1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Other Jenis-jenis Mie dan Sejarahnya Sejak 4000 Tahun yang Lalu

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by smkosasih, Sep 28, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    smkosasih Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,335
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,178 / -0
    Selama bertahun-tahun, asal usul mie masih menjadi perdebatan. Masih simpang siur siapa yang pertama kali membuatnya. Beberapa pendapat mengatakan bahwa mie pertama kali dibuat di daratan Mediterania. Lain lagi mengungkapkan teknologi pembuatan mie dikembangkan di Timur Tengah.

    Ada pula sebuah catatan tua yang merekam bahwa mie pertama kali dibuat saat jaman Dinasti Han di China tahun 25-200. Kemudian pada tahun 2005, ditemukan mie tertua yang berumur 4000 tahun di daratan China.

    Penemuan ini menjadi bukti bahwa penduduk China modern adalah yang pertama membuat mie. Namun, apakah teknologi pembuatannya diadopsi dari Timur Tengah atau tidak, masih terus menjadi perdebatan.

    [​IMG]
    Penemuan Mie Tertua Berumur 4000 Tahun

    Dari Mie untuk Pasta
    Banyak orang yang juga menyangka bahwa mie berawal dari pasta sehingga menunjuk Italia yang pertama membuat mie.

    Namun, banyak sejarahwan percaya bahwa ketika Marco Polo berkunjung ke China pada abad ke-13, dia menyukai mie dan membawanya ke Italia dan memengaruhi masakan di negaranya. Pada kenyataannya, mie tidak menjadi makanan pokok di Italia sampai abad ke-17 dan 18.

    Di benua Asia, mie tidak begitu banyak menyebar sampai kira-kira tahun 100. Pada tahun tersebut, mie mulai dikenal dan disukai di beberapa negara seperti, Jepang, Korea, Vietnam, Laos, bahkan sampai negara-negara pulau di Asia Tenggara dan Asia.

    Arti Mie
    Dalam budaya China, mie adalah simbol kehidupan yang panjang. Makanya, mie secara tradisional sering disajikan pada acara ulang tahun dan saat Tahun Baru Cina sebagai lambang umur panjang. Sehingga versi kue ulang tahun China adalah mie ulang tahun.

    Di Jepang, mie dimasukkan ke dalam upacara minum teh Jepang dan membuat mie dianggap sebagai seni tersendiri di negara tersebut. Mie bahkan menjadi lebih penting di Jepang setelah Perang Dunia II, ketika kekurangan makanan dan hanya mie kering yang tersedia.

    Jenis Mie
    Ada beberapa jenis mie yang terkenal di daratan Asia. Entah itu dibuat tipis atau tebal, pipih atau bulat, terbuat dari gandum atau beras, setiap jenis mie memiliki sejarah tersendiri dalam dunia kuliner di negaranya.

    Menelusuri penggunaan dan sejarahnya, memang cukup rumit karena menyangkut budaya kuliner antar negara selama berabad-abad.
    1. La Mian Mie
    [​IMG]
    Mie tertua yang pernah ditemukan menyerupai Mie La Mian modern di China. La Mian secara harfiah berarti "mie tarik." Mie ini dibuat dengan tangan dan terbuat dari gandum. Caranya, adonan mie dipelintir dan ditarik sampai panjang yang kemudian dipotong tipis-tipis. Mie jenis ini digunakan dalam sup dan kentang goreng.

    La Mian Mie mirip dengan Mie Lo Mein Kanton, tapi jauh lebih tipis daripada kebanyakan Mie Lo Mein yang disajikan di Amerika.


    2. Mie Ramen
    [​IMG]
    Banyak yang bilang kalau Mie Ramen dibuat berdasarkan Mie La Mian. Itu karena bukti bahasa dimana dalam bahasa China, “Ramen” berarti “Lamian”. Begitu juga sebaliknya, di mana mie yang dipakai dalam Ramen disebut “Chuka Men” dalam bahasa Jepang atau “Mie China”. Bentuk Chuka Men sangat tipis, mie gandum ini juga sering digunakan untuk masakan Jepang lainnya, seperti Champon (daging babi goreng dengan seafood, sayuran dan kaldu).

    Sama halnya dengan masakan populer di Korea, Yakisoba atau mie goreng yang mirip dengan Chow Mein di China. Fakta ini menunjukkan bahwa memang benar terjadi pertukaran budaya kuliner di China dan Asia Timur.


