1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Tips [Info & Tips] Kumpulan Tips & Trik Berkendaraan Sepeda Motor Season 2

Discussion in 'Otomotif' started by carlos_roy_fajarta, Sep 14, 2012.

?

Motor Merk & Jenis Apa Yang Kamu Suka & Nyaman Digunakan Sehari-hari :motor:

  1. Honda Bebek

    0 vote(s)
    0.0%
  2. Honda Skuter Matik

    0 vote(s)
    0.0%
  3. Honda Sport

    0 vote(s)
    0.0%
  4. Yamaha Bebek

    0 vote(s)
    0.0%
  5. Yamaha Skuter Matik

    0 vote(s)
    0.0%
  6. Yamaha Sport

    0 vote(s)
    0.0%
  7. Suzuki (Bebek, Skuter Matik, & Sport)

    0 vote(s)
    0.0%
  8. Kawasaki (Sport)

    0 vote(s)
    0.0%
  9. TVS atau Bajaj

    0 vote(s)
    0.0%
  10. MoGe (Ducati, Harley Davidson, dll)

    0 vote(s)
    0.0%
Multiple votes are allowed.
Thread Status:
Not open for further replies.
  1. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,570 / -0
    [Info & Tips] Fitur HI Bro New V-Ixion Mendunia di Twitter

    [​IMG]
    Fitur sapaan HI Bro jadi trending topic worldwide Twitter.


    VIVAnews - Inovasi Yamaha untuk membuktikan selalu yang terdepan mulai terbukti. Fitur sapaan HI Bro New V-Ixion Lightning yang muncul pada speedometer saat mesin motor dinyalakan, menjadi trending topic worldwide Twitter, Rabu 21 November 2012.

    Trending topic worldwide ini berarti HI Bro New V-Ixion Lightning paling banyak dibicarakan sedunia di Twitter. Masyarakat Indonesia sendiri sudah mengenal HI Bro sebagai fitur sapaan pada speedometer motor yang pertama di Indonesia.

    Pencapaian ini layak didapatkan Yamaha yang memiliki basis kuat di sosial media. Trending topic ini pun adalah hasil dari aktivasi social media Yamaha untuk memperkenalkan fitur teranyar HI Bro.

    "Trending topic HI Bro ini adalah bukti Yamaha nomor satu di sosial media," kata Eko Prabowo, General Manager Marketing Communication & Community Management Yamaha Indonesia.

    Bertepatan dengan trending topic HI Bro di Twitter hari ini, Facebook Yamaha Indonesia (www.facebook.com/yamaholigan) pun mencetak fans sebanyak 2,6 juta dan tetap menjadi yang terbaik di Indonesia menurut zocialrank.com. zocialrank.com adalah situs yang mendata ranking dari brand-brand di sosial media berdasarkan partisipasi konsumen.

    Selain Facebook, data sosial media Yamaha Indonesia lainnya mencatat telah mencapai 58.565 followers Twitter @YamahaIndonesia, views 622.208 youtube.com/yamahamotorindonesia.

    Prestasi sosial media Yamaha juga mendapatkan pengakuan sebagai yang terbaik lewat Digital Marketing Award (2010 dan 2011) dan Social Media Achievement Award (2011 dan 2012).


    Source
    ==================================


    gak kreatif dan gak ada gunanya, mending bikin fitur lain, ini fiturnya kok asal bikin :iii:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,570 / -0
    [Info & Tips] Investasi Industri Otomotif Menggelembung Rp 61,6 T

    [​IMG]
    Mercedes-Benz Indonesia menambah model rakitan lokal di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat, (21/11/2012)

    Wanaherang, KompasOtomotif - Investasi pada industri otomotif tahun ini naik menjadi 6,6 miliar dollar AS atau Rp 61,6 triliun dari sebelumnya 4,6 miliar dollar AS berkat komitmen dari Grup Toyota, pekan lalu. Indonesia kini menjadi salah satu negara paling potensial di wilayah Asia Tenggara setelah Thailand.

    Budi Darmadi, Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian menjelaskan, semula investasi yang masuk dari beberapa merek seperti Daihatsu, Honda, Toyota, Nissan dan Suzuki untuk perluasan pabrik sekitar 2,2 miliar dollar AS. Komitmen itu diikuti oleh indutsri komponen juga menanamkan dana 2,4 miliar dollar AS.

    "Kemarin Toyota menaimbah investasi 1,4 miliar dollar AS. Total menjadi 3,3 miliar dollar AS dan industri komponennya juga nilainya sama (3,3 milar dollar AS)," beber Budi di Bogor, kemarin (21/11/2012).

    Dilanjutkan, seluruh komitmen investasi sudah dilakukan tahun ini sehingga satu sampai dua tahun ke depan adalah pemanfaatkan dana tersebut.

    Ahmad Kurniadi, Wakil Ketua Badan Kordinasi Penanaman Modal (BKPM) menambahkan, otomotif menjadi salah satu sektor yang paling besar investasinya di Indonesia tahun ini. Selain merek-merek yang disebutkan di atas, masih ada prinsipal lain berniat menanamkan modalnya. Sayang, Ahmad belum mau membuka merek akan berinvestasi lagi ke Indonesia.

    "Saya tidakbisa menyebutkan karena sebelum direalisasikan. Saya sebutnya saja asalnya, yaitu dari Jepang, Eropa dan Korea Selatan," tutup Ahmad.



    Source


    ==============================================


    waspada macet total :takut:
     
  4. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,570 / -0
    [Info & Tips] Banyak Keluhan, Yamaha Zuma Diselidiki AS

    [​IMG]

    Detroit - Akibat menerima banyak keluhan dari konsumen terkait skutik milik Yamaha, Zuma, Badan Keselamatan Jalan dan Lalu Lintas Amerika atau The National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) pun melakukan investigasi terkait motor ini.

