1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Jenis-Jenis Kapal Selam

Discussion in 'Science and Technology' started by eXcImEr, Nov 1, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    eXcImEr Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    May 18, 2009
    Messages:
    5,263
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +35,904 / -1
    Jenis - jenis kapal selam

    Di zaman sekarang ini kapal selam masih menjadi salah satu arsenal tempur yang masih ditakuti. Kemampuan kapal selam yang bisa menyerang secara diam - diam sehingga sulit terdeteksi lawan, kemudian menghilang dengan cepat. Berikut ini beberapa tipe kapal selam baik yang bertenaga diesel maupun nuklir.

    Urusan kapal selam memang dua negara ini, Amerika dan Rusia memang masih yang terbaik, karena mereka punya segalanya, baik teknologi maupun pendanaan.

    [​IMG]Kapal selam buatan Rusia ini dibangun sekitar tahun 1980 dan banyak diekspor ke berbagai negara. Kapal selam berbobot 3000 ton jika menyelam ini di awaki oleh 60 orang kru. Kapal selam sepanjang 70 meter ini dilengkapi dengan dua generator diesel, motor elektrik dan baling-baling tunggal enam bilah. Kapal selam ini di persenjatai dengan enam tabung torpedo kaliber 21 inci dan mampu melaju 16 knots waktu menyelam, bila dipermukaan 12 knots.
    [​IMG]Kapal selam buatan Jerman ini berbobot selam 1440, bobot permukaan 1320, dengan panjang 61 meter. Dengan mesin empat generator diesel MTU, sebuah motor elektrik dan baling-baling tunggal. Kapal selam yang dilengkapi dengan peluncur torpedo 21 inci ini mampu melaju di kedalaman dengan kecepatan 22 knot.
    [​IMG]Di era tahun delapan puluhan kapal selam rusia ini menjadi kapal selam terbesar didunia. Bagai mana tidak, kapal selam yang diawaki oleh 150 kru ini berukuran super besar dengan panjang 170 meter dan bobot selam 30.000 ton. Kapal selam ini mampu melaju 24 knots karena dilengkapi dengan dua unit reaktor dengan dua unit baling-baling.

    Dalam urusan persenjataan, kapal selam ini ditakuti karena dilengkapi dengan rudal balistik SS-N-20 Sturgeon yang mampu menghajar kota-kota penting di Amerika. Selain itu Kapal selam inijuga dilengkapi dengan delapan unit tabung torpedo.
    [​IMG]Untuk menandingi Rusia dalam bidang pertahanan, amerika pun menciptakan monster laut yang menakutkan juga. Kapal selam nuklir ini diawaki oleh 160 kru dan dilengkapi rudal balistik Trident yang sanggup menghantam kota-kota penting di Rusia.

    Kapal berbobot selam 18.750 ton, dan panjang 170 meter dilengkapi dengan sebuah reaktor S8G dengan baling-baling tunggal sehingga mampu melaju dengan kecepatan sekitar 20 knots. Selain dilengkapi dengan 24 pelontar vertikal rudal balistik kapal selam ini juga dipersenjatai dengan empat tabung torpedo.

    [​IMG] Kapal Selam Kelas Virginia. Bisa jadi ikon tercanggih yang pantas di sandang kapal selam ini. Daya gempur dahsyat, kapabilitas pengumpul data intel jempolan, hingga desain dek terhitung revolusioner. Itulah kecanggihannya. Soal penugasan juga sama. Virginia jadi kapal selam pertama yang diracik sebagai wahana Multi misi, bisa beroperasi di wilayah pantai. Masuk dinas operasional AL AS tahun 2004, Dominasi Samudera dan pantai. Itulah konsep yang wajib diusung kapal selam Virginia. Ia pun di lengkapi dengan kesaktian mengumpulkan data intelejent, penggelaran pasukan khusus hingga menyerang target di darat

    BAGIAN BELAKANG

    Tabung baling-baling (Propulsor Duct)
    Ini merupakan salah satu karakter khas Virginia yang paling gampang dikenali dari luar. Mereka menyebutnya dengan nama Propulsor Duct. Bila diartikan kurang lebih sama dengan tabung pelindung baling-baling propulsi kapal selam .

