1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Zona All About Story sedang membutuhkan bantuanmu, segera daftarkan diri kamu di open recruitment: moderator AAS
  3. Kini kamu bisa mengupload files menggunakan PC, Mac dan Android ke Maknyos IDWS, informasi lebih lanjut cek: Maknyos IDWS Uploader
  4. Yuk tanyakan apa saja tentang operasi plastik yang bisa membuatmu lebih cantik, lebih ganteng, tampil maksimal dan percaya diri melalui thread ini: Tanya Jawab Soal Plastic Surgery Bareng Klinik Wonjin.
  5. Game Point Blank Indonesia sudah bisa kamu mainkan lagi lho, Garena Indonesia secara resmi akan merilis game Point Blank Indonesia, informasinya ada di sini:Point Blank Garena Indonesia kini sudah bisa di download!
  6. Gratis VIP selama 5 Hari khusus untuk member Registered dan MVU, syaratnya hanya login di sini.

Machinery Kehancuran Titanic ( Dari sisi Science )

Discussion in 'Science and Technology' started by hayasegawa, Feb 1, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    hayasegawa Lurking Around Gatotkaca

    Joined:
    Oct 31, 2009
    Messages:
    937
    Trophy Points:
    156
    Ratings:
    +3,152 / -0
    TITANIC

    Well ini thread pertama ane gan,,skalian belajar nulis..sumpah ane ga copas dari mana2,tapi ane juga belom ngecek kalo2 :repost:..but the most important is the info, right??
    Langsung aja,pasti agan2 skalian udah tau donk kecelakaan kapal Titanic?Bahkan sampai dibuat film documentary nya kan di tahun 90an..Ane mau bahas dari segi Engineering/Teknologinya kenapa tuh kapal bisa hancur.

    Desainnya emang dibuat untuk kapal mewah (besar) dengan kecepatan rendah (21-22 knots). Kapal ini menghabiskan sekitar 650 ton per hari untuk berlayar, tapi yang gilanya, kapal ini sanggup membawa batubara untuk persediaan 10 hari pelayaran (bayangin seberapa gede nya gan).
    Titanic dibuat sama perusahaan kapal terkenal waktu itu, namanya Harland and Wolff. Pada jaman itu, ada 3 kapal terkenal dan besar yang dibuat sama perusahaan ini, yang pertama Olympic, kedua Titanic, ketiga Britanic. Dan Titanic sendiri diresmikan pada 31 Mei 1911.
    Desainnya menggunakan besi tempa sebagai penyambung (sejenis paku) antar pelat steel yang menjadi body kapal. Ada sekitar 3 juta penyambung di seluruh kapal. Dan semuanya dihitung detil dan teliti.
    Akhirnya pada 2 April 1912 Titanic melakukan pelayaran percobaan, dari Belfast (Irlandia) ke Southampton mengarungi Laut Irlandia. 2 hari kemudian sampe deh di Southampton. Beberapa hari kemudian dinyatakan siap untuk melakukan pelayaran perdana (pesiar).
    [​IMG]

    10 April 1912 pagi, semua penumpang dan awak Titanic siap melakukan pelayaran perdananya. Pada siangnya, Titanic hampir bertabrakan dengan kapal penumpang the New York. Kemudian Titanic beristirahat sejenak di Cherbourg (Prancis) sore hari. 11 April 1912 pagi Titanic ngetem di Queenstown (Irlandia) buat naekin penumpang (mungkin kejar setoran kali yak). Terus kemudian baru berlayar meninggalkan Laut Irlandia.

    [​IMG]

    Di malam yang gelap, 14 April lautan sangat tenang. Pukul 11.40 waktu Greenland, sekumpulan bongkahan es tiba-tiba muncul di depan kapal, anjungan kapal segera disiagakan. Petugas memerintahkan kapal untuk mundur. Sekitar 40 detik, ketika Titanic berusaha merespon untuk merubah haluan, kemudian Titanic bertabrakan dengan bongkahan es yang diperkirakan bermassa 150,000-300,000 ton. Hufffffffff…..singkat kata Titanic mengalami kerusakan hebat di lambung kapal. Tercatat 6 kerusakan hebat pada Titanic. 15 April 1912 pukul 2:20 Titanic tenggelam dan menewaskan sekitar 1,500 orang.

