1. Diberitahukan akan ada maintenance (MT) susulan fixing beberapa fitur forum, error-error technical dan perbaikan `kosmetik' forum dan beberapa update lainnya. Forum akan tutup-buka dimulai Senin, 20 April 2015 - Jumat, 24 April 2015 dari jam 00:00 - 08:00 WIB pagi secara intensif atau bisa lebih panjang jika tidak selesai selama 8 jam per-harinya. Dan juga terjadi pada waktu² lainnya MT dadakan singkat. Mohon maaf atas gangguan ini.

Trivia Kode Plat Nomor Kendaraan Di Indonesia

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by shinobi32, Oct 31, 2009.

  1. shinobi32

    shinobi32 Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,250
    Trophy Points:
    153
    Ratings:
    +1,479 / -2
    Kode Plat Nomor Kendaraan Di Indonesia
    Code:
    DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat
    
    A = Banten,
    Kabupaten/Kota Serang, Kabupaten Pandeglang, Kota Cilegon, Kabupaten Lebak, sebagian Kabupaten Tangerang
    
    B = DKI Jakarta,
    Kabupaten/Kota Tangerang, Kabupaten/Kota Bekasi(B-K**), Kota Depok
    
    D = Kabupaten/Kota Bandung,
    Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat
    
    E = eks Karesidenan Cirebon:
    Kabupaten/Kota Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan (E - YA/YB/YC/YD)
    
    F = eks Karesidenan Bogor:
    Kabupaten/Kota Bogor, Kabupaten Cianjur, Kabupaten/Kota Sukabumi
    
    T = Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang, sebagian Kabupaten Bekasi, Kabupaten Subang
    
    Z = Kabupaten Garut, Kabupaten/Kota Tasikmalaya, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar
    
    Jawa Tengah dan DI Yogyakarta
    
    G = eks Karesidenan Pekalongan:
    Kabupaten (G - B)/Kota Pekalongan (G - A), Kabupaten (G - F)/Kota Tegal (G - E), Kabupaten Brebes, Kabupaten Batang (G - C), Kabupaten Pemalang (G - D)
    
    H = eks Karesidenan Semarang:
    Kabupaten/Kota Semarang, Kota Salatiga, Kabupaten Kendal (H - D), Kabupaten Demak
    
    K = eks Karesidenan Pati:
    Kabupaten Pati (K - A), Kabupaten Kudus (K - B), Kabupaten Jepara (K - C), Kabupaten Rembang (K - D), Kabupaten Blora, Kabupaten Grobogan
    
    R = eks Karesidenan Banyumas:
    Kabupaten Banyumas (R - A/H/S), Kabupaten Cilacap (R - B/K/T), Kabupaten Purbalingga (R - C), Kabupaten Banjarnegara
    
    AA = eks Karesidenan Kedu:
    Kabupaten/Kota Magelang, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Wonosobo
    
    AB = DI Yogyakarta: Kota Yogyakarta,
    Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Sleman, Kabupaten Kulon Progo
    
    AD = eks Karesidenan Surakarta:
    Kota Surakarta (AD), Kabupaten Sukoharjo (AD - B), Kabupaten Boyolali (AD - D), Kabupaten Sragen (AD - E), Kabupaten Karanganyar (AD - F), Kabupaten Wonogiri (AD - G), Kabupaten Klaten (AD - C)
    
    Jawa Timur
    
    L = Kota Surabaya
    
    M = eks Karesidenan Madura:
    Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Sampang, Kabupaten Bangkalan
    
    N = eks Karesidenan Malang:
    Kabupaten/Kota Malang, Kabupaten/Kota Probolinggo, Kabupaten/Kota Pasuruan, Kabupaten Lumajang, Kota Batu
    
    P = eks Karesidenan Besuki:
    Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Jember, Kabupaten Banyuwangi
    
    S = eks Karesidenan Bojonegoro:
    Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten/Kota Mojokerto, Kabupaten Tuban, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Jombang
    
    W = Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik
    
    AE = eks Karesidenan Madiun:
    Kabupaten/Kota Madiun, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Magetan, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Pacitan
    
    AG = eks Karesidenan Kediri:
    Kabupaten/Kota Kediri, Kabupaten/Kota Blitar, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Trenggalek
    
    Catatan:
    
    1.Daerah dengan kode wilayah Z sebelumnya memiliki kode wilayah D (eks Karesidenan Parahyangan)
    2.Jombang memiliki kode wilayah S sejak tahun 2005, sebelumnya memiliki kode wilayah W
    3.Daerah dengan kode wilayah W sebelumnya memiliki kode wilayah L (eks Karesidenan Surabaya)
    
    SUMATERA
    
    BL = Nanggroe Aceh Darussalam
    
    BB = Sumatera Utara Bagian Barat (Tapanuli)
    