    Tanki Ballast/Trim
    Tangki yang terletak di bagian depan dan belakang kapal berfungsi untuk menampung air ketika kapal akan menyelam. Sebaliknya agar bisa kembali ke permukaan maka kedua tangki tadi mesti di kosongkan. Selain itu ada pula tangki yang bernama trims tanks, bagian tadi berguna untuk mengatur keseimbangan serta bobot saat menyelam

    BAGIAN TENGAH

    ASDS
    Virginia juga di lengkapi dengan wahana bawah air ASDS (Advenced SEAL Delivery System) wahana ini berfungsi untuk menghantarkan pasukan khusus dalam operasi penyusupan pantai.

    Ruang Mesin
    Terletak berdekatan dengan tangki adalah ruang mesin. Disinilah sebenarnya kelangsungan hidup kapal bergantung. Mulai dari sistem propulsi, pembangkitan listrik, sistem hydrolik, kompresor udara, sistem destilasi air laut, hingga pengondisian udara. Semuanya tumplek di ruang mesin.

    Ruang Kemudi
    Dari namanya saja sudah bisa ditebak tugas yang musti di lakoni awak diruang ini. Benar, mereka bertugas untuk mengontrol kinerja turbin propulsi. Selain itu masih ada lahi. Kinerja generator listrik serta reaktor nuklir adalah tanggung jawab lain dari petugas di ruang kendali.

    Kompertemen reaktor
    Sumber pakan bagi propulsi kapal selam terletak pada kompartemen reaktor. Walau tak disebutkan tipe reaktor yang diadopsi, namun dipercaya Virginia mencomot reaktor nuklir paling canggih saat ini.

    BAGIAN DEPAN

    Ruang Istirahat
    Punya fasilitas permanen berupa tempat tidur bertingkat bagi 119 orang. Bila Virginia melakukan tugas khusus maka sebanyak 41 tempat tidur tambahan bisa dibuat pada ruang terpedo.

    Bagasi
    Punya nama keren Lockout Trunk Virginia bakal menjadi kapal selam pertama yang dilengkapi dengan bagasi built in. Bukan untuk menampung barang bawaan, bagian ini dipakai untuk jalan keluar masuk pasukan khusus(Navy Seal) ke kapal selam. Sebanyak 9 orang pasukan bisa ditampung sekaligus pada ruang bertekanan ini.


    Komando Pengendali
    Pemakaian teknologi fiber optik membuat desain ruang komando pengendali pada Virginia melenceng dari pakem sebelumnya. Sekarang ruang tersebut bisa di tempatkan pada dek tingkat kedua. Alasannya, kaalselam ini tak lagi memakai periskop konvensional. Revolusi lain yang diaplikasikan adalah soal tata ruang lega, dipenuhi dengan tampilan informasi berlayar lebar kini jadi karakternya. Semua dilakukan untuk memperlancar keputusan yang bakal diambil sang komandan.


    Masts
    Mungkin lebih gamblang disebut sebagai antena pada kapal selam. Disini spesiasnya beragam tapi yang jelas semua berhubungan dengan perangkat elektronik. Tipe-tipe yang diusung Virginia adalah :

     ESM
    Kepanjangan dari Elektronic Support Measures kalau di simak akan terdiri dari antena GPS dan penerima gelombang radar yang dipancarkan oleh pesawat, kapal permukaan, dan kapal selam
     Penerima Data
    Antena Transmisi data berkemampuan tinggi
     Antena Multifungsi
    Penerima gelombang radio dan antena transmisi
     Antena Pengatur Misi
    Antena ini terhubung dengan pusat untuk melakukan aksi penugasan misi dalam kapal selam
     Antena Photonics
    Terdapat kamera pengintai. Perangkat ini menggantikan periskop konvensional


    Ruangan Terpedo
    Ruang terpedo, rudal, maupun ranjai dilontarkan dari empat tabung pengoprasiannya dilakukan dengan bantuan pompa turbin udara (ATP-Air Turbine Pump) pompa ini memaksa air untuk masuk ke dalam tabung pelontar sesaat sebelum peluncuran. Begitu ada perintah penembakan maka senjata tadi akan melesat meninggalkan kapal selam setelah melalui pintu putar.