    3. Mie udon
    [​IMG]
    Mie gandum yang tebal ini dikenal dengan Udon di Jepang. Biasanya disajikan dalam sup kaldu yang hangat disajikan dengan daun bawang. Udon kemungkinan berasal dari China yang dikenal dengan Cu Mian. Dikatakan bahwa biksu Jepang pada tahun 800-an, membawa Udon dari China sekaligus membuktikan bahwa mie memang sudah membudaya pada kultur masyarakat Budha di Jepang.


    4. Mie Soba
    [​IMG]
    Mie soba berbentuk tipis dan populer di Jepang. Mie Soba digunakan untuk membuat sup tradisional yang didinginkan dan dimakan dengan saus. Mie ini telah dikonsumsi selama berabad-abad dan menjadi makanan pokok di wilayah Tokyo selama periode Edo. Ketika kaya, wilayah ini mulai lebih memilih nasi putih yang rendah tiamin. Mie Soba bukan hanya enak, tapi juga merupakan sumber nutrisi yang diperlukan tubuh.


    5. Mee Pok
    [​IMG]
    Mee Pok berbentuk datar, mie gandum kuning berasal dari Cina ini, dimakan dengan saus atau disajikan dalam sup jamur dan daging cincang di atasnya.

    Sajian ini juga disebut Bak Mee Chor di Singapura, Thailand, dan Malaysia. Secara tradisional, Mee Pok dibuat dengan cara dikeringkan dan dicampur dengan saus atau kaldu. Sajian lain yang sama, tapi dengan campuran ikan atau kue bola ikan, adalah Yu Wan Mee.


    6. He Fen dan Mie Pho
    [​IMG]
    Mie beras yang pipih ini, dikenal juga sebagai Hor Fun atau Shahe Fen dan berasal dari China. Biasanya digoreng dengan daging sapi untuk membuat Chao Fen atau disajikan dalam sup.

    Akulturasi terjadi di Thailand di mana banyak makanan goreng berbasis makanan China, menggunakan mie jenis ini. Begitu juga dengan di Vietnam yang menggunakannya dalam membuat Pho.


    7. Soun
    [​IMG]
    Soun yang dikenal juga sebagai mie kacang hijau, mie kacang benang, atau bihun China ini, secara tradisional terbuat dari pati kacang hijau. Saat ini, soun dapat dibuat dari ubi, kentang, atau singkong. Di seluruh China, Soun dimakan dengan kentang goreng atau dicampurkan dalam sup. Soun juga menyebar ke Jepang, Korea, Vietnam, dan beberapa negara di Asia Selatan, di mana mereka menggunakan Soun dalam masakan goreng, lumpia, dan bahkan makanan penutup.


    8. Bihun
    [​IMG]
    Mie Bihun sangat tipis, mirip dengan Soun dan terbuat dari tepung beras, bukan kacang hijau atau pati kentang. Bihun dikonsumsi di seluruh Asia, tetapi populer di Singapura ketika mereka menggunakannya dalam membuat Mie Sate Kacang (Satay Been Hoon) atau digoreng seperti Hokkien Mee. Bihun juga digunakan di Filipina dan dikenal dengan Pancit yang digoreng dan dimakan pada hari ulang tahun.


    9. Idiyappam
    [​IMG]
    Mie tipis terbuat dari beras atau gandum ini populer di India dan Sri Lanka dan dikenal dengan nama Idiyappam. Mie ini seperti Ramen atau nasi bihun dan sering disajikan bersama dengan kari dan acar.


    10. Dotori Guksu
    [​IMG]
    Dotori Guksu adalah mie Korea yang unik terbuat dari biji pohon ek. Mengingat sejarah panjang makanan berbasis biji-bijian dan mie di Korea, kemungkinan mie ini telah dimakan selama beberapa milenium di Korea. Mie yang terbuat dari biji-bijian dan tepung ini, mirip dengan Mie Soba dimakan dengan campuran kentang goreng, disajikan dengan saus, dan lebih banyak dimakan dalam keadaan dingin.

    Seperti uraian sejarah mie di atas, para praktisi kuliner memang tidak membaginya dalam negara. Tapi, lebih kepada bahan baku umum pembuatan mie yang dapat ditemukan di negara-negara Asia di mana letaknya saling berdekatan.

    Pastinya, sampai sekarang mie masih menjadi elemen penting dalam kuliner Asia dan menjadi inspirasi buat masakan Asia Fusion.


