1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Katanya Minum Susu Justru Menyebabkan Osteoporosis... Masa sih ?

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by VinBaik, Apr 20, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    VinBaik Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 27, 2008
    Messages:
    234
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +260 / -0
    Gak percaya kan... coba deh baca artikel berikut ini :

    Hari Osteoporosis Nasional 2009 diperingati ribuan warga di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, tanggal 25 Oktober lalu. Sebagai sebuah event, acara itu cukup berhasil menarik perhatian, yang tentu tidak lepas dari peran sebuah perusahaan swasta yang memasarkan produk susu, terutama untuk orang dewasa.

    Acara itu juga seolah-olah merupakan antitesis atau sanggahan terhadap pendapat bahwa minum susu terlalu banyak justru menyebabkan osteoporosis. Pendapat yang terakhir ini tercantum dalam buku best seller karya Prof dr Hiromi Shinya, The Miracle of Enzyme-Self-Healing Program, yang tahun 2008 telah diterjemahkan ke bahasa Indonesia dan diterbitkan Qanita, anak perusahaan Mizan.

    Hingga tahun ini, buku itu telah mengalami cetak ulang beberapa kali. Tak kurang dari pengusaha Ciputra amat memercayai isi buku itu, sampai pernah mengadakan seminar untuk warga usia lanjut di rumahnya dengan pembicara seorang dokter yang menguraikan pokok-pokok isi buku Shinya.

    Dalam bukunya itu, Shinya yang guru besar kedokteran Fakultas Kedokteran Albert Einstein di Amerika Serikat menulis demikian: ”Satu miskonsepsi umum yang terbesar mengenai susu adalah bahwa susu membantu mencegah osteoporosis. Oleh karena jumlah kalsium dalam tubuh kita berkurang seiring dengan usia, kita diberi tahu untuk minum susu yang banyak untuk mencegah osteoporosis. Namun, ini adalah sebuah kesalahan besar. Minum susu terlalu banyak sebenarnya menyebabkan osteoporosis.”

    Apa argumen Shinya terhadap pendapatnya yang ”melawan” pendapat umum ini, termasuk sebagian dokter ahli gizi klinik? Menurut Shinya, kadar kalsium dalam darah manusia biasanya terpatok pada 9-10 mg. ”Namun, saat minum susu, konsentrasi kalsium dalam darah Anda tiba-tiba meningkat. Walaupun sepintas lalu hal ini mungkin terlihat seperti banyak kalsium telah terserap, peningkatan jumlah kalsium dalam darah ini memiliki sisi buruk. Ketika konsentrasi kalsium dalam darah tiba-tiba meningkat, tubuh berusaha untuk mengembalikan keadaan abnormal ini menjadi normal kembali dengan membuang kalsium dari ginjal melalui urine,” demikian pendapat Shinya.

    Ia menambahkan, ”Jika Anda mencoba minum susu dengan harapan mendapatkan kalsium, hasilnya sungguh ironis, yaitu menurunnya jumlah kalsium dalam tubuh Anda secara keseluruhan. Dari empat negara susu besar—Amerika, Swedia, Denmark, dan Finlandia—yang banyak sekali mengonsumsi susu setiap hari, ditemukan banyak kasus retak tulang panggul dan osteoporosis.”


    Masuk akal
    Menanggapi pendapat Shinya ini, pakar gizi klinik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof Dr Waloejo Soerjodibroto, ketika dihubungi menyatakan bahwa pendapat tersebut masuk akal. Waloejo mengaku belum membaca buku Shinya, tetapi ia belum yakin bahwa kadar kalsium yang berlebih akibat asupan minum susu justru akan mendorong pembuangan kalsium dari ginjal melalui urine, termasuk kalsium dari massa tulang. ”Betapapun susu adalah sumber protein sehingga dalam konteks yang benar, susu tetap berguna untuk tubuh,” katanya.

    Walaupun demikian, Waloejo setuju dengan sebagian pendapat Shinya bahwa susu sapi memang paling cocok untuk anak sapi, bukan untuk anak manusia, apalagi manusia dewasa. ”Dalam perkembangan masyarakat modern, air susu ibu diganti oleh susu formula atau pengganti air susu ibu supaya kaum ibu bisa aktif bekerja. Manusia punya otak untuk merekayasa, termasuk menciptakan pengganti air susu ibu yang mendekati atau mirip air susu ibu, walaupun tak bisa sama persis,” tambahnya.