    [​IMG]

    Berikut investigasi yang dilakukan pada bangkai kapal Titanic.
    [​IMG]

    Ini buat pengetahuan aja gan. Steel (baja) itu besi dengan kandungan karbon (C) tertentu. Biasanya kandungannya sebagai berikut nih :
    Baja karbon rendah ( low carbon steel)
    Baja karbon rendah mengandung maksimal 0,3% C, maks 1,5% Mn

    Baja karbon menengah (medium carbon steel)
    Baja karbon menengah mengandung karbon 0,3 – 0,6% dan Mangan 0,6-1,65%

    Baja karbon tinggi (High carbon steel)
    Baja karbon tinggi mengandung karbon 0,6 – 1,00% dan mangan 0,3 -0,9%

    Baja karbon supertinggi (ultrahigh carbon steel)
    Baja karbon supertinggi mengandung karbon 1,25 – 2%

    Dan ini pengaruh unsur-unsur di dalam baja:
    C (karbon)
    Logam baja ditambahkan dengan unsur karbon akan meningkatkan kekerasan dan kekuatan melalui perlakuan pemanasan tapi penambahan karbon dapat memperlebar range nilai kekerasan dan kekuatan bahan.

    Mn (Mangan)
    Mangan ditambahkan ke dalam baja akan memperbaiki sifat hot working dan meningkatkan kekuatan, ketangguhan dan mampu keras.
    Besi degan kandungan karbon di bawah 0,3 % masih digolongkan besi murni, tapi kalau sudah di atas 2,5% disebutnya besi tuang (besi cor).

    [​IMG]

    Dari kuliah ane (metalurgi), orang-orang jaman dulu karena masih kuno mikirnya kalo mau bikin besi yang keras dan kuat, ditambahkan unsur karbon sebanyak-banyaknya. Seperti misalnya juga pembuatan keris, yang dibakar pake arang (arang ini menghasilkan karbon).

    Namun yang belum mereka tahu, kalo kebanyakan karbon, besi malah jadi getas (brittle), mudah patah (sifatnya jadi kaya kaca/ genting, tapi kaca sangat amat getas, makanya disebut fragile). Coba agan-agan liat deh besi dragon yang buat pompa atau linggis, yang biasa dipatahin sama orang-orang beladiri. Itu smua termasuk golongan besi tuang/ cor dengan kandungan karbon sangat tinggi, makanya bisa dipatahin. Coba kalo orang-orang beladiri dikasih batang baja yang buat konstruksi jembatan, belum tentu bisa patah.

    Dan kemudian, mari kita lihat kandungan karbon dalam baja dari badan kapal Titanic. Jengjengjeng….. Buset, kandungannya sekitar 21% (0,21). Ini melebihi kandungan karbon dalam baja karbon supertinggi atau mendekati besi cor. Wuih pantesan aja mudah patah…

    Dimensi ato ukuran juga berpengaruh sama mudah tidaknya suatu struktur patah/pecah. Agan coba perhatiin, kalo ada orang mau patahin besi/linggis dalam atraksi beladiri, ga mungkin pakai besi yang ukurannya tinggal 10cm kan?karena sulit patahnya. Pasti pakenya besi yang agak panjang. Terus juga kalau mau patahin genting, ga mungkin pake genting yang udah bekas patahan ukuran kecil kan?Pasti pake genting ukuran lebar (dan kalo bisa setipis mungkin).

    Begitu juga kapal Titanic. Kebayang kan gan, pelat baja untuk badan kapal? Walopun mungkin tebalnya sangat tebal, tapi tetap aja bagian itu jadi bagian “tipis” yang mudah dipatahkan karena dimensi/ukurannya memang demikian. Sama aja kaya pelat baja yang dipake buat mobil, biar bagaimanapun, kalo nabrak pasti penyok-penyok juga.

    [​IMG]

    Temperatur atau suhu yang tercatat saat pelayaran itu adalah -2 C. Wuih rendah banget kan tuh.. dan itu bukan cuma berlaku buat manusia, tenyata logam juga bisa kedinginan. Dan material kalo kedinginan sifatnya berubah, dan jadi lebih getas/mudah patah. See? udah liat kan pengaruhnya? Badan kapal Titanic memang udah bersifat getas/mudah patah karena menggunakan baja dengan kardungan karbon supertinggi. Nah terus masih ditambah pengaruh suhu yang bikin tambah getas/mudah patah lagi.

