1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Biography Kaisar Caligula Romawi

Discussion in 'World History' started by hayasegawa, Jan 21, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    hayasegawa Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 31, 2009
    Messages:
    938
    Trophy Points:
    156
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,207 / -0
    [​IMG]

    Caligula adalah kaisar ketiga Roma, dia diangkat pada musim semi tahun 37. Selama tujuh bulan pertama pemerintahannya, Caligula merupakan teladan dari hidup sederhana. Ia meyakinkan Senat bahwa ia akan mendengarkan mereka - bahwa ia adalah hamba mereka. Ia mengadakan perjamuan-perjamuan besar bagi umum dan dia bersikap murah hati terhadap para penentangnya. Tetapi pada waktu akhir musim gugur ia menderita penyakit keras. setelah sembuh ia menjadi orang yang berbeda atau bisa kita katakan "gila".

    berikut ini adalah sebagian dari kegilaan Caligula.

    [​IMG]

    I. Tidak lama kemudian ia jatuh hati pada Drusilla, saudara perempuannya sendiri. Karena Drusilla sudah menikah, Caligula memaksanya untuk meninggalkan suaminya. Ia lalu memberitahukan masyarakat Roma yang terkejut bahwa ini adalah sangat pantas dan tidak seorangpun perlu mengeluh. Ia memberi alasan bahwa Firaun -firaun telah melakukan hal seperti ini dan karena Roma memerintah Mesir, maka perbuatanya adalah sesuatu yang benar-benar sah bagi dia.

    [​IMG]

    II. Kira-kira waktu itu Gemellus datang untuk makan malam. Mulutnya menyebarkan bau obat batuk. Dengan segera Caligula menuduh gemellus meminum obat penawar racun; dan karena hal itu jelas tercermin pada dirinya, maka Caligula memerintahkan Gemellus untuk segera bunuh diri. Pemuda yang berusia delapan belas tahun itu menurut dan menjatuhkan diri diatas pedangnya.

    nb: Gemellus adalah saingan Caligula sebagai pewaris tahta Roma dari Tiberius, kakek mereka.

    III. Memerintahkan orang untuk bunuh diri sekarang menjadi kegemaran Caligula. bermacam-macam orang dari berbagai lapisan masyarakat telah diperintahkannya untuk mengakhiri hidup mereka sendiri. Dengan memerintahkan hal itu, rasa kedewaan Caligula semangkin bertambah. Ketika suatu malam dia duduk dalam acara perjamuan bersama kawan-kawannya, ia sekonyong-konyong meledak tertawa. Lalu ia menjawab pertanyaan atas tingkahnya itu, ia berkata," Aku sedang berpikir bahwa hanya dengan satu anggukan kepala, aku dapat menitahkan leher kalian digorok!" Pernyataan itu langsung menghilangkan suasana riang pesta.

    [​IMG]

    IV. Penghinaan Caligula terhadap orang banyak meliputi segala hal. Untuk membesar-besarkannya ,ia secara resmi mengumumkan kuda kesayangannya , Incitatus, menjadi Konsul. Lalu ia menyediakan Rumah yang mewah, lengkap dengan sejumlah pelayan, untuk mengurus kuda itu. Pesta-pesta besa diadakan ,dengan kuda itu sebagai tuan rumahnya. namun smua itu belum memuaskan rasa Humor Caligula yang sudah tidak beres; maka ia menunjuk Kuda itu sebagai Imam di sebuah Kuil.

    V. Ketika ia menghadiri suatu pernikahan seorang kawan, ia memutuskan bahwa ia sendirilah yang harus menjadi suami dari wanita itu sedangkan pengantin prianya hanya duduk membisu keheranan. Ketika kemudian ia bosan dengan isterinya ini, ia menceraikannya.

    VII. Caligula menyukai acara lelang sehingga dia seringkali naik ke atas meja dan memerankan tugas juru lelang. Ia suka menjual budak belian dan para Gladiator, dan terkadang ia memaksa orang-orang Kaya untuk datang ke pelelangannya. Pernah suatu peristiwa, seorang bangsawan tertentu yang telah dipaksa untuk hadir, mengangguk angguk sambil tertidur. Caligula mengartikanny sebagai tawaran. Ketika orang malang itu mulai terjaga, ia mendapati dirinya telah membeli 13 Gladiator dengan harga yang amat besar, yaitu 2.250.000 Dinar.

