1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Kisah Inspiratif - 2 Bata jelek yg "mengubah"ku...

Discussion in 'Motivasi & Inspirasi' started by lauzart, Nov 12, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    lauzart Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 22, 2009
    Messages:
    85
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +104 / -0
    Cerita bermula dari pembangunan salah satu rumah ibadah :

    Saya adalah tukang bangunan yg menangani pembangunan rumah ibadah tsb. Memang Kelihatannya gampang membuat tembok dengan batu bata: tinggal tuangkan seonggok semen, sedikit ketok sana, sedikit ketok sini. Ketika saya mulai memasang batu bata, saya ketok satu sisi untuk meratakannya, sisi lainnya jadi naik. Lalu saya ratakan sisi itu, batu batanya jadi melenceng. Setelah saya ratakan kembali, sisi yang pertama jadi terangkat lagi. Coba saja sendiri!

    Saya pastikan setiap batu bata terpasang sempurna, tak peduli berapa lama jadinya. Akhirnya saya menyelesaikan tembok batu bata saya yang pertama dan berdiri dibaliknya untuk mengagumi hasil karya saya. Saat itulah saya memperhatikannya --- oh, tidak! -- saya telah keliru menyusun dua batu bata. Semua batu bata lain sudah lurus, tetapi dua bata tersebut tampat miring. Mereka terlihat jelek sekali. Mereka merusak keseluruhan tembok. Mereka meruntuhkannya.

    Saat itu, semennya sudah terlanjur terlalu keras untuk mencabut dua batu bata itu, jadi saya bertanya kepada kepala rumah ibadah apakah saya boleh membongkar tembokk itu dan membangun kembali tembok yang baru, atau kalau perlu, meledakkannya sekalian. Saya telah membuat kesalahan dan saya menjadi gundah gulana. Kepala rumah ibadah bilang tidak perlu, biarkan saja temboknya seperti itu.

    Ketika saya membawa para tamu pertama berkunjung keliling rumah ibadah setengah jadi kami, saya selalu menghindari membawa mereka melewati tembok bata yang saya buat. Saya tak suka jika ada orang yang melihatnya. Lalu suatu hari, kira-kira 3-4 bulan setelah saya membangun tembok itu, saya berjalan dengan seorang pengunjung dan dia melihatnya.

    "itu sebuah tembok yang indah", ia berkomentar dengan santainya.

    "Pak," saya menjawab dengan terkejut, "apakah kacamata Anda tertinggal di mobil ? Apakah penglihatan Anda sedang terganggu ? Tidakkah Anda melihat dua batu bata jelek yang merusak keseluruhan tembok itu ?"

    Ucapan dia selanjutnya telah mengubah keseluruhan pandangan saya terhadap tembok itu, berkaitan dengan diri saya sendiri dan banyak aspek lainnya dalam kehidupan. Dia berkata, "Ya, Saya dapat melihat dua bata jelek itu, tetapi saya juga dapat melihat 998 batu bata yang bagus."

    Saya tertegun. Untuk pertama kalinya dalam lebih dari tiga bulan, saya mampu melihat batu bata-batu bata lainnya selain dua bata jelek itu. Di atas, di bawah, sebelah kiri, dan sebelah kanan dari dua batu bata jelek itu adalah batu bata-batu bata yang bagus, batu bata yang sempurna. Lebih dari itu, jumlah bata yang terpasang sempurna, jauh lebih banyak daripada dua batu bata jelek itu. Sebelumnya mata saya hanya terpusat pada dua kesalahan yang telah saya perbuat, saya terbutakan akan hal-hal lainnya. itulah sebabnya saya tak tahan melihat tembok itu, atau tak rela membiarkan orang lain melihatnya juga, itulah sebabnya saya ingin menghancurkannya. Sekarang saya dapat melihat batu bata-batu bata yang bagus, tembok itu jadi tampak tak terlalu buruk lagi. itu menjadi, seperti yang dikatakan pengunjung itu, "Sebuah tembok yang indah." Tembok itu masih tetap berdiri sampai sekarang, setelah dua puluh tahun, tetapi saya sudah lupa persisnya di mana dua bata jelek itu berada. Saya benar-benar tak dapat melihat kesalahan itu lagi.

    Berapa banyak orang yang memutuskan hubungan atau bercerai karena semua yang mereka lihat dari diri pasangannya adalah "dua bata jelek"? Berapa banyak diantara kita yang menjadi depresi atau bahkan ingin bunuh diri, karena semua yang kita lihat dalam diri kita hanyalah "dua bata jelek"? Pada kenyataannya, ada banyak, jauh lebih banyak batu bata yang bagus--di atas, di bawah, ke kiri, ke kanan dari yang jelek--tetapi pada saat itu kita tak dapat melihatnya, mata kita hanya terfokus pada kekeliruan yang kita perbuat. Semua yang kita lihat adalah kesalahan, dan kita mengira hanya ada kekeliruan semata, karenanya kita ingin menghancurkannya. Dan terkadang, sayangnya, kita benar-benar menghancurkan sebuah "tembok yang indah".

