1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Kapan Boleh Bermesraan di Depan Umum?

Discussion in 'Lifestyle' started by Xinez, May 2, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    Xinez Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    2,933
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +30,256 / -0
    [​IMG]

    Kiss Me Cam, kamera yang dipasang di stadion atau arena olahraga untuk merekam penonton yang sedang bermesraan di tengah-tengah pertandingan berhasil merekam adegan saat Justin Timberlake dan Jessica Biel berciuman. Saat itu mereka sedang menonton pertandingan basket LA Lakers, dan tidak sadar tengah direkam, karena giant screen di stadion sedang menampilkan video I Got You Babe milik Sonny dan Cher. Mendadak layar berganti mempertontonkan Justin yang tengah mencium mesra sang pacar.

    “Kami sebenarnya enggak gitu-gitu amat. Tetapi waktu layar beralih kepada kami, saya belum selesai (menciumnya). Jadi saya mencium pacar saya di depan 18.000 orang,” ungkap Justin saat ”diinterogasi” Jimmy Kimmel dalam acara Jimmy Kimmel Live! mengenai terekamnya gambar tersebut.

    Justin Timberlake bukan orang pertama atau satu-satunya yang melakukan PDA (public display of affection). Untuk standar Amerika, atau negara-negara Barat, hal ini tentunya sudah dianggap biasa. Namun toh, mengenai ciumannya di lapangan basket tersebut, Justin sedikit menyesalinya. “Seharusnya saya membuat keputusan yang lebih baik,” kilahnya.

    Di negara kita pun, sudah banyak terlihat orang-orang menunjukkan kemesraan di depan umum. Coba Anda lihat di mal-mal, di mana anak sekolah dengan cueknya duduk merapat sambil berciuman (bibir, tentunya!). Di tempat-tempat makan, pasangan muda duduk berdampingan sambil terus berbisik-bisik satu sama lain. Di depan lift, juga di mal, sering terlihat pasangan yang menunggu lift terbuka sambil saling menyentuh, dari wajah hingga pinggul.

    Perlu Anda ketahui, bahkan di Amerika, orang masih mempermasalahkan PDA karena menganggap kemesraan di depan umum ada batasnya. Hal ini termasuk untuk pasangan yang sudah menikah. Mantan Wakil Presiden AS Al Gore sempat menjadi pembicaraan media setelah ia mencium istrinya, Tipper, setelah menerima nominasi sebagai presiden pada tahun 2000. Ia dianggap tidak dapat menahan diri sampai tiba di hotel saja untuk menunjukkan kegirangannya setelah dinominasikan.

    Bagi banyak pasangan, PDA bisa menjadi masalah, terutama bila mereka memiliki batas-batas yang berbeda. Anda boleh saja bersikap mesra, tanpa menyinggung perasaan pasangan atau orang di sekitar Anda. Misalnya, bila pasangan dengan cepat menarik bibirnya dari bibir Anda jika ada orang lain di sekitar Anda, bisa jadi karena ia sebenarnya malu atau menganggap hal ini tidak pantas.

    “Wajar-wajar saja kok bila ini dilakukan di tempat yang tepat. Asal tidak lebih dari bergandengan tangan, memeluk pinggang, atau mengecup bibir,” papar Charles Purdy, kolumnis etiket dari Vancouver, British Columbia, dan penulis Urban Etiquette: Marvelous Manners for the Modern Metropolis. Sedangkan, “Extreme PDA, seperti tangan menggerayang di bawah pakaian atau mengulum bibir, hanya membuat pasangan itu terlihat tidak dewasa atau mungkin sedang mabuk.”

    Di tempat dan waktu yang tepat

    Hanya karena bioskop adalah tempat yang gelap, tidak berarti ini tempat yang sempurna untuk melakukan sesi kemesraan. Yang menjadi masalah adalah kebanyakan orang tidak tahu dimana seharusnya kita tidak melakukan PDA karena tidak pantas dilihat orang lain. Masalah selanjutnya, beberapa orang juga tidak peduli dengan aksi pasangan yang mengumbar kemesraan. Bagaimana pun juga, menunjukkan kemesraan pada pasangan adalah hak pribadi setiap orang.