    VIII. Caligula memutuskan bahwa air biasa tidak cukup baik untuk mandi, maka ia mandi dalam air parfum, untuk sekali perjamuan saja ia mengeluarkan 2.500.000 Dinar. Dalam waktu singkat pemborosan ini menguras keuangan negara yang ditinggalkan Tiberius dalam jumlah yang cukup besar. Agar dapat memperbesar pendapatan negara, Caligula menetapkan pajak atas hampir semua barang.

    IX. Ketika terjadi kekurangan daging dalam pasokan makanan kebun Binatang, Caligula menetapkan bahwa "semua tahanan yang kepalanya botak" dijadikan makanan bagi hewan-hewan itu. Ini adalah untuk memelihara agar hewan-hewan itu tetap sehat.

    Ketika umur 29 tahun, Caligula sudah kelihatan seperti orang tua. Perbuatan perbuatannya yang melampaui batas telah menghabiskan vitalitas hidupnya, dan ia dibenci hampir seluruh Kemaharajaan Romawi. Pada tanggal 24 Januari tahun 41 ia membuat kesalahan dengan menghina seorang perwira pengawal pribadinya secara melampaui batas. Perwira ini yaitu Cassius Chaerea, menghunus pedangnya dan menebas Kaisar pada bahunya. Tetapi sementara ia masih terbelalak, anggota-anggota lain dari barisan pengawal menyerbu Kaisar Gila itu, membunuhnya dengan pedang mereka.

    Dan dengan demikian berakhirlah riwayat hidup Caligula. Kalau diliat lagi ke belakang , kebanyakan ahli sejarah sepakat menyatakan bahwa ia seorang yang SAKIT JIWA.:gila::gila::gila::gila::gila:

    Gimana menurut agan2 semua.. apa ada yang lebih gila dari Caligula?
    Elizabet Bathory...?
    Ivan the Terrible...?
    klo ane sih... tetep Caligula! paling ngk yang bisa nyaingin dia cuman Kaisar ke lima Romawi, Nero..!!



    [​IMG]

    :panda::panda:

    ijo2 ya kaka... biar TS semangat nyari Info lagi.... :piss::piss:
     
    Last edited: Jan 23, 2010
    • Like Like x 8
    • Thanks Thanks x 7
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    bahenol Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 18, 2009
    Messages:
    188
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +4 / -0
    eeerr....
    artikelnya berbobot banget
    tapi herannya kok raja kayak gini dibiarkan hidup dalam masa itu ya
    buat apa ada senat ya?
    kalo aku sih dari dulu mungkin udah jadi Cassius Chaerea
    karena ga kuat liat pemimpin macam gini
    well nice info ^^
     
    • Thanks Thanks x 1
  4. Offline

    sirik Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 18, 2008
    Messages:
    293
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,253 / -0
    saya kira cuman nero yang gila ternyata sebelumnya udh ada yang gila

    sumbernya darimana nih :???:
     
  5. Offline

    ilcloud Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 2, 2009
    Messages:
    5,401
    Trophy Points:
    241
    Ratings:
    +7,306 / -0
    hobi caligula dalam al esek2 blom disinggung tuh....
     
    • Thanks Thanks x 1
  6. Offline

    mulia24 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 18, 2009
    Messages:
    284
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +47 / -0
    ew, baru pertama kali dengar kisah kaisar romawi yang seperti ini. :keringat: parah banget. tapi mestinya sudah ada upaya menjatuhkannya sejak tindak tanduknya yang keterlaluan itu muncul. :fufufu: oh iya, untuk mata uangnya, saya baru tahu kalau romawi menggunakan nama mata uang yang sama dengan irak masa sekarang yakni dinar. :nikmat:
     
  7. Offline

    pejagalan Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 16, 2009
    Messages:
    5,622
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +3,774 / -0
    yg aneh,
    knapa udh mulai keliatan gila,
    gak digebukin aja alias dibunuh,
    pa lagi romawi kan pasukannya banyak + kuat"
    toh dia cuma sendiri
    :haha: :haha: :haha:
     
  8. Offline

    ich4n Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    1,707
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +814 / -0
    betul nih, kenapa g dihajar aj pas udah keliatan mulai gila dan g masuk akal :bonyok: tapi untunglah ad yang berani menebas kaisar itu jadi g perlu diperpanjang lagi kekuasaan dan kegilaannya :cambuk: tapi setelah itu malah masih ad juga yang seperti dia, si nero :swt: romawi apa gudangnya orang gila yah karena kekuasaan :madesu:
     
  9. Offline

    mintend Beginner Members

    Joined:
    Sep 12, 2009
    Messages:
    345
    Trophy Points:
    37
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,342 / -0
    mantab infonya...baru tao kalo caligula se-gila itu...

    dipikir-pikir caligula emang sableng...cma lebih sableng lagi orang" disekeliling dia, udah tao kaisarnya gila eh malah di diemin...
     
