1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

[kriminal]Pernah Makan Bakso Monyet?

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by doraemonix, Mar 15, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    doraemonix TEMP\DUNYA\.... Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 31, 2008
    Messages:
    1,276
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +32,889 / -2
    KOMPAS.com - Jajaran Polres Situbondo menangkap pasangan suami istri (pasutri) pemburu monyet jenis lutung di Hutan Taman Nasional Baluran (HTNB). Di depan penyidik, mereka mengaku menjual daging satwa langka itu ke pedagang bakso. Diduga, suami istri ini bagian dari sindikat pemburu monyet.

    Pasutri yang tertangkap itu adalah, Samsul Arifin (46) dan Suhaini (46) warga Desa Trigonco, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo.
    [​IMG]

    Dari rumah kedua pelaku ini, polisi mengamankan dua senapan angin, 30 kilogram daging monyet yang siap kirim, serta seekor monyet yang masih hidup.

    Penangkapan itu dilakukan ketika Suhaini hendak menjual daging monyet kepada seorang pedagang bakso yang berjualan di kawasan Asembagus. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pasangan suami istri ini kini mendekam di tahanan Mapolsek Asembagus.

    “Keduanya tertangkap tangan saat mau menjual daging monyet itu kepada pedagang bakso. Karena ancaman hukumannya 5 tahun lebih, maka kedua pelaku ditahan,” kata AKBP Taufik Rahmad Hidayat, Kapolres Situbondo melalui Kasat Reskrim, AKP Sunarto.

    Menurutnya, dari hasil koordinasi dengan petugas HTNB, 30 kg daging monyet itu diperkirakan didapat dari sekitar 20-25 ekor monyet. Monyet yang diburu oleh pasangan suami istri ini adalah jenis lutung yang sering bergerombol saat mencari makan di hutan. Bahkan pada musim kemarau, monyet yang dikenal galak ini sering berada di pinggir jalan raya untuk mencari sisa-sisa makanan yang dibuang pengguna jalan raya di kawasan hutan Baluran.

    Tersangka Samsul Arifin mengaku, mengetahui jika binatang yang ditembak dan dijual dagingnya itu termasuk hewan yang dilindungi undang-undang (UU). Namun karena terdesak kebutuhan sehari-hari, apalagi banyak pesanan daging monyet, maka dirinya bersama istri nekat berburu monyet di hutan Baluran.

    “Biasanya daging lutung saya jual kepada pemesannya sekitar Rp 15.000-Rp 20.000 per kilogram,” kata Samsul Arifin di depan penyidik.

    Samsul Arifin mengaku baru dalam satu dua minggu terakhir ini berburu monyet karena mendapat banyak pesanan. Ia mengaku dalam tiga kali berburu mendapatkan sekitar 75 kera. Seekor kera biasanya berat dagingnya sekitar 1,5 kg. Daging monyet itu kemudian dijual kepada pedagang bakso di Asembagus yang memesannya. “Untuk menjual daging lutung, saya biasanya hanya melakukan melalui handphone lalu diambil oleh pemesannya di sebuah tempat,” kata Samsul.

    Sedangkan Suhaini mengaku tidak ikut berburu. Ia hanya menjualkan daging lutung hasil buruan suaminya itu kepada pemesannya. “Ini juga baru pertama saya jual daging ini,” katanya di hadapan penyidik. Dari pemeriksaan itu, polisi belum berhasil mengungkap siapa saja pemesan daging monyet tersebut, karena kedua tersangka tidak mau membeberkan nama-nama pemesan.

    Pihak kepolisian berjanji terus menyidik kasus ini hingga diketahui kemana saja penyebaran daging satwa yang konon bila dikonsumsi bisa untuk obat penambah vitalitas itu. Polisi menduga dua orang ini adalah bagian dari sindikat perburuan monyet di kawasan HTNB dan aktivitasnya telah berlangsung lama.

    Banyak Penyakit

    Ketua Perhimpunan Kebun Binatang Seluruh Indonesia (PKBSI), Rahmat Shah menuturkan, jenis apapun kera atau monyet tidak layak untuk diburu, dibunuh, dijual dagingnya, apalagi dikonsumsi. “Kera itu banyak membawa penyakit apalagi kera liar,” katanya saat dihubungi.

