1. Anda bisa mengganti Theme sesuai dengan selera anda. Kami menyediakan beberapa Themes dengan warna yang bervariasi. Anda bisa merubahnya di pojok kiri bawah. Atau klik link INI
  2. Dalam menyambut Star Wars Day, Kami menghadirkan beberapa User Title bertema Star Wars. Anda akan menemukan Jedi, Stormtrooper dan juga Darth diantara kalian. "May The Force Be With You".

Tips Latihan Fitness yang Baik Bukan dari Ade Rai atau Yang Lain

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by adi_bayumi, May 26, 2011.

   ShortURL:
  1. adi_bayumi Clonetrooper Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 21, 2011
    Messages:
    1,758
    Trophy Points:
    63
    Ratings:
    +279 / -0
    baca di sini gan... sumber duniafitnes.com

    Apakah Anda sedang mempertimbangkan untuk memulai program fitness? Bagus! Anda hanya perlu lima langkah lagi untuk memulai gaya hidup sehat.

    Memulai program fitness dapat menjadi salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan Anda. Aktivitas fisik dapat mengurangi risiko penyakit kronis, meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh, membantu Anda menurunkan berat badan – bahkan meningkatkan kualitas tidur dan kepercayaan diri Anda. Dan ada berita bagus lainnya. Anda dapat melakukannya hanya dalam lima langkah.

    LANGKAH 1 – Menilai Tingkat Kebugaran Anda

    Anda mungkin memiliki penilaian tentang seberapa bugar Anda. Tapi dengan menilai dan mencatat skor tingkat kebugaran Anda dapat memberikan tolok ukur terhadap kemajuan Anda nantinya. Untuk menilai kebugaran aerobik dan otot, fleksibilitas dan komposisi tubuh Anda, pertimbangkan beberapa hal berikut:

    Kecepatan detak jantung Anda sebelum dan setelah berjalan selama 1 kilometer
    Berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk berjalan 1 kilometer
    Berapa banyak push-up yang dapat Anda lakukan pada satu waktu
    Seberapa jauh Anda dapat menjangkau ke depan sambil duduk di lantai dengan kaki di depan Anda
    Lingkar pinggang Anda
    Indeks Masssa Tubuh Anda

    LANGKAH 2 – Buat Rencana Program Fitness Anda

    Sangat mudah untuk mengatakan bahwa Anda akan rutin latihan setiap hari. Tapi Anda akan membutuhkan rencana. Saat Anda merancang program fitness Anda, perhatikanlah hal-hal berikut:

    * Pertimbangkan tujuan program fitness Anda. Apakah Anda memulai program fitness untuk membantu menurunkan berat badan? Atau apakah Anda memiliki motivasi lain, seperti mempersiapkan untuk perlombaan lari 5 kilometer? Memiliki tujuan yang jelas dapat membantu memonitor kemajuan Anda.

    Kebanyakan orang dewasa harus mencapai setidaknya 300 menit latihan aerobik intensitas sedang atau 150 menit aktivitas aerobik berat, dalam seminggu. Orang dewasa juga perlu latihan kekuatan selama dua kali atau lebih dalam seminggu.

    * Buatlah tujuan yang logis dari program Anda. Jika Anda baru saja mulai berlatih, mulailah dengan hati-hati dan tingkatkan perlahan. Jika Anda mengalami cedera atau kondisi medis tertentu, hubungi dokter Anda atau ahli terapi fisik untuk membantu merancang program fitness yang secara bertahap akam membantu meningkatkan rentang gerak (range of motion), kekuatan dan ketahanan Anda.

    * Pikirkan tentang bagaimana Anda akan memasukkan latihan ke rutinitas harian Anda. Mencari waktu untuk berolahraga bisa menjadi suatu tantangan. Untuk membuatnya lebih mudah, jadwalkanlah latihan seperti setiap janji Anda lainnya. Rencanakan untuk menonton acara favorit Anda sambil berjalan cepat di atas treadmill, atau membaca sambil naik sepeda stasioner.

