1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Kakak dan Adik Saling Mengalah

Discussion in 'Motivasi & Inspirasi' started by kiefs, Dec 14, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    kiefs Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 8, 2009
    Messages:
    1,194
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +747 / -0
    Pada jaman dinasti Tang, ada sebuah keluarga yg terkenal karena kerukunannya. Keluarga tsb bermarga Zhang. Tuan Zhang selalu mengajarkan kpd kedua anaknya utk saling mengasihi dan saling mendahulukan. Tuan Zhang tentunya telah banyak menemukan kendala yg dpt mengurangi keakraban di antara kakak-beradik, khususnya jika yg satu lebih terkenal dari yg lain. Namun demikian Tuan Zhang tdk pernah putus asa dlm mendidik kakak beradik utk saling mengalah dan saling menganggap yg lain lebih penting dari dirinya. Itulah yg ingin ditanamkan kpd anak2nya. Tuan Zhang merasa jika kasih di antara kakak-adik cukup kuat, maka kelak tdk akan ada masalah saling memperebutkan kasih sayang orangtua dan akhirnya saling membenci krn warisan.

    Sang kakak bernama Zhang Yueshi dan si adik bernama Zhang Chujin. Sedari kecil keduanya sudah menampakkan perilaku saling mengalah dan saling mendahulukan. Ketika bermain, ke sekolah, atau melakukan apa saja, mereka hampir selalu saling mengalah dan mengasihi. Para tetangga mereka pun sudah melihat hasil didikan Tuan Zhang di dlm diri kedua kakak-beradik tsb. Kenyataan ini membuat berita tentang kasih di antara kakak-beradik itu pun tersebar ke bbrp desa. Tak sedikit orangtua yg mengambil contoh kasih persaudaraan Zhang Yueshi dan Zhang Chujin utk diajarkan kpd anak2 mereka.

    Pada suatu waktu, ketika mereka telah beranjak dewasa, pihak kerajaan mengadakan ujian ilmu pengetahuan. Yg lulus ujian akan menjadi pegawai kerajaan. Menjadi pegawai kerajaan adalah dambaan hampir seluruh rakyat saat itu. Kakak-beradik tsb berhasil menyelesaikan ujian dng sangat baik dan keduanya memiliki nilai tertinggi di antara peserta yg lain. Sayangnya, peraturan kerajaan saat itu adalah bahwa kakak dan adik tdk boleh diterima sekaligus. Jadi pihak kerajaan, dlm hal ini kepala bagian penerimaan, harus memilih salah satu di antara kedua kakak-beradik tsb utk menjadi pegawai istana. Kepala penerimaan pegawai istana pun bingung memilih krn keduanya sama2 mempunyai nilai yg tinggi dan cakap dlm ujian keterampilan. Namun krn harus memilih, akhirnya kepala bagian penerimaan pegawai istana memilih sang adik, Zhang Chujin.

    Keesokan harinya, sang adik menemui kepala bagian penerimaan pegawai istana dan berkata, "Tuan yg terhormat, umur kakak saya lebih tua dari saya. Sesungguhnya pengetahuan dan keterampilannya pun lebih banyak drpd saya. Dlm banyak hal, kakak saya jauh melampaui saya. Karena itu mohon Tuan membatalkan keputusan, dan tahun ini memilih kakak saya terlebih dahulu utk menjadi pegawai istana. Saya masih muda dan masih punya banyak kesempatan utk menjadi pegawai istana. Sekali lagi, mohon Tuan sudi mempertimbangkan hal ini."

    Kepala bagian penerimaan pegawai istana hanya bisa terdiam, tanpa mengucapkan janji apapun kpd Zhang Chujin.

    Tdk lama setelah Zhang Chujin pulang, sang kakak jg tiba di istana dan menemui kepala bagian penerimaan pegawai istana.

    "Tuan, saya mau mengucapkan selamat atas keputusan memilih adik saya. Sesungguhnya saya tahu bahwa dlm banyak hal, adik saya lebih cakap dari saya. Karena itu saya mohon, apa pun yg terjadi, dan siapa pun yg menggugat, jangan pernah mengubah keputusan Tuan yg sudah tepat tsb." Setelah menyampaikan isi hatinya, Zhang Yueshi pun pamit pulang.

    Sementara itu kepala bagian penerimaan pegawai istana terkagum2 dng kasih yg ditunjukkan oleh Zhang Yueshi dan Zhang Chujin. Ia berpikir, seandainya setiap keluarga mengajarkan sikap saling mengasihi di antara kakak-beradik, pastilah keluarga menjadi kuat dan bahagia. Jika setiap keluarga kuat, maka negara pun akan kuat.

    Kepala bagian penerimaan pegawai istana pun pergi menghadap Raja utk mendiskusikan hal ini. Ia pun punya usul kpd Raja, "Jika kita memilih keduanya sekaligus, maka kita berharap teladan yg mereka tunjukkan akan berpengaruh baik bagi setiap keluarga di negeri kita."

    Setelah mempertimbangkan dng matang, Raja pun setuju dan memutuskan utk menerima Zhang Yueshi dan Zhang Chujin, kedua kakak-beradik itu, sekaligus.


    Pesan moral :
    Hendaklah dengan rendah hati menganggap orang lain lebih utama dari diri sendiri. Jika sikap ini diterapkan dlm hidup bermasyarakat, maka hidup akan terasa lebih indah.
    Mulailah dari diri sendiri dan mulailah utk mengajarkan kpd anak2 kita, generasi mendatang, utk saling mengasihi dan mendahulukan orang lain. Jika keluarga kuat, negara akan kuat. Di masa tua, kita tdk akan pusing menghadapi anak2 yg tdk akur dan berebut harta warisan.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    masuakal Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    May 29, 2009
    Messages:
    4,511
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,650 / -0
    :top::nangis:
    keren broo
    gag jauh jauh dari aku ama dedeku ^^
     
  4. Offline

    dejivrur Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,103 / -2
    hebat ya itu sodara...
    gw ga pernah bisa akur sama sodara gw...
     
  5. Offline

    abdeeworld Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 10, 2009
    Messages:
    1,383
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +6,322 / -0
    di kluargaku mah berantem mulu....
    ada makanan enak, pasti langsung rebutan :hahai::hahai:
     
  6. Offline

    Eiyuu Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 16, 2009
    Messages:
    1,046
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +63 / -0
    kakak beradik yang baik dan benar..semoga ntar anak gw bisa berbudi baik kaya bgitu..
     
  7. Offline

    ArCotH Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 13, 2009
    Messages:
    1,169
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,063 / -0
    keadaan yg terbalik dengan keadaan sya dan adik sya sekarang ini..
    entah kapan kita bakal baikan lgi..:kecewa:
    tpi baca kisah ini sya jadi tergerak untuk berbaikan dengan adik sya..
    doakan yaa.:piss:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.