1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Other Kesepian

Discussion in 'CurHat' started by Zervo, Jun 8, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    Zervo Oniisan Co Administrators

    Joined:
    Dec 8, 2008
    Messages:
    10,188
    Trophy Points:
    237
    Ratings:
    +148,054 / -2
    [SIZE=+3]Kesepian[/SIZE]

    "I have climbed highest mountain. I have run through the fields. Only to be with you. Only to be with you. I have run I have crawled. I have scaled these city walls, These city walls. Only to be with you. But I still haven't found what I'm looking for."
    ―U2, I Still Haven't Found What I'm Looking For

    Barangkali benar kita adalah orang-orang yang hanya sekedar berpapasan di tengah jalan. Sebab kalau bukan, bisakah kamu jelaskan, mengapa kita tidak pernah benar-benar terlepas dari rasa kesepian?

    Aku paham mengenai apa yang selalu kau keluhkan dari waktu ke waktu; mengenai dunia tempatmu hidup saat ini yang nyaris tidak lagi menyisakan keramah-tamahan bagimu, mengenai kekecewaan-kekecewaan pada kenyataan yang terus menyudutkan mimpi-mimpi indah di dalam benakmu ke sudut-sudut yang tak dapat kau gapai lagi. Aku paham karena aku tak pelak merasakannya juga. Namun, siapa yang tidak? Hidup ini adalah sebuah kesepian yang harus dijalani seumur hidup oleh kita semua yang telah terlahir ke dunia ini.

    Apa yang kamu punya ketika kamu baru saja keluar melalui lubang vagina ibumu? Sayang sekali ya kita tidak bisa mengingat dengan baik apa yang terjadi pada hari istimewa itu. Saat tubuh kita dilempar ke sini pertama kalinya. Saat kulit halus kita mulai merasakan sentuhan dari tangan-tangan kasar yang kita bahkan tidak tahu siapa pemiliknya. Saat spektrum cahaya mulai menyerobot masuk ke dalam mata dan kita jadi bisa melihat dunia fisik―juga untuk pertama kalinya. Dan kita cukup terguncang oleh semua hal yang benar-benar baru kita alami pada saat itu. Kita menangis. Siapa yang tidak?

    Kurang lebih sembilan bulan lamanya kita berada di dalam satu ruangan yang nyaris lautan. Sembilan bulan kita hidup tidak berbeda seperti ikan[1]. Sembilan bulan. Kurun waktu yang cukup untuk membuat satu individu beradaptasi dengan dunia tempat ia hidup dan merasa mapan. Dan ketika baru saja kamu merasa nyaman, semua itu hilang, berganti dengan dunia baru yang harus kamu tempati. Dunia asing dengan orang-orang asing. Kamu menangis. Kamu tidak berharap perubahan itu terjadi. Setidaknya tidak secepat itu. Tapi apa pernah kamu menanti sebuah revolusi pada saat kamu merasa mapan?

    Kamu menangis ketika kamu merasa kecewa pada kenyataan. Kamu marah sejadi-jadinya, walau kamu juga sering gagal untuk menjelaskan kalau saja ada orang yang saat itu bertanya padamu 'kamu marah sama siapa?'. Kamu kesal karena kenyataan telah mengganggu mimpi indahmu yang panjang. Sesungguhnya kamu hanya tidak mengerti bahwa tidak ada satu pun yang mapan di dalam kehidupan. Perubahan-perubahan yang kamu berusaha tolak dengan sekuat tenaga sesungguhnya adalah suatu keniscayaan. Sesuatu yang tak dapat terhindarkan. Semua hanya persoalan 'kapan'. Tapi pernahkah kamu bertanya, kapan kamu akan kehilangan semua keindahan yang sedang kamu rasakan?

    Kamu tidak akan menangis, pada saat itu, jika saja kamu sudah paham sebelumnya bahwa tidak ada yang abadi di dunia ini. Kamu tidak akan menangis, pada saat itu, jika saja kamu sudah mengerti bahwa kamu adalah mahluk yang paling istimewa di alam semesta ini. Kamu adalah manusia. Kamu mempunyai kemampuan yang tinggi untuk beradaptasi dengan kondisi dan situasi seperti apapun. Buktinya, walau tangisan yang kamu ledakkan waktu baru saja keluar dari rahim ibumu sedemikian dahsyatnya, sampai pada detik ini kamu masih bisa bertahan hidup di dunia ini bukan?