    * Rencanakan untuk memasukkan kegiatan-kegiatan yang berbeda dalam program Anda. Kegiatan yang berbeda-beda (seperti cross-training) dapat menjaga Anda dari kebosanan latihan. Cross-training juga mengurangi kemungkinan Anda mengalami cedera atau penggunaan berlebihan dari satu otot atau sendi tertentu. Rencana kegiatan alternatif yang melatih berbagai bagian tubuh Anda, seperti berjalan, berenang dan latihan beban.

    * Luangkan waktu untuk pemulihan. Banyak orang memulai latihan dengan sangat bersemangat sehingga kemudian mereka berlatih terlalu lama atau terlalu berat, dan akhirnya menyerah ketika otot dan sendi menjadi sakit atau cedera. Berikanlah waktu di antara sesi latihan bagi tubuh Anda untuk beristirahat dan memulihkan diri.

    * Tulis di atas kertas. Sebuah rencana tertulis dapat mendorong Anda untuk tetap berada di jalur yang benar dari program fitness Anda, setiap tubuh berbeda beda dalam merespons latihan. Ketika instruktur A mengatakan ini yang terbaik kadang instruktur B mengatakan ini kurang baik, jadi diri andalah yang dapat mengetahui yang mana yang terbaik untuk anda. Jangan terpaku pada kata Si A atau B.


    LANGKAH 3 – Siapkan Peralatan Anda

    Anda mungkin akan mulai dengan sepatu olahraga. Pastikan untuk memilih sepatu yang sesuai untuk kegiatan yang akan Anda lakukan.

    Jika Anda berencana untuk berinvestasi dalam peralatan latihan, pilih sesuatu yang praktis, menyenangkan dan mudah digunakan. Anda mungkin ingin mencoba beberapa jenis peralatan di gym dulu sebelum melakukan investasi pada perangkat latihan Anda sendiri. Untuk menghemat, pertimbangkan untuk membeli peralatan bekas. Atau Anda bisa tunjukkan kreatifitas Anda. Misalnya membuat beban latihan Anda sendiri dengan mengisi kaus kaki lama Anda dengan kacang atau uang receh, atau dengan mengisi setengah galon air dengan air atau pasir .

    LANGKAH 4 – Persiapan dan Memulai Latihan

    Sekarang Anda sudah siap untuk beraksi. Ketika Anda memulai program fitness, perhatikan tips berikut:

    Mulai perlahan-lahan dan tingkatkan secara bertahap. Berikan banyak waktu bagi diri Anda untuk melakukan pemanasan dan pendinginan dengan berjalan santai atau peregangan lembut. Kemudian tingkatkan kecepatan hingga Anda dapat terus melakukannya selama 5 sampai 10 menit tidak sampai terlalu lelah. Seiring dengan peningkatan stamina Anda, tingkatkan secara bertahap durasi waktu Anda berolahraga. Lakukan latihan Anda hingga 30 sampai 60 menit dalam sebagian besar hari dalam seminggu.
    Berhentilah jika Anda harus. Anda tidak harus melakukan semua latihan Anda pada satu waktu. Sesi yang lebih singkat namun lebih sering memiliki manfaat aerobik juga. Lima belas menit latihan 2 kali sehari yang dapat dimasukkan ke dalam jadwal latihan Anda akan lebih baik.
    Jadilah kreatif. Mungkin latihan rutin Anda mencakup berbagai kegiatan, seperti berjalan kaki, bersepeda atau mendayung. Tapi jangan berhenti di situ.Anda bisa lakukan hiking di akhir pekan bersama keluarga dan sebagainya.
    Dengarkan tubuh Anda. Jika Anda merasa sakit, sesak napas, pusing atau mual, beristirahatlah. Anda mungkin berlatih terlalu keras.
    Jadilah fleksibel. Jika Anda tidak merasa sehat, beri waktu satu atau dua hari untuk off.