    BK = Sumatera Utara
    
    BA = Sumatera Barat
    
    BM = Riau
    
    BP = Kepulauan Riau
    
    BG = Sumatera Selatan
    
    BN = Kepulauan Bangka Belitung
    
    BE = Lampung
    
    BD = Bengkulu
    
    BH = Jambi
    
    
    Bali dan Nusa Tenggara
    
    DK = Bali
    
    DR = NTB I
    (Pulau Lombok: Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Tengah)
    
    EA = NTB II
    (Pulau Sumbawa: Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Dompu, Kabupaten/Kota Bima)
    
    DH = NTT I
    (Pulau Timor: Kabupaten/Kota Kupang, Kabupaten TTU, TTS, Kabupaten Rote Ndao)
    
    EB = NTT II
    (Pulau Flores dan kepulauan: Kabupaten Manggarai Barat, Kabupaten Manggarai, Kabupaten Ngada, Kabupaten Ende, Kabupaten Sikka, Kabupaten Flores Timur, Kabupaten Lembata, Kabupaten Alor)
    
    ED = NTT III
    (Pulau Sumba: Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Sumba Timur)
    
    
    KALIMANTAN
    
    KB = Kalimantan Barat
    
    DA = Kalimantan Selatan
    
    KH = Kalimantan Tengah
    
    KT = Kalimantan Timur
    
    
    SULAWESI
    
    DB = Sulawesi Utara Daratan (Kota Manado, Kota Tomohon, Kota Bitung, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan)
    
    DL = Sulawesi Utara Kepulauan (Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Kepulauan Talaud)
    
    DM = Gorontalo
    
    DN = Sulawesi Tengah
    
    DT = Sulawesi Tenggara
    
    DD = Sulawesi Selatan
    
    DC = Sulawesi Barat
    
    
    MALUKU DAN PAPUA
    
    DE = Maluku
    
    DG = Maluku Utara
    
    DS = Papua dan Papua Barat
    

    :boong:
     
    Last edited: Feb 19, 2010
    • Like Like x 1
  2. kiefs

    kiefs Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 8, 2009
    Messages:
    1,194
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +130 / -0
    aturan no plat pejabat indonesia sama tamu luar negeri gmn?trus ada warna plat apa aja?ada jg 3 digit no plat
     
  3. rubah

    rubah Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 15, 2009
    Messages:
    838
    Trophy Points:
    18
    Ratings:
    +9 / -0
    Pak rektor gw punya plat nomer cuma 1 digit angka..
    tuh gmn ???
     
  4. shinbakayarou

    shinbakayarou Senpai Gatotkaca

    Joined:
    Jun 30, 2008
    Messages:
    8,660
    Trophy Points:
    168
    Ratings:
    +3,213 / -0
    1 buat presiden....:???:
    lupa wa yg jelas emang buat para pejabat n orang penting ada nomorny sendiri :???:
     
  5. nedco87

    nedco87 Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 23, 2008
    Messages:
    7,978
    Trophy Points:
    113
    Ratings:
    +1,548 / -0
    roda 4 AB(jogja) pastinya klo saia:maaf:
     
  6. darknetwork

    darknetwork Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 11, 2009
    Messages:
    1,768
    Trophy Points:
    88
    Ratings:
    +87 / -0
    jadi inget pas mau ganti nomer dlu.
    ribet ngurusnya
     
  7. shinobi32

    shinobi32 Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,250
    Trophy Points:
    153
    Ratings:
    +1,479 / -2
    rektor kan pejabat setingkat menteri (klo gak salah sih gw pernah denger gitu)..
    bisa juga klo mesen.
    tapi biayanya PASTI mahal banget..

    presiden Ri platnya: RI 1
    ada tuh dosen gw yang beli mobil bekas dipake sukarno dulu.
    secara dosen gw itu orang kaya, bisnisnya tambang emas.
    gila...!
    jadi dosen cuman bwt sampingan doang, biar ilmunya g kebuang katanya...
    tiap dateng k kmpus, bw harley..
     
  8. yoyoi_cui

    yoyoi_cui Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 15, 2009
    Messages:
    233
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +84 / -0
    mayan bnyak kok gw liat plat yng no na cuma 1 doank...
    emang dosen tuh biasa na dah pada kaya2 yah.. jadi dosen cuma hobi doank. wkakakka... tapi dosen u sih gaul cui pke na harley.. haha..
     
  9. shinobi32

    shinobi32 Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,250
    Trophy Points:
    153
    Ratings:
    +1,479 / -2
    ^
    klo nyari bapak itu susah. pagi di hongkok, ntar malem mungkin udah pindah negara.
    pengusaha, nyambi jadi dosen.
    padahal katanya gaji dia sebulan ama dia ditambang sehari gak bisa nyamain.
    jauh.................. banget,..
     