    NHTSA seperti diwartakan Wall Street Journal, Senin (19/11/2012), mengatakan kalau saat ini sedang melakukan investigasi seputar Yamaha YW125 atau yang lebih dikenal sebagai Yamaha Zuma.

    Badan yang memang menangani keluhan konsumen terkait keamanan dan kesempurnaan tiap produk otomotif ini mengatakan membuka investigasi terkait motor Jepang itu setelah mendapat sembilan keluhan dari konsemen Yamaha.

    NHTSA mengatakan kalau Kantor Investigasi Produk Cacat atau Office of Defects Investigation (ODI) telah menerima banyak keluhan terkait motor ini, terutama model tahun 2009.

    Keluhan konsumen itu kebanyakan cenderung terjadi ketika cuaca panas dan membuat motor sering bermasalah. Pompa bahan bakar diperkirakan menjadi penyebabnya. Namun masalahnya, konsumen Yamaha di Amerika itu sulit mendapatkan pompa bahan bakar pengganti dan harus inden lama di dealer Yamaha.

    Bila nanti masalah ini dianggap serius oleh NHTSA, sangat mungkin badan tersebut akan memerintahkan Yamaha untuk segera menarik (recall) produknya ini. Bila itu terjadi, maka akan ada 8.800 Yamaha Zuma yang akan ditarik.


    Source
    ====================================


    hmm, makin terdepan, terdepan dalam phail :ngacir:
     
  5. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,570 / -0
    [Info & Tips] Adventure Kulonprogo, Angkat Wisata Lokal

    [​IMG]

    Gelara Adventure Offroad Kulonprogo 2012 diselenggarakan di tepian Waduk Sermo Kulonprogo, Minggu (28/10). Acara diikuti sekitar 1.200-an peserta dari wilayah Jogja dan Jawa Tengah.

    “Ini gelaran kedua kalinya. Acara ini diagendakan rutin setiap tahun. Tujuannya memperkenalkan dan mengembangkan obyek wisata yang ada di kabupaten Kulonprogo.

    Rute yang dilewati semuanya menuju atau melewati obyek wisata yang ada di sini,” bilang Eka Wisnu Wardana, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kulonprogo.

    Hal senada juga dikatakan Yulianto Ganden dan Wawan Nuwung dari Tim Terjal Jogja. Acara adventure memang akan lebih cocok bila dilakukan atau dilewatkan pada obyek wisata yang ada. Sebab peserta akan merasa senang dan tidak jenuh dengan rute yang ada.

    “Selain itu juga perlu diadakan kesenian daerah buat hiburan peserta saat finish. Jadi budaya lokal yang ada juga tetap ikut terangkat.”



    Source


    ========================================


    wah pada make motor trail semua :keringat:
     
  6. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,570 / -0
    [Info & Tips] Sokbreker Yamaha Jupiter-Z Keluaran Awal Lebih Stabil? Ini Bedanya!

    [​IMG]

    Tipe sama, tapi sokbreker depan punya perbedaan. Ini terjadi di generasi Yamaha Jupiter-Z. Sok depan Jupiter-Z generasi pertama tahun 2004 sampai 2006 akhir, berbeda dengan Jupiter-Z keluaran 2007-2009.

    “Iya. Rasanya beda banget. Keluaran 2007-2009 terasa kurang anteng kalau dipakai di sirkuit permanen,” kata Rafid Topan, andalan tim Yamaha Yamalube TJM (YYT), Jakarta.

    Memang, pembalap setingkat Topan sangat sensitif. Apalagi menyangkut sokbreker karena suspensi menerima beban akselerasi dan deselerasi saat motor digas di sirkuit permanen. Kalau begitu, apa cuma rasanya pembalap aja yang bikin berbeda?

    Masalahnya bukan gampang order seset sokbreker depan dengan segitiganya. Pastinya cuma tim-tim balap pabrikan Yamaha yang bisa pesan khusus seandainya mau ganti sokbreker depan dan segitiga Jupiter-Z burhan dengan versi Jupiter-Z 2004-2006.

    Ayo cek di mana perbedaannya peredam kejut Jupiter-Z 2004-2006 dengan versi 2007-2009 alias Jupiter-Z burung hantu atau disingkat jadi Jupiter-Z burhan. Disebut Jupiter-Z burhan karena kedok lampu mirip tampang depan burung hantu. Bukan burhan nama orang, lho.


    [​IMG]



    “Konstruksinya sama. Diameter tabung dan as-nya sama. Tapi, bedanya tinggi dan pegangan as yang berbeda,” beber Malik, tunner YYT, Jakarta.

    Yuk lihat difoto apa perbedaannya Jupiter-Z 2004-2006 dengan Jupiter-Z burhan. Foto di bagian atas segitiga sokbreker Jupiter-Z 2004-2006 (gambar atas) dan bawahnya segitiga Jupiter-Z burhan (gambar bawah). Perhatikan ya perbedaannya di baut pegangan as sokbreker di kedua foto segitiga Jupiter-Z itu.

    “Versi lama satu baut. Versi 2007-2009 sudah pakai dua baut,” kata Malik yang markasnya di kawasan Bintara, Jakarta, Timur.

    Perbedaan tinggi as sokbreker jelas kelihatan kalau kedua motor ditelanjangin. Selongsong Jupiter-Z 2004-2006 lebih pendek dibanding Jupiter-Z burhan. “Per dalamnya juga begitu. Panjang pernya lebih panjang yang versi Jupiter-Z burhan. Tapi, suling sok keduanya sama,” kata Malik yang beranak dua itu.

    Karena itu, ada cara yang mengakalinya. Pastinya tahanan as sok di segitiga versi burhan harus dirancang ulang. Caranya nat penahan as sok harus dipapas dan dibikin rata. Setelah itu tinggal dinaikkan as sokbreker sesuai keinginan pembalap.

    “Setelah lubang pegangan as dipapas rata, biasanya tinggal baut bawah atasnya yang dipasang. Baut bawahnya enggak perlu. Malah, ada yang lebih ekstrem lagi di anak-anak balap liar. Bagian baut atasnya di papas. Tinggal satu baut bawah yang dipakai,” kata Malik.