    11. Kwetiau
    [​IMG]
    Kwetiau (hanyu pinyin: guotiao, juga disebut, shā hé fěn) adalah sejenis mie Tionghoa berwarna putih yang terbuat dari beras. Dapat digoreng ataupun dimasak berkuah. Kwetiau merupakan makanan yang cukup populer di Indonesia, terutama di daerah Jakarta dan tempat-tempat lain yang banyak didiami warga keturunan Tionghoa.

    Kwetiau pada umumnya identik dengan etnis Hokkian dan Tio Ciu. Dalam penyebarannya di Indonesia, etnis Hokkian dan Tio Ciu berbeda dalam hal penyajian kwetiau. Etnis Hokkian yang banyak berdiam di Sumatera terkenal dengan kwetiau medan yang memakai baso ikan, lapchiong (sosis babi), dan telur bebek. Sedangkan etnis Tio Ciu yang banyak berdiam di Kalimantan terkenal dengan kwetiau sapi yang memakai daging sapi dan jeroannya seperti babat. Dalam perkembangannya muncul varian baru yang dikenal dengan sebutan kwetiau siram.


    12. Ifu mie
    [​IMG]
    Ifu mie adalah sejenis makanan Tionghoa. Makanan ini berbentuk bakmie yang telah direbus lalu digoreng lagi sampai garing berbentuk sarang. Kemudian di atasnya disiram dengan tumisan sayuran, biasanya cap cay. Ifu mie juga populer di Indonesia dan seringkali dimakan pada acara-acara khusus.


    13. Misoa
    [​IMG]
    Misoa atau misua adalah mi halus dan tipis dari tepung terigu. Mi ini berwarna putih, dan selalu dijual dalam bentuk kering. Misoa tidak sama dengan sohun, yang dibuat dari tepung kacang hijau, dan bihun, yang dibuat dari tepung beras.

    Sebelum dipakai untuk berbagai masakan, misoa direndam sebentar di dalam air panas. Misoa digoreng seperti halnya mi goreng atau dipakai sebagai campuran sup. Teksturnya yang lembut membuat misoa sering dipakai dalam resep masakan untuk balita, anak-anak, dan orang lanjut usia.

    Masakan yang memakai misoa adalah masakan Cina, Taiwan, Malaysia, Indonesia, Vietnam, Thailand, dan Filipina. Di Indonesia, misoa juga dibuat kue-kue goreng atau perkedel misoa.


    14. Sōmen
    [​IMG]
    Sōmen adalah mi Jepang yang halus dan tipis, dan selalu dijual dalam bentuk kering. Sōmen dibuat dari tepung terigu dicampur air, garam dapur, dan minyak goreng. Sōmen biasanya dihidangkan sebagai makanan penyejuk di musim panas.

    Sōmen terdiri dari dua jenis berdasarkan cara pembuatannya, somen buatan tangan dan somen buatan mesin. Adonan mi direntangkan dengan tangan helai demi helai untuk menghasilkan sōmen buatan tangan. Sementara itu, mesin pemotong digunakan untuk memotong adonan mi menjadi sōmen buatan mesin. Kota Sakurai di Prefektur Nara disebut-sebut sebagai tempat asal sōmen.

    Menurut Standar Pelabelan Kualitas dan Jenis Mi Kering yang dikeluarkan Standar Pertanian Jepang (JAS), sōmen buatan tangan atau buatan mesin harus berdiameter di bawah 1,3 mm. Mi berdiameter di atas 1,7 mm disebut udon, sedangkan mi yang berukuran 1,3 mm ke atas hingga di bawah 1,7 mm disebut hiyamugi.


    15. Spageti
    [​IMG]
    Spaghetti adalah mi Italia yang berbentuk panjang seperti lidi, yang umumnya di masak 9-12 menit di dalam air mendidih al dente yang artinya tidak lengket di gigi, tidak terlalu mentah ataupun terlalu matang. Cara memakannya bervariasi tetapi yang sangat terkenal adalah Spaghetti alla Bolognese yaitu dengan saus daging cincang lalu ditaburi keju Parmesan parut.


    sumber:


    silahkan tambahkan jika ada yg kurang...:nikmat:
     
    Last edited: Aug 25, 2012
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    easyvalen Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 28, 2010
    Messages:
    1,829
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +2,074 / -0
    [​IMG]
    klo diliat lebih mirip cacing kering:haha:
    :peace: liat mi pagi2 bawaannya bikin laper:bloon:
     
  4. Offline

    fallofthe3rdreich Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    1,069
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,976 / -0
    kek nya lebih cocok judul trit nya jenis2 mie deh
    kalo ga salah sudah masuk kurikulum pelajaran sejarah bahwa me dibawa oleh marco polo ke eropa
     
