1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Kulit Merah, Tetap Mandikan Bayi

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by shinminho, Aug 13, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    shinminho Senpai Veteran

    Joined:
    Sep 29, 2009
    Messages:
    5,202
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,814 / -0
    SAAT lahir, kulit bayi lembut dan mulus. Tak jarang, beberapa hari kemudian, muncul bercak kemerahan di kulitnya. Bisa di wajah, badan, punggung, tangan, dan kaki. ''Biasanya, ibu lantas panik dengan munculnya bercak kemerahan tersebut. Dikira digigit serangga hingga kena tumpahan ASI,'' kata dr Ary Widhyasti Bandem SpKK MKes.

    Ada kemungkinan bayi menderita erythema toxicum neonatorum. Gejalanya, bulatan bercak kemerahan. Kadang-kadang ada vesikel (bintil berisi cairan). Hampir mirip bisul. Dalam kondisi begitu, orang tua sering memutuskan untuk tidak memandikan bayinya karena takut kondisi kulit si mungil makin memburuk. Tindakan tersebut justru mengundang infeksi kulit. Sebab, kulit si kecil kotor akibat tidak dimandikan. ''Jadi, solusinya sederhana. Tetap mandikan bayi seperti biasa,'' lanjut spesialis kulit kelamin dari Surabaya Skin Center (SSC) itu.

    Ada ciri yang membedakan dengan bercak merah akibat digigit serangga? Ary mengatakan, sulit membedakannya karena tampilan fisiknya hampir sama. ''Kalau digigit serangga, ada lubang kecil bekas gigitan. Namun, ukuran lubang bekas gigitan tersebut sangat kecil. Hampir sulit dilihat,'' katanya.

    Mengenai penyebabnya, lanjut Ary, belum diketahui secara pasti. Tapi, ada dugaan kulit mengalami hipersensitivitas. ''Tapi, perlu diperiksa lebih lanjut bahan apa yang membuat kulit bayi hipersensitif,'' ungkapnya.

    Orang tua tak perlu khawatir akan erythema toxicum neonatorum. Sebab, kelainan kulit itu bisa sembuh dalam waktu 5-7 hari tanpa diobati.

    Ada kalanya, ibu langsung mengolesi bagian kulit yang kemerahan tersebut dengan minyak. Misalnya, minyak telon, kayu putih, maupun minyak tawon. Tujuannya, meredakan bercak kemerahan itu. Mengenai hal tersebut, dokter kelahiran Denpasar itu tak menyatakan keberatannya. ''Dengan catatan, bayi tak mengalami alergi dengan minyak-minyak tersebut. Bila bayi sensitif terhadap minyak itu, kondisi kulit bayi justru bertambah parah,'' tuturnya.

    Permasalahan kulit lain yang kerap muncul adalah cutis marmorata. Gejalanya, memang muncul bercak kemerahan, namun disertai warna kebiruan berupa jala. Bercak itu sering muncul di bagian perut dan paha. Ary mengatakan, hal tersebut disebabkan pembuluh darah bayi belum terbentuk sempurna. Dengan demikian, muncul warna kebiruan di kulit bayi. ''Gejala itu juga masih normal dan tak perlu diobati karena bisa hilang sendiri dalam waktu sebulan seiring dengan kesempurnaan pembuluh darah,'' paparnya.

    Ary mengatakan, memang gejala-gejala tersebut membuat kulit bayi tak lagi mulus. ''Seiring bertambahnya usia dan sempurnanya organ, gejala-gejala itu hilang tanpa pengobatan medis,'' tegasnya. (ai/c7/nda)

    sumber:jawapos
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.