    Malik tambahkan setelah itu tinggal disesuaikan volume oli soknya.


    Source


    ====================================


    emang gitu semua pabrikan motor, makin ke sini, makin gampang rusak produk motor nya, itulah trik nya supaya jualan mereka laku, untung ane dapet motor jadul yg awet punya :tampan:
     
  7. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,570 / -0
    [Info & Tips] Honda 800, City Cub Beda Basic

    [​IMG]

    Modifikasi city cub kebanyakan basicnya C70, tapi yang dilakukan Aditiawan dari Newspeed Garage berbeda. Yang dijadikan targetnya Honda 800. Tentunya dengan berbagai restorasi terlebih dahulu.

    Motor yang sudah tua dan keropos di beberapa bagian bodinya diampelas dan dilas ulang. Kelar urusan bodi, bagian arm digantikan dengan lengan ayun dari motor sport Honda yang sudah dicustom. “Caranya sedikit dipendekin dan pasang bushing baru di rangka C70 agar bisa menggunakan as dari baut jadi 12,” kata Didit sapaan akrabnya.

    Konsep city cub yang diusung ditambah dengan unsur klasik. Unsur klasik ini diperkuat dengan pemilihan warna bodi yang dilabur cokelat dari Sikkens. “Mulai dari bodi, beberapa bagian sampai blok mesin juga dicat cokelat, jadilah city cub klasik,” cetusnya.

    Begitunya, setang justru pakai punya motor modern. “Pakai dari Ninja R dengan dudukan pakai breket custom,” ujar Didit. Setelah setang diganti, area sok depan ikut dibenahi. Jarak sok depan kanan dan kirinya sangat kecil untuk pasang ban lebar.

    Caranya, jarak sok kanan dan kiri diperlebar sekitar 3,5 cm dari standarnya. Pemakaian lingkar roda yang lebih besar dan lebar dari standar ini justru menimbulkan kesan lain. Motor tampak lebih padat, dikombinasi dengan warna cokelat tambah klasik.

    Langkah ini harus dilakukan karena penggunaan pelek depan dengan lebar 2,5 inci. Makanya ubahan sok depan harus lebih presisi dipertimbangkan. Roda belakang diimbangi juga dengan pemakain pelek lebar pula yaitu 3,5 inci.


    [​IMG]


    dipotong mulai dari patokan sok belakang, untuk selanjutnya ditambah pelat lagi sekitar 10 cm. Dan saya bentuk ulang buntutnya,” tambahnya.

    Dengan rangka bodi Honda 800 ini, Didit tetap kuatkan konsep city cub di area depan. Yaitu cover putih milik Honda C70. “Jelas dong harus pakai cover C70 ciri utama city cub ini,” ujarnya. Kalau enggak pakai cover putih malah bisa lari ke aliran choppy cub juga dong.

    Lebih detail lagi, soal kelistrikan juga sudah modern. Motor ini sudah dilengkapi elektrik starter. City cub dengan konsep klasik modern justru bikin tambah asik dipelototin. Selain itu, untuk kabel-kabel kelistrikan juga dibuat lebih rapi layaknya motor masa kini. “Jadi rapi dan enak dilihatnya juga,” cuap Denny H, sang pemilik sekaligus juragan toko sepeda B-Knee.

    Area mesin juga ternyata sudah diperbaharui. “Mesin Honda Supra Fit dipasang. Caranya hanya baut engine mounting yang asalnya ukuran 8 diganti jadi 10,” tutup Didit yang beralamat di Jl. H. Zainudin No. 27, Radio Dalam, Jakarta Selatan.

    Mantab bro!


    DATA MODIFIKASI
    Ban depan : FDR 250/70-17
    Ban belakang : FDR 130/70-17
    Pelek : Rossi
    Knalpot : Custom
    Newspeed Garage: 0812-8222-7087


    Source
    ====================================

    klasik, tapi elegan :elegan:
     
  8. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,570 / -0
    [Info & Tips] Switch Engine Stop Oei Racing, Jadi Lebih Pede

    [​IMG]

    Aplikasi gas spontan di motor harian pastinya terkendala hilangnya fungsi sakelar lampu maupun elektrik stater. Nah, saat ini sudah tersedia switch khusus untuk bisa tetap memfungsikan lampu maupun elektrik stater.

    “Asli made-in Taiwan merek OEI Racing yang ditawarkan dalam tiga pilihan. Di antaranya, switch lengkap ON/OFF lampu senja, lampu utama, elektrik starter dan engine stop. Juga yang tanpa lampu senja serta tanpa tombol elektrik starter,” jelas Agus Kirana sebagai owner Kirana Speed Shop di Jl. Angkasa No. 33 Pekanbaru, Riau.

    Dijamin dan ada garansi tiga bulan. “ Seperti kabel switch terbakar atau konektor pengantar listrik tidak bekerja normal. Rentang harga yang ditawarkan Rp 160 – 325 ribu,“tambah pria yang bisa dikontak di (0761) 862953.



    Source


    ========================================


    awas, jangan sembarangan ganti perkabelan, nanti gampang tekor atau konslet :hmm:
     
  9. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,570 / -0
    [Info & Tips] Yamaha TTX 115 X-Force Edition, Tampil Nyentrik Dengan Military Style

    [​IMG]

    Yamaha TTX asal Thailand sudah kita tahu, ulasannya juga sudah berkali-kali ditampilkan. Matik bergaya khas tracker ini punya basis rangka dan mesin yang sama dengan Mio J, beda penampilan saja! Tapi kabar terakhir dari Thailand ada yang berbeda, kini muncul TTX military style.

    Yamaha di Thailand menyebut edisi khusus ini sebagai TTX 115 X-Force Edition. Mirip kendaraan tempur tentara, warna bodinya dibalut kelir hijau dan hitam dof. Stiker yang menempel di bodinya juga didesain punya ciri khas militer. Perbedaan lainnya adalah setang kemudi yang menggunakan produk after market berlabel ProTaper.

