1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Kebiasaan Buruk Yang Baik Untuk Kesehatan

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by blacksheep, Sep 23, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    blacksheep Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,600
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +24,963 / -0
    Memang yang namanya kebiasaan buruk pastilah merugikan bagi kita, namun berdasarkan penelitian, tidak semua kebiasaan buruk itu merugikan. Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk yang baik untuk kesehatan.
    Marah : baik untuk menjaga tekanan darah


    Kita sudah terbiasa diperingatkan untuk menahan amarah karena bisa menyebabkan Tekanan Darah Tinggi (hipertensi), tetapi sekarang hal itu tidak berlaku karena melepaskan amarah memberikan keuntungan bagi kesehatan.

    [​IMG]
    Peneliti dari Carnegie Mellon University di Pittsburgh menemukan bahwa orang yang segera merespon sesuatu hal yang menjengkelkan (yang bisa menyebabkan stress) dengan kemarahan, mampu menjaga tekanan darah tetap normal dan mensekresi sedikit kortisol (hormon penyebab stress) daripada orang-orang yang merespon dengan rasa takut dan memendam perasaan mereka.

    Permasalahannya hanya pada bagaimana seharusnya bereaksi terhadap situasi. Menunjukkan tingkat kemarahan yang proporsional, membantu anda mengembangkan perasaan untuk meningkatkan kontrol dan optimisme.
    Hal ini tidak terjadi pada perasaan takut atau frustasi, yang justru meningkatkan pengeluaran kortisol. Dimana seringnya stress pada tingkat tertentu bisa menyebabkan penyakit jantung.

    Pada penelitian tersebut, psikolog Jennifer Lerner meneliti pada 92 siswa dengan memaksa mereka untuk mengerjakan tugas-tugas yang sangat sulit dan dibawah tekanan. Kemudian peneliti merubah peraturan beberapa kali selama test. Jika jawaban salah, maka tugas harus dikerjakan kembali dari awal, sehingga menyebabkan frustasi.

    Kemudian data dicatat, dengan menggunakan kamera video untuk merekam ekspresi wajah siswa, dan peneliti mengidentifikasi tasa takut, kemarahan, dan rasa tidak nyaman. Peneliti juga mencatat tekanan darah, denyut nadi, dan sekresi kortisol.

    Hasilnya, siswa-siswa yang wajahnya menunjukkan rasa takut selama test, peningkatan tekanan darah dan sekresi kortisol lebih tinggi dibandingkan dengan siswa-siswa yang marah.


    Video Games : meningkatkan metabolisme


    Meskipun dipersalahkan sebagai salah satu penyebab obesitas, bermain video games bisa benar-benar membantu kebugaran dan menurunkan berat badan. Para ilmuwan diUniversity of Miami melakukan penelitian pada 21 anak yang diberikan permainan Tekken 3 (salah satu games pada Sony Playstation).
    [​IMG]
    Pada penelitian tersebut tampak bahwa selama permainan, jantung berdenyut lebih cepat, mereka menggunakan lebih banyak energi dan mulai bernapas lebih cepat.​
    Salah satu peneliti, Dr. Arlette Perry, menyimpulkan bahwa bermain video games bisa memiliki efek positif pada kesehatan. Menurutnya, video games lebih baik daripada hanya duduk menonton televisi.


    Mengumpat : mengurangi rasa sakit


    Pada jaman dahulu, operasi yang dilakukan tanpa adanya anestesi, pasien menggigit sebatang kayu untuk mengurangi rasa sakit. Cara ini memang sedikit mengurangi rasa sakit, yang dibuktikan pada penelitian.
    Namun menurut para peneliti di Keele University, pasien lebih bisa menahan rasa sakit ketika mereka mengumpat atau memaki-maki dari pada menggunakan kata-kata non-ofensif.
    [​IMG]
    Dr. Richard Stephens, seorang dosen psikologi yang menjadi salah satu peneliti, mengatakan bahwa mengumpat berhubungan dengan respon adrenalin.​
    Ditemukan juga pada orang yang sedang mengumpat memiliki detak jantung yang tinggi, sehingga meningkatkan agresifitas mereka. Peningkatan agresifitas telah terbukti mengurangi kepekaan seseorang terhadap rasa sakit.

