1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Jangan asal muji anak

Discussion in 'Lifestyle' started by vincentrevival, Aug 9, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    vincentrevival Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,338
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,522 / -0
    TRIBUNNEWS.COM - Memberi pujian kepada anak, bagi sebagian orangtua, menjadi alat yang digunakan untuk mendorong anak melakukan sesuatu.
    Dengan memuji, orang tua ingin memberitahukan kepada anak bahwa mereka senang dengan kemampuan anak. Namun demikian, perlu diperhatikan caranya agar hasilnya efektif.
    Menurut Robin Goldstein, ahli pengembangan anak dari Universitas Jon Hopkins, pujian bisa berdampak negatif apabila dilakukan terlalu sering dan tidak pada kondisi yang wajar.
    Seorang anak memiliki dorongan yang kuat untuk menyelesaikan segala sesuatu dengan caranya sendiri dan berhasil melakukannya.
    Dia menjadi gembira untuk belajar, termotivasi untuk mencoba hal-hal baru, dan berminat meniru orang dewasa.
    Menyadari kemampuan tersebut, orangtua perlu berhati-hati untuk memuji anak. Perlu menentukan kegiatan apa yang perlu pujian.
    Ketika orang tua memberikan pujian terhadap keberhasilan anak, perlu dipertimbangkan apakah pujian itu berdampak positif.
    Misalnya, apakah untuk melakukan tugas sederhana seperti mampu menggunakan kamar kecil atau makan sendiri memerlukan pujian.
    Dikuatirkan apabila berlebihan, anak berpikir bahwa dia melaksanakan itu demi orang tua, bukan kepuasan sendiri. Seorang anak yang dipuji atas keberhasilannya akan mulai curiga dan kurang percaya akan kemampuannya.
    Anak akan tergantung pada pujian sehingga dia tidak yakin akan keberhasilan tindakannya sebelum dia mendengar pujian yang diberikan.
    Dengan demikian, berilah pujian secara efektif. Tentukan tindakan mana yang memerlukan pujian. Caranya bisa dengan kata-kata, pelukan, senyuman, dan anggukan kepala tanda persetujuan.

    sumber : http://id.berita.yahoo.com/hati-hati-memuji-anak-011122436.html
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.