    • Thanks Thanks x 1
  5. Offline

    echalee Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 6, 2009
    Messages:
    1,516
    Trophy Points:
    147
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,434 / -0
    aku sih ga percaya klo itali dluan yang kenal sama mie.. yang ada ya cina dluan :peace:
    soalnya ya klo diliat dari arti mie trus mie juga lebih terkenal di china ya..aku sih lebih percaya klo mie pertama ya dari china :rokok:
    itu gambar mienya ga ada yang bagusan apa yah??? :muntah:
    tapi giliran liat yang macem2 mie jadi pengen makan!! :sebel:
     
  6. Offline

    tako_yaki Members

    Joined:
    Aug 23, 2011
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +3 / -0
    dari yang aku baca, mie pertama kali ditemukan di china :lalala:
     
  7. Offline

    Thira Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 25, 2010
    Messages:
    6,234
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +25,911 / -0
    jadi tau sekarang pebedaan ramen sama soba :haha:

    kalo soba mirip mie untuk mie ayam kalo di indo :keringat:
     
  8. Offline

    xaveriuschristo Beginner Members

    Joined:
    Mar 11, 2010
    Messages:
    207
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +8 / -0
    wew mienya sampe kering gitu kelamaan di tanah mungkin akar kali ...
     
  9. Offline

    MvP_KosT Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 10, 2011
    Messages:
    2,291
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +40,747 / -6
    Idih itu mie atau tali usang gan~~??

    masa itu mie sigh??
     
  10. Offline

    oreomilk Beginner Members

    Joined:
    Jul 21, 2009
    Messages:
    211
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +22 / -0
    klo kwe tiau itu masuk mi bukan ya? bentuknya sih mirip2 sama mie pho :???:
     
  11. Offline

    Di4m0nD Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 6, 2011
    Messages:
    704
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +88 / -0
    gw bersyukur buat penemuan mie
    makanan favorit gw nie:hmm:
     
  12. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,176 / -0
    ya mie memang enak.
    yg buat juga pada kreatif, mulai dari mie tarik sampe segala macam mie.
    dari yg bahaya sampe yg benar2 enak.
     
  13. Offline

    fairytalesdied Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 26, 2011
    Messages:
    799
    Trophy Points:
    91
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,324 / -0
    gimana proses buatnya itu mie ampe bisa tahan 4 millenium, orang jaman dulu sadaaaaaaap
     
  14. Offline

    tezzs Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 15, 2010
    Messages:
    671
    Trophy Points:
    171
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,556 / -1
    wah gw paling suka ne sama makanan mie apakah mie2 di atas rasanya enak2 ya? jadi ingin coba deh
     
  15. Offline

    Keyheart Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 22, 2011
    Messages:
    82
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    itu mie tertua asli apa boong gan?
    mienya terbuat dari apa yak, bisa tahan 4000 tahun gk terurai di tanah...
     
  16. Offline

    zexofdeath Beginner Members

    Joined:
    Jul 25, 2011
    Messages:
    469
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +27 / -0
    nih arkeolog bisa aja nemuin mie 4000 tahun yg lalu
    tuh bahannya masih sama g ya
     
  17. Offline

    xerox_fire Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 28, 2010
    Messages:
    132
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +1,614 / -0
    jd pengen soba ma mi doktori gutsu... msalahnya di indonesia >.< kynya mahal yak... secara ga ad yg produksi sendiri.... mi tarik laiker aja mahal buat kantong saya :sedih:
    ad yg tau cari soba dimana ??
     
  18. Offline

    yoshikanji Superstar Veteran

    Joined:
    Dec 18, 2009
    Messages:
    18,467
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +38,409 / -0
    mi kwetiaw gk masuk gan :???:
    [​IMG]

    mi kesukaan gw ini, tapi skrg 20rb gk dapet, klo pun ada pasti rasanya gk nikmat :sedih:
     
  19. Offline

    xerox_fire Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 28, 2010
    Messages:
    132
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +1,614 / -0
    mirip mee pho inih...
    tp d daerah saya 20rb ad yg nikmat >.<... kuetiaw sapi siram dkk....
     
  20. Offline

    untherground Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 22, 2012
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +4 / -0
    Setuju gan,,, ktnya ada orang cina yg bawa mie ke itali,, trus disana diremake jadi pasta..
    CMIIW
     
  21. Offline

    smkosasih Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,335
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,178 / -0
    dah gw masupin tuh ke jenis-jenis mie...:nikmat:
    jadi lapar..
     
    • Thanks Thanks x 1
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.