1. Anda bisa mengganti Theme sesuai dengan selera anda. Kami menyediakan beberapa Themes dengan warna yang bervariasi. Anda bisa merubahnya di pojok kiri bawah. Atau klik link INI
  2. Dalam menyambut Star Wars Day, Kami menghadirkan beberapa User Title bertema Star Wars. Anda akan menemukan Jedi, Stormtrooper dan juga Darth diantara kalian. "May The Force Be With You".

Khasiat Beras Merah

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by blacksheep, Feb 18, 2010.

   ShortURL:
Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    blacksheep Jedi Knight Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,619
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +11,005 / -0

    Beras adalah bagian bulir padi (gabah) yang telah dipisah dari sekam. Sekam secara anatomi disebut palea (bagian yang ditutupi) dan lemma (bagian yang menutupi). Pada salah satu tahap pemrosesan hasil panen padi, gabah ditumbuk dengan lesung atau digiling sehingga bagian luarnya (kulit gabah) terlepas dari isinya. Bagian inilah yang disebut beras.
    [​IMG]
    KANDUNGAN
    Seperti bulir serelia lain, bagian terbesar beras didominasi oleh pati (sekitar 80-85%). Beras mengandung protein, vitamin, mineral, dan air. Pati beras tersusun dari dua polimer karbohidrat, yaitu: amilosa (pati dengan struktur tidak bercabang), dan amilopektin (pati dengan struktur bercabang dan cenderung bersifat lengket). Perbandingan komposisi kedua golongan pati ini sangat menentukan warna (transparan atau tidaknya) dan tekstur nasi (lengket, lunak, keras atau pera). Beras pera memiliki kandungan amilosa melebihi 20% yang membuat butiran nasinya terpencar-pencar (tidak berlekatan) dan keras.
    Umumnya masyarakat lebih sering mengkonsumsi padi beras putih dibanding beras merah. Padahal beras merah bergizi tinggi. Beras merah selain mengandung karbohidrat juga kaya protein dan mengandung mineral dan vitamin. Di antara berbagai beras yang ada di Indonesia, beras yang berwarna merah atau beras merah diyakini memiliki khasiat sebagai obat.

    KHASIAT

    1. Beras merah yang telah dikenal sejak tahun 2800 SM ini, oleh para tabib saat itu dipercaya memiliki nilai-nilai medis yang dapat memulihkan kembali rasa tenang dan damai.
    2. Tepung beras merah pecah kulit dapat mencegah berbagai penyakit seperti kanker usus, batu ginjal, beri-beri, insomnia, sembelit, wasir, gula darah, dan kolesterol.
    3. Kandungan karbohidrat pada beras merah lebih rendah daripada beras putih tetapi hasil analisis Nio (1992) menunjukkan nilai energi yang dihasilkan beras merah justru lebih tinggi daripada beras putih.
    4. Memiliki kandungan protein yang lebih tinggi.
    5. Memiliki kandungan tiamin yang tinggi. Kekurangan tiamin bisa mengganggu sistem saraf dan jantung, dalam keadaan berat dinamakan beri-beri, dengan gejala awal nafsu makan berkurang, gangguan pencernaan, sembelit, mudah lelah, semutan, jantung berdebar, dan refleks berkurang.
    6. Unsur gizi lain yang terdapat pada beras merah adalah fosfor yang penting untuk kesehatan tulang dan menghindarkan dari ancaman osteoporosis (pengeroposan tulang) yang mengincar kaum wanita.
    7. Mengandung selenium yang termasuk elemen kelumit (trace element) dan merupakan bagian penting dari enzim glutation peroksidase yang berpotensi mampu untuk mencegah penyakit kanker dan penyakit degeneratif lainnya.
    8. Karena mengandung banyak serat, maka beras merah pun mampu membantu kita merampingkan tubuh.
    TIPS

    • Dalam memilih beras merah, pilihlah yang masih mengandung serat.
    • Jangan pilih beras yang berwarna muda dan rasanya “enak” karena beras merah yang benar adalah justru yang rasanya tidak enak dan agak kesat kalau kita makan.
    • Agar lebih enak, Anda bisa memasaknya dengan air yang lebih banyak dari biasanya dan gunakan daun-daunan pewangi, seperti pandan atau daun mint, sehingga dapat menambah nafsu makan Anda.
    info ini dikutip dari http://www.khasiatku.com/tag/khasiat-beras-merah/
    Code:
    http://ptjoni.blogspot.com/2010/02/kenapa-beras-merah-itu-penting.html
     
  2. Offline

    angelzinc Clonetrooper Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 6, 2009
    Messages:
    733
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +1,493 / -0
    emg c beras merah lebih bagus dr beras putih
    trus kadar kandungan gulanya agak lebih rendah drpd beras putih kok
    jd yg buat diabetes makan'y pke ginian ae ..
    Nice Inpo'y gan

     
  3. Offline

    erickstrad Jedi Master Executive VIP

    Joined:
    May 15, 2009
    Messages:
    7,535
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +29,257 / -0
    knapa sya mikirnya kalo beras merah itu identik dgn "makanan bayi" ya :lol:

    trnyata bnyk khasiatnya juga.. tapi apa dya, sdh biasa trbiasa makan nasi dr beras putih sih :hahai:
     
  4. Offline

    xiphius Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 10, 2009
    Messages:
    252
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +21 / -0
    bukanna beras merah malah mengenyangkaan kan?
    dan baik buat pencernaan kata ortu sih
     
  5. Offline

    ad102 Members

    Joined:
    Mar 22, 2009
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +0 / -0
    waah, banyak vitamin B nya ya gan... cocok neeh buat ane
     
  6. Offline

    WhiTeAdicT Jedi Knight Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 14, 2009
    Messages:
    3,447
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +9,034 / -0
    iyalah orang indo jarank makan beras merah karna harganya lebih mahal daripada beras putih.kalo beras merah lebih murah da yakin de pasti byk yg makan beras merah.. :haha:

    beras merah bags buat diet..kandungan gulanya rendah :top:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS.ID

Indowebster, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.