    Dalam penelitian pada 64 mahasiswa yang tangannya direndam dalam bak berisi air es, mereka diperbolehkan untuk mengumpat dengan kata-kata yang ofensif, kemudian tugas diulangi lagi dengan menggunakan kata-kata yang non-ofensif.
    Ditemukan hasil, bahwa mereka yang mengumpat dengan kata-kata yang ofensif mampu mempertahankan tangan mereka rata-rata 40 detik lebih lama. Ketika ditanya tentang rasa sakit yang dirasakan, mereka juga menilai rasa sakitnya lebih ringan.


    Bermalas – malasan : menambah beberapa tahun kehidupan anda

    Ahli Kesehatan Masyarakat, Profesor Peter AXT, mengatakan bahwa seseorang yang bangun pagi-pagi dan menyibukkan diri sepanjang hari adalah awal menuju kematian. Menurutnya, bermalas-malasan adalah kunci untuk hidup lebih lama dan penangkal stress.
    Dia menyarankan untuk menghabiskan setengah waktu luang kita untuk bermalas-malasan. Penelitian menunjukkan seseorang yang terlalu sibuk, menghabiskan energi yang dibutuhkan untuk keperluan lain seperti regenerasi sel dan menangkal penyakit.
    [​IMG]
    Pada tesisnya, dia membandingkan antara hewan yang hidup di alam liar dengan hewan yang ada di kebun binatang. Misalnya, Singa di Serengeti hanya mampu hidup selama 8 tahun, tetapi mampu hidup selama 20 tahun di kebun binatang.​
    Beruang Kutub Utara hidup selama 20 tahun di alam liar, tapi mampu hidup 40 tahun di penangkaran. Sedangkan contoh pada manusia yaitu pada para pemimpin agama (Kiai, Pendeta, dll) yang cenderung menjalani kehidupan yang tidak terlalu sibuk dengan urusan duniawi, memiliki rata-rata usia hidup lebih lama.

    Manfaat lain adalah bahwa otak kita jauh lebih aktif ketika kita melamun. Melamun biasanya dikaitkan dengan hal-hal negatif seperti ketidak-aktifan otak. Namun menurut Profesor Psikologi Kalina Christoff di University of British Columbia, otak kita sangat aktif ketika melamun, jauh lebih aktif daripada kita fokus pada tugas-tugas rutin.

    Temuan pada penelitian menunjukkan bahwa melamun, yang bisa menghabiskan sepertiga waktu jaga kita, adalah bagian penting dalam kemampuan kognitif disaat kita memilah-milah informasi penting.


    Stress : meningkatkan memory


    Stress dalam jangka waktu yang lama seperti perceraian dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh menjadi rentan terhadap infeksi. Namun stress akut (stress dalam jangka waktu pendek) justru mampu meningkatkan memori otak, menurut para peneliti di University of Buffalo U.S.
    Hal ini disebabkan oleh kortisol, mempengaruhi bagian otak yang mengendalikan proses pembelajaran dan memori otak. Stress akut meningkatkan transmisi glutamat, substansi yang menyampaikan pesan pada otak dan meningkatkan kerja memori otak.
    [​IMG]
    Zhen Yan, Profesor Fisiologi dan Biofisika, menjelaskan bahwa kortisol memiliki efek protektif dan efek destruktif pada tubuh. Itulah mengapa kita butuh stress untuk meningkatkan performa otak, namun jangan berlarut-larut karena akan memberikan efek yang destruktif pada tubuh.

    Pada penelitian, dilakukan pada tikus-tikus yang telah dilatih untuk menyelesaikan sebuah labirin. Sebagian dari tikus-tikus tersebut dipaksa untuk berenang selama 20 menit, untuk memberikan stress akut.​
    Kemudian tikus-tikus tersebut diletakkan kedalam sebuah labirin. Para peneliti menemukan bahwa tikus-tikus yang sudah diberi stress akut, lebih sedikit membuat kesalahan ketika berjalan melewati labirin dibandingkan dengan tikus-tikus non-stress.


    Menghindari Pekerjaan Rumah Tangga : mencegah asma anak


    Meningkatnya jumlah alergi dan kondisi autoimun (seperti psoriasis) selalu dihubungkan dengan masalah higien dan kebersihan. Tetapi sebenarnya itu bukan masalah utama.
    [​IMG]
    Survey yang dilakukan tahun lalu di Bristol University dan Brunel University menunjukkan bahwa wanita yang menggunakan produk-produk pembersih rumah tangga selama kehamilan atau segera setelah melahirkan, akan meningkatkan resiko anak terserang penyakit asma.