    Nah, kalau begitu, kapan, dimana, dan jenis kemesraan seperti apa sih, yang pantas atau tidak pantas kita lakukan di depan umum? Pada intinya, Anda boleh bermesraan di depan umum selama hal itu tidak mengganggu atau merugikan orang lain.

    1. Mengecup bibir pasangan saat bertemu atau berpisah. Ini sering terlihat saat suami mengantarkan istrinya ke kantor atau ketika si dia menjemput Anda di bandara setelah bertugas ke luar kota atau luar negeri. Hal ini boleh Anda lakukan karena Anda dan pasangan hanya menunjukkan rasa sayang. Rasanya hampir tak pernah terjadi pasangan saling mengulum bibir di area perkantoran karena waktunya juga terbatas. Bahkan pernah terlihat pasangan yang berciuman dan berpelukan sambil menangis di ruang boarding di bandara, dan hal ini hanya menimbulkan perasaan trenyuh.

    2. Bergandengan atau berangkulan saat jalan-jalan. Entah Anda hanya berdua atau ramai-ramai dengan teman, sedang berjalan di mal atau di acara outing bersama keluarga, boleh-boleh saja Anda menggandeng tangan pasangan. Boleh juga mengecup sepintas bibir pasangan. Menggandeng tangan juga menunjukkan rasa sayang di antara pasangan, dan orang lain biasanya tidak terganggu dengan hal ini. Bahkan teman-teman perempuan umumnya berkomentar, “Aah… so sweeeeet…!”

    3. Berpelukan saat di tempat konser. Konser-konser yang menampilkan penyanyi atau band dengan lagu-lagu yang romantis biasanya dihadiri oleh pasangan-pasangan. Biasanya pria akan memeluk pasangannya dari belakang sambil menikmati pertunjukan. Hal ini sih, wajar saja karena Anda juga akan melihat pasangan lain melakukannya.

    4. Tidak duduk berdampingan di tempat makan umum sambil ber-PDA. Anda tahu kan, ketika warung sedang penuh-penuhnya pada jam makan siang, dan ada pasangan yang sibuk membelai, mencium, atau berbisik-bisik. Mereka juga tidak segera keluar setelah selesai makan dan terus saja menghabiskan waktu di situ. Pasangan seperti ini egois karena tidak membiarkan orang lain mengambil tempat duduk mereka. Makan siang di warung-warung sekitar kantor harus dilakukan dengan cepat karena banyak yang antre. Selain itu, acara bermesraan yang tidak henti-hentinya itu juga membuat risih orang yang melihatnya.

    5. Tidak saling membelai atau berciuman di depan antrean kasir, di depan lift, di eskalator. Kalau Anda terpaksa melihat orang deep tounge kissing dalam jarak 20 cm di depan Anda, bagaimana rasanya? Barangkali tidak sekadar risih, tetapi juga geli. Orang Amerika pun akan mengatakan, “Oh, come on, get a room!”

    6. Tidak bermesraan di tempat kerja. Anda mencuri-curi waktu untuk bermesraan dengan pasangan yang sekantor, apa pun bentuknya. Hal ini sangat tidak pantas dilihat dan hanya menunjukkan ketidakprofesionalan Anda sebagai karyawan. Ingat pramugari dan pilot yang kepergok penumpang sedang bermesraan di bilik ruang tempat menyiapkan makanan? Mereka sedang diperkarakan lho.

    Bagaimana menurut Anda, adakah batasan saat menunjukkan kemesraan di depan umum? :hihi: :hihi:
     
    Last edited: May 2, 2009
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    prince_of_darkness Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 7, 2008
    Messages:
    729
    Trophy Points:
    142
    Ratings:
    +1,682 / -0
    wah kita sebagai negara yg memiliki nilai2 kebudayaan dan kesopanan, hal ini emang perlu banget diperhatiin. jaman skrg jgn kaget, anak SD n SMP (SMA dst jgn ditanya lagi) berani macem2 didepan umum...
     
  4. Offline

    Satoru Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 28, 2008
    Messages:
    1,085
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +453 / -0
    Selain tempat yg tepat, jg waktu yang tepat.
    Misalnya ketika ada temen yg lagi broken heart, masak malah melakukan PDA, orangnya gak sensi tuh.

