1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Other Laut Mati Terancam Tidak "Mati" Lagi

Discussion in 'Science and Technology' started by simomone, Jul 20, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    simomone Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 27, 2009
    Messages:
    3,591
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +37,184 / -0
    SEGALA hal yang diasosiasikan dengan “mati” biasanya tidak disukai orang. Namun tidak dengan kata “mati” yang melekat pada sebuah tempat yang bernama Laut Mati. Malah, tempat ini menarik minat jutaan turis setiap tahun. Di samping itu, banyak penelitian telah dilakukan untuk mengungkap keunikan alamnya. Namun, nama yang menyeramkan ini pun sebenarnya telah dihaluskan dari terjemahan bahasa Ibrani 'Yam ha Maved' yang berarti ‘Laut Pembunuh’, sedangkan dalam bahasa Arab namanya adalah 'Bahrul Mayyit' yang artinya yaahhh Laut Mati juga. Laut Mati biasa disebut dengan Laut Garam karena perairannya mengandung 33,7% garam (sekitar 8,6 kali lebih banyak dari kandungan garam di laut biasa). Laut Mati yang diapit oleh negara Israel dan Palestina (Tepi Barat) di sisi barat, dan Yordania di sisi timur merupakan wilayah yang paling rendah di dunia. Posisinya adalah 422 meter di bawah permukaan laut! Mau tahu tentang asal-usul dan fakta menarik tentang Laut Mati lainnya silahkan lanjut membaca.....

    [​IMG]
    Asal-usul Laut Mati
    Laut Mati sebenarnya bukanlah benar-benar laut, melainkan hanya sebuah danau saja. Disebut laut karena danau ‘Laut Mati’ berair asin dan memiliki wilayah yang luas: panjang 47 mil dan lebar 10 mil, dengan total luas permukaan sekitar 360 mil, sedangkan kedalaman laut mencapai 422 meter. Lalu mengapa namanya Laut Mati? Disebut demikian karena tidak ada ikan yang dapat hidup di Laut Mati karena keasinan airnya yang sangat tinggi. Jangankan hidup, berenang pun ikan akan sulit karena dia pasti akan terapung terus!

    Asal-muasal terjadinya Laut Mati disebutkan dalam kitab suci Umat Islam dan Kristen. Disebutkan bahwa Nabi Luth diperintahkan Tuhan untuk memperingatkan kaumnya yang melegalkan perilaku homoseksual. Karena umat mengabaikan seruan Nabi Luth, maka Tuhan memerintahkan Nabi Luth untuk menyingkir dari kota Sodom dan Gomorah. Laknat Tuhan datang melalui sebuah gempa vulkanis yang diikuti letusan lava, kota-kota tersebut diruntuhkan, lalu dijungkirbalikkan masuk ke dalam Laut Mati.

    Hasil penelitian ilmiah kontemporer menjelaskan, bencana itu dapat terjadi karena daerah Lembah Siddim, yang di dalamnya terdapat kota Sodom dan Gomorah, merupakan daerah patahan atau titik bertemunya dua lempengan kerak bumi yang bergerak berlawanan arah. Patahan itu berawal dari tepi Gunung Taurus, memanjang ke pantai selatan Laut Mati dan berlanjut melewati Gurun Arabia ke Teluk Aqaba dan terus melintasi Laut Merah, hingga berakhir di Afrika. Biasanya, bila dua lempengan kerak bumi ini bergeser di daerah patahan maka akan menimbulkan gempa bumi dahsyat yang diikuti dengan tsunami yang menyapu kawasan pesisir pantai. Juga biasa diikuti dengan letusan lava/lahar panas dari perut bumi.

    [​IMG]
    Mengapa air Laut Mati sangat asin?
    Pasokan air yang masuk ke Laut Mati hanya dari Sungai Yordan dan beberapa pegunungan di sekitarnya. Karena Laut Mati berada posisi yang rendah maka air yang diterima itu tidak bisa dialirkan kemana-mana. Satu-satunya jalan keluar air yaitu melalui proses penguapan ke udara saja. Itulah sebabnya air Laut Mati menjadi sangat asin karena air yang mengalami proses penguapan meninggalkan zat-zat mineralnya.

