1. Kami staff IDWS mengucapkan : Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438H, Mohon maaf lahir dan batin. Sehubungan dengan pelayanan membership silahkan klik disini
    Dismiss Notice
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  5. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  6. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  7. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Biology Keajaiban Sel: Pabtik Raksasa Yang Tidak Tampak Oleh Mata Telanjang

Discussion in 'Science and Technology' started by akmalbahtiar, Jun 18, 2017.

  1. Offline

    akmalbahtiar Members

    Joined:
    Jun 5, 2017
    Messages:
    2
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    [​IMG]

    Sebagaimana yang telah kita pahami, bahwasanya tubuh kita terdiri atas jutaan sel. Jumlah sel ini tidak bisa disepelekan. Jelaslah bahwa 1 triliun adalah jumlah yang sangat besar. Pada tiap bagian tubuh manusia dewasa terdiri dari 100 triliun sel.

    Tetapi syukurlah sel-sel ini berukuran kecil, menyebabkan badan kita tidak memiliki ukuran besar. Contoh-contoh yang akan kita berikan di sini akan mempermudah kita untuk lebih memahami sungguh kecilnya sel-sel itu. Ketika satu juta sel-sel tubuh kita bersatu bersama, mereka menempati sebuah ruangan yang lebih kecil daripada sebuah ujung jarum. Meskipun demikian ukurannya tidak besar, model satu buah sel sangat sulit dimengerti secara detail. Kalangan ilmuwan terus melakukan studi mengenai sistem yang dimiliki oleh satu sel.

    Sel pertama yang membentuk badan kita berasal dari rahim ibu kita dengan menyatunya dua sel, yang satu dikeluarkan oleh tubuh ibu kita dan satunya lagi oleh ayah kita. Sel ini terus membelah lalu berubah menjadi segumpal daging beberapa saat kemudian. lalu, ketika sel-sel yang membentuk daging ini terus membelah untuk membentuk sel-sel baru, badan kita pun mulai perlahan memiliki bentuk.

    Bentuk yang berbeda dimiliki oleh setiap sel. Beberapa menjadi sel darah, beberapa menjadi sel tulang, dan lainnya menjadi sel syaraf. Ada 200 jenis sel berbeda di dalam tubuh kita. Yang jelas, semua sel ini terdiri dari bagian-bagian yang sama, walau masing-masingnya melaksanakan fungsi tidak sama.

    Misalnya, sel-sel otot pada kaki kita seperti anyaman tali sehingga kita bisa berjalan dan berlari. Berkat bentuk tersebut, otot-otot tangan atau kaki kita tidak robek karena peregangan yang berlebihan ketika kita bermain bola. Adapun sel darah memiliki bentuk bulat seperti piringan. Fungsi mereka adalah membawa oksigen, yang dibutuhkan oleh tubuh kita, lewat perantaraan pembuluh darah. Dengan bentuk mereka ini, mereka mampu dengan mudah mengalir melewati pembuluh darah bersama O2 yang sel-sel darah. Di lain pihak, sel-sel kulit, menyatu dan teratur rapat. Dengan demikian, kulit kita tidak mampu ditembus oleh mikroba dan air.

    Begitu juga dengan semua sel-sel lainnya. Mereka pun memiliki bentuk yang sesuai dengan tugasnya tiap-tiap sel. Akan tetapi sel-sel tersebut tidaklah mendapatkan wujudnya secara kebetulan. Coba bayangkan komputer, mobil, atau pesawat. Ada orang yang telah mendesain bentuknya dan sistem yang dibutuhkan untuk menjalankan masing-masing alat ini. Semua perinciannya dipikirkan dan direncanakan oleh ahli perusahaan yang memproduksinya.

    Mobil-mobil diproduksi sehingga nyaman dan aman untuk dijalankan. Televisi dibuat sehingga bisa menampilkan gambar dan suara dengan mutu terbaik kepada penggunanya. Ini tidak hanya berlaku untuk alat-alat teknologi, tapi juga untuk seluruh produk yang kita pakai. Meja, kursi, bangunan tempat kita tinggal, pensil yang kita gunakan, peralatan makan seperti sendok dan garpu di dapur kita. seluruhnya adalah hasil sebuah rancangan. Masing-masingnya telah direncanakan dengan terperinci dan tidak ada yang terjadi karena kebetulan. Seperti yang kita ketahui, agar sebuah rancangan dan sebuah produk bisa terjadi, diperlukan akal.

    Sekarang, mari kita renungkan tubuh kita. Sel-sel kita memiliki perencanaan dan fungsi yang lebih maju dibandingkan sebuah televisi atau peralatan teknologi mana pun. Bahkan, sel-sel ini memiliki sifat yang luar biasa, yaitu mereka hidup. Seperti telah disebutkan sebelumnya, para ilmuwan tidak sepenuhnya memahami sistem dalam bentuk kecil yang menakjubkan ini.

    kita tentu ingin tahu, bagaimana rancangan seperti itu, yang tidak bisa diketahui dengan sempurna oleh pikiran manusia, bisa tercipta dalam ruang yang kecil itu? Ini membuktikan kepada kita bahwa sel-sel kita telah direncanakan dan diciptakan oleh sesuatu yang memiliki kecerdasan maha hebat. Pemilik kecerdasan seperti itu adalah Tuhan, Yang Maha Kuasa telah menciptakan kita dengan sempurna hingga perincian terkecilnya.
     
Tags:

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.