    Penelitian yang dilakukan pada 13.000 anak sebelum lahir, ditemukan bahwa pemaparan bahan-bahan kimia yang terdapat pada produk-produk pembersih terhadap kehidupan awal seorang anak, meningkatkan 41% kemungkinan anak terserang asma pada usia 7 tahun. Karena bahan kimia dalam produk-produk tersebut menyebabkan iritasi pada saluran pernafasan anak.


    Musik Keras : merangsang otak

    Menonton konser musik rock, atau menyalakan musik di rumah dengan volume suara yang keras, mungkin baik untuk kekuatan otak anda. Menurut penelitian di Manchester University, ketika mendengarkan musik, bagian dalam dari telinga (sacculus) dirangsang untuk merespon ketukan dalam musik.
    Hal ini membuat sensasi kesenangan pada otak dan membuat kita merasa nyaman. Sacculus, yang dianggap tidak memiliki fungsi dalam pendengaran manusia, tampaknya hanya sensitif terhadap suara dengan volume yang sangat keras, di atas 90 desibel.
    [​IMG]
    Neil Todd, seorang ahli dalam studi ilmiah tentang musik, menjelaskan bahwa sacculus berhubungan dengan bagian otak yang berfungsi untuk mengatur rasa lapar, seks, dan hedonistik.​
    Ketika sacculus dirangsang dengan suara musik yang keras, otak merespon dengan melepaskan hormon yang membuat kita merasa tenang, bahagia, dan responsif. Jadi untuk memberikan rasa bahagia pada hari Senin pagi, dengarkan musik keras dengan suara yang keras pula.


    Minuman Berkarbonat : mencegah demensia

    Meskipun dianggap sebagai penyebab kerusakan gigi dan obesitas, minuman berkarbonat dua kaleng sehari dapat mencegah Alzheimer dan meningkatkan kemampuan memori sebesar 20%.
    [​IMG]
    Ahli syarat dari Glasgow Caledonian University, memfokuskan pada otak bagian hippocampus yang bertugas menciptakan memori baru, dimana terjadinya dementiamenghambat kerja hippocampus.

    Dr. Leigh Riby melakukan test memori terhadap relawan, setelah mengkonsumsi minuman berkarbonat yang mengandung gula 25 g, mampu mengingat 17% lebih banyak memori daripada yang tanpa mengkonsumsi minuman berkarbonat.


    Gelisah : melawan obesitas


    Peneliti dari Mayo Clinic U.S mengatakan bahwa orang yang sering gelisah selalu cenderung tampak lebih langsing daripada orang yang selalu tenang dalam menghadapi permasalahan.
    [​IMG]
    Gerakan-gerakan ringan yang dilakukan secara tidak sadar saat gelisah seperti gerakan kaki, tangan, jantung berdebar, peregangan otot atau menguap, mengeluarkan 350 ekstra kalori per hari.

    Ahli Endokrinologi, James Levine, mengatakan ada perbedaan besar jumlah kegelisahan antara orang-orang yang ramping dan orang-orang yang obesitas. Dimana sering temukan kegelisahan pada orang-orang yang ramping.
    Sumber :
    abidinblog.blogspot.com
    Code:
    http://masivstar.blogspot.com/2009/09/kebiasaan-buruk-yang-baik-untuk.html
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    Suigintou Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 19, 2009
    Messages:
    410
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +350 / -0
    Apa nggak tuli duluan tuh :???:
     
    Last edited: Sep 23, 2009
  4. Offline

    bilabong Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 22, 2008
    Messages:
    563
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +183 / -0
    Karbonat semacem kokakola apa pokari?

    Alay mode : on
    N1C3 !nP0 9@N.
     
  5. Offline

    Ash Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 11, 2009
    Messages:
    111
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +18 / -0
    kayaknya minuman2 b'soda d kyk cocacola dkk
     
  6. Offline

    Dika Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 24, 2009
    Messages:
    266
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +15 / -0
    berkarbonat
    itu minuman bersoda
    kan kalo di fanta, cocacola dll kan ada tulisannya 'carbonated drink'

    btw emangnya mendengarkan musik keras itu kebiasaan buruk ya?
    kok tidak dilarang :hahai:
    soalnya saya juga tiap hari dengerin metal :listen:
     
  7. Offline

    sosmall Senpai Veteran

    Joined:
    Jan 10, 2009
    Messages:
    5,296
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +74,014 / -0
    Bermalas – malasan : menambah beberapa tahun kehidupan anda