    Keunikan Laut Mati
    Anda tidak bisa berenang, tapi tidak ingin tenggelam saat mencebur ke dalam air? Itu bukan persoalan mustahil. Di Laut Mati, setiap orang yang mencebur diri tidak akan tenggelam walaupun di tempat yang dalam. Ini bisa terjadi karena Laut Mati memiliki kadar keasinan yang sangat tinggi. Namun banyak orang salah kaprah menyebut Laut Mati adalah perairan yang paling asin di dunia. Sebenarnya ada perairan lain yang kadar keasinan lebih tinggi (40%) yaitu Danau Assal di Djibuoti, Afrika.

    [​IMG]
    Laut Mati memiliki lumpur yang berkhasiat sebagai penghalus kulit. Selain itu, ada beberapa zat mineral berguna lain yang terkandung dalam Laut Mati yaitu:

    * Sodium yang dapat meningkatkan permeabilitas yang sangat cocok untuk kulit kering.
    * Magnesium dengan konsentrasi 15 kali lebih tinggi dibandingkan dengan laut lainnya. Magnesium membantu penyembuhan kulit dan menyediakan jaringan permukaan kulit dengan anti alergi dan penting untuk metabolisme sel.
    * Potassium yang dapat meningkatkan oksidasi dan mengatur proses elektrikal otot dan sistem saraf serta membantu mengatur kelembaban di kulit.
    * Bromida – konsentrasi bromida adalah 50 kali lebih tinggi dari garam biasa. Ini menyebabkan efek yang sangat santai, dan membantu secara alami perbaikan sel kulit.
    * Bitumen yang ditemukan dalam jumlah sedikit dan dapat bertindak sebagai zat anti-inflammatory.
    * Iodin yang berperan penting pada pembentukan hormon tiroksin, dan juga penting untuk energi dan metabolisme sel.
    * Kalsium penting sebagai pertahanan membran sel dan pembersihan pori-pori, yang dibutuhkan juga untuk perbaikan jaringan dibawah kulit.
    * Zink yang memainkan peranan dalam regulasi enzim.
    * Lumpur Laut Mati membantu kulit kering dengan mengganti elektrolit yang hilang, bisa mengobati beberapa masalah dermatologi seperti eksim, jerawat, rematik, sakit sendi, dan masalah sirkulasi dan saraf. Garam Laut Mati juga bisa bertindak sebagai desinfektan yang bisa mengeluarkan zat berbahaya dari kulit.

    [​IMG]
    Mendangkal dan terancam tidak “mati” lagi
    Saat ini, perairan Laut Mati mulai menyusut. Sejak tahun 1960an airnya sudah susut lebih dari 10 meter, sehingga dikhawatirkan Laut Mati terus mengalami pendangkalan. Susutnya air Laut Mati selain disebabkan oleh penguapan, juga akibat adanya proyek-proyek menyangkut air yang dilakukan oleh pemerintah Israel maupun Yordania.

    Jika perairannya terus menerus surut, maka rencananya pada tahun 2017 nanti Laut Mati akan dihubungkan ke Laut Merah dengan sebuah bendungan yang bisa mengatur volume air. Kalau itu terjadi, maka kadar garam Laut Mati akan menurun dan menjadi normal sama dengan kadar garam laut biasa. Jika demikian Laut Mati mungkin tidak akan “mati” lagi karena ikan-ikan dan biota lain sudah bisa hidup di dalamnya.

    sumber

    Maaf :maaf: kalo :repost: moga infonya berguna dan menambah pengetahuan kita :belajar:
     
    Last edited: Jul 20, 2010
    • Like Like x 6
    • Thanks Thanks x 4
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    reazon Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 20, 2009
    Messages:
    1,564
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +20,014 / -0
    wah,, bener-bener keren.....
    gw mw nyebur d sana ah,, karena gw ga bisa berenang....:hihi:
    asik kali ngapung d air.....:blink:
    btw,, bongkahan garamnya terlihat keren juga.....
    :niceinfo: gan....
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  4. Offline

    lehar Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 23, 2009
    Messages:
    182
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +439 / -0
    Keren gan. nice info

    ternyata titik terendah bumi ada di yordania ya laut mati. seandainya aja titik terendah bumi terdapat di indonesia ga kebayang ya bakalan banjir seumur hidup dengan kandungan libah 50%

    tpi keren yang biasanya ngeliat bongkahan karang ini bongkahan garam kalah brebes yang penghasil garam.
     
  5. Offline

    shinminho Senpai Veteran

    Joined:
    Sep 29, 2009
    Messages:
    5,202
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,814 / -0
    berarti klo kadar garamnya sangat tinggi manusia gak akan tenggelam donk :top: garam2nya besar amat kyk bongkahan aja :kaget:
     
  6. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,167 / -0
    Garamnya kebanyakan kali?
    Masalahnya dia danau pula, tidak ada asupan air dari tempat lain...
     