    Kita tentu ingat slogan gizi ”Empat Sehat, Lima Sempurna” yang diciptakan tokoh gizi nasional, almarhum Prof dr Poorwosoedarmo, sekitar empat dekade lalu, yang menyebutkan bahwa konsumsi susu ”menyempurnakan” empat komponen makanan lainnya (karbohidrat, protein dan lemak nabati/hewani, sayur, dan buah-buahan). Menurut Waloejo, slogan itu bagus dan amat berguna pada masa tahun 1960-an ketika kondisi gizi masyarakat Indonesia masih kurang baik karena memberikan panduan yang mudah diingat masyarakat awam.

    ”Namun, kini kita dapat mempertanyakan, apakah benar tanpa susu asupan gizi kita kurang sempurna. Panduan ini kemudian diganti dengan istilah ’menu seimbang’ (balanced diet), yang sebenarnya juga tidak pas. Yang benar untuk konteks Indonesia adalah giza atau gizi lengkap (wholesome diet). Semua komponen ada, tidak kelebihan, tidak kekurangan,” tutur Waloejo.

    Konsumsi ikan
    Menurut Prof Errol Untung Hutagalung, Ketua Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (Perosi), puncak massa tulang (peak bone mass) manusia terjadi pada usia 20 hingga 30-an tahun. Jumlah penderita osteoporosis terus meningkat dan dikhawatirkan menjadi beban masalah kesehatan di Indonesia 40 tahun lagi. Salah satu upaya pencegahannya adalah dengan memaksimalkan mengonsumsi kalsium ketika usia 20-30 tahun. Pengurangan kalsium mulai terjadi pada usia 40 tahun dan makin meningkat setelah usia 50 tahun, katanya (Kompas, 26/10). Ketika dihubungi semalam, Hutagalung menyatakan belum membaca buku Shinya sehingga belum bisa berkomentar bahwa konsumsi susu malah dapat meningkatkan laju osteoporosis.

    Prof Waloejo sebaliknya setuju dengan pendapat Prof Shinya bahwa asupan kalsium tidak melulu harus dari susu. Ikan-ikan kecil dan rumput laut, yang selama berabad-abad dimakan oleh bangsa Jepang, ternyata mengandung kalsium yang tidak terlalu cepat diserap (slow release) yang justru dapat meningkatkan jumlah kalsium dalam darah.

    Waloejo menekankan, yang penting untuk mencegah berkurangnya massa kalsium pada jaringan tulang bukan hanya asupan kalsium, tetapi juga tersedianya vitamin D3, yang dibuat dari inti kolesterol.

    Pada awal evolusi, manusia purba tidak gampang mencari lemak. Dalam perkembangannya, lingkungan dan pola hidup manusia berubah, tetapi mekanisme usus dan enzim-enzim manusia purba masih tidak berbeda dengan manusia modern.

    ”Itulah sebabnya kita sekarang menjumpai banyak kasus obesitas, kelebihan kolesterol dan trigliserida. Kritik Prof Shinya ada benarnya,” katanya.

    [​IMG]

    Sumber:
    Code:
    http://kesehatan.kompas.com/read/2009/11/04/07414164/Minum.Susu.Justru.Sebabkan.Osteoporosis.
    Moga-2 gak repost :piss:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    darkpsycho Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 20, 2008
    Messages:
    1,407
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +2,430 / -0
    nah loe??? minum susu ato tidak nih???

    sepertinya tidak minum susu tapi lebih baik makan ikan2 kecil, btw ikan2 kecil yg dimaksud ikan apa yah?
    ikan teri kah?
     
  4. Offline

    echiezo Members

    Joined:
    Apr 20, 2010
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    emang kalo mau sehat itu yang secukupnya aja sesuai aturan..jangan berlebihan :|
     
  5. Offline

    VinBaik Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 27, 2008
    Messages:
    234
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +260 / -0
    Yup bener ikan teri Bos :haha:

    Tempe, Obat Murah Meriah Atasi Osteoporosis

    Pakar Gizi Prof Dr. Muhilal berpendapat dengan cara mengkonsumsi makanan tempe secara teratur dapat mencegah osteoporosis yang kerap memicu patah tulang.