    Penyerang Darat
    Selain tabung terpedo , Virginia juga dilengkapi dengan selusin sistem pelontar vertikal (VLS-Vertikal Launcing System). Dengan tabung pelontar beraliran VLS maka kapal selam ini juga punya kemampuan serang darat.

    Lambung
    Metal berkualitas nomor wajhid merupakan bahan dasar lambung Virginia. Tak dijelaskan tipikal metal yang dipakai. Namun yang jelas bahan tadi mesti bisa menahan tekanan hingga kedalaman laut 800 kaki. Selain metal juga ditempeli dengan lapisan semacam karet.

    Kubah Hidung
    Kubah pada bagian hidung Virginia terbuat dari bahan komposit. Dengan demikian maka gelombang suara bisa menerobos hingga bola sonar

    Bola Sonar
    Piranti Hydrophone diletakkan pada bola sonar. Punya sisitem kerja pasif, alat ini bisa mendeteksi gelombang suara yang dihasilkan oleh suatu benda dari jarak bermil-mil.

    Sonar
    Kalau makhluk hidup mempunyai indera keenam, maka ia pantas menyendang predikat luar biasa. Nah, bila disimak Virginia punya indera pengendus sebanyak tujuh buah indera pengendus indera pengendus ini biasa disebut sonar ini tersebar di sekujur tubuhnya mulai dari bagian dagu, menara, bagian bawah hingga buntut kapal. Dari sekian banyak perangkat, sonar dibagian dagu yang terhitung jadi barang baru. Dengan alat tadi maka awak Virginia bisa tahu karakter dasar samudera hingga posisi ranjau laut dengan akurat
     
    Last edited: Nov 1, 2009
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    Lyco Senpai Staff on Hiatus

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    8,672
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +9,696 / -0
    Yang kelas Virginia nggak dimasukin :haha:?
     
  4. Offline

    eXcImEr Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    May 18, 2009
    Messages:
    5,263
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +35,904 / -1
    walah lupa:swt:, saia cari dulu :haha:
     
  5. Offline

    amulet Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    1,280
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +7,028 / -0
    hhmmpp,,,
    mantap yah,,,,
    kalau bisa,, di tambah info nya,,,
    contoh : Tahun Produksi, Jumlah Produksi, Akhir masa pakai,,
    thx yah,,
    yang jelas MANTAP :onegai: :onegai:
     
  6. Offline

    chynthia Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 22, 2008
    Messages:
    782
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +20,761 / -0
    Kalo kelas Akula itu sama ya dengna kelas Typhoon? punya ruski kan akula itu? trus perna nonton di discovery, ada submarine amrik yang bener-bener silent. jadi gak kedeteksi musuh. ada yang tau namanya?
     
  7. Offline

    Lyco Senpai Staff on Hiatus

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    8,672
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +9,696 / -0
    yang terakhir sih yang ini Virginia Class Submarine
     
    • Like Like x 2
  8. Offline

    Eiyuu Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 16, 2009
    Messages:
    1,046
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +63 / -0
    virginia class..top.teknologinya gila2an.sampe bsa nyerang darat.cuma dari dlu submarine btknya gtu2 aja ya?apa krn btknya didisain buat meminimalisir tekanan dbawah air?
     
