1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Disease Kenali Gejala Diabetes Mellitus

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by gerry1990, Sep 26, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    gerry1990 Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    80
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    :euro:
    Diabetes melitus, mungkin biasa kita mendengarnya dengan sebutan kencing manis. Banyak orang yang beranggapan bahwa penyakit keturunan. Mitos yang beredar di masyarakat ini tidak bisa dibilang salah, tapi juga tidak sepenuhnya benar. Mengapa?

    Pertama, penyakit diabetes ini memang jamak ditemukan pada orang tua, usia 40 tahun ke atas. Namun, perlu Anda ketahui, diabetes melitus dibagi menjadi dua tipe. Tipe yang pertama adalah insulin* dependent, dikarenakan kurangnya produksi hormon insulin oleh tubuh. Diabetes tipe ini dapat bermanifestasi sejak usia muda dan penderitanya tergantung pada injeksi insulin. Tipe yang kedua adalan non insulin dependent, dikarenakan berkurangnya kepekaan terhadap hormon insulin. Obesitas atau kegemukan merupakan salah satu faktor resiko diabetes tipe 2 ini. Jadi, jelas bahwa penyakit diabetes bukanlah penyakit yang menyerang orang tua saja, anak-anak pun bisa menderita penyakit diabetes, hanya tipenya yang berbeda. Perlu diperhatikan juga, bahwa usia pengidap diabetes tipe 2 saat ini semakin muda, usia 25-30 tahun telah dinyatakan mengidap diabetes. Hal ini diperkirakan karena faktor gaya hidup modern yang serba instant dan kurangnya kesadaran akan pola hidup sehat.

    Kedua, diabetes merupakan penyakit keturunan. Penderita diabetes memang biasanya memiliki riwayat diabetes dalam keluarganya. Faktanya, faktor genetik merupakan salah satu faktor resiko seseorang mengidap diabetes. Sesuatu yang secara genetik diturunkan, belum tentu bermanifestasi. Bisa dikatakan, “bakat” untuk mengidap diabeteslah yang diturunkan. Jadi, belum tentu seseorang yang memiliki bakat untuk menderita diabetes akan mengidap diabetes. Juga tidak ada jaminan bahwa seseorang yang tidak memiliki riwayat diabetes dalam keluarganya akan terbebas dari penyakit diabetes.

    Diabetes adalah penyakit yang dapat dicegah dan erat kaitannya dengan pola hidup seseorang. Pola hidup yang sehat akan membantu seseorang untuk menghindarkan dirinya dari penyakit ini. Pola hidup sehat yang dimaksud adalah, makan secara teratur dan dengan menu yang seimbang, serta berolahraga dengan teratur.

    Kenalilah juga gejala-gejala diabetes.
    Dalam bahasa medis, diistilahkan dengan trias diabetes, yaitu
    -poliuria (sering buang air kecil)
    -polidypsi (sering merasa haus), dan
    -polyphagi (sering makan atau merasa lapar) namun berat badan tidak bertamnbah atau justru mengalami penurunan.

    Kamu wajib waspada kalo punya minimal 2gejala diatas.
    jika sedari dini bisa mendeteksi gejala sperti di atas, alangkah baiknya jika segera memeriksakan diri ke dokter atau sekedar mengecek kadar gula darah,coz pola makan yang gak baik akan memperparah resiko terkena diabetes.

    :awas: :awas: :awas:


    [​IMG]
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,167 / -0
    mau komen ya kk2...

    sepengetahuan saia, sebenernya gejala klasik diabetes tidak hanya 3 (polifagia polidipsia dan poliuria), tapi 5. tambahan 2 lainnya adalah perasaan gampang kecapean yg ga jelas penyebabnya; dan penurunan berat badan drastis yg ga jelas penyebabnya. itu kalo tidak salah menurut WHO (referensi tahun 2006).

    selain itu buat nambahin bro gildaditya, komplikasinya bisa ke:
    makrovaskuler (pembuluh darah besar, jantung, dan otak);
    mikrovaskuler (ginjal dan retina mata);
    dan saraf (telapak tangan dan kaki kebas / neuropati perifer, sama tekanan darah turun mendadak waktu bangun dari tempat tidur / hipotensi ortostatik).
     
  4. Offline

    gerry1990 Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    80
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    :onion-86:

    iya,hal itu diakibatkan karena ada infeksi di dalamnya, bisa dibayangkan di mana ada gula disitu ada semut, nah karena orang diabetes kadar gula darah nya tinggi,jadi di pembuluh darahnya jadi tempat yang menyenangkan untuk hidup bakteri,,begitu luka dikit,langsung deh pada menempel semua kuman2 infektifnya.
    :awas::awas:
     
  5. Offline

    russie_mdr Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 17, 2009
    Messages:
    540
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +181 / -0
    watuh, kok semua ciri2 yg ada diatas nunjukin gw banget ya.
    kayaknya gw kudu cepet2 priksa ke dokter niy...
    thanx buat infonya ya..
     
  6. Offline

    xiefu Kuro's Husbando Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 24, 2009
    Messages:
    4,896
    Trophy Points:
    202
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +3,572 / -22
    dari gejala2 yang telah dijabarkan..

    terlihat jelas kalau aku negatif kena diabetes mellitus....

    :hahai:
     
  7. Offline

    Mitsuyama Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 26, 2009
    Messages:
    1,026
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +130 / -0
    aduhh kudu ati" nih..
    karna gua nih penggemar berat kecap manis sihh:haha:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.