    [​IMG]

    Selebihnya tetap sama dengan edisi reguler. Setang telanjang, bodinya yang ramping jadi cirinya. Desain stoplamp yang membulat di tengah, sepintas mirip knalpot under tail juga tetap dipertahankan. Kaki-kakinya menggunakan lingkar roda 14 inci.

    Mesinnya, ssatu silinder SOHC dengan dua klep. Mesin yang sama seperti yang dipakai Mio J ini memiliki diameter piston 50 mm dan stroke 57,9 mm. Teknologi injeksi bahan bakarnya juga sudah pakai YMJET-FI yang diklaim konsumsi bahan bakarnya mampu mencapai 55,75 km/liter.

    [​IMG]



    Source
    ================================


    kalo di indonesia sekalian di tambahin striker militer di nomor polisi nya :garing:
     
  10. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,570 / -0
    [Info & Tips] Honda Astra 90, Meski Tua Tapi Pakai Mesin CS-1

    [​IMG]

    Satu motor dua STNK. Waduh motor apaan tuh? Masa iya ada satu kuda besi punya dua surat kepolisian. Itulah yang dilakukan Ahmad Muhaimim, modifikator Sinjay Modified (SM) asal Bangkalan, Madura.

    “Motor ini dipakai harian. Biar aman ya bawa dua STNK. He..he..he..,” kata Amin, sapaan dekat Ahmad Muhaimin.

    Mendengar nama SM pastinya di benak sampeyan yang lagi ngebaca artikel modifikasi yang identik dengan garapan fiber. Tapi, jangan salah kaprah dulu sob. Pemandangan lain dari SM justru bikin modifikasi yang jauh dari kesan mengubah bodi. Ini kali Amin ingin mencoba tantangan lain.

    “Di rumah ada Honda Astra 90 yang tidak terpakai. Kalau dimodif fiber, justru enggak bagus. Makanya, diubah mesinnya aja seperti Astra 90 yang dipunyai anak klub pada umunya,” bilang Amin.

    Memang, kebanyakan sobat yang tergabung di klub Astra Bangkalan hanya bermain daleman mesin. Ada juga yang ganti silinder head atau bloknya dari motor lain. Berbeda dengan Amin yang sengaja memasang satu set mesin utuh milik Honda CS-1.

    “Saya nggak terlalu paham betul pengerjaan mesin. Daripada ribet, makan banyak waktu dan uang sekalian dipasang satu set mesin CS-1,” tambah juragan warung bebek Sinjay Madura yang terkenal itu.


    [​IMG]


    Pemasangan mesin CS-1 pada Astra tidak terlalu rumit. Hanya saja ada beberapa bagian yang mesti kena rombak supaya mesin bisa terpasang kuat.

    “Rangka bagian bawah mesti dikurangi dengan mencocokkan mesin CS-1. Enaknya lagi pakai mesin CS-1 karena sama-sama Honda jadi tidak terlalu banyak ubahan untuk memasangnya,” tutur Amin.

    Selain pemotongan rangka bagian bawah, Amin musti memberikan pangkon alias dudukan untuk menopang kepala silinder yang mempunyai sudut kemiringan hampir 45 derajat.

    “Untuk menopang silinder head dan radiator, saya mesti membuatkan beberapa pangkon saja dari besi yang tebalnya cukup untuk menahan beban mesin,” beber pria yang suka humor ini.

    Sudah selesai? Masih belum bro, ternyata karburator bawaan CS-1 terbentur rangka Astra 90. Solusinya terpaksa menggantinya pakai karbu Yamaha RXZ.

    “Bukan hanya karbu saja yang saya ganti, tapi sekalian ganti manifold. Saya ubah sudut kemiringannya dan memberi penyangga untuk karbu,” tutup pria berkulit sawo matang ini.

    DATA MODIFIKASI
    Ban depan: Primax 70/90-19
    Ban Belakang: Primax 90/100-16
    Sokbreker belakang: YSS
    Knalpot : Honda CS-1
    Sinjay Modified : 082331131121

    Source
    ====================================


    perpaduan yg unik :kaget:
     
  11. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,570 / -0
    [Info & Tips] MV Agusta Rivale 800, Masuk Indonesia Kuartal 3 2013

    [​IMG]

    Hadir di Indonesia melalui PT Moto Arte Indonesia (MAI), semua line up model MV Agusta akan dipasarkan di tanah air. "Tahun depan akan lebih banyak model yang kita pasarkan," buka Steven Oentoro, CEO PT MAI.

    Di awal perkenalannya, PT MAI memasarkan tiga model terlebih dahulu. Yaitu MV Agusta Brutale 675 yang dijual Rp 245 juta, F3 675 yang dibanderol Rp 325 juta dan yang paling mahal F4RR dilepas Rp 495 juta, semuanya on the road Jakarta.

    Nah, tahun depan akan ada lebih banyak model yang masuk. Brutale 1090, Brutale 1090R dan Brutale 1090RR. Juga moge terbaru MV Agusta Rivale 800 yang baru meraih penghargaan motor dengan desain tercantik di EICMA 2012.

    "Kami dapat info dari Italia perakitan dan penjualan Rivale 800 dimulai pada kuartal kedua tahun depan. Kami estimasikan di kuartal ke tiga 2013 motor ini sudah bisa dijual di Indonesia," jelas Steven.


    [​IMG]


    Di pasaran, MV Agusta Rivale 800 diprediksi akan menjadi rival berat Ducati Hypermotorad. Mengusung mesin 798cc 3 silinder bertenaga 124 hp pada 11.600 rpm, motor ini juga dibekali paket Vehicle Integrated Control System electronics. Isinya ada throttle ride by wire dan pilihan engine mapping yang bisa disesuaikan dengan kondisi jalan. Traction Control juga sudah menjadi fitur standar motor ini.

