1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Geography & Astronomy Inilah Museum Rakyat Nasional Korea

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by blacksheep, Jul 6, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    blacksheep Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,600
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +24,958 / -0








    [​IMG]


    Museum Rakyat Nasional Korea atau National Folk Museum of Korea (국립민속박물관) adalah sebuah museum yang terletak di halaman Istana Gyeongbok, Seoul, Korea Selatan. Museum ini mengkoleksi sebanyak 2.240 artefak dan alat-alat yang digunakan oleh masyarakat Korea pada masa lalu sampai sekarang.

    Misalnya, bagian depan museum dirancang menyerupai dua buah jembatan batu di Kuil Bulguk, dan bagian utama bangunan adalah pagoda kayu lima tingkat yang menyerupai Aula Palsang di Kuil Beopju. Sayap bangunan di sebelah timur mengikuti desain Aula Mireuk di Kuil Geumsan dan sayap barat menyerupai Aula Gakhwang di Kuil Hwaeom.

    Museum ini didirikan pada tahun 1924 oleh Jepang diubah menjadi Sōetsu. Kemudian oleh Pemerintah AS menjadi Yanagi, pada tanggal 8 November 1945.Museum ini mempunyai tiga ruang pameran yang menggambarkan ‘Sejarah Orang Korea’ dari pra-sejarah kali ke akhir Dinasti Joseon pada tahun 1910, “The Gaya Hidup Orang Korea ‘, dan ‘The Siklus Hidup dari Korea dari Lahir ke Kematian’. Ini juga rumah anak-anak outdoor museum dan pameran

    [​IMG]

    Museum ini awalnya berlokasi di Gunung Namsan, dan pindah ke Itana Gyeongbokgung pada tahun 1975. Bangunan yang sekarang ini dibangun pada tahun 1972 dan bertempat di Museum Nasional Korea sampai tahun 1986. Itu direnovasi, dan dibuka kembali sebagai Museum Rakyat Nasional pada tahun 1993. Desain bangunan museum ini didesain mengikuti arsitektur bangunan-bangunan kuil Buddha terkenal di Korea.

    Di bagian depan terdapat gerbang masuk ke Area ini, bebrbentuk seperti Benteng, begitu masuk ada halaman luas, dengan taman2 yang dipenuhi pohon dan bunga berwarna warni. Pada bagian ini, pertama kali disuguhkan patung2 dari batu, yang semuanya berasal dari jaman baheula.

    Dengan Latar belakang seperti bangunan dengan 5 undakan. Ini adalah gerbang kedua sebelum masuk kedalam Musium. Setelah masuk pada gerbang kedua ini, dibagian depan ada Room Demo, yang menampilkan obat2an, rempah2, pakaian tani, dan perlengkapan tani yang dipakai Bangsa korea di jamn dulu, setiap stand menampilkan masing2 ke-khasannya.

    Baru setelah itu kita masuk ke Gedung utama museum, yang menampilkan Kebudayaan, mulai dari Kehidupan petani, kerjaan, pakaian, peti mati orang korea yang sangat megah, yang katanya hanya bisa dilakukan oleh orang-orang mampu atau anggota kerajaan.

    [​IMG]

    Penataan Museum ini luar biasa, semua ada simulasi dan demonstrasi, yang dibuat dengan film dokumenter dan suara rekaman langsung yang bisa kita dengar.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Sudah hampir dapat dipastikan bahwa semua negara di dunia memiliki museum yang mewakili negara masing-masing. Museum merupakan suatu tempat yang cocok untuk memperkenalkan budaya dan sejarah sebuah negara. Nah, saudara, hari ini, mari kita menelesuri Museum Nasional Korea lewat jalanan setapak kota Seoul edisi hari ini.

    Museum Nasional Korea.... Ya, museum tersebut dapat dikatakan sebagai museum yang mewakili Korea Selatan. Sejak didirikan tahun 1945 lalu, museum tersebut menjaga posisinya sebagai tempat bersejarah dan bernuansa budaya di Korea Selatan. Untuk menuju Museum Nasional Korea yang terletak di Yongsan-gu, Seoul, kita dapat naik kereta api bawah tanah jalur ke-4 dan turun di stasiun Leechon. Nah, apakah anda juga telah siap untuk menelesuri museum tersebut? Museum Nasional Korea adalah salah satu dari 6 museum peringkat teratas di dunia, dan memamerkan berbagai harta benda dan peninggalan dari zaman pra sejarah, serta 3 kerajaan, kerajaan Koryo, dan Chosun. Ruang pameran terdiri atas 4 bagian, yaitu ruang pameran utama, ruang pameran khusus yang mengadakan acara khusus, museum anak-anak, dan ruang pameran terbuka yang memamerkan peninggalan peralatan yang dibuat dari batu. Ruang pameran utama terdiri atas 3 tingkat. Jika kita tiba di pintu masuk, terdapat jalan lurus ke ujung bangunan yang dinamakan 'jalan sejarah' yang membagi ruang pameran utama menjadi dua bagian. Jika berjalan kaki di jalan sejarah tersebut, sebuah pagoda batu bertingkat 10 dari kuil Gyeongcheon menarik minat kita. Pagoda tersebut dapat disaksikan dari mana saja di ruang pameran, namun jika anda ingin menyaksikan pagoda secara lebih teliti, maka anda dapat melakukannya sambil naik tangga bergerak mulai tingkat pertama sampai tingkat ketiga. Museum Nasional Korea memiliki kira-kira 150 ribu buah peninggalan, namun 11 ribu buah peninggalan dipamerkan di ruang pameran utama termasuk harta benda nasional Korea, warisan budaya, dsb. Di tingkat kedua, kita dapat menikmati budaya seni lukis tradisional Korea termasuk lukisan agama Buddha, kerajinan kayu, dll, serta di tingkat ketiga, terdapat berbagai peninggalan dari negara-negara Asia meliputi Cina, Indonesia, Jepang, dsb.