    • Like Like x 1
  10. chenhanz

    chenhanz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    762
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +86 / -0
    kalo yang 3 huruf itu, gara" jumlah kendaraan makin banyak
    coba dibaca kutipan ini

    kalo warna plat nya sih
    * Kendaraan bermotor bukan umum dan kendaraan bermotor sewa: Warna dasar hitam dengan tulisan berwarna putih
    * Kendaraan bermotor umum: Warna dasar kuning dengan tulisan berwarna hitam
    * Kendaraan bermotor milik Pemerintah: Warna dasar merah dengan tulisan berwarna putih
    * Kendaraan bermotor Corps Diplomatik Negara Asing: Warna dasar Putih dengan tulisan berwarna hitam
    * Kendaraan bermotor Staff Operasional Corps Diplomatik Negara Asing: Warna dasar hitam dengan tulisan berwarna putih dan terdiri dari lima angka dan kode angka negara dicetak lebih kecil dengan format sub-bagian
    * Kendaraan bermotor untuk transportasi dealer (pengiriman dari perakitan ke dealer, atau dealer ke dealer): Warna dasar Putih dengan tulisan berwarna merah.

    kalo untuk penjelasan nomor ma kode-kode huruf belakangnya,

    Nomor polisi diberikan sesuai dengan urutan pendaftaran kendaraan bermotor. Nomor urut tersebut terdiri dari 1-4 angka, dan ditempatkan setelah Kode Wilayah Pendaftaran. Nomor urut pendaftaran dialokasikan sesuai kelompok jenis kendaraan bermotor(untuk wilayah DKI Jakarta):

    * 1 - 2999, 8000 - 8999 dialokasikan untuk kendaraan penumpang.
    * 3000 - 6999, dialokasikan untuk sepeda motor.
    * 7000 - 7999, dialokasikan untuk bus.
    * 9000 - 9999, dialokasikan untuk kendaraan beban.

    Apabila nomor urut pendaftaran yang telah dialokasikan habis digunakan, maka nomor urut pendaftaran berikutnya kembali ke nomor awal yang telah dialokasikan dengan diberi tanda pengenal huruf seri A - Z di belakang angka pendaftaran. Apabila huruf di belakang angka sebagai tanda pengenal kelipatan telah sampai pada huruf Z, maka penomoran dapat menggunakan 2 huruf seri di belakang angka pendaftaran. Khusus untuk DKI Jakarta, dapat menggunakan hingga 3 huruf seri di belakang angka pendaftaran, sesuai kategori atau dengan permintaan khusus.

    Format kategori 3 huruf seri umum yaitu: B XXXX XYZ

    X = Umumnya mewakili tempat kendaraan tersebut terdaftar

    Huruf yang mewakili kategori tempat terdaftarnya kendaraan:

    U -> Jakarta Utara

    B -> Jakarta Barat

    P -> Jakarta Pusat

    S -> Jakarta Selatan

    T -> Jakarta Timur

    E -> Depok

    N -> Tangerang

    C -> Tangerang

    K -> Bekasi


    Y = Umumnya jenis kedaraan berdasar golongan

    Huruf yang mewakili kategori kendaraan:

    A -> Sedan

    F -> Minibus, Hatchback, City Car

    J -> Jip dan SUV


    Z = Huruf acak yang diberikan untuk pembeda

    Contoh: B XXXX PAA -> Mobil tersebut terdaftar di Jakarta Pusat (P), berjenis sedan (A), dan memiliki huruf pembeda (A).
     
  11. crank

    crank Lurking Around Gatotkaca

    Joined:
    Dec 20, 2008
    Messages:
    1,347
    Trophy Points:
    63
    Ratings:
    +201 / -0
    kendaraan jakrta yang huruf terakhir 3 karakter tu gimana coba???apa karena dah terlalu banyak kendaraan yg ada dijakarta???
     
  12. zz11

    zz11 Rockstar Executive VIP

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,701
    Trophy Points:
    183
    Ratings:
    +3,341 / -0
    kalo gw perhatiin sich memang karena kendaraan di jakarta dah buanyak banget jadinya dipakelah sistem 3 huruf itu.
    karena gw lihat, hanya kendaraan2 (terutama sepeda motor) yg dibeli di tahun 2003-2004 ke atas (cmiiw soal angka tahunnya) yang memakai sistem 3 huruf tersebut. :piss:
     
  13. mulia24

    mulia24 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 18, 2009
    Messages:
    289
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +10 / -0
    iya, walau demikian, tidak semua kendaraan berseri jakarta mayoritas di pergunakan di Jakarta. :kenyang: di sumatera, ntah barat maupun utara banyak sekali kendaraan berseri B xxxx XXX berkeliaran. umumnya kendaraan mewah. :siul:
     
  14. mentor

    mentor Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    188
    Trophy Points:
    68
    Ratings:
    +55 / -0
    Ane tambahin ya?
    Nomor Presiden dan pejabat pemerintahan pusat

    Mobil dinas pejabat negara memiliki plat nomor khusus. Jika pada saat pejabat tersebut bertugas ke wilayah di luar ibukota RI atau kunjungan dinas ke luar negeri, maka plat nomor tersebut akan dipasangkan pada mobil yang dinaiki oleh pejabat bersangkutan.