    Adaptasi pada dasarnya adalah upaya yang kamu lakukan dalam menciptakan kenyamanan. Aku yakin kamu telah melakukannya. Iya. Kamu melakukannya dalam hampir setiap detik yang kamu lalui. Memang tidak selalu sukses. Gagal terkadang. Tapi ketika itu berhasil, hidup terasa indah. Kenyataan terasa indah. Tapi pernahkah kamu bertanya, kapan kamu akan kehilangan semua keindahan yang sedang kamu rasakan?

    Kamu tidak mengenal siapa laki-laki dan atau perempuan yang menyambut kehadiranmu ke dunia ini. Tapi kamu segera merasa nyaman berada di dekat mereka. Sebab mereka memancarkan aura yang hangat dan sangat bersahabat. Mereka memberikanmu makanan. Mereka memberikanmu pakaian. Mereka memberikanmu nama. Dan kamu segera mengenal mereka dengan nama: orangtua. Kamu mulai merasa terbiasa. Kamu mulai beradaptasi dengan kenyataan. Kamu mulai merasa mapan.

    Dalam kemapananmu, kau merasa memiliki apa-apa yang ada di dekatmu dan bisa kau jamah. Dalam kemapananmu, kau merasa menjadi raja bagi dunia kecil yang kau jaga. Dalam kemapananmu, tersimpan rasa cemas, pun takut, akan kehilangan semua hal yang kau rasa punya. Kemudian rasa takutmu mengejawantah amarah[2]. (Bayangan) masadepan selalu mengajarkanmu tentang rasanya menjadi kesepian[3]. Masadepan menyadarkanmu bahwa sejatinya kau sedang menjalani sebuah kehidupan sendirian. Masadepan menyadarkan bahwa apapun yang saat ini masih bisa kau nikmati, cepat atau lambat akan raib. Kau menolaknya sekuat tenaga. Kau ingin ini semua: keindahan ini, kenyamanan ini, kemapanan ini; ada untuk selama-selamanya.

    Kesadaranmu yang terdalam tahu bahwa itu semua adalah sesuatu yang mustahil. Kau sadar bahwa segalanya akan kembali menjadi nihil. Untuk itu kau mulai mengibur dirimu sendiri dengan berbagai cara. Kau mulai mengisi hidupmu dengan apapun sebanyak-banyaknya. Kau mengisi kekosongan-kekosongan yang jiwamu rasakan dengan mencari teman sebanyak-banyaknya, memasukkan barang ke dalam kereta belanjaanmu sebanyak-banyaknya, bercinta sebanyak-banyaknya, membaca buku sebanyak-banyaknya, pergi ke tempat indah di seluruh dunia sebanyak-banyaknya. Tapi, bisakah kau menjelaskan, mengapa kau tidak pernah benar-benar terlepas dari rasa kesepian?

    Saat ini mungkin kehilangan demi kehilangan telah membuatmu terbiasa. Kau tidak lagi menangis ketika kenyataan merenggut mimpi indahmu yang panjang, kenyamananmu, kemapananmu. Kau sudah mulai mengerti pola hidup ini seperti apa. Yakni semua hal datang dan pergi tanpa permisi tanpa peduli suasana hatimu[4]. Kau sudah mampu membendung air mata ketika gelombang revolusi mulai datang lagi dan menghancurkan istana pasir yang telah kau bangun. Tapi apakah memang kau telah benar-benar kuat atau hanya sekadar memalingkan muka?

    Kita sedang berpapasan kali ini. Kamu ingin kemana? Aku ingin ke sana. Kamu tidak harus mengikuti langkahku jika ini bukan jalan yang kau kehendaki. Kamu tidak harus pergi ke titik yang aku tuju jika ia bukanlah tujuan yang sedang kau capai. Bukan Haq kita saling memaksa; aku menyeretmu ke jalanku, atau kau menyeretku ke jalanmu. Kita ditakdirkan menjalani hidup sendirian. Kita tak akan bisa menolak untuk merasakan kesepian hidup, menjumpai keterasingan. Jika aku memang tidak memiliki apa-apa semenjak keluar melalui lubang vagina ibu, apakah aku berhak untuk menyebutmu 'perempuanku' dan kemudian menyeret-nyeretmu kemanapun aku mau agar aku tidak merasakan kesepian itu? Aku rasa bukan Haq juga untuk menetapkan diriku sebagai 'lelakimu'.

    Bukan berarti ketidaksetiaan. Lagipula untuk apakah kita saling setia ketika kita adalah individu-individu yang mempunyai jalan masing-masing? Lupakanlah kesetiaanmu padaku. Kesetiaanmu padaku atau pada dunia hanya akan melahirkan kekecewaan-kekecewaan baru. Karena memang tak ada yang benar-benar diam selama semesta ini masih bergerak. Karena memang bisa saja secara tiba-tiba salah satu dari kita harus berbelok pada satu titik di mana itu akan memberi jarak pada kita berdua.