    Menurut Rahmat, untuk satwa monyet biasanya kalau termasuk jenis monyet liar, setelah ditangkap harus dikarantina lebih dulu. Pertimbangannya, karena penyakit yang ada pada kera ini sangat banyak. “Kera yang habis ditangkap itu harus dikarantina dulu dan diberi vaksin, baru aman,” tambahnya.

    Dari sisi hukum perburuan terhadap monyet, juga dilarang. Ditegaskan, sebagian besar jenis kera merupakan satwa yang dilindungi. “Termasuk kera jenis lutung itu hewan yang dilindungi,” tegasnya.

    Terkait adanya orang yang berburu monyet dan mengonsumsi dagingnya untuk dijadikan sebagai obat atau khasiat tertentu, Rahmat sama sekali tak memercayainya. “Nggak ada dan nggak percaya kalau daging kera bisa untuk menyembuhkan suatu penyakit,” katanya.

    Perburuan monyet di Taman Nasional Baluran juga membuat prihatin Tonny Sumampouw, anggota World Conservation Union. Pasalnya, kera tersebut ternyata dapat dimanfaatkan untuk kepentingan farmasi, seperti pembuatan berbagai vaksin dan lainnya. “Jika itu terjadi saya benarbenar prihatin. Apalagi diburu hanya untuk diambil dagingnya. Kera-kera itu jumlahnya sudah semakin berkurang serta merupakan primata yang lebih dekat dengan manusia,” kata Tonny Sumampouw yang juga salah satu Direktur TSI II Prigen, Kabupaten Pasuruan.

    “Kelewatan betul jika kera-kera tersebut diburu dan dagingnya dimakan. Apalagi kera ini dapat dimanfaatkan untuk kepentingan kesehatan seperti pembuatan vaksin polio dan vaksin- vaksin lainnya,” imbuh Tonny yang juga Sekjen Perhimpunan Kebun Binatang Indonesia.

    Di kawasan Taman Nasional Baluran yang terletak di Kecamatan Banyuputih, Situbondo, terdapat 444 jenis flora serta fauna sedikitnya 47 jenis mamalia, 12 jenis di antaranya adalah satwa yang dilindungi UU, termasuk monyet jenis lutung serta monyet ekor panjang. Meskipun berada di luar kawasan HTNB, satwa ini tetap tidak boleh untuk diambil dan dipelihara.

    Keberadaan monyet lutung (trachypithecus auratus cristatus) dilindungi berdasarkan SK Menteri Kehutanan dan Perkebunan No 733/Kpts-II/1999 tentang Penetapan Lutung Sebagai Satwa yang Dilindungi. Salah satu pertimbangan SK menteri ini, karena populasi satwa jenis ini telah mengalami penurunan dan keberadaannya terancam punah.

    Inventarisasi monyet ekor panjang dan lutung atau budeng di Taman Nasional Baluran dilaksanakan pada 25 Oktober 1995 sampai 30 Oktober 1995 lalu. Hasilnya, terdata populasi monyet ekor panjang sebanyak 1.548 ekor dan lutung 974 ekor. Namun jumlah ini dari tahun ke tahun diperkirakan menurun.
     
    • Like Like x 3
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    jerukno15 Lurking Around Veteran

    Joined:
    Jun 30, 2009
    Messages:
    1,968
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +18,487 / -0
    :oii: jahat sekali
    apa gak ada daging lain, ambil dari taman nasional lagi. pelihara ayam kek :oii:
     
  4. Offline

    k1m0ch1 Post Hunter Veteran

    Joined:
    Sep 8, 2008
    Messages:
    3,227
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +17,967 / -0
    Whatt !! [​IMG] [​IMG] [​IMG] [​IMG] [​IMG] Daging Monyet :muntah: :haha:,


    jadi daging monyet itu beracun yah :???:
     
    • Like Like x 1
  5. Offline

    nandika Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 4, 2010
    Messages:
    237
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +25 / -0
    tukang baksonya juga harus ditamgkep thu
     
  6. Offline

    Meramera Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 5, 2009
    Messages:
    963
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,264 / -0
    ja klo beli bakso harus hati2..... :awas: takutnya bakso abal-abal... :haha:
     
  7. Offline

    Xophien Post Hunter Veteran

    Joined:
    Mar 14, 2009
    Messages:
    2,780
    Trophy Points:
    201
    Ratings:
    +4,605 / -0
    wiw . . . monyet apa gak lbh mahal lagi ya ???
     