    Berikut adalah daftar nomor polisi untuk kenderaan pejabat penting di Indonesia:
    Code:
        * RI 1: Presiden
        * RI 2: Wakil Presiden
        * RI 3: Istri/suami presiden
        * RI 4: Istri/suami wakil presiden
        * RI 5: Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat
        * RI 6: Ketua Dewan Perwakilan Rakyat
        * RI 7: Ketua Dewan Perwakilan Daerah
        * RI 8: Ketua Mahkamah Agung
        * RI 9: Ketua Mahkamah Konstitusi
        * RI 10: Ketua Badan Pemeriksa Keuangan
        * RI 11: Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan
        * RI 12: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian
        * RI 13: Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat
        * RI 14: Menteri Sekretaris Negara
        * RI 15: Sekretaris Kabinet
        * RI 16: Menteri Dalam Negeri
        * RI 17: Menteri Luar Negeri
        * RI 18: Menteri Pertahanan
        * RI 19: Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia
        * RI 20: Menteri Keuangan
        * RI 21: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral
        * RI 22: Menteri Perindustrian
        * RI 23: Menteri Perdagangan
        * RI 24: Menteri Pertanian
        * RI 25: Menteri Kehutanan
        * RI 26: Menteri Perhubungan
        * RI 27: Menteri Kelautan dan Perikanan
        * RI 28: Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi
        * RI 29: Menteri Pekerjaan Umum
        * RI 30: Menteri Kesehatan
        * RI 31: Menteri Pendidikan Nasional
        * RI 32: Menteri Sosial
        * RI 33: Menteri Agama
        * RI 34: Menteri Kebudayaan dan Pariwisata
        * RI 35: Menteri Komunikasi dan Informatika
        * RI 36: Menteri Negara Riset dan Teknologi
        * RI 37: Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah
        * RI 38: Menteri Negara Lingkungan Hidup
        * RI 39: Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan
        * RI 40: Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara
        * RI 41: Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal
        * RI 42: Menteri Negara Perencanaan Pemb Nas (Kepala BPPN)                
        * RI 43: Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara
        * RI 44: Menteri Negara Perumahan Rakyat
        * RI 45: Menteri Negara Pemuda dan Olahraga
        * RI 46: Jaksa Agung
        * RI 47: Panglima Tentara Nasional Indonesia
        * RI 48: Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia
        * RI 49: Kepala Badan Intelijen Negara (BIN)
        * RI 52: Wakil Ketua DPR
        * RI 59: Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan
    
    *Catatan: Nomor kendaraan Pejabat Negara / Menteri dapat berubah disesuaikan dengan jumlah anggota Kabinet/Pejabat negara.
     
    • Like Like x 1
  15. eflaze

    eflaze Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    1,337
    Trophy Points:
    48
    Ratings:
    +26 / -0
    ^
    itu Corps Diplomat (CD)
    punya Kedutaan luar negeri
    untuk Duta Besar maupun staf kedutaan
     
  16. itosaski

    itosaski Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 1, 2009
    Messages:
    88
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    bisa ditambahin lebih lengkap lagi ga? per kabupaten gitu?
    coz info ini bisa berguna misal buat tau daerah asal si gebetan . hehe
    btw thanks
     
  17. hasanvanismail

    hasanvanismail Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 28, 2010
    Messages:
    2,324
    Trophy Points:
    113
    Ratings:
    +530 / -0
    tenyata begitu....pantesan beda2 pas dijalanan....
     
  18. coolboymzf

    coolboymzf Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 29, 2009
    Messages:
    971
    Trophy Points:
    28
    Ratings:
    +27 / -0
    wew..tapi emg bagus :haha: kalo udh kaya yaa jadi dosen biar ilmu nya ga ilang :peace:
     
  19. audrian

    audrian Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 12, 2009
    Messages:
    2,053
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +96 / -0
    Ketua sama wakil ketua DPR jauh amat jarak plat nomernya...
     
  20. AngelOfAvalon

    AngelOfAvalon Beginner Members

    Joined:
    Aug 29, 2010
    Messages:
    353
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +2 / -0
    nice info gan! jujur, gw gak terlalu banyak tau masalah plat nomer. lumayan buat nambah2 informasi! thanks gan!
     

Share This Page