    • Like Like x 1
  7. Offline

    Bu_Beng Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 4, 2010
    Messages:
    81
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +38 / -0
    Baru tau Laut mati sangat asin karena tempatnya rendah
    sehingga g bisa ngalir n jadinya nguap...

    Danau Assal kadar keasinan lebih tinggi (40%) apa karena hal yang sama???:lalala:

    btw.....:niceinfo::niceinfo::niceinfo:
     
  8. Offline

    roxxast Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 20, 2009
    Messages:
    688
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +230 / -0
    :niceinfo:
    garemnya kok bisa ngumpul di tepi gtu emang sngaja apa gmna:???:
     
  9. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,167 / -0
    Mungkin nggak sengaja.
    Tapi kalo ada tempat rendah dikelilingi tempat tinggi, tempat itu sangat mungkin menjadi danau.
    Mungkin si laut mati nih kayak gitu.
     
  10. Offline

    nayaxoe Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 8, 2010
    Messages:
    110
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    kalo udah g jadi laut mati, nanti namanya ganti laut hidup wkwkwkwk
     
  11. Offline

    nayaxoe Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 8, 2010
    Messages:
    110
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    kalo udah g jadi laut mati, nanti namanya ganti laut hidup wkwkwkwk
     
  12. Offline

    nakamura197 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 30, 2009
    Messages:
    552
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +499 / -0
    kayaknya ga bakalan dech direncanain untuk dihubungkan dengan laut merah, karena laut mati ini kan jadi objek wisata, :piss:
     
  13. Offline

    Apoooh Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 24, 2008
    Messages:
    14,239
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +30,785 / -0
    wui:top: info...

    jd laut biasa d....bs bwt wisata n mancing2:lol:
     
  14. Offline

    man32 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 4, 2009
    Messages:
    667
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +198 / -0
    wah klo jadi kyk gtu
    tar mlh berkurang wisatawannya
    kan klo adar air normal uda kurang berkasiat lagi kn?
    :???:
     
  15. Offline

    nakamura197 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 30, 2009
    Messages:
    552
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +499 / -0
    tul, justru yang menariknya dari laut ini adalah karena kadar asinnya itu yg bisa bikin orang ngambang dan pasirnya yang katanya bisa buat obat...
     
  16. Offline

    simomone Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 27, 2009
    Messages:
    3,591
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +37,184 / -0
    itu menjadi solusi terakhir bro karena laut mati sbnrnya adalah danau sehingga volume nya hanya tergantung dari hujan & sekarang terancam menyusut habis karena proyek-proyek menyangkut air yang dilakukan Israel maupun Yordania..
    daripada menjadi danau kering lebih baik dihubungkan dgn laut merah, walaupun resikonya bakalan kehilangan semua keistimewaannya..
     
  17. Offline

    dhie Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 19, 2009
    Messages:
    332
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +187 / -0
    wuih...nice inpo brader...:top:
    keasinan kadar garam yg ditimbulkan di laut mati katanya mengandung banyak khasiat loh...
    merupakan alternatif penyembuhan berbagai penyakit,,,
     
  18. Offline

    mussang Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 3, 2010
    Messages:
    526
    Trophy Points:
    57
    Ratings:
    +25 / -0
    berarti bakal jadi laut idup donk...:haha:

    :lol:
     
  19. Offline

    keemchee Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    5,913
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +10,053 / -7
    dlunya ini tempat bencana...
    lalu setelah beberapa ratus tahun kemudian muncul d Laut mati..

    apa ini bisa disebut "berkah dari sebuah bencana??"

    Lumpurnya bisa menyembuhkan penyakit kulit...
    apakah Lumpur Lapindo setelah 50 tahun nanti akan bisa berguna sedemikian??

    who knows...:yareyare:
     
  20. Offline

    cangwadi Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 24, 2008
    Messages:
    37
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    Nanti namanya jadi Laut Hidup dong.
     
  21. Offline

    svatz Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 28, 2010
    Messages:
    47
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    Nice info a very nice info...

    Klo lautmatinya bener2 mati alias kering ngga ada lagi objek wisata,
    N walaupun dihubungkan dengan laut yang lain laut mati tetap menjadi laut mati krena itu nama lokasi.
    kyanya sih bgitu.

    Planing penyelamatan perlu karena penguapan susah untuk di tanggulangi kecuali laut mati hanya sebesar ember cucian.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.