1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Fauna Kupu-Kupu Ternyata Memiliki Telinga Super

Discussion in 'Flora dan Fauna' started by Romantic_Water, Dec 21, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    Romantic_Water Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 18, 2009
    Messages:
    479
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +126 / -0
    LONDON - Tahukah Anda? Kupu-kupu sebenarnya memiliki telinga kecil yang terletak pada sepasang sayapnya. Meski ukurannya sangat kecil, telinga ini memiliki kemampuan yang sangat hebat. Dengan telinga ini kupu-kupu mampu membedakan suara tinggi dan rendah, serta mengetahui keberadaan burung yang ada di dekatnya.

    Dulu, belum banyak orang yang tahu bahwa kupu-kupu memiliki sepasang telinga. Para peneliti menganggap mereka tuli. Namun pada 1912, untuk pertama kalinya dunia sains menemukan bahwa kupu-kupu memiliki telinga.

    Seperti dilansir LiveScience, Selasa (3/10/2009), Kathleen Lucas dan timnya dari University of Bristol kemudian mengadakan penelitian untuk mengetahui lebih dalam tentang bentuk unik membran pendengaran yang terletak di dasar sayap biru morfo atau bagian dalam sayap. Dari penelitian ini terungkaplah kemampuan super telinga kupu-kupu.

    Untuk mencari tahu bagaimana membran itu membantu kupu-kupu mendengar, Lucas melakukan eksperimen, memperdengarkan suara dengan frekuensi yang berbeda.

    Tim peneliti memulainya dengan memutarkan suara yang masih bisa didengar oleh kupu-kupu, yaitu suara dengan frekuensi 1.000 sampai 5.000 Hz.

    Sebagai pembanding, kupu-kupu itu pun diperdengarkan pula suara dengan rentang frekuensi pendengaran manusia pada frekuensi 20 hingga 20.000 Hz, meski umumnya ucapan manusia berada pada pada rentang 100 hingga 4.000 Hz.

    Selama uji coba tersebut, Lucas dan timnya menggunakan laser mungil untuk memindai permukaan membran dari beberapa kupu-kupu. Mereka menemukan bahwa bunyi dengan frekuensi yang lebih rendah antara 1.000 hingga 5.000 Hz menyebabkan getaran berfokus pada sebuah titik di bagian luar membran. Sementara bunyi dengan frekuensi yang lebih tinggi di atas 5.000 Hz menyebabkan seluruh membran bergetar.


    I hope its not a :repost: :piss:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    aqua00 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 17, 2010
    Messages:
    765
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +1,003 / -0
    pasti pusing ya kalau semua suara bisa didengar, gimana cara kupu-kupu itu membedakan masing-masing suara yang dia dengar?
     
  4. Offline

    nickson Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 29, 2010
    Messages:
    223
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +1 / -0
    kayak kelelawar juga kupu - kupu
    tapi kelelawar tetap the best
     
  5. Offline

    bizly Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 13, 2010
    Messages:
    20,281
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +103,779 / -3
    sama dengan anjing rupanya
    punya pendengaran supersonic sama subsonic...padahal tubuhnya kecil. Serangga lagi
     
  6. Offline

    Arteroz Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 29, 2011
    Messages:
    40
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    dari uler evo jadi kupu2 jadi punya kuping..
    hmmm..
    ada yang aneh..
    mungkin maksudnya indra pendengar lain y yg mirip "kuping" gitu
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.