    Rangkanya menggunakan paduan pipa teralis dengan plat alumunium. Sedang kaki-kakinya, ditopang suspensi Sachs di belakang dan upside down Marzocchi di depan. Remnya dari Brembo dengan kaliper tipe radial 4 piston.


    Source
    =================================


    lama bener masuk nya :keringat:
     
  12. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,570 / -0
    [Info & Tips] Ragam Part Aksesoris Kaki-Kaki Yamaha Mio J dan Soul GT

    [​IMG]

    Modifikasi tanpa melakukan ubahan kaki-kaki rasanya kurang maksimal. Sekedar ganti pelek, sokbraker juga disk brake bisa dilakukan semua motor, termasuk Yamaha Mio J dan Soul GT yang masih tergolong baru. "Sudah banyak kok aksesorinya," buka Juffry Willar, Staf Research & Development Mitra2000, pemegang merek YSS dan TDR di Indonesia. Penasaran? Yuk runut satu persatu!


    Disk Brake
    Piringan cakram Yamaha Mio J dan Soul GT berbeda dengan Mio Sporty. Paling mencolok ada pada lubang baut pengikatnya yang hanya 3. Sedang Mio Sporty punya empat lubang baut. "Kebetulan ini sama seperti milik Yamaha Fino, jadi bisa saling tukar," jelas Juffry. Harganya terjangkau kok, cuma Rp 177.500. Bentuknya juga keren karena didesain bergelombang.


    [​IMG]

    Sokbraker Belakang
    Peredam kejut belakang Mio J juga tidak bisa saling tukar dengan Mio Sporty. Pasalnya diameter ulir Mio J lebih kecil ketimbang Mio Sporty. "Kalau dipaksa pakai sokbraker Mio Sporty harus coak cover bodi, selain itu ukuran roda juga jadi tidak bisa terlalu lebar," terang Juffry.

    Alternatifnya bisa pakai sokbraker YSS New C Series, pernya lebih kecil harganya dijual Rp 1,3 juta. Atau bisa juga menggunakan Z series non tabung yang dilepas Rp 775.000. Kalau mau menebusnya bisa datang ke Mitra2000 di Jl. Lodan Raya, No. 2, Jakarta Utara. Telp. (021) 693-0777.



    [​IMG]

    Pelek
    Buat yang mau ganti pelek, enggak perlu binggung. Perbedaan hanya terdapat pada jumlah lubang baut disk brake depan. "Di Mio J cuma 3. Sedangkan Mio lama 4," terang Jacob dari Inti Jaya Motor (IJM) di Jl. Kebon Jeruk V, No 260A, Kota, Jakarta Barat.

    Selebihnya sama seperti Mio Sporty. Jadi tetap bisa pakai pelek after market dari Mio lawas tapi harus mengganti disk brake model baut 4 seperti bawaan Mio Sporty. Di pasaran ada beberapa merek, salah satunya merek Power dengan pilihan palang 5 atau model sun, palang 9 lurus. Keduanya dijual dengan harga Rp 775 ribu. Untuk membelinya bisa kontak IJM di 0812-952-9693.



    [​IMG]

    Teromol
    Buat pecinta pelek jari-jari yang mencari teromol kinclong, kini enggak perlu pusing lagi. Kini sudah ada teromol VND dengan teromol depan yang dilengkapi tiga lubang baut disk brake. Harganya dijual Rp 450 ribu. “Lubang jari-jarinya tetap 36,” bilang Lie Darmawan dari Cen 128 dari Jl. Kebon Jeruk III No. 36J, Kota Jakarta Barat. Telepon (021) 649-8977.


    Source
    ========================================


    modif utama motor: kaki kaki :top:
     
  13. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,570 / -0
    [Info & Tips] Skuter Listrik Terbaru Dari Kymco, Queen 3.0 EV

    [​IMG]

    Terus berinovasi membuat Kymco dengan serius mengembangkan teknologi skuter listriknya. Kali ini yang muncul terakhir adalah teknologi yang disebut 3.0 EV. Teknologi terbaru ini diaplikasi pada skuter bergaya retro bernama Queen 3.0 EV.

    Perbedaan dengan 2.0 EV yang sudah lebih dulu dikenalkan Kymco, tenaga listik 3.0 EV lebih besar. Out put powernya juga lebih tangguh untuk menaklukan segala medan di jalanan. Selain itu, kini juga telah dilengkapi dengan Regenerative Braking System.

    Tipe motor listiknya sendiri menggunakan Permanent-Magnet Synchronous Motor berspesifikasi 3.0 kW. Baterainya mengusung Lithium-ion battery, 58v / 20Ah. Lama melakukan charging hanya sekitar 2,5 jam. Dalam kondisi baterai penuh, motor ini bisa menempuh jarak hanya 60 kilometer dengan kecepatan rata-rata 30 km/jam.

    [​IMG]

    Sedang kemampuannya, mampu menanjak 17 derajat dengan bobot 170 kilogram motor ini masih bisa berjalan di kecepatan 12 km/jam. Lumayan lah untuk putar-putar di dalam komplek perumahan.

    Desainnya cukup unik, lampu depan bulat dan bodinya gembung. Di balik jok, helm open face bisa masuk di dalam bagasinya. Diameter kedua rodanya 12 inci dengan ban ukuran 90/90-12. Motor yang baru dipamerkan di EICMA, Milan 2012 yang lalu ini tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu biru dan cokelat.



    Source
    ===================================


    go green :nikmat:
     
  14. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,570 / -0
    [Info & Tips] Motor dan Mesin Honda untuk ITB

    [​IMG]

    Bandung - Guna mendukung pengembangan kemampuan dan keterampilan mahasiswa Institut Teknologi Bandung, PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan sepeda motor dan mesin produksi kepada ITB.

    Total ada 7 unit sepeda motor, 10 mesin produksi dan 2 unit engine cutting yang diserahkan langsung oleh Direktur Produksi, Procurement, dan Engineering AHM Hamdhani kepada Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Organisasi Institut Teknologi Bandung Irawati.