    Kita semua memiliku "dua bata jelek", tetapi bata yang baik dalam diri kita masing-masing, jauh lebih banyak daripada yang jelek. Begitu kita melihatnya, semua akan tampak tak begitu buruk lagi. Bukan hanya kita dapat berdamai dengan diri sendiri, termasuk dengan kesalahan-kesalahan kita, tetapi kita juga dapat menikmati hidup bersama rekan kita. Ini kabar buruk bagi pengacara urusan perceraian, tetapi kabar baik bagi Anda.


    Saya telah beberapa kali menceritakan anekdot ini. Pada suatu pertemuan, seorang tukang bangunan mendatangi dan memberitahukan saya tentang rahasia profesinya.

    "Kami para tukang bangunan selalu membuat kesalahan," katanya, "tetapi kami bilang ke pelanggan kami bahwa itu adalah "ciri unik" yang tiada duanya di rumah-rumah tetangga. Lalu kami menagih biaya tambahan ribuan dollar!"

    Jadi, "ciri unik" di rumah Anda bisa jadi awalnya adalah suatu kesalahan. Dengan cara yang sama, Apa yang Anda kira sebagai kesalahan pada diri Anda, Rekan Anda, atau hidup pada umumnya, dapat menjadi sebuah "ciri unik", yang memperkaya hidup Anda di dunia ini, begitu Anda tidak terfokus padanya.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    HawaAi Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 27, 2008
    Messages:
    370
    Trophy Points:
    167
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +3,351 / -0
    cool.. :niceinfo: gan

    tp ya.. udah kebiasaan manusia kali ya..
    yg dilihat, yg dipikirkan itu ya yang jelek"nya..
    padahal hidup lebih indah kalau kita bisa melihat segala sesuatunya dengan positif :awas:
     
  4. Offline

    love2kill Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 24, 2009
    Messages:
    102
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    nice story..
    kebnykan org melihat sisi jelek org dulu.. ~_~
    klo lg emosi tu gk bs liat hal2 scr positif..
    untung yg ini gk repost.. :)
     
  5. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,168 / -0
    berarti kita jangan ngeliat yg jelek2 terus ya.
    hidup sudah susah, makin dibuat susah jika kita terus melihat sisi negatif dari sesuatu.
    :piss:
     
  6. Offline

    dejivrur Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,103 / -2
    hidup harusnya diisi dengan pikiran dan semangat yang positif, jangan melulu yang negatif
     
  7. Offline

    namie04 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 20, 2009
    Messages:
    1,127
    Trophy Points:
    146
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,316 / -0
    keren banget dah ceritanya
    emang kalo jadi manusia suka gitu ya
    kita malah memperhatikan yg jelek2 ajah
    padahal kan hal baik lebih banyak ^^
    dan bisa bikin kita lebih nikmatin idup
     
  8. Offline

    Wolfkid Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    466
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +57 / -0
    Telak kali menusuk diri gw, gw selalu terbayang bayang dengan kesalahan kecil yg pernah gw perbuat dari dulu ampe sekarang. Baru sadar setelah baca cerita ini. thanks banget.
     
  9. Offline

    chubuchubu Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 10, 2009
    Messages:
    498
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +1,131 / -0
    ^
    setuju!! life goes on
    tinggalkan yang negatip,,gali yang positip!!
    kaya eyang2 jadinya ane :lol
     
  10. Offline

    CarbuncLe Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 25, 2009
    Messages:
    1,040
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +251 / -0
    cerita yang bagus.. mengingatkan kita untuk tidak melihat kesalahan dimasa lalu dan selalu berusaha untuk memaafkan kesalahan tersebut.. sehingga kehidupan yang indah yang telah dilalui dan yang masih akan datang tidak tersia2kan hanya karena kita merasa sebal dan jengkel dengan adanya kesalahan2 kecil tersebut.
     
  11. Offline

    akid333 Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 10, 2009
    Messages:
    19
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +5 / -0
    crita yg bagus... emg bener terkadang kita lebih sibuk mikirin 2 bata yang kita punya daripada 998 lainnya.. He3
     
  12. Offline

    larrykurniawan Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 31, 2009
    Messages:
    41
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    melihat segala sesuatu memeang harus dengan sisi posotif walaupun emang susah bangen :D
     
  13. Offline

    wisy25 Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 30, 2008
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    22
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +13 / -0
    Memang betul tidak yg jelek itu selalu buruk kadang kala yg di dalam kejelekan ada kebaikan yg tersembunyi :idwspiss:
     
  14. Offline

    tegaklurus Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 21, 2010
    Messages:
    192
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +3 / -0
    wah mantap bro, jgn melihat ksalahan hanya d situ dan jgn d ungkit" truz.
     
  15. Offline

    didody Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 16, 2009
    Messages:
    1,648
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +2,333 / -0
    cerita yg bagus.... jgn liat yg jelek terus.. toh yang baik jg lebih banyak
     
  16. Offline

    diti Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 12, 2009
    Messages:
    1,069
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +62 / -0
    nice.. :terharu: ni juga bisa di pake untuk melihat orang lain.. lihatlah 998 bata bagus yang ada di dalam diri orang lain, jangan lihat dari sisi 2bata jelek.. :nikmat:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.