1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Kota beragama

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by vincentrevival, Aug 23, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    vincentrevival Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,338
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,522 / -0
    Jumat pekan lalu tersiar berita bahwa Wali Kota Bogor Diani Budiarto melarang gereja dibangun di jalan yang bernama islami — sebuah larangan yang terlalu dibuat-buat dan tidak masuk akal.

    Tetapi yang menarik adalah informasi yang saya dapatkan dari Twitter sepanjang Jumat (19/8) malam hingga Sabtu dini hari. Ada berpuluh-puluh twit mengenai keberadaan masjid, pura, kelenteng, dan gereja di berbagai kota di seluruh Indonesia.

    Selama puluhan, bahkan ratusan tahun, rumah ibadah di kota-kota Indonesia selalu berada dekat satu sama lain, sebagaimana sarana-sarana lainnya. Di negeri lain, hal itu sudah berlangsung ribuan tahun.

    Sebab, demikianlah fitrah kehidupan kota: bertumpu pada kepadatan yang beragam. Orang ke kota untuk mengalami dan memperoleh manfaat dari itu.

    Inilah sebagian informasi dari Twitter itu:

    1) Masjid Istiqlal beralamat di Jalan Katedral, karena Gereja Katedral Katolik yang lebih dulu berada pada jalan itu, yang kemudian diberi nama demikian. Tentu saja kita juga punya pengetahuan umum, bahwa arsitek perancang Masjid Istiqlal adalah Silaban, seorang Kristen.
    2) Mesjid Al Azhar di Kebayoran Baru terletak pada Jalan Sisingamangaraja — nama seseorang yang bukan muslim.
    3) Di Palu, Gereja Kristen Sulawesi Tengah beralamat “Jalan Mesjid Raya No 15”.
    4) Di Jogjakarta, Masjid Syuhada dan gereja katedral katolik berada di Jalan I Dewa Nyoman Oka, dan Jalan Abu Bakar Ali ada di sisi selatan gereja.

    Banyak rumah ibadah bukan sekedar beralamat di jalan-jalan dengan beragam nama — yang secara indah mencerminkan kebesaran bangsa Indonesia — tetapi secara apa-adanya benar-benar berada berdekatan, bahkan bersebelahan.

    Di Manado dan Jakarta ada gereja dan masjid yang dindingnya benar-benar menempel satu sama lain. Dari Twitter saya juga mengetahui keadaan serupa di Denpasar, Palu, Surabaya, Solo, Medan, Pekalongan, Nias, Kudus, Malang, Jogya, Palopo, Tangerang, Palembang, Magetan, Muntok, Makassar, Ungaran, Padang, Batam, Palangkaraya, dan lain-lain.

    Fakta ada begitu banyak orang mengetahui dan dengan kesungguhan hati mau memberitahu adanya informasi di atas bagi saya mencerminkan betapa bangsa kita biasa, bangga, dan menghargai keberagaman dan keberadaan bersama itu.

    Yang menyesatkan adalah sikap Menteri Dalam Negeri yang mendukung keinginan Wali Kota Bogor untuk memindahkan GKI Yasmin ke tempat lain. Alasannya: menjaga ketertiban dan menghindari konflik. Ini selintas tampak rasional, tetapi sebenarnya tidak.

    Sebab, bila dilakukan maka akan berarti mengalah konyol kepada tekanan sekelompok kecil orang yang salah dan justru harus ditindak! Itu bukan solusi lestari, karena mengingkari fitrah (kehidupan) kota.

    Setiap orang, setiap kelompok, perlu dan harus belajar untuk hidup berdampingan dalam ruang dan waktu perkotaan yang terbatas. Kalau tidak, penduduk kota justru akan kehilangan nafas emansipasi, pertumbuhan dan kedewasaannya sendiri: keragaman itu.

    Saya kira kita perlu mengimbau Menteri Dalam Negeri untuk melihat soal ini melampaui agama, dan bahwa fitrah kekotaan adalah dasar yang kokoh untuk masa depan. Terhadap Wali Kota Bogor, kita perlu mengingatkan agar tahu diri dalam mengeksploitasi agama.

    sumber : http://id.berita.yahoo.com/blogs/newsroom-blog/kota-beragama.html
     
    • Thanks Thanks x 3
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    vincentrevival Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,338
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,522 / -0
    pusing g, bukannya sebagai walikota urusin yg lebih penting ,alah hal ginian yg diurusin :voodoo:
     
  4. Offline

    kanga6us Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 21, 2009
    Messages:
    2,207
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +328,430 / -0
    itulah wahabi..!!
    mereka anti sosial, anti kritik, dan anti kepada beda agama..
    mereka gunakan dalil dan sunah sebagai tameng buat cari duit, cari dukungan..
    dan inilah negara demokrasi..makan tuh demokrasi!!
    bukannya itu bupati yang kemaren kawin lagi..