    Baru tau kalo bermalas2an ternyata ga seburuk yg dipikirkan :hahai:
     
    • Like Like x 2
  8. Offline

    dark_batosai Beginner Members

    Joined:
    Jun 7, 2009
    Messages:
    218
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +45 / -0
    Last edited: Sep 24, 2009
  9. Offline

    wiwi.22 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 21, 2008
    Messages:
    479
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +20,107 / -0
    wah, ternyata bermalas-malasan masuk kategori yang menyehatkan? trus ga produktif dong, bisa dimaki2 sama boss, atau dosen, atau ortu neh kalo gini.. sama aja ntar juga jadi sakitt deh..
     
  10. Offline

    valiant31 Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 1, 2009
    Messages:
    46
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    Bermalas – malasan : menambah beberapa tahun kehidupan anda
    mantab gan !! :top:
     
  11. Offline

    Vourtz Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 16, 2008
    Messages:
    219
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +38 / -0
    Kayaknya "Kebiasaan Buruk" yang ada diatas harus dilakukan dengan batyas kewajaran deh. Solanya klo gk jadi bener-bener "Buruk" nantinya...
    bner tak?
     
  12. Offline

    allucalt Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 11, 2008
    Messages:
    1,075
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +13,645 / -0
    kayaknya selain ada manfaatnya, lebih banyak buruknya juga kan...
    tapi bisa dijadiin alasan, :hihi:
    kalo ada yang negur jangan males bisa dijawab "bisa tambah umur lho"
    :lol:
     
  13. Offline

    jeanovea Lurking Around Rest In Peace

    Joined:
    Apr 17, 2008
    Messages:
    1,338
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +33,140 / -0
    Boleh 2 ajah kebiasaan buruk diatas dilakuin
    tapi harus dalam batas normal ajah,....

    Masa iyah setiap hari kita harus marah n mengumpat.... :hehe:
     
  14. Offline

    haineko Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 9, 2009
    Messages:
    1,126
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +5,514 / -0
    Besok malas-malasan ah... :hahai: sama dengerin musik terus :listen:
    males-males-males-males biar umur panjang :malu1:
     
  15. Offline

    preman Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 14, 2009
    Messages:
    192
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +139 / -0
    hahaa...
    ternyata ada juga manfaatnya kebiasaan awa
    maklum pengangguran...hampir semuanya rutin tiap hari
    gitu2 aja ga da perubahan
     
  16. Offline

    wy_wyn Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 9, 2009
    Messages:
    19
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    wahhh g nyangka bermalasan ada gunanya juja yakh..:onsen::onsen::onsen:

    pi klo malasnya k terusan makan apa klo g kerja. . . :kecewa::kecewa:
     
  17. Offline

    sosmall Senpai Veteran

    Joined:
    Jan 10, 2009
    Messages:
    5,296
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +74,014 / -0
    Stress : meningkatkan memory

    Keknya yg ini ada benerna juga :top:

    Kalo orang yg stres kan karna banyak berpikir..

    Tentunya dapad meningkatkan memory karna selalu mengingat permasalahan yg dihadapinya :haha:
     
    • Like Like x 1
  18. Offline

    gerry1990 Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    80
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    hehehe..tapi meskipun kebiasaan buruk tadi emang ada manfaatnya,tetep aja pasti punya sisi buruknya juga,,mending melakukan kebiasaan baik yang bermanfaat baik. .:piss::piss:
     
  19. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,177 / -0

    maklumlah. pantes kalo belajarnya sistem kebut semalem lebih mantep daripada nyicil.... hahaha....

    tapi terlalu banyak stress, kortisol yg keluar bisa sangat banyak; ini justru akan menimbulkan efek buruk terhadap sistem kekebalan tubuh, otot, tulang, pencernaan, dll termasuk juga kinerja otak dan memori. kortisol itu kan semacam kortikosteroid.
     
  20. Offline

    gildaditya Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 18, 2009
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    iya.
    setuju.
    kebiasaan baik lebih banyak kok.

    btw, ada batasan yang lebih detail gak?
    misalnya malas - malasan tu contohnya kayak gimana,,,,

    :listen:
     
  21. Offline

    juprir Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 7, 2008
    Messages:
    187
    Trophy Points:
    101
    Ratings:
    +3,805 / -0
    setuju, kebiasaan buruk cukup sekali-kali aja...kalo kebanyakan justru jadi banyak ruginya
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.