    Dan sebenernya ini faktor yang penting banget. Karena pengaruh suhu ini ternyata cukup besar bikin si logam brittle atau mudah patah. Coba agan bayangin aja kalo di temperatur ruangan (kira-kira 27 C), kalo agan mukul balok es ke linggis, dalam logika aja pasti tau donk yang hancur esnya. Tapi kenapa Titanic yang (notabene) lebih keras dari linggis bisa hancur karena bertabrakan dengan bongkahan es? Ini jawabannya gan..hehehehehe…Mungkin bisa dicoba, mukulin balok es ke linggis tapi pastikan suhu linggisnya kira-kira -2 C. Apa yang terjadi?

    Sama seperti coklat. Coba agan beli Silverqueen dan taruh di meja (suhu ruangan) dalam keadaan telanjang bulat. Dan yang satu lagi taruh di freezer kulkas. 3 jam kemudian patahin dua-duanya. Mana yang lebih “garing”?

    [​IMG]
    [​IMG]

    Sekian nih gan investigasi saya. Harusnya ga repost, karena saya menterjemahkan sendiri, merangkum sendiri dan coba menggabungkan dengan ilmu dalam kepala saya hasil kuliah. Terlampir juga daftar pustaka.


    kalo bisa bagi ijo2 ama :grp: yah kk :matabelo: buat upah nulis.... :hehe:
     
    • Thanks Thanks x 16
    • Like Like x 7
  2. Ghattotkacha Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.


  3. Offline

    nit_nit Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 30, 2010
    Messages:
    1,390
    Trophy Points:
    112
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +220 / -1
    Kekuatan alam emang gak bisa dianggap remeh... zaman modern gini aja tetap bencana alam segimana juga sulit dicegah. Paling juga di minimalisir kerusakannya atau di prediksi... selain itu juga ada yg gk bisa di prediksi..
     
  4. Offline

    nurend Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 10, 2009
    Messages:
    6,999
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +64,920 / -0
    ngeri lah....sambil bawa2 bahan kuliah....

    yang jelas, titanic celaka gara2 Jack Dawson ama Rose DeWitt Bukater cipokan di geladak
    hal ini bikin orang di tiang pengawas teralihkan perhatiannya dari yang seharusnya ngeliatin jalur titanic di depan, jadinya malah nontonin orang cipokan
    akibatnya...pas ada gunung es, taunya telat.

    jadi sekarang tau kan siapa yg salah?
    :piss::piss::piss:
     
  5. Offline

    deathscythe666 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 6, 2009
    Messages:
    567
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,678 / -0
    anu kaka
    boleh ikut nambahin ga?
    sy prnah nonton acara apa gitu, ngebahas kehancuran titanic juga
    katanya, faktor utamanya tuh ada di sambungan bajanya itu
    jd sambungan yg waktu itu dibuat dengan asal-asalan dengan alasan menghemat biaya
    ternyata musibah itu berawal dari KORUPSI!!!:ngeselin:
    dasar manusia2 busuk
     
  6. Offline

    Aragon81 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 25, 2008
    Messages:
    1,647
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +4,889 / -0
    ane juga pernah ntn national geografi di tv cable
    emang musibahnya terjadi di paku sambungan antar platnya..
    disitu bahan yang digunakan tidak dengan semestinya...
    hanya kira2 80%an dah...
     
  7. Offline

    estrada27 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    856
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +3,112 / -0
    iya, jgn mremehkan kekuatan alam, dan harusnya kapal pesiar semegah titanic harus benar2 diperhatikan segala sesuatunya... sngat tdk professional tuh :swt:
     
  8. Offline

    dawerzzzz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 9, 2009
    Messages:
    1,562
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,130 / -0
    betul kan titanic hancur oleh bongkahan es itu karena ulah manusia sendiri yaitu KORUPSII
     
  9. Offline

    lastking Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 8, 2009
    Messages:
    4,945
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +3,584 / -0
    nah yg ini ane setuju bro
    dari dlu ampe skrang tu pnyakit gak ilang2 ya :hahai::hahai:
     
