1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Kenali 5 Gejala Depresi Pada Pria

Discussion in 'Lifestyle' started by vincentrevival, Sep 5, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    vincentrevival Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,338
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,522 / -0
    VIVAnews - Depresi bisa terjadi pada siapa saja, baik pria maupun wanita. Pemicunya juga banyak hal, mulai dari masalah keluarga, pekerjaan hingga keuangan. Gejala depresi pada pria dan wanita juga sangat berbeda.

    Wanita cenderung menjaga emosi mereka di dalam hati. Hal ini dapat menyebabkan mereka menarik diri dan kesepian. Sementara, pria lebih mungkin untuk mengekspresikan dan menunjukkan emosi mereka, yang dapat menyebabkan perilaku agresif, impulsif, atau pemaksaan.

    Faktanya, seperti dilansir dari Healthmeup.com, menurut National Institute of Mental Health (NIMH), sebagian besar pria tidak menyadari gejala fisik maupun psikis saat mengalami depresi. Untuk itu, sebagai pasangan, penting bagi Anda mengetahui tanda-tanda saat pria mengalami depresi.

    1. Sulit fokus
    Perhatikan saat pasangan sedang menonton film atau mengerjakan sesuatu. Jika ia sulit mengerti jalan cerita atau tak kunjung selesai mengerjakan sesuatu, bisa jadi ia sedang tidak fokus.

    Orang yang menderita depresi sering mengalami kesulitan berkonsentrasi, dan membuat mereka bermasalah saat bekerja. Depresi merusak kemampuan seseorang untuk berpikir jernih, termasuk dalam mengambil keputusan yang tepat dan melakukan tugas-tugas kompleks.

    2. Perasaan lebih sensitif
    Tanda umum lainnya adalah pria jadi sangat sensitif, mudah marah atau mengekspresikan emosi dengan meledak-ledak. Hal ini karena, tidak seperti wanita yang cenderung melampiaskan emosi dalam bentuk air mata, pria lebih mengekspresikannya dalam bentuk kemarahan atau agresi. Beberapa depresi bahkan terwujud dalam bentuk permusuhan.

    3. Penyalahgunaan zat
    Banyak kali, pria itu mencoba menutupi depresi mereka dengan beralih ke beberapa bentuk penyalahgunaan zat, seperti narkoba atau alkohol. Tapi apa yang sering tidak disadari depresi dan alkohol adalah hal yang tak bisa dilepaskan. Alkohol justru bisa membuat kondisi depresi menjadi lebih buruk.

    4. Hasrat seksual menurun
    Banyak pria menahan diri dan tidak secara terbuka mengakui ketika hasrat seksual menurun. Padahal pemicu utamanya bisa jadi depresi dan stres. Keduanya telah lama dikaitkan dengan hilangnya hasrat seksual dan disfungsi ereksi. Itu karena orang depresi biasanya tak memiliki energi untuk menjalani rutinitas normal. Aktivitas otak selama depresi menyebabkan keputusasaan dan pada gilirannya, menyebabkan hilangnya libido dan disfungsi seksual.

    5. Nyeri hebat dan mengalami masalah pencernaan
    Menurut penelitian yang dilakukan tim dari Harvard Medical School, nyeri terutama yang bersifat kronis, bisa dipicu baik kondisi fisik maupun emosi. Lalu pria dengan nyeri kronis rata-rata tiga kali lebih berisiko depresi dibandingkan dengan orang normal. Penelitian lain yang dilakukan oleh National Institute of Mental Health (NIMH) menyatakan bahwa selain dari sakit kronis, depresi juga berhubungan dengan gangguan pencernaan. (eh)

    sumber : http://kosmo.vivanews.com/news/read/244783-kenali-5-gejala-depresi-pada-pria
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.