    ANE YAKIN, 100% ITU RENCANA KAGAK BAKAL JALAN, BELOM TENTU WARGANYA SETUJU..
     
  5. Offline

    devichipinch Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 31, 2011
    Messages:
    199
    Trophy Points:
    27
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +8 / -0
    ckckck gimana sih mereka.. katanya Bhinneka Tunggal Ika,, tapi masih aja persoalin yang kayak gini :swt:
    berati sekalian aja tuh gereja2/masjid2 di seluruh Indonesia dipindahin kalo namanya ga sesuai sama nama jalannya swt :haha:
     
  6. Online

    saoyuan Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 13, 2009
    Messages:
    2,037
    Trophy Points:
    97
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +364 / -0
    tuh walikota yang baru aja nikahin cewe berusia dibawah 20 tahun itu kan?peraturan aneh mencerminkan sifatnya yang aneh
     
  7. Offline

    YamiRi Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 2, 2010
    Messages:
    2,406
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +689 / -0
    walikota kayak gini kok bisa naik sih :swt:

    Bogor sangat mengecewakan..... kok masalah kayak gini gak bisa diselesaikan baik2... malah pake' peraturan lagi :onfire:
     
  8. Offline

    Kaito_Kaze Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 30, 2011
    Messages:
    539
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +7,122 / -0
    di tempatku pernah ada pengusiran dan penggusuran bangunan gereja. alasannya bukan karena dia berdiri kompleks muslim, tapi karena tempat itu tidak memiliki izin pembangunan rumah ibadah (ilegal), izin yang mereka pegang adalah izin mendirikan rumah pribadi
     
  9. Offline

    thedamndarderdor Beginner Members

    Joined:
    Jan 2, 2011
    Messages:
    222
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +92 / -0
    ckcckkckcc . aneh aneh aja deh . yg gtu d masalahin -_-"
     
  10. Offline

    tian_1800 Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 5, 2010
    Messages:
    17,371
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +23,088 / -0
    mungkin harus nunggu ganti walikota dulu baru selesai permasalahan :hehe:
    semoga trit ini bebas dari perusuh :hmm:
     
  11. Offline

    hatafarindlesku Post Hunter Veteran

    Joined:
    Oct 26, 2009
    Messages:
    2,929
    Trophy Points:
    226
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +3,018 / -0
    masalah GKI Yasmin udah dr jaman kapan itu...
    masih aje belum selesai :facepalm:

    padahal dulu gw begitu kagum sama pak diani :hammer:
    skrg kenyataannya begini setelah 2 kali menjabat....
    beginilah kalau seseorang terus menerus merasakan nikmatnya kekuasaan...
    berasa diawang2 dech dia

    pakkuuuu :voodoo:
     
  12. Offline

    Rokudaime Beginner Members

    Joined:
    Apr 7, 2009
    Messages:
    314
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +17 / -0
    ah mau ngomeng apa ya? takut SARA
     
  13. Offline

    lucaviend Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 23, 2009
    Messages:
    20,324
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +7,820 / -0
    sapa yg wahabi gan:lol:
    sabar...sabar....:cerutu:
     
  14. Offline

    PzGren Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 5, 2011
    Messages:
    519
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +6 / -0
    Walah, gitu aja diurusin :yareyare:
    Mending ngurusin rakyatnya :facepalm:
     
  15. Offline

    fierzyad Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 30, 2009
    Messages:
    1,341
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +2,878 / -0
    itulah lemahnya aturan yang dibuat manusia...
    pasti ada dua sisi pro dan kontra...
    pasti beda jika yang ngebuat aturan adalah yang ngebuat manusia.

    daripada ngurusin hal yang beginian, lebih baik ngurusin negara yang lagi "TELER" ini
     
  16. Offline

    ordguy Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 12, 2009
    Messages:
    19
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +7 / -0
    saya komen dikit ahhh...barusan baca kompas aga gemes dikit ....