    LANGKAH 5 – Monitor kemajuan Anda

    Lakukan kembali penilaian terhadap kebugaran Anda 6 minggu setelah Anda memulai program Anda dan kemudian nilailah kembali setiap 3 sampai 6 bulan sekali. Anda mungkin menyadari bahwa Anda perlu meningkatkan jumlah waktu latihan Anda dalam rangka untuk terus meningkatkan hasil latihan Anda. Atau Anda mungkin akan terkejut menemukan bahwa Anda sudah berolahraga dalam jumlah yang tepat untuk memenuhi tujuan program fitness Anda.

    Jika Anda kehilangan motivasi, tetapkan tujuan baru atau coba aktivitas baru. Berolahraga dengan teman atau mengikuti kelas di gym bisa membantu juga.

    Memulai sebuah program fitness adalah sebuah keputusan penting. Dengan perencanaan yang baik dan usaha keras dari diri sendiri, Anda bisa membangun gaya hidup sehat seumur hidup Anda.


     
    Last edited by a moderator: Dec 6, 2011
    • Like Like x 1
  2. Juve1897 Jedi Master Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 27, 2011
    Messages:
    7,282
    Trophy Points:
    113
    Ratings:
    +2,808 / -0
    Pengen berotot sih, tp g ada wkt males ke tempat fitnesnya ganz :hehe:
     
  3. anehathwey Beginner Members

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    329
    Trophy Points:
    18
    Ratings:
    +350 / -0
    gan repot nie mau nurunin berat badan tapi ga ada progresss, pingin tau latihan yang efektif buat nurunin berat...

    katanya Repeat n ya harus banyak tiap tools

    ga bole terlalu lama istirahat ? ...

    udah minum "Fat Burner" juga nich ...

    tp mulai skrg saya sudah ga terlalu nafsu sama yang namanya makanan ... ga tau kenapa , kalo lapar saja baru makan . tolong tips nya .
     
  4. adi_bayumi Clonetrooper Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 21, 2011
    Messages:
    1,758
    Trophy Points:
    63
    Ratings:
    +279 / -0
    disiplin bro kuncinya, kalo males2 an... justru ototnya cuma kembang kempis aja... eh selamat ya sdh jd MVU, do'a kan saya menyusul :cihuy:

    yang ane tau ya gan, kalo kata temen2 ane.. banyak2 maen kardio yaitu yang berhubungan dengan pernapasan dan jantung..... seperti lari ringan atau jogging, treadmill an, sepeda jg boleh..... itu berfungsi buat menegeringkan lemak yang ada di tubuh..... selamat berlatih bro...
     
  5. michaelfabregas Darth Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 7, 2010
    Messages:
    24,883
    Trophy Points:
    124
    Ratings:
    +2,828 / -0
    nice share kaka...

    pengen berotot gw juga..

    tp sebelumnya fat loss dulu biar ototnya ga ketutupan lemak...

    :hihi:
     
  6. adi_bayumi Clonetrooper Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 21, 2011
    Messages:
    1,758
    Trophy Points:
    63
    Ratings:
    +279 / -0
    Sebenernya yang paling enak ngebentuk otot itu ya pas kelebihan lemak dari pada kekurangan lemak.... otot lebih cepat terbentuk dan untuk mengeringkannya pakai suplemen (yang aman ya) khusus mengeringkan lemak...
    selamat memulai aktifitas positif ini... :hmm:
     
  7. michaelfabregas Darth Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 7, 2010
    Messages:
    24,883
    Trophy Points:
    124
    Ratings:
    +2,828 / -0
    mmm...

    iya ya ka..??

    klo kata temen gw fatloss dulu dengan cara jogging atau lari...

    baru abis itu fitness deh...

    klo fitness dulu tanpa fatloss otot yang terbentuk akan tertutup lapisan lemak...

    hehehe..