    "Kami berharap sepeda motor maupun peralatan mesin produksi yang kami donasikan ini akan bermanfaat sebagai salah satu sarana pengembangan ilmu dan pengetahuan otomotif dan manufaktur mahasiswa ITB," ujarnya.

    SMK Otomotif

    Selain donasi untuk ITB, AHM juga telah mendonasikan sebanyak 30 unit sepeda motor ke 18 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bidang otomotif di Sumatera, Jawa dan Kalimantan.

    Bantuan unit sepeda motor ini diharapkan mampu mendukung sarana praktek bagi implementasi kurikulum teknik sepeda motor (TSM) di setiap sekolah.

    SMK khususnya jurusan TSM saat ini berkembang cukup pesat karena dianggap mampu menghasilkan lulusan yang siap kerja. Perkembangan SMK Jurusan TSM yang sangat pesat ini disambut baik oleh AHM dengan menggandeng beberapa SMK untuk menjadi mitra dalam meningkatkan skill para siswa melalui implementasi kurikulum TSM Honda.

    "Sampai saat ini kami sudah bekerja sama dengan 57 SMK untuk implementasi kurikulum TSM Honda. Kami berharap langkah ini dapat ikut memberikan bekal yang lebih baik sehingga para lulusan SMK memiliki kompetensi dan lebih siap masuk ke dunia kerja," ujar Head of Corporate Communication PT AHM Kristanto dalam siaran pers, Kamis (22/11/2012).


    Source
    ====================================


    mantap CSR nya :top:
     
  15. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,570 / -0
    [Info & Tips] Curi Helm untuk Biaya Istri Melahirkan, Bayu Akhirnya Dilepas Polisi

    [​IMG]

    Jakarta - Bayu (34) akhirnya dibebaskan Polsek Mampang, Jaksel. Pemulung besi yang nekat mencuri helm untuk biaya melahirkan istrinya ini hanya dikenai wajib lapor. Pemilik helm, Rizal, mencabut laporan dan memaafkan Bayu.

    "Ada surat pernyataannya. Laporan dicabut dan korban memaafkan pelaku," jelas Kanit Reskrim Polsek Mampang AKP Sujarwo saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (22/11/2012).

    Peristiwa pencurian helm seharga Rp 150 ribu itu terjadi pada Selasa (20/11) di parkiran Jamsostek Mampang. Saat itu pelaku dipergoki tengah menggondol helm milik Rizal. Bayu kemudian dibawa ke Polsek Mampang.

    Bayu diperiksa dan ditahan. Kepada polisi, Bayu mengaku terpaksa mencuri untuk biaya melahirkan istrinya. Nah, sang istri pun datang ke kantor polisi. Dalam keadaan hamil 8 bulan, sang istri menangis dan meminta maaf kepada korban.

    "Pelaku hanya dikenai wajib lapor. Sudah dibebaskan siang ini. Yang bersangkutan dalam pengawasan," jelas Sujarwo.


    Source
    =================================


    neraka dari sistem kapitalisme, jurang antara si miskin dan si kaya semakin membumbung tinggi :hmm:
     
  16. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,570 / -0
    [Info & Tips] Honda Sokong Calon "Insinyur" Bandung

    [​IMG]
    Hamdhani (kiri) dan Dekan ITB Yatna Yuwana Martwirya meninjau mesin yang disumbangkan.

    Bandung, KompasOtomotif - PT Astra Honda Motor (AHM) menyumbang unit dan mesin produksi sepeda motor kepada Institut Teknologi Bandung (ITB) guna mendukung pengembangan kemampuan di bidang manufaktur otomotif. Terutama untuk alat praktik mahasiswa di salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia itu, sekaligus menjadi bentuk corporate social responsibility (CSR) di bidang pendidikan yang dilakukan tahun ini.

    Total tujuh sepeda motor dan 10 mesin produksi diserahkan langsung oleh Direktur Produksi, Procurement, dan Engineering AHM Hamdhani kepada Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Organisasi Institut Teknologi Bandung (ITB) Irawati di Auditorium Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB, Bandung, hari ini (22/11/2012). “Kami berharap sepeda motor maupun peralatan mesin yang kami donasikan ini akan bermanfaat sebagai salah satu sarana pengembangan ilmu dan pengetahuan otomotif dan manufaktur mahasiswa ITB,” komentar Hamdhani.

    Dekan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) Yatna Yuwana Martawirya menambahkan, donasi ini membantu ITB dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan di bidang otomotif dan manufaktur, terutama bagi mahasiswa yang memiliki minat tinggi untuk mempelajari teknologi kendaraan bermotor roda dua. “Terima kasih kepada AHM atas kepercayaannya terhadap ITB untuk memanfaatkan produknya sebagai salah satu sarana penelitian dan pengembangan di kampus kami.”

    AHM sebelumnya juga sudah menyumbang 30 unit sepeda motor ke 18 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bidang otomotif di Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Bantuan unit sepeda motor ini diharapkan mampu mendukung sarana praktek bagi implementasi kurikulum teknik sepeda motor (TSM) di setiap sekolah.

    Kristanto, Head of Corporate Communication AHM menaambahkan, donasi ini diharapkan bisa berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan terutama yang terkait dengan teknologi di bidang otomotif roda dua. “Sampai saat ini kami sudah bekerja sama dengan 57 SMK untuk implementasi kurikulum TSM Honda, sekaligus jadi bekal lulusan SMK sehingga memiliki kompetensi dan siap masuk ke dunia kerja,” tutup Kristanto.


    Source
    ===================================


    honda peduli generasi muda :terharu:
     
  17. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,570 / -0
    [Info & Tips] Yamaha XS650 Buluan Tanpa Rem Depan

    [​IMG]
    Dari belakang, juga ada bulu di spakbor.