    Kandungan kalsium yang terdapat pada makanan tempe tersebut sangat tinggi.
    Menurut dia, kandungan kalsium tersebut juga paling banyak terdapat pada Air Susu Ibu (ASI), untuk itu sangat dianjurkan pada bayi agar diberi ASI sampai usia dua tahun.Tetapi untuk orang dewasa lebih diutamakan mengkonsumsi makanan tempe.
    Selain itu kata dia, ikan teri juga mempunyai kandungan kalsium yang cukup tinggi, serta sayuran hijau brokoli dan sayur bayam. Namun harus diperhatikan cara memasaknya, tidak perlu terlalu matang. Tujuannya agar kalsiumnya tidak hilang.
    “Sebenarnya masyarakat kita banyak yang tidak mengetahui kalau makanan tempe yang terbuat dari kacang kedele, ikan teri serta sayur bayam dan sayur brokoli mempunyai kasiat yang tinggi, dan juga dapat untuk mencegah berbagai jenis penyakit”, ujarnya.
    Ia menjelaskan, bagi masyarakat yang tidak mampu membeli susu dan vitamin untuk penambah kalsium. Dan mereka dapat hanya dengan makan tepe dan sayur bayam setiap hari sudah menambah pasokan kalsium.
    Masyarakat Indonesia tidak perlu harus kekurangan kalsium, karena untuk mendapatkannya tidak harus dengan mengeluarkan biaya yang besar, tambahnya

    Source:
    Code:
    http://www.benih.net/news/tempe-obat-murah-meriah-atasi-osteoporosis.html



    Betul, yang sedang-2 aja keknya lebih bagus
     
    Last edited: Apr 20, 2010
  6. Offline

    enceladus Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 8, 2010
    Messages:
    98
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +16 / -0
    Kalo dilihat dari tulisan yang saia tebalkan, bukankah itu berarti sebenarnya susu tidak menyebabkan osteoporosis?

    Tubuh membuang kalsium yang berlebih dalam darah akibat kebanyakan kalsium yang masuk dari susu. itu berarti kalsium akan dibuang BILA kadarnya berlebihan di dalam tubuh. nah.. jadi kalo ada orang yang dah sering konsumsi susu secara berlebihan, sebaiknya kurangi porsinya secara perlahan karena manusia hanya membutuhkan 9 - 10 mg. jadi tubuh g bakal ngambil kalsium dari tulang. Trus yang g pernah ato jarang minum susu ato makanan yang berkalsium, ada baiknya bila memulai mengkonsumsi makanan itu karena setiap harinya darah membutuhkan kalsium. kalo g ada kalsium yang masuk, tubuh akan mengambilnya dari tulang dan lama-kelamaan akan timbul osteoporosis. begono...
     
  7. Offline

    enceladus Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 8, 2010
    Messages:
    98
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +16 / -0
    Maap kk sekalian.. Dopost... :maaf:

    Bang momod, hapus aja post saya yang ini...
     
    Last edited: Apr 20, 2010
  8. Offline

    masuakal Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    May 29, 2009
    Messages:
    4,511
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,650 / -0
    hmm memang sekilas sangat Masuk akal seperti nama ku :haha:
    tapi masi kurang bisa di percaya butu penelitian lebih lanjut
     
  9. Offline

    S1lver_8ullet Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 17, 2007
    Messages:
    294
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +44 / -0
    yang boneng lu Gan ..
     
  10. Offline

    VinBaik Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 27, 2008
    Messages:
    234
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +260 / -0
    Setuju, seperti yg aku post di atas intinya konsumsi susu secukupnya saja, tidak berlebihan dan sesuai kondisi tubuh masing-2

    Lagipula dari yg pernah aku baca, kalsium sudah tidak dapat disimpan lagi di dalam tulang jika seseorang sudah lewat dari masa pertumbuhan dan akan dibuang keluar tubuh melalui urine. Jadi minum susu high kalsium lebih cocok untuk anak yg sedang dalam masa pertumbuhan, bukan untuk manula dengan dalih mencegah osteoporosis...
    Untuk mencegak osteoporosis, salah satu caranya adalah berolahraga secara teratur, terutama sejak muda, karena pembebanan pada tulang dapat meningkatkan massa dan kepadatan tulang; selain tentunya memenuhi asupan diet yang seimbang.
    CMIIW, please... :angel:
     
    Last edited: Apr 21, 2010
  11. Offline

    Rick_hardner Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 10, 2009
    Messages:
    1,867
    Trophy Points:
    132
    Ratings:
    +1,803 / -0
    Kan ada cara lain mencegah osteoporosis...
    Olahraga yg teratur
     
  12. Offline

    VinBaik Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 27, 2008
    Messages:
    234
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +260 / -0
    ^ Betul, Gan
    sama seperti yang saya tulis di post atasnya

    :piss:
     
  13. Offline

    dhie Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 19, 2009
    Messages:
    332
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +187 / -0
    waduh... jadi sebenernya minum susu yang sehat itu gimana porsinya yah?? :???:

    soalnya ane paling demen tu minum susu, pagi satu gelas, sore satu gelas, malem mau tidur bisa dua gelas...

    Harus dikurangi nih kalo resikonya seperti itu...
     