  9. Offline

    erha Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 4, 2008
    Messages:
    1,385
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +935 / -0
    kelas Los Angeles mana? kelas Los Angeles itu submarine tipe Hunter alias tugas utamanya itu memburu kapal selam musuh. Beda seperti tipe Ohio dan Akula (Typhoon -code NATO) yang merupakan kapal selam peluncur rudal balistik


    kelas Delta juga gak ada.
    [​IMG]

    kelas Typhoon mah udah lama, sekarang Russia sedang membuat kapal selam penerus kelas Typhoon/Akula yaitu kelas Borei. Modelnya sama tipe kapal selam rudal balistik dan baru berlayar akhir tahun 2009 (KS pertama)

    [​IMG]
    [​IMG]

    supaya tambah siluman, dan mengurangi daya hambat gesekan air dengan lambung kapal. Jd gak gampang dilacak via Sonar
     
  10. Offline

    angeljoanes Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 24, 2009
    Messages:
    438
    Trophy Points:
    67
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +196 / -0
    Hahaha dulu pas perang dingin kelas Typhoon-nya Russia ini yg paling ditakuti... Bawaanya Rudal balistik berhulu ledak nuklir...
     
  11. Offline

    link0551 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 28, 2008
    Messages:
    599
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +274 / -0
    bro tambahin jenis kapal selam yg dari jerman donk...

    masa dr US smua...
     
  12. Offline

    goblin89 Post Hunter Regional Leader

    Joined:
    Dec 18, 2008
    Messages:
    2,244
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +8,083 / -1
    heran monyet koq bisa buat tread bagus kayak gini

    eh boz kalu indo punyanya kpl selam jenis apa yah
     
  13. Offline

    chynthia Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 22, 2008
    Messages:
    782
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +20,761 / -0
    ^
    ^
    yang saya tahu si yang dari palembang --> pempek kapal selam / lenjer.:hahai::hahai::hahai:
     
  14. Offline

    garuq Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 18, 2009
    Messages:
    855
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +118 / -0
    wuih yg virgini class tuh paling panjang penjelasannya sesuai dengan kelebihannya yh..
     
  15. Offline

    eXcImEr Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    May 18, 2009
    Messages:
    5,263
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +35,904 / -1
    tumben alien mampir di edukasi :panda:
    okeh saia jelaskan :hehe:

    Dalam catatan ada 2 kapal selam yang dimiliki TNI AL, dan ke-2-nya masih aktif bertugas. KRI Cakra 401 merupakan kapal selam pertama yang dimiliki TNI AL dan KRI Nanggala dari kelas Cakra. KRI Cakra dibuat di galangan kapal Howaldtswerke, Kiel, Jerman pada 1981. KRI Cakra (401) bersama dengan KRI Nanggala (402). Kapal selam ini sudah diretrovit kembali kemampuannya di galangan kapal Daewoo Korea Selatan.

    kalo gak salah indo mau beli 10 kapal selam kilo class buatan rusia ama china, gak tau deh jadi apa enggak :???:
     
  16. Offline

    kofu Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 7, 2009
    Messages:
    154
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +304 / -0
    Yup..sudah di ajukan ke DPR untuk pembelian kapal selam kelas KILO, issuenya per 2010 akan masuk 2 unit ...mudah-mudah bener..amin..:piss:
     
  17. Offline

    selfrit Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 28, 2008
    Messages:
    912
    Trophy Points:
    107
    Ratings:
    +530 / -0
    Set negara seluas indonesia cuma ada 2 kapal selam buat lindungin bawah laut indonesia.....
    :swt: :swt:
     
  18. Offline

    god_enel Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 2, 2009
    Messages:
    134
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +14 / -0
    virginia class gila2an teknologi,jangan sampe dak teroris memilikinya,bisa perang dunia ni ..PD III terrorist war..:tank:
     
  19. Offline

    al rasyid Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 17, 2008
    Messages:
    1,298
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +611 / -0
    yg typhoon class punya uni soviet ya pas perang dingin dulu?
    gw pernah liat tuh bentuknya skg... skg udah di preteli.. besi2nya buat daur ulang..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.