    Bandung, KompasOtomotif – Penampilan menggambarkan kepribadian, itulah yang diperlihatkan Yamaha XS 650 lansiran 1978 ini. Dari corak dan ubahannya, dipastikan sang pemilik, Ronny Hermawan suka burung. Karena itu pula gambar sayap dan bulu menghiasi sepeda motor yang telah dimodifikasi tersebut. Kuda besi berdarah retro ini tampak lebih hidup berkat garapan rumah modifikasi Retrogrades Slaughter House (RSH).

    ”Ronny keukeuh ingin sepeda motornya diubah, tapi nggak jauh-jauh dari unsur burung. Saya berpikir, karakter old skool harus dipertahankan agar temanya nyambung,” jelas Raditio Martin, juragan RSH.

    [​IMG]
    Dibalik tampang sederhananya, menyiratkan kecintaan pemilik pada unggas.

    Rangka khusus
    Tahap awal pengerjaan, semua bagian dibuang danhanya menyisakan seonggok mesin renta yang masih bertenaga. Rangka dikustom atau dibuat khusus dari pipa seamless berdiameter 33 mm. Untuk mendapatkan kesan retro yang kuat, rangka rigid dibuat agak ceper. Setelah itu barulah, dipasang suspensi depan, tangki, spakbor bikinan RSH.

    [​IMG]
    Detailing juga penuh bulu.

    Rangka dibuat seukuran Harley-Davidson Sporster. Menurut Didot, sapaan karib Raditio, ukuran itu sangat cocok untuk menggendong mesin Yamaha lawas yang tidak terlalu besar.

    Selanjutnya, roda depan dipasangkan dengan pelek dari Harley-Davidson lawas 21 inci berbalut karet Avon Speedmaster MK II 3.00. Belakang, pelek alloy 16 inci, juga dari Harley kuno, dipadu dengan ban Coker Beck 5.00. Tidak ada rem di depan (brakeless), namun belakang dicangkokkan satu set rem dari Harley-Davidson.

    [​IMG]
    Tangkinya dibuat "full" bulu dengan teknik pengecatan airbrush.

    Desain tangki
    Khusus untuk tangki, idesainnya khusus. Tutup dipasangi ornamen berbentuk sayap burung. Bodi tangki di-airbrush dengan gradasi abu-abu. Sejumlah bulu burung pun ditemui dalam bentuk hasi pengecatan.

    ”Kesannya seperti timbul atau tiga dimensi yang dilakukan dengan teknik khusus. Warna bulu burung biasanya gradasi. Dibuat semirip mungkin,” tegas Didot.

    Selanjutnya, di belakang dipasangi hardtail dengan spakbor dari pelat galvanish. Penampilan sepeda motor ini semakin ciamik ketika dipasangkan dengan sissy bar berbentuk bulu burung.

    Lampu depan dibuat dengan bentuk segitiga, sementara belakang ditancapkan rangka pelat nomor di sisi kiri ban belakang.

    Hasilnya, sSepeda motor ini tampak makin serasi dengan jok kulit olahan barudak RSH, juga bernuansa burung. Karena burungnya banyak bulu, Ronny menamakan sepedamotor ini ”Buluan”.


    Source
    ===============================


    bulu nya banyak banget :keringat:
     
  18. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,570 / -0
    [Info & Tips] Moge Baru Datang, H-D dan Ducati Pantang Goyang

    [​IMG]
    Tiga pilihan warna Hard Candy yang menawan. Mana yang Anda suka?

    Jakarta, KompasOtomotif – MV Agusta baru saja mendeklarasikan kemunculan resminya di Indonesia kemarin (21/ 11) melalui PT Moto Arte Indonesia (MAI) sebagai distributor tunggal, membuat peta persaingan moge di Tanah Air semakin semarak. Kendati demikian, hanya dua merek yang sudah mantap, yaitu Harley-Davidson melalu PT Mabua Harley-Davidson (MH-D) yang sudah berdiri sejak 1997 dan Ducati yang dikawal oleh PT Supermoto Indonesia (SMI) sejak 2006 silam.

    Sebelum MAI, PT Arya Motor Indonesia (AMI) mengimpor Victory dari Amerika Serikat, KTM melalui PT Moto KTM Indonesia dan PT Megahputra Sejahtera (MPS) yang mengaku menjadi APM moge Inggris, Triumph.

    [​IMG]
    Agustus Sani Nugroho, di atas Ducati Diavel. Tahun depan berkomitmen tambah dua model baru dan jaringan dealer.

    Suzuki tidak mau ketinggalan! Tahun depan dianggap sebagai kebangkitan mogenya. Untuk itu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyiapkan ruang pamer khusus di Jakarta Selatan dan mulai beroperasi awal 2013.

    H-D dan Ducati
    ”Kami justru senang dengan hadirnya merek baru di Indonesia. Berarti pasar semakin besar. Kami yakin masih menjadi benchmark di Indonesia karena penggemarnya beda," tegas Djonie Rahmat, Presiden Direktur MH-D saat merayakan ulang tahun perusahaannnya ke-15 pada bulan lalu. Sampai Oktober lalu, penjualan MH-D telah melewati target tahun ini, yaitu 500 unit.

    Ducati juga punya masih percaya diri yang kuat. Target 500 unit hingga akhir tahun bakal tercapai. Pasalnya,hingga Oktober lalu saja, SMI berhasil menjual 370-an unit. ”Kami justru akan menambah jaringan lagi tahun depan. Progress-nya sangat baik,” jelas Agustus Sani Nugroho, Presiden Direktur SMI.

    Pede
    Sebagai pendatang baru, MV Agusta punya rasa percaya diri tinggi bisa menarik hati penggemar moge Indonesia.”Kita harus akui,Ducati dan merek lain sudah cukup kuat di sini. Kendati demikian, kita juga punya strategi untuk menarik hati konsumen Indonesia. Pasalnya, MV Agusta juga punya kelebihan," tegas Steven Oentoro, Presiden Direktur MAI.