  10. Offline

    keemchee Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    5,980
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +10,002 / -7
    hmmm...kl mnurut gw sih mereka gk meremehkan kekuatan alam..malah justru mereka belajar dr alam :ehem:

    hanya saja pikiran atau pengetahuan yg beranggapan bahwa C (carbon) adalah unsur yg paling pokok sehingga dengan menambahkan banyak unsur tersebut kedalam komposisi dalam membuat kapal anti kandas pada zaman itu dianggap sangat benar...:belajar:

    kini seiring berjalan nya waktu, anggapan itu pun berubah..dan memang terbukti salah..
    dan memang yg namanya sesuatu yg ditambahkan secara berlebihan itu pasti akan berdampak negatif..:yareyare:
     
    Last edited: Feb 2, 2010
  11. Offline

    DamnTwistedPerson Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 30, 2008
    Messages:
    4,629
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +2,675 / -0
    nice article :top:

    sampe bawa-bawa bahan kuliah :XD:

    bener-bener ngasih gw pengetahuan baru soal karbon sama baja

    cendol lah bwat lw :XD:
     
  12. Offline

    cristianoronaldo Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 18, 2009
    Messages:
    69
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +687 / -0
    padahal sersannya udah bilang kalo kapalnya gak mungkin tenggelam yah.....wkwkwk:boong::boong:
     
  13. Offline

    bibiw Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 6, 2008
    Messages:
    669
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +392 / -0
    Inti nya sih kapal titanic tenggelam itu karena kesombongan manusia sendiri.

    Soal nya waktu itu kapten nya ngeclaim klo kapal itu ga mungkin tenggelam.... jadi intinya jadi orang jgn sombong (loh ?)
     
  14. Offline

    silence Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 8, 2009
    Messages:
    21
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +3 / -0
    nice inpo bro.....:top:

    tapi yg ini wa krg setuju
    slnya siverqueen yg d meja dah meleleh duluan:hahai::hahai:
     
  15. Offline

    aoi_azzura Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 23, 2008
    Messages:
    269
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +59 / -0
    Hebat! Ternyata ahli metalurgi toh.... Mantap gan! Ini dia begini ini harusnya mahasiswa indonesia. Ulasannya sangat dalam. Walaupun yang grafik gw sekip karena gw tau gw gak punya dasar ilmunya, tapi ulasan yang lain walaupun teknis tapi sangat jelas.

    :niceinfo:
     
  16. Offline

    moonshine Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 11, 2009
    Messages:
    417
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +83 / -0
    tapi kita melupakan suatu...sehebat2nya buatan manusia pasti akan takluk juga oleh kekuatan alam....

    mau pake serat karbonpun/baja terkuat sedunia(tapi inget lho bahan kapal) kalo dibenturkan ke gunung es modar juga
     
  17. Offline

    Genobe Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 18, 2010
    Messages:
    188
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +14 / -0
    gw dolo pas pertama liat pilm ny gw pikir itu cerita fiktif taunya real story

    takjub banget pada masa itu bisa bikin kapal segede dan semegah itu

    tapi kekuatan alam emang g bisa di lawan manusia hanya dapat memprediksikan
     
  18. Offline

    onibanchou Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 18, 2010
    Messages:
    583
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +106 / -0
    waktu ini di Tv ada tuh ulasan nya napa TITANIC bisa kelelep...:rokok:
    kata nya sih itu disebab in karena lapisan penyambung seperti mur2 nya gtu dah, yang ngga kuat nahan benturan bongkahan es gtu kata nya, jadi yah akhir nya kelelep dah tuh hancur TITANIC...:cerutu:

    btw, itu di bangakai kapal dasar laut itu masih ada ngga yah mayat2 penumpang nya kira2...!??!?:???:
     
  19. Offline

    Yuzaku Beginner Members

    Joined:
    Aug 10, 2010
    Messages:
    231
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +17 / -0
    wah..analitis banget..ini ulasan yg patut dicontoh..orisinal & rasional..
    :belajar: :top:
     
  20. Offline

    kucing_alas Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    898
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +56 / -0
    wah...jd tau klo kekuatan besi tergantung pada jumlah karbon yg terdapat didalamnya...
     
  21. Offline

    devagni Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 1, 2010
    Messages:
    158
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +46 / -0
    wah diagram Fe-Fe3C juga kepake :hahai: dulu kuliah metal musti hafal nih diagramnya...sampe kena semprot asisten gak hapal2....
    emank jadi keras banget tapi getas....bener bro
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS.ID

Indowebster, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.