1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Komplikasi-komplikasi dari Diabetes

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by smkosasih, Jul 30, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    smkosasih Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,335
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,178 / -0
    [​IMG]
    Diabetes menjadi penyakit yang sangat ditakuti karena bisa menyebabkan bermacam komplikasi penyakit lainnya. Komplikasi yang terjadi bisa di bagian tubuh mana saja.

    "Diabetes itu penyakit kaya, tapi kaya akan komplikasi. Karena komplikasi yang terjadi bisa dimana saja dan hampir di semua bagian tubuh," ujar Prof Dr dr Sri Hartini KS Kariadi, SpPD, KEMD dalam acara Media Edukasi dan Peluncuran Buku 'Diabetes? Siapa Takut!' di Hotel le-Meridien, Jakarta, Kamis (29/7/2010).

    Prof Sri menuturkan kadar gula darah yang terus menerus tinggi akan meracuni tubuh dan bisa menimbulkan kerusakan atau komplikasi.

    Jika komplikasi terjadi akan menimbulkan penebalan dinding pembuluh darah dan mengakibatkan penyempitan pembuluh darah.

    Jenis komplikasi yang terjadi tergantung dari pembuluh darah mana yang kena, yaitu:
    • Jika yang terkena adalah pembuluh darah besar (aterosklerosis) bisa menyebabkan penyakit kardiovaskuler pada organ jantung (serangan jantung), otak (stroke) dan tungkai bawah.
    • Jika yang terkena adalah pembuluh darah kecil (mikroangiopati) bisa menyerang organ mata atau retinopati (katarak, glaukoma atau kebutaan), ginjal atau nefropati (gagal ginjal).
    • Jika yang terkena adalah saraf atau neuropati, bisa menyerang tungkai dan kaki (kesemutan), menyerang saraf di saluran pencernaan (diare, konstipasi) atau disfungsi ereksi.

    "Komplikasi ini didasari oleh kelainan pembuluh darah dan terjadinya bertahap. Salah satu hal yang bisa mencegah komplikasi ini adalah pasien itu sendiri, yaitu bagaimana caranya agar diabetes yang dimilikinya tetap terkendali," ungkap profesor yang lahir di Martapura 59 tahun silam.

    Karena itu diperlukan pengelolaan diabetes yang baik sehingga penderita bisa tetap merasa nyaman dan sehat. Ada empat hal yang menjadi dasar pengelolaan diabetes, yaitu:
    • Edukasi, dalam hal ini penderita diabetes (diabetesi) diberi pemahaman mengenai penyakitnya sehingga bisa dikontrol dengan baik dan disiplin menjalani hidup.
    • Perencanaan makan, kadar gula darah yang tinggi seringkali terkait dengan makanan yang dikonsumsi. Karenanya dalam perencanaan makan diabetesi harus mengetahui 3 J (jumlah, jenis dan jadwal).
    • Latihan jasmani, seorang diabetesi harus melakukan olahraga yang kontinu misalnya berjalan atau lari. Karena saat berolahraga, energi di dalam tubuh banyak dikeluarkan sehingga gula darah bisa turun dan peredaran darah menjadi lebih baik. Olahraga yang dilakukan tidak perlu berat, yang penting teratur melakukannya.
    • Intervensi obat, terkadang diabetesi memerlukan bantuan obat untuk mengontrol kadar gula darahnya. Obat yang diberikan ada yang berguna untuk memperbaiki kerja dari insulin, atau untuk merangsang insulin.

    Beberapa diabetesi terkadang harus diberikan insulin, pemberian insulin ini berguna agar beban dari sel beta pankreas bisa berkurang sehingga bisa lebih lama bertahan. Namun pemberian insulin ini tidak bisa memperbaiki kinerja dari pankreas yang sudah rusak.

    Diabetes memang tidak bisa menyebabkan kematian, tapi seseorang bisa meninggal akibat komplikasi yang dialaminya. Karena itu diabetes sering juga disebut dengan silent killer.

    "Selama pengendaliannya baik, dalam hal ini sehari-hari terkendali dengan baik dan bukan hanya sekali-kali. Maka komplikasi dari diabetes ini bisa menjauh," ujar dokter yang juga menjadi salah seorang pendiri PERSADIA (Persatuan Diabetes Indonesia).

    sumber:detikHealth
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    simomone Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 27, 2009
    Messages:
    3,591
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +37,184 / -0
    diabetes memang penyakit yang banyak bahayanya :rokok:
    mulai sekarang mau kurangi konsumsi gula ah mumpung masih muda :piss:
     
  4. Offline

    esmond1989 Beginner Members

    Joined:
    Nov 30, 2008
    Messages:
    357
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +179 / -0
    kurangi karbohidrat....... jangan bayangin gula itu selalu manis....... nasi itu salah satu sumber glukosa yg besar
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.