  8. Offline

    kucinglistrik Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    May 1, 2009
    Messages:
    5,226
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +38,534 / -0
    apa2an ini....
    kok bangsa monyet di buru trus dijual ke tukang bakso....
    kek tikus aja....

    monyet tu kan binatang yg ga pernah ngerusak klo ga di sakiti duluan.... :onfire:
     
  9. Offline

    souji Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 20, 2008
    Messages:
    140
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    gile, sadis bener tuh orang.
    yang makan bakso tau gak yah itu daging monyet?
    trs cm 3x berburu dapet 75 ekor, ga habis apa tuh monyet?
     
  10. Offline

    infra_xero Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 17, 2009
    Messages:
    566
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +187 / -0
    sekarang, giliran daging monyet jadi bakso.

    ntar apa lagi ya??
     
  11. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,149
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,162 / -0
    kacau bener :swt:
    sudah pake monyet, pilihnya monyet yg dilindungi pula...
    pasti ini maunya nyari untung aja, tapi gak mikir kelestarian fauna tsb :swt:
     
  12. Offline

    jlistiyadi Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 15, 2009
    Messages:
    4,255
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +67,763 / -0
    kurang asem memang,,, aneh2 aja,,,, jaman sekarang,, :panda:
     
  13. Offline

    Rash00va Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 24, 2010
    Messages:
    91
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    Kurang ajar ni orang2 kaya gini...
    Kasian sia mamang baso yg "bener". dagangannya ga laku gara2 ada orang2 kaya gini :panda:
     
  14. Offline

    X_TitaniuM Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 21, 2009
    Messages:
    954
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,226 / -0
    setuju gan.. ntar baksonya tiiittt... lagi..
     
  15. Offline

    deleter Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 10, 2009
    Messages:
    743
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +129 / -0
    ............................................
    25 ekor cuma dapat 30 kg............

    unbelieveably cruel.........
     
  16. Offline

    wohnung Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 22, 2009
    Messages:
    153
    Trophy Points:
    101
    Ratings:
    +2,648 / -1
    wedew sadis. :onfire:

    Bukan tukang baksonya g perlu ditangkap tapi y menyalurkan daging bakso olahannya tuch... tukang bakso mah sebagian besar cuma tau ambil gerobak ato barang trus jualin... yg mereka tau itu daging sapi aja :muntah1:
     
  17. Offline

    Assassination Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 23, 2010
    Messages:
    801
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +740 / -0
    cepet punah dong kalau begitu monyet di indonesia yang status nya dilindungi .

    tapi tu orang dilema juga , karena permasalahan keuangan dalam keluarga mereka

    makanya mengambil jalan pintas seperti begitu . .

    tapi itu bisa sedikit di hargai juga

    karena tidak seperti mencuri dan meminta²

    dan karena cara mereka yang salah makanya

    :)
     
  18. Offline

    elq Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 7, 2009
    Messages:
    392
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +52 / -0
    wanjrit.. ngrusak nafsu makan gw aja ni berita.. harus ati2 kalo beli baso negh..

    sadis2 nih orang.. alasan klasiknya selalu untuk memenuhi kebutuhan ekonomi..

    permerintah mang harus lebih mementingkan rakyatnya.. jangan obral janji n so jaim plus lelet nanggapin masalah rakyat kecil..

    giliran obama aja, capat tanggap:hot:
     
  19. Offline

    _Exia_ Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    1,601
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +498 / -0
    daging tikus aje belom pernah makan apalagi daging monyet . . . pasti rasanya :muntah: :muntah:
     
  20. Offline

    kanga6us Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 21, 2009
    Messages:
    2,207
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +328,330 / -0
    emang dunia mo kiamat, jd tidak ada lagi yg namanya saudara..
     
  21. Offline

    LLy_BosHi Post Hunter Veteran

    Joined:
    Jul 26, 2008
    Messages:
    3,077
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +59,730 / -0
    :kaget: bakso monyet.. :shock:
    lama-lama ntar keluar bakso manusia lagi.. :muntah:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.