpi diatas gedung eh tiba2 berubah jadi asyik nonton tv... kwakakakak
     
  21. Offline

    mamor Beginner Members

    Joined:
    May 31, 2009
    Messages:
    293
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +397 / -0
    wah enak ya.. pngen ngrasain nih :D
    coba ah tar malem..
    tapi takut saya @_@

    oh ya ada yg bilang lucid dream ada hubungannya sama Astral projection. benarkah demikian??
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.