    *buat warga muslim sekitar yg keberatan, ormas yg rajin banget demo sama pak walikota yg takut ga basis massanya berkurang...apa ngaruh tingkat keimanan dan keislaman warga muslim disitu ato bogor umumnya klo ada gereja baru dibangun, apa klo ada gereja di lingkungan muslim lalu ibadah umat muslim itu tidak di ridhoi Allah swt, ilmu agama saya sangat2 dangkal tp belum pernah dalam 30 tahun hidup saya, mendengar ceramah atau membaca hal yg menyatakan klo kita beribadah atau berpuasa didekat gereja maka ibadah kita tidak sah..apa yg anda ditakutkan?? klo anda takut warga sekitar akan bersimpati lalu berpindah agama maka tingkatkan syiar agama kita melihat usaha anda yg gigih menolak klo dialihkan menjadi usaha syiar yg damai misalnya dengan ceramah atau pengajian, alangkah lebih bermanfaat dan lebih indah .trus apa yg jadi dasar keberatannya, klo dibilang masalah hukum imb yg cacat dll, sedikit bijaklah klo memang ada syratnya yg belum dipenuhi atau cacat malah harusnya dibantu untuk diselesaikan dan dipermudah karena ini adalah pembangunan rumah ibadah fungsinya mengajarkan kebaikan ( temen sy yg sering ke gereja rata2 baik dan ga rese, yg suka rese banding2in agama saya sm dia malah sy ragu pernah masuk gereja pa ngga...). saya salut dengan ormas (sy lupa namanya) untuk kegigihannya berjuang untuk apa yg mereka yakini benar, tp tolong kaji lagi kebenaran yg anda yakini siapa tahu masih ada kekurangannya. Wallahu a’lam bis-shawaab

    *buat jemaat GKI yasmin lg ngotot ga mau pindah, sebenarnya ada apa sih dengan lokasi yang dipertahankan jemaat dengan sangat ngototnya sampai timbul korban fisik kok rasanya kurang setimpal dengan resikonya, apa ga lebih bijak klo cari lokasi lain yg tdk ada masalah, terus terang sy sangat benci dengan ormas ormas islam yg mau maksain indonesia jd arab saudi (napa ga pindah ke arab saudi aja ya drpd bikin ribut) ,tp terus terang membaca,mendengar,melihat berita tentang GKI yasmin (saya seorang muslim yang menurut sy cukup toleran, menurut saya setidaknya :) ) sekarang saya juga ikut jengkel sama jamaah GKI yasmin, yg menurut kesan saya memanfaatkan isu dan publisitas ini untuk kepentingan mereka dan terus berperan jd korban tp tetep ga mau kalah..akibatnya jadi berbalik menjadi efek negatif buat imej GKI yasmin. orang seperti saya yg tdnya mengira ini ulahnya ormas arab saudi jd berbalik ikut menyalahkan jemaat GKI yasmin jg. cobalah ganti peran dari korban menjadi pahlawan yg bijak sy yakin anda mendirikan gereja untuk menyebarkan kebaikan klo sudah begini kan akibatnya menjadi banyak hal yg tidak baik, bila anda mengalah menerima tawaran pindah tentu waktu anda tidak akan habis dlm hal ini dan dapat lebih tenang beribadah dan menyebarkan kebaikan yg anda yakini. sampai sekarang GKI yasmin secara hukum adalah pihak yg benar menurut MA tp cobalah lebih bijak misalnya GKI yasmin mengalah maka anda akan jadi pihak yg secara hukum benar dan secara sosial dinilai lebih mulia drpd pemkot dan ormas2 td...alangkah sedapnya....sya yakin klo sesudah anda mengalah masih lalu di masa depan dipersulit lagi maka pembelaan masyarakat indonesia adalah mutlak milik GKI yasmin...klo masyarakat udah membela, walikota pasti nurut pa lagi klo deket pemilu :D....

    p.s :buat mod klo ada yg tersinggung sama pendapat sy walopun cuma seorang tolong dihapus aja ya, saya ga cari ribut cuma pelampiasan aja abis geregetan nonton berita baca koran itu mulu ga ganti2.....btw saya yakin saya muslim jd maaf klo agak bias.....
     
    Last edited: Jan 1, 2012
  17. Offline

    fou_lafine87 Beginner Members

    Joined:
    May 6, 2009
    Messages:
    476
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +29 / -0
    gw cuma bisa bilang, itu merupakan keputusan yang konyol dan sangat memihak..... dan tidak mencerminkan sikap tenggang rasa terhadap umat beragama
     
  18. Offline

    Estherzilla Post Hunter Moderator

    Joined:
    Apr 17, 2010
    Messages:
    3,765
    Trophy Points:
    232
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +21,013 / -0
    di surabaya, klentengnya ada yang di jalan hasan.. :haha:
    nggak penting lha nama jalan, yang penting bangunan n fungsinya sesuai apa nggak :hmm:
     
  19. Offline

    sp4rkfist Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 2, 2009
    Messages:
    6,633
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,263 / -0
    itu walikota kan sempat bermasalah dengan kasus pernikahannya, selain itu wakilnya terlibat korupsi
    dilihat dari kengototan walikota yang tidak masuk akal, mungkin hal ini dilakukan si walikota untuk mengalihkan isu saja :ngacir:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.