1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Info Jembatan Kelok 9, Salah Satu Masterpiece Konstruksi Indonesia

Discussion in 'Padang' started by d0ddy29, Dec 17, 2013.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. d0ddy29 Members

    Offline

    Joined:
    Jun 1, 2012
    Messages:
    9
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +1 / -0
    Jembatan Kelok 9, Salah Satu Masterpiece Konstruksi Indonesia

    Sejarah Awal Pembangunan Jembatan

    Berdasarkan catatan Kementerian PU, dalam sehari jalan ini dilalui lebih dari 10.000 unit kendaraan dan pada saat libur atau perayaan hari besar meningkat 2 sampai 3 kali lipat. Sejak dibangun Jalan Kelok Sembilan nyaris tak mengalami pelebaran berarti karena terkendala medan. Seiring peningkatan volume kendaraan yang melintas, kondisi jalan yang sempit dan terjal sering mengakibatkan kemacetan.

    Lebar jalan yang hanya 5 meter dan tikungannya yang tajam kerap menyulitkan kendaraan bermuatan besar melintas karena tidak kuat menanjak. Pada tahun 2000, lalu lintas kendaran antara Sumatera Barat dan Riau sudah mencapai antara 9.000- 11.000 kendaraan per hari dengan mengangkut sekitar 15,8 juta orang dan sekitar 28,5 juta ton barang setiap tahunnya.

    Karena penyempitan jalan di Kelok Sembilan, perjalanan dari Bukittinggi menuju Pekanbaru yang mestinya dapat ditempuh dalam waktu 4 jam, kini harus ditempuh 5- 6 jam.

    Untuk mengatasi persoalan itu, Kepala Dinas Prasarana Jalan Sumatera Barat Ir. Hediyanto W. Husaini mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk membangun jembatan layang. Jembatan tersebut mulai direncanakan pada 2001 oleh Ditjen Bina Marga didukung konsultan PT Virama Karya dengan arahan Dr. Ir. Muztasir (kala itu menjabat Kasubdit Jembatan) yang kemudian pada 2002 dilakukan perhitungan ‘second opinion’ yang dilaksanakan oleh Independent Professional Checker oleh LAPI ITB dipimpin oleh Dr. Ir. Jodi Firmansyah. Prosedur ini bertujuan menghitung ulang dengan pendekatan yang berbeda, guna memastikan bahwa tidak ada kesalahan perhitungan struktur bangunan.

    Pembangunan jalan layang Kelok 9 mulai dikerjakan pada November 2003 setelah memperoleh persetujuan pemerintah pusat melalui Badan Perencanaan Pembangunan Nasional pada Agustus 2003. Jembatan Kelok-9 sepanjang total 964 m tersebut telah menelan dana APBN sebesar lebih dari Rp 544 milyar. Jalan ini sebenarnya sudah pernah dibuka dan digunakan untuk membantu kelancaran arus mudik Lebaran 1434 H pada Agustus silam dan dikabarkan Siap Diresmikan Oktober 2013.

    Kontruksi Jembatan

    Jembatan-jembatan tersebut mempunyai tipe bangunan atas yang berbeda-beda; RC Box Girder, PC Box Girder, PC I Girder, dan Arch-Concrete Bridge. Demikian pula jenis pondasinya mencakup ; tipe ground anchor, coisson dan juga bore pile sesuai kondisi tanahnya. Pilar jembatan tertinggi mencapai 58 meter dari dasar yang terdapat pada jembatan 4 (jenis pelengkung beton), sehingga memerlukan pondasi bore pile sedalam 20m untuk menahan berat jembatan dan gaya horisontal gempa.

    Konstruksi jembatan kelok-9 direncanakan tidak hanya mampu untuk menahan beban vertikal dan gempa, tetapi juga merupakan karya seni (art) yang sesuai dengan lingkungannya. Oleh sebab itu keberadaan infrastruktur ini bisa menjadi suatu ‘masterpiece’ bangunan konstruksi civil engineering, karena memberi sumbangan keindahan alam sekitarnya.

    Jembatan layang Kelok 9 terdiri dari enam jembatan dan memiliki ruas jalan selebar 13,5 meter. Bentang jembatan pertama paling pendek memiliki panjang 20 meter, bentang kedua 230 meter dan bentang ketiga 65 meter. Untuk bentang keempat paling panjang memiliki panjang 462 meter. Bentang jembatan keempat merupakan jembatan jenis pelengkung beton dengan pondasi bore pile sedalam 20 meter untuk menahan berat jembatan dan gaya horizontal gempa. Bentang kelima memiliki panjang 31 meter dan bentang keenam 156 meter. (DOX)

    sumber: indoinfrastructure
     
    Last edited by a moderator: Dec 19, 2013
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. riko042 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 18, 2013
    Messages:
    505
    Trophy Points:
    27
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +675 / -0
    Jembatan Kelok 9 termasuk jalan lintas..
    yang paling serang ane lewatin ni..
     
  4. jirayia86 M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 15, 2013
    Messages:
    96
    Trophy Points:
    82
    Ratings:
    +113 / -0
    kni kelok 9 lah barubah jadi jln layang..
    tambah mantap klo tampek caliak pemandangan kwkwk ^^
     
  5. aeroline M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 19, 2011
    Messages:
    1,261
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +10,558 / -0
    tambahin fotonya dong, biar lebih sangar isinya :hehe:
     
  6. elbarto Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 3, 2010
    Messages:
    24
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    pemandangannyo mantap da..

    jadi tampek istirahat sementara klo ado yg lewat
     
  7. alxfrdz_agm Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 22, 2010
    Messages:
    94
    Trophy Points:
    7
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72 / -0
    kini alah di buek jalan layang da, ndak mode dulu lai dow

    alah rancak kini jalannyo, datang lah uda kasitu
     
  8. bluemeda Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 10, 2009
    Messages:
    59
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +27 / -0
    keren sih,
    tapi ane belum pernah ke sana
     
  9. sm4rtscor Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 30, 2012
    Messages:
    16
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +4 / -0
    pengen kesana, tapi skrng udh jauh di perantauan..
     
  10. PUMA Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 16, 2009
    Messages:
    53
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +67 / -0
    [​IMG]

    sabana keren kini tu ha
     
  11. zumra Members

    Offline

    Joke in Silence

    Joined:
    Mar 15, 2010
    Messages:
    170
    Trophy Points:
    172
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,856 / -0
    tiok pulang kampuang pasti wak main kasinan
    nio wak share foto tapi ado gambar wak lo
    sagan wak :dandy:
     
  12. moeslemboy Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 21, 2012
    Messages:
    10
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    tiok pulang kampuang yo alun sempat juo kamari lae, tingga lai di pikumbuah... semoga mudik bisuak bisa kamari. tp pasti maceeet
     
  13. konyol123 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 14, 2015
    Messages:
    48
    Trophy Points:
    6
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    belum pernah lewat sini
    dulu mau ke singkarak ga jadi
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.