    :hehe:
     
  8. adi_bayumi Clonetrooper Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 21, 2011
    Messages:
    1,758
    Trophy Points:
    63
    Ratings:
    +279 / -0
    hehe pokoknya sesuai dengan isi post 1 deh.... semua bisa bilang A atau B, tapi tubuh kita masing2 yang bisa mengetahui yang mana cocok untuk kita :semangat:
     
  9. adi_bayumi Clonetrooper Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 21, 2011
    Messages:
    1,758
    Trophy Points:
    63
    Ratings:
    +279 / -0
    ^ pokoknya ayo2 biasakan hidup sehat, otot nomer 2... yang penting sehat nomer satu :jimat:
     
  10. iksanmiru Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 31, 2011
    Messages:
    407
    Trophy Points:
    19
    Ratings:
    +6 / -0
    cra ilangin lemak perut n pinggang bgsnya dgn sistem ap y?
     
  11. palepv Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 25, 2010
    Messages:
    32
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +428 / -0
    nice share kaka. gue jadi semangat sumpah untuk latihan lagi nih.
    tapi yang jadi masalah tuh gue ga semangatnya doang dah. huhuhu.
     
  12. adi_bayumi Clonetrooper Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 21, 2011
    Messages:
    1,758
    Trophy Points:
    63
    Ratings:
    +279 / -0
    Pola dan sistem itu belakangan, yang penting atur pola makannya gan.... sistem atau pola latihan itu pendukung mempercepatnya aja.... :rokok:

    Emang, disiplin nomer satu..... :unyil:
     
    • Like Like x 1
  13. Juve1897 Jedi Master Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 27, 2011
    Messages:
    7,282
    Trophy Points:
    113
    Ratings:
    +2,808 / -0
    Okeylah klo begetow.... :xiexie:
    Semangat ngepostnya ya ganz :semangat:
    ntar klo udh jd MVU kt messages2kan ya :haha:

    ane udh buncit ganz, kyk'a udh sulit buat ngempesin dah.
    kata "emak" biar buncit asalkan sehat :top:
     
  14. tienming Beginner Members

    Joined:
    Jun 3, 2009
    Messages:
    276
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +3 / -0
    hmmm... bagus untuk pertimbangan fitness, berarti fitness butuh ada trainer juga...
     
  15. fixedout Clonetrooper Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 5, 2010
    Messages:
    501
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +39 / -0
    Iya gan ane juga lagi latihan fisik sekarang :hmm:
    itung2 lumayan buat nambah kesehatan fisik dan daya tarik biar PD gitu :haha:
     
  16. toeshoes Beginner Members

    Joined:
    Feb 4, 2010
    Messages:
    246
    Trophy Points:
    19
    Ratings:
    +6 / -0
    wah mantab neh, ane lagi program ngurusin badan seh, kalo dah cukup baru mikir bvuat bentuk otot, tapi pengen bentuk baisa aja, kalo fitness ga ada uangnya.. hahaha
     
  17. adi_bayumi Clonetrooper Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 21, 2011
    Messages:
    1,758
    Trophy Points:
    63
    Ratings:
    +279 / -0
    emang susah ya bro kalo tinggal di kota besar kayak ente... semuanya serba mahal.... di palembang masih ada tempat fitness murah dan lengkap.. :hehe:
     
  18. tienming Beginner Members

    Joined:
    Jun 3, 2009
    Messages:
    276
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +3 / -0
    di kota2 bersar kalo mau murah sih, cari aja temen yg punya alat fitnes trus numpang tiap minggu
     
  19. adi_bayumi Clonetrooper Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 21, 2011
    Messages:
    1,758
    Trophy Points:
    63
    Ratings:
    +279 / -0
    haha, iya jg... tp kalo keseringan numpang, bisa2 di sindir sindir :lol:
     
  20. Andi_ Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 19, 2011
    Messages:
    16
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +0 / -0
    sebenernya pengen gan gue melatih otot....

    tapi ga da waktunya (sok sibuk).....

    bener juga gan, tubuh kita yang tau latihan yang mana yang tepat
     

Share This Page

About Forum IDWS.ID

Indowebster, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us for you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.