  14. Offline

    tygrex Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 29, 2009
    Messages:
    564
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +335 / -0
  15. Offline

    VinBaik Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 27, 2008
    Messages:
    234
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +260 / -0
    Buat dhie ma tygrex
    Artikel di atas kan lebih menekankan kandungan kalsium yang tinggi pada susu bubuk, yang belakangan ini diklaim baik untuk mencegah osteoporosis.
    Kalo yang dikonsumsi susu sapi segar atau lebih baik lagi susu kedelai murni, kandungan kalsiumnya tidak akan setinggi susu keluaran pabrik yang dibuat high calcium.
    Jadi balik lagi ke diri masing-2...setelah membaca info ini merasa perlu atau tidak mengurangi minum susunya

    IMO, satu gelas susu setiap hari rasanya cukup untuk memenuhi kebutuhan kebanyakan orang.... dan tetap harus diimbangi diet makanan yang baik.

    :piss:
     
  16. Offline

    DanEEL Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 29, 2009
    Messages:
    741
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +211 / -0
    weleh.. kalo begitu percuma dong produk yang menggembor²kan susu kalsium kalo kenyataannya beda?
     
  17. Offline

    kagetora Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 26, 2009
    Messages:
    113
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +1 / -0
    ah, jadi bingung kalo gini, yang satu bilang susu kalsium mencegah osteophorosis, yang lain bilang sebaliknya....
    yang mana yang harus diikutin kalo gini :bingung:

    terus kesannya yang bilang susu tinggi kalsium sangat mengandalkan penelitian prof shinya (masih belum ada penelitian dari ahli lain kah?)
    kalo yang bilang susu high calcium justru mencegah osteophorosis sih gw dengernya dari iklan doang :P
     
  18. Offline

    abdulrasyit Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 7, 2009
    Messages:
    166
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +2,239 / -0
    Kalau susu kedelai bagaimana?
    Ane sih malas minum susu hewani, lebih suka susu nabati.
     
  19. Offline

    FanHarrD Beginner Members

    Joined:
    Jan 31, 2010
    Messages:
    381
    Trophy Points:
    151
    Ratings:
    +10,277 / -0
    minum susu sesuai kebutuhan aja.... jgn berlebihan... sehari segelas susu udah cukup kok... :nikmat:
    yg penting kalsiumnya kita dapet, gizinya juga dapet...

    kalo berlebihan yg ada malah timbul penyakit yg aneh2....
     
  20. Offline

    vettelizz11er Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 11, 2010
    Messages:
    517
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +166 / -0
    gw baru bisa percaya kalo minimal ada 3 peneliti yg mengatakan hal yg sama :ngacir:
    kalo cuma 1, kita tidak tau apakah dia benar2 mengatakan hal yg sebenarnya :ngacir:
     
  21. Offline

    VinBaik Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 27, 2008
    Messages:
    234
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +260 / -0
    Aku jg sekarang lebih cenderung ke susu kedelai
    dan mengurangi konsumsi susu sapi


    Selain dari buku Miracle of Enzyme, Hiromi Shinya...
    - referensi yang bisa dianggap paling awal yg membahas masalah ini adalah dari buku Diet for A New America (1987) - John Robbins, kalo yg ini taunya dari seminar Anthony Robbins
    - aku pernah baca hal yang sama dari buku-2 yg ditulis oleh ahli kesehatan khususnya dalam hal diet makanan sehat (natural & raw food, FC) seperti Herbert M Shelton, Andang W Gunawan dll

    John Robbins - menyatakan dalam bukunya yang berjudul Diet for a New America:
    How Your Food Choices Affect Your Health, Happiness and the Future of Life on Earth, menyatakan DAGING, TELUR dan PRODUK SUSU sebagai 3 makanan yang paling memudaratkan

    Penduduk di Finland atau US menghadapi resiko tinggi untuk penyakit osteoporosis, kanker prostate dan kanker ovari berbanding dengan negara-negara lain.

    Penelitian-susu mempunyai banyak kekurangan, Para Ahli Gizi tidak menyarankan susu untuk bayi.

    Dia menerbitkan buku yang telah mendapat Penghargaan Pulitzer, Diet for a New America pada tahun 1987 dalam upaya membeberkan kekejaman di pabrik peternakan dan mendorong orang lain untuk menerapkan pola makan nabati. Dalam jangka waktu lima tahun setelah penerbitan bukunya, penjualan daging sapi di Amerika Serikat menurun hingga mencapai 20%

    John Robbins - Satu-satunya pewaris Jaringan Es Krim Terbesar di dunia BASKIN ROBIN, menolak untuk mendapatkan warisan tersebut di sebabkan BELIAU Melihat Bahayanya makanan tsb..

    :piss:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.