    Source
    ===============================

    semakin kometitif, yg di untungkan harus konsumen :top:
     
  19. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,570 / -0
    [Info & Tips] Ini Skuter Kelas Berat Honda

    [​IMG]
    Sepintas mirip Honad PCX, tapi dalam versi yang lebih besar.

    Milan, KompasOtomotif – Di atas PCX, Honda masih punya satu lagi skuter bongsor NSS300 Forza dan menjadi salah satu yang difavoritkan pengunjung dalam gelaran EICMA 2012 minggu lalu. Jika diibaratkan tinju, inilah skuter matik Honda yang masuk di kelas berat. Eropa dan Amerika menjadi benua pertama yang akan dijajaki.

    Jika dilihat modelnya, sebenarnya sepintas ada kemiripan dengan PCX, cuma ukuran lebih besar. Dari belakang baru terasa sekali bedanya, dengan desain dua lampu sejajar yang elegan. Karena ukurannya besar, kompartemen barang juga banyak. Di balik joknya bisa diletakkan dua helm full face sekaligus. Menyimpan barang kecil lainnya bisa di bagasi kecil bawah setang sebelah kiri.

    [​IMG]
    Model belakangnya lebih modern dengan pemisahan dua lampu.

    Mesin berkapasitas 279cc satu silnder berpendingin cairan adalah bekal utama. Jantung ini sanggup mengerahkan tenaga hingga 24 PS pada 8.250 rpm dan torsi 25,7 Nm pada 6.000 rpm. Kapasitas tangki bahan bakar cukup besar, 11,8 liter. Dengan kapasitas silinder besar, bobot cukup berat, dan transmisi otomatik, konsumsi bbmnya cukup irit,mencapai 30,8 km per liter.

    Fitur unik lain adalah C-ABS atau Combined ABS. Sebenarnya ini mirip teknologi Combi Brake yang ada di Vario. Bedanya, rem sudah menggunakan ABS. Jika tuas rem kanan ditarik, maka rem depan dan belakang akan bekerja bersamaan. Harga belum diumumkan.



    Source
    ================================

    wah versi bongsor nya ni :hihi:
     
  20. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,570 / -0
    [Info & Tips] Tips Lampu Mobil Tetap Terang Kala Musim Hujan

    [​IMG]

    VIVAnews - Memasuki musim penghujan, ada beberapa komponen mobil yang perlu diperhatikan setiap pengendaranya. Tak cuma ban dan rem, ada lagi komponen yang biasa sering dianggap sepele dan dilupakan.

    Padahal fungsinya sangat vital untuk keselamatan si pengendara, terutama ketika mengemudi saat hujan. Komponen itu adalah lampu depan headlamp dan juga stoplamp.

    Sinar dari keduanya harus tetap maksimal, karena sangat membantu pengendaraan apalagi saat hujan lebat. Agar kedua komponen penerangan ini dapat bekerja maksimal, ada beberapa tips jitu yang bisa Anda lakukan.

    Menurut Kepala Bengkel Plaza Toyota, Parman Suanda, ada beberapa cara mudah untuk bisa membuat pencahayaan lampu bekerja maksimal.

    Pertama periksa kejernihan batok lampu. Jika sudah kusam dan kotor karena banyak debu atau jamur segera bersihkan. Agar maksimal cuci mobil terlebih dahulu.

    Ketika sudah kering dicuci, sebaiknya dibersihkan dengan cairan pembersih. Gunakan lap dengan teskturlembut agar tidak membuat gores batok lampu. Dan lakukan hingga ke bagian sudut permukaan headlamp.

    Kemudian cek kelistrikan dari lampu, jika bohlam sudah berpotensi putus, Ada baiknya Anda langsung menggantinya. Jangan sampai ketika berkendara saat hujan deras lampu mobil dalam keadaan mati.


    Source
    =====================================


    hal yg sama berlaku juga untuk lampu sepeda motor :malu
     
    Last edited: Nov 22, 2012
  21. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,570 / -0
    [Info & Tips] Ayo, Usir Dengung Skutik!

    [​IMG]
    Di balik gigi-gerigi inilah terdapat bearing (bantalan) yang ditangarai aus hingga menyebabkan dengung.

    KompasOtomotif – Skuter transmisi otomatik (skutik) paling praktis digunakan: cukup menggontrol gas dan rem dengan tangan. Kendati demikian, karena keasyikan nge-gas, justru timbul efek jangka panjang yang sering dikeluhkan, yaitu suara dengung mesin ketika gas dikurangi (deselarasi). Pada tingkatan lebih parah, dengung terjadi di setiap putaran.

    Sarwono Edi, Technical Service Training Manager PT Astra Honda Motor, menjelaskan masalah itu muncuk karena beberapa hal. Selain usia, penyebab lain jarang ganti atau cek oli. ”Gas sering ‘ditarik-tarik’ mendadak, lama-lama mempengaruhi mesin dan CVT,” jelasnya.


    [​IMG]
    Berikan grease/ gemuk ada needle bearing agar suara dengung hilang.


    Berikut beberapa penyebab utama dan langkah jitu untuk membekap habis dengung mesin sepeda motor matik:

    1. Bantalan (bearing) aus (gambar 1)! Akibatnya, roda gigi di transmisi akan berdengung, karena sudah tidak presisi lagi atau bahkan goyang. Bantalan bisa aus karena dipaksa bekerja dengan lebih, misalnya sering menghentak gas dan rem dengan kuat. Penyebab lain, menggunakan ban yang terlalu besar. Solusinya, ganti bearing yang nyangkut di puli.

    2. Perhatikan puli (gambar2). Di dalamnya ada komponen yang disebut bearing bambu (needle bearing). Kadang-kadang bagian ini aus karena kering. Ganti bantalan setiap penggantian belt. Oleskan gemuk secukupnya agar tidak mengotori ruang CVT. Jangan asal menggunakan gemuk, pilih heavy duty yang tahan panas dan tekanan tinggi.


    Source
    =================================


    matik bukan berarti bebas perawatan :hmm:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.