    [​IMG]

    Terus terang, satu hari tidak cukup untuk menelusuri keseluruhan Museum Nasional Korea karena ruang pameran sangat luas, dan harta benda atau barang-barang yang dipamerkan juga cukup banyak. Selain itu, pesona lain yang dimiliki Museum Nasional Korea terdapat di luar, yaitu kebun luas yang serasi dengan alam di sekitarnya. Oleh karena itu, lebih baik kalau kita menelesuri ruang pameran di dalamnya pada pagi hari, dan berjalan kaki atau bermain dengan anak-anak di luar di siang hari. Khususnya, sebuah kolam di dalamnya yang dinamakan 'kolam cermin' membuat hati kita merasa nyaman dan damai. Sambil bercermin di kolam yang bersih dan jernih, bayangan kita terlihat dengan jelas seperti halnya di cermin, serta pemandangannya menjadi lebih indah di malam hari. Selain itu, sejumlah pementasan juga selalu diadakan di sana, maka melepaskan rasa haus terhadap kebudayaan. Jika merasa lapar, kita dapat makan berbagai jenis makanan di dalam rumah makan dan restoran. Nah, bagaimana? Museum Nasional Korea cukup berperan sebagai ruang budaya, iyakan? Sebenarnya, Museum Nasional Korea terletak di dalam istana Gyeongbok, namun dibuka kembali di kecamatan Yongsan tahun 2005 lalu untuk menyambut genap 60 tahun kemerdekaan Korea dan pembukaan Museum Nasional Korea. Pembukaan kembali museum tersebut mendapat sambutan hangat dari masyarakat Korea, karena dipandang sebagai museum yang memiliki gengsi yang lebih tinggi dan ruang budaya. Saudara, hari ini, bagaimana kalau kita menelusuri Museum Nasional Korea untuk memahami sejarah dan budaya Korea? Barangkali, di sana, kita dapat memenuhi selera budaya dan keingintahuan kita tentang sejarah Korea dengan secukupnya.
    Code:
    http://www.hariansobek.com/2011/07/inilah-museum-rakyat-nasional-korea.html
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    HoRny Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 12, 2011
    Messages:
    1,818
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +704 / -0
    Khususnya, sebuah kolam di dalamnya yang dinamakan 'kolam cermin' membuat hati kita merasa nyaman dan damai

    jadi pingin ke sana klo baca ini , bneran bisa bikin hatin jadi nyaman

    [​IMG]
     
  4. Offline

    killingmeinsidex Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 3, 2011
    Messages:
    472
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +889 / -0
    :shock1: luas bgt ya ruangannya,sampe2 1 hari aja gag ckup..butuh pengamanan yg ketat tuh. :takut:
     
  5. Offline

    cungju Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 3, 2010
    Messages:
    1,382
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,514 / -0
    Kapan ya museum di Indonesia semaju itu!!!

    museum kita kbanyakan ga dirawat!!!
     
  6. Offline

    boo_lz Beginner Members

    Joined:
    Aug 10, 2009
    Messages:
    240
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +25 / -0
    gini donk namanya museum, keren.... berteknologi... jadi anak muda jama sekarang pun mau datang dan berjalan jalan ke museum... biar generasi muda tau sejarah bangsa khan bagus... nah kebanykan museum kita udah jelek, isinya gak menarik... gak heran dah banyak yang mendingan milih nonton ato ke mall...
     
  7. Offline

    Satanovic Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 20, 2010
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +39 / -0
    kapan museum di indonesia kayak gitu??

    dan ga dicolongin rakyatnya
     
  8. Offline

    Superlivy29 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    May 19, 2011
    Messages:
    421
    Trophy Points:
    121
    Ratings:
    +12,683 / -0
    Eh ini museum pernah dipake buat syuting Running Man ya? Keren-keren liat museum di Korea ini. Segala macem museum ada kayaknya, kebudayaan dsb 'dilestarikan' buat jadi pelajaran & biar nggak hilang.
     
  9. Offline

    PzGren Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 5, 2011
    Messages:
    519
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +6 / -0
    Keren... :shock:
    Yang kolam cermin gak ada gambarnya ya?
     
  10. Offline

    Fakhry7 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 24, 2009
    Messages:
    575
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +198 / -0
    keren... bisa hijau dan bersih ya, bangunan bangunannya...
    semoga musium Indonesia bisa kayak gitu dah..
     
  11. Offline

    sicky Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 1, 2009
    Messages:
    957
    Trophy Points:
    82
    Ratings:
    +94 / -0
    hmm di Korea, walaupun bagus museum nya tetep aja sepi yah?
     
  12. Offline

    Di4m0nD Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 6, 2011
    Messages:
    704
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +88 / -0
    mungkin karna ukuran nya yg terlalu gede
    maka nya keliatan sepi
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.