    Ini jg sering terlihat di kota2 besar di Indonesia.
    Pengennya keliatan keren sambil bermesraan, padahal seperti kata Charles Purdy diatas, pasangan itu tidak terlihat dewasa
     
  5. Offline

    DyingSociety Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 4, 2009
    Messages:
    198
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +6 / -0
    iya setuju banget..
    bocah2 jaman sekarang ck ck ck...
    kita sopan and patuh ama moral agama juga pasti ada hasilnya...
    selain bikin kita disiplin, juga bisa ngehindari konsekuensi akibat pergaulan bebas..
    tp bocah-bocah jaman sekarang anehnya bangga ama pergaulan bebas..
     
  6. Offline

    Marco86 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 14, 2009
    Messages:
    1,817
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +28,094 / -0
    kalo gandeng2 n ciuman sekilas si ok2 aja.. tapi jangan yang gila2an lah.. masa iya depan umum.. ga malu juga apa??
     
  7. Offline

    Suigintou Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 19, 2009
    Messages:
    410
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +350 / -0
    Terimakasih atas nasihatnya
    Walaupun kemungkinanku melanggar nasihat 0% (masih single nih :onion-72:)
    BTW, PDA singkatan dari apa sih :???:



    :onion-86:
     
  8. Offline

    k3yn3s Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 22, 2008
    Messages:
    475
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,649 / -0
    setuju2... kaya gak punya moral aja anak2 jaman sekarang dah kaya tinggal di negara yang gak punya budaya aja..........
     
  9. Offline

    xaea Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 17, 2008
    Messages:
    1,519
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +14,806 / -0
    yahh, pengennya si mengelak di balik budaya dan etika timur, padahal si sekedar sirik aja gak berani kaya begitu :haha::haha:
     
  10. Offline

    chococinno Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 22, 2009
    Messages:
    113
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +6 / -0
    paling seringan gandeng2an tangan.. :)
     
  11. Offline

    yohanlie Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 28, 2008
    Messages:
    190
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +18 / -0
    cuma gandengan tangan sama bercanda + pacaran hehehe, pacarannya gelar srimulat di dalem angkot +_+
     
  12. Offline

    lazz Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 30, 2009
    Messages:
    246
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +20 / -0
    nanya neh: klo di indonesia ciuman di depan umum kan terkategorikan tidak boleh.
     
  13. Offline

    oem4r Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 13, 2009
    Messages:
    310
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +10,342 / -0
    wkwkwkwkwk,,,:lol::lol::lol: di kita biarpun cuma kecup bibir di depan umum mungkin aga tabu ya gan...
    belum pernah coba euy... :onion-32:
     
  14. Offline

    Villiers Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    May 3, 2009
    Messages:
    297
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +14,801 / -0
    hahahahahaaa..
    ah, malu juga tuh pas ketangkep kamera gt, langsung d pajang lagi..
    weeeeeeeeeewwww..
     
  15. Offline

    neckline Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 17, 2009
    Messages:
    600
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +14,918 / -0
     
  16. Offline

    oomdoni Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 6, 2008
    Messages:
    195
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +33 / -1
    keknya di budaya timur mo cipokan mesra ngga bisa deh.. kecuali cipok maling2 cuma muach.. setuju ???
     
  17. Offline

    Marco86 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 14, 2009
    Messages:
    1,817
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +28,094 / -0
    Ga usah dokasi tau benernya tiap manusia juga tau batesannya koq.. Cuma kadang nafsunya aja tu ga kethahan..:haha:
     
  18. Offline

    gunyu1 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 22, 2009
    Messages:
    1,199
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +875 / -0
    wah jangan aneh2 d.....budaya timur kita bilang MALU^^ heheheh
     
  19. Offline

    zutara Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 3, 2008
    Messages:
    9,284
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +46,233 / -0
    kalo dh nikah c gk masalah bro.....:lol:
     
  20. Offline

    Satoru Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 28, 2008
    Messages:
    1,085
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +453 / -0
    ^
    ^
    Walo dah nikah, tapi inikan masalahnya di depan umum bro.
    klo di dalem rumah sendiri seh, mo ngapain aja terserah dah.
    tp klo di depan umum, paling biasanya cuma cipika-cipiki ato kiss di kening.
     
  21. Offline

    k3bo Silent Reader Members

    Joined:
    May 5, 2009
    Messages:
    16
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +3 / -0
    Baru ekyee....................
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.