    Tidak usah setia padaku. Setialah pada semangat revolusioner untuk menjadi lebih baik[5]. Jika berjalan bersamaku membuatmu merasa semakin menjauh dari tujuanmu, menjauhkanmu dari diri sendiri, membuat dirimu semakin hilang dan lupa pada tujuanmu; mungkin memang inilah waktunya kita untuk berpisah. Tidak perlu ragu. Orang yang setia tidak pernah ragu pada tujuannya.

    Kita bisa berpisah di sini. Aku tahu kau tidak akan menangis kali ini. Tapi semoga tidak turunnya bulir-bulir air mata itu bukan karena penghiburan-penghiburan lain yang juga sama fananya denganku. Melainkan karena kau memang sudah mengerti bahwa hidup memang sepi, bahwa kau memang sendirian di dalam hidup ini, dan bahwa kesepian hidup adalah sesuatu yang niscaya. Sehingga kau telah mampu menghadapi dan menerima segala sesuatu yang takterhindarkan. Bukannya terus menerus menghibur diri dengan berbagai cara dan menolak kenyataan yang hanya akan membuatmu tidak beranjak kemana-mana.

    Kita berpisah di sini. Atau kita berpisah nanti. Itu tidak ada bedanya. Semua hanya persoalan 'kapan'. Kita adalah orang-orang yang hanya sekedar berpapasan di tengah perjalanan.

    -------

    Dedicated to all who feel lonely right now. :hiks:

    Regards,


    Zervo.


    ------
     
    Last edited: Oct 15, 2012
    • Thanks Thanks x 3
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    awanauand Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 10, 2010
    Messages:
    69
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +6 / -0
    emang, kayaknya thread ini sepi kayak judulnya:sepi:
     
  4. Offline

    Zervo Oniisan Co Administrators

    Joined:
    Dec 8, 2008
    Messages:
    10,188
    Trophy Points:
    237
    Ratings:
    +148,054 / -2
    :lol:

    mungkin karena panjang.. jadi orang males baca..
    Kata2nya juga agak berat

    :jah:
     
  5. Offline

    XtracK Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 22, 2011
    Messages:
    266
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +256 / -0
    kata2 kk Zervo kesannya ilmiah banget..:iii:
    dan lagi... panjangnya...:sigh:
     
  6. Offline

    Zervo Oniisan Co Administrators

    Joined:
    Dec 8, 2008
    Messages:
    10,188
    Trophy Points:
    237
    Ratings:
    +148,054 / -2
    oh ya.. situ juga jangan2 belum dibaca sampe abis kan..? :hahai:

    yaa begitulah..
    kata2nya memang dalam.. makanya gw suka..

    bagus koq kalau untuk dipahami dan direnungkan :iii:


    :sigh: bacanya pelan2 saja.. atau loncat2 dulu

    threadnya ga akan kemana2 ini :hahai:

    Makanya dedicated to all who feel lonely :XD:

    :sedih1
     
  7. Offline

    kyoshiro_mibu Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 7, 2009
    Messages:
    5,951
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,519 / -2
    :sigh::sigh::sigh::sigh::sigh::sigh::sigh::sigh::sigh:

    zervo
     
    • Thanks Thanks x 1
  8. Offline

    YoungGunners Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 18, 2010
    Messages:
    10,067
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +173,964 / -2
    Lonely :tolong:

    selain panjang, fontx juga kecil2 amat , musti rapat mata ne ke monitor baru bisa baca :sigh:
     
    • Thanks Thanks x 1
  9. Offline

    Zervo Oniisan Co Administrators

    Joined:
    Dec 8, 2008
    Messages:
    10,188
    Trophy Points:
    237
    Ratings:
    +148,054 / -2
    Kyoo.... :nangis:

    :sigh:

    Thanks sob~
    For stopping by.. and leave a comment (even though only showing u sighing and calling my nick, it already means a lot for me right now)

    :nangis:

    Oh gitu ya?
    Klo sekarang dah lebih better belum?