  10. Offline

    yudi_haryanto Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 6, 2009
    Messages:
    4,638
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +22,501 / -0
    kaisar roma jaman dulu emang banyak yg kelakuany aneh2 kayak caligula

    tragisny, kayak julius caesar,dia jg dibunuh sama anggota senat
     
  11. Offline

    sicky Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 1, 2009
    Messages:
    957
    Trophy Points:
    82
    Ratings:
    +94 / -0
    emang dia hobi yah? yg gue tau kebijakan kontrofersial dia itu membajak istri2 pejabat negara buat di jadikan jablay dan istananya di jadiin rumah bordil.

    pernah ada filmnya, sutradaranya Tinto Brass trus pemain wanitanya Laura Gemser (orang Indonesia nih)
     
  12. Offline

    Fire_Maiden Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 4, 2009
    Messages:
    1,457
    Trophy Points:
    127
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +254 / -0
    kaisar sinting.....:swt:

    btw thread ttg Nero ada ga...? :???:
    jd pengen buat perbadingan antara Nero & Caligula...
     
  13. Offline

    Xchalant Beginner Members

    Joined:
    Sep 26, 2008
    Messages:
    451
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +76 / -0
    Caligula lebih terkenal krn gila seks... istananya udah kaya tempat bordil bebas sebebas2nya..

    Kalo masalah kejam sih... hmm.. kayanya belum ada yg nandingin si Vlad tukang sula dari Balkan itu, saking kejamnya hingga kejahatannya mesti disembunyikan dgn kisah fiksi Drakula oleh konspirasi barat.
     
  14. Offline

    king_of_love The True Noblesse Gatotkaca

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    87
    Trophy Points:
    222
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +46,773 / -0
    Setuju sama kk Xchalant, caligula memang terkenal juga karena dia memang seseorang yang gila seks.

    Kalau mau kejam - kejaman kayaknya bandingin juga sama NERO, salah satu kaisar romawi yang sakit jiwa menuru saya.
     
  15. Offline

    mulia24 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 18, 2009
    Messages:
    284
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +47 / -0
    mungkin karena power lah makanya kaisar2 romawi mulai kehilangan akal sehatnya.

    kekuasaan tanpa batas raja (kecuali mungkin oleh dewan) dengan mudah dipakai semena-mena dan ujung2nya rakyat yang menderita, walau demikian tidak ada kaisar demikian yang dapat memerintah dengan tenang dan hidup panjang, banyak yang berakhir dengan kematian yang mengenaskan sebagaimana kaisar Caligula. :tidur:
     
  16. Offline

    apple0093 Rockstar Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 20, 2009
    Messages:
    42,686
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +17,370 / -0
    kenapa langsung ditebas kepalanya :???:

    ga disiksa perlahan2 dlu :blink:

    emg caligula yg ane baca parah bgt sifatnya, yg heran knapa pada nurut gt ya :dead:
     
  17. Offline

    joefrizz Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    May 15, 2009
    Messages:
    4,482
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +79,329 / -1
    gw pernah nonton film caligula buatan tinto brass...tnyata kenyataanya emang gila parah

    gilanya lengkap...dari yg sadis sampe yg cabul...:hahai:

    bukan cuma kaisar roma aja yg sering jd gila..tp bnyk penguasa yg kekuasaannya absolute jd gila beneran..
    di jaman modern aja bnyk kok yg mirip bgini...biar ga se-ekstrim caligula tetep aja gila karena kekuasaan
     
  18. Offline

    kucing_alas Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    899
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +57 / -0
    wah...roma ternyata pernah dipimpin ma orang gila ya...
     
  19. Offline

    mintend Beginner Members

    Joined:
    Sep 12, 2009
    Messages:
    345
    Trophy Points:
    37
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,342 / -0
    seram jg kelakuan ni kaisar. . .kebayang di jaman itu bertapa ga nyamannya hidup deket" tu kaisar, salah dikit mati (kecuali bagian party" ^_^)
     
  20. Offline

    de_tee Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 7, 2009
    Messages:
    961
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +783 / -0
    wahh..kalo dipimpin Kaisar gila gitu.mestinya udah digulingkan jauh2 hari t.. Emangnya dewan kekaisaran zaman dl itu ngga punya hak buat ambil keputusan gitu yah?
     
  21. Offline

    guderian Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 23, 2010
    Messages:
    666
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +10 / -0
    edan emang ne 1 maen ngembat bini orang aj:hahai:
    mestiny disiksa dulu br dibinasakan
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Users found this page by searching for:

  1. ublag cigula

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.