    Sama ganti font untuk yg quote nya juga. lebih ok skrg keqnya :XD:
     
    Last edited: Jun 10, 2011
  10. Offline

    kyoshiro_mibu Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 7, 2009
    Messages:
    5,951
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,519 / -2
    :sigh: sama g jg lagi sedang dalam keadaan ga bagus :sigh:
    makanya just :sigh: and zervo
     
  11. Offline

    Zervo Oniisan Co Administrators

    Joined:
    Dec 8, 2008
    Messages:
    10,188
    Trophy Points:
    237
    Ratings:
    +148,054 / -2
    :sigh:

    lagi masa2 kelam buat kita ya..
    gw juga belakangan lagi dalam keadaan ga bagus nih... banyak problem
    :sigh:

    Fav quote gw hari ini:
    “Time goes by so fast, people go in and out of your life. You must never miss the opportunity to tell these people how much they mean to you.”
     
  12. Offline

    kyoshiro_mibu Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 7, 2009
    Messages:
    5,951
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,519 / -2
    :madesu::suram::kecewa:
    tampaknya
    :suram::kecewa::madesu:
    begitu
    :kecewa::madesu::suram:
    zer
     
  13. Offline

    XDanteNeroX Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 10, 2011
    Messages:
    368
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +4,197 / -0
    kepanjangan jadi males baca :sedih:
    tp gw dah ngambil intinya .. gw mantap :haha:
     
  14. Offline

    ZuaX Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 24, 2010
    Messages:
    746
    Trophy Points:
    27
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +209 / -0
    I could tell from the minute I woke up
    It was going to be a lonely lonely
    lonely lonely day.
    Rise and shine rub the sleep out of my eyes
    And try to tell myself I can't
    go back to bed
    It's gonna be a lonely lonely lonely lonely day.
    Even though the sun is shining down on me and I should feel about as happy as can be
    I just got here and I already want to leave
    It's gonna be a lonely lonely lonely lonely day

    Everybody knows that something's wrong
    But nobody knows what's going on
    We all sing the same old song
    When you want it all to go away
    It's shaping up to be a lonely day ....

    By Phantom Planet,.....

    Sunyi sepi sendiri ,... sejak kau tinggal pergi,......... tiada kabar berita .... hidupku merana ,..... :listen: ...... :nangis: ..........

    kedalemen gan,......... :aaaa:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  15. Offline

    Zervo Oniisan Co Administrators

    Joined:
    Dec 8, 2008
    Messages:
    10,188
    Trophy Points:
    237
    Ratings:
    +148,054 / -2
    intinya emang apa? :bloon:
    apa yang kamu tangkap? di sharing dong :iii:

    yeah.. your comment post is totally boring :sigh:

    :nangis:


    :madesu: dipojokan, sendirian
     
    • Thanks Thanks x 1
  16. Offline

    sp4rkfist Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 2, 2009
    Messages:
    6,633
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,263 / -0
    zerpoy kesepian :lol:
    gak ada pasangan maho ya :puff:
    kan keren sedirian jadi kaya lone wolf :elegan:
     
  17. Offline

    ZuaX Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 24, 2010
    Messages:
    746
    Trophy Points:
    27
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +209 / -0
    Seceria dan seriang apapun,...
    Seriuh dan seramai apapun,....

    ada moment-moment 'silent & lonely' di hati dan fikiran kita,... entah kita sadari atau tidak, entah kita akui atau tidak,....

    itu sudut kelemahan 'aku' dan keakuan .......dariku......
     
    • Thanks Thanks x 1
  18. Offline

    n_hobi_xxx Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 25, 2009
    Messages:
    282
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +15 / -0
    berat banget bro bahasanya... udah baca bekali2 masi aja susah dapet artinya... =.=
     
  19. Offline

    ZeroCross Beginner Members

    Joined:
    Jul 1, 2008
    Messages:
    228
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +18 / -0
    Nice story!!! :hero:

    kebetulan lagi ngerasa down juga nih.

    Ketika kesepian datang, rasa sakit itu pun datang menyerang hati. Jika hidup itu adalah fana, apakah kesepian itu adalah fana juga?

    Ketika bahagia itu datang, rasakan dan hayatilah dengan semua panca indera yang kamu miliki, agar mereka pun tidak hanya tertinggal dalam pikiran, tapi dalam jiwa juga :nangis:
     
  20. Offline

    rickykapri Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    740
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +8,340 / -0
    Kata2nya nyentuh bgt..:sedih:
    ane juga belajar menerima segala sesuatu setelah belajar ngak ada d dunia ini yg kekal

    Gila ni cerita mencerahkan pandangan saya bro Zervo, nice post:top:
    keep posting
     
    Last edited: Jun 18, 2011
  21. Offline

    adi_bayumi Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 21, 2011
    Messages:
    1,756
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,553 / -0
    wow.... bener2 berbahasa puitis melankolis......

    kok segitu dalamnya bro....
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.