1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Tips [Info & Tips] Kumpulan Tips & Trik Berkendaraan Sepeda Motor Season 2

Discussion in 'Otomotif' started by carlos_roy_fajarta, Sep 14, 2012.

?

Motor Merk & Jenis Apa Yang Kamu Suka & Nyaman Digunakan Sehari-hari :motor:

  1. Honda Bebek

    0 vote(s)
    0.0%
  2. Honda Skuter Matik

    0 vote(s)
    0.0%
  3. Honda Sport

    0 vote(s)
    0.0%
  4. Yamaha Bebek

    0 vote(s)
    0.0%
  5. Yamaha Skuter Matik

    0 vote(s)
    0.0%
  6. Yamaha Sport

    0 vote(s)
    0.0%
  7. Suzuki (Bebek, Skuter Matik, & Sport)

    0 vote(s)
    0.0%
  8. Kawasaki (Sport)

    0 vote(s)
    0.0%
  9. TVS atau Bajaj

    0 vote(s)
    0.0%
  10. MoGe (Ducati, Harley Davidson, dll)

    0 vote(s)
    0.0%
Multiple votes are allowed.
Thread Status:
Not open for further replies.
  1. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,571 / -0
    [Info & Tips] Pilihan Ban Drag Bike, Kecil Tapi Menggigit

    Balap karapan motor alias drag bike jenis balapan yang lawannya bukan cuma dikejar-kejar motor. Tapi, catatan waktu jadi acuan. Selain performa mesin, ban jadi instrumen penting untuk mendrongkrak akselerasi. Tujuannya? Ya untuk mengejar cacatan waktu terbaik.

    Jadi, pada saat memilih ban jangan sampai salah pilih!! Karena jika salah resikonya, handling motor jadi susah dikendalikan alias liar. Hasilnya, catatan waktu pun jadi molor.

    Di ajang balap adu kebut trek lurus, karakter ban drag semuanya berukuran kecil. Tapi, uniknya tidak mengurangi daya traksi alias lengket dengan aspal. Selain itu, serbuan ban produk Thailand ikut memeriahkan ajang karapan motor yang saat ini marak di Indonesia. Ada beberapa varian tipe dan merek ban yang dibisa digunakan di ajang balap drag bike.

    Diantaranya ada varian ban yang jenisnya slik alias tanpa kembangan, bahannya terbuat dari compound yang bersifat soft disinyalir dapat menambah daya cengkram. Dilihat dari ukuran juga bervariasi dari mulai yang paling kecil 45/90-17 sampai yang paling besar 80/90-17. Selain itu, tipenya beragam, mulai dari yang cocok untuk trek basah sampai cocok disegala cuaca.[/B]


    Nah, biar enggak penasaran yuk disimak ulasannya!!!

    [​IMG]

    MICHELLIN PILOT SPORTY DAN M85
    Menurut Bagus Ardian dari Planet ban, ban Michellin dapat menopang beban sehingga bisa menjaga daya cengkram saat dipakai balap. Ban ini punya compound super soft dan kembangannya didesain untuk balap. “Selain itu, harganya juga ekonomis, tapi kualitasnya tidak kalah dengan produk dan merek lain,” tambahnya.

    Pria asal Yogyakarta ini menjelaskan, untuk ukurannya Michellin tipe Pilot Sporty ada dua jenis, 60/90-17 dibanderol Rp 265 ribu. Sedang ukuran 70/90-17 Rp 310 Ribu. “Selain itu ada tipe lain, M85 dengan ukuran 60/90-17 Rp 250 ribu,” kata Bagus yang kantornya di Jl. Tole Iskandar, No 109-110, Depok Timur.



    [​IMG]

    1. MIZZLE DRACO
    Keunggulan ban ini jenisnya wet and dry race. “Jadi enggak bingung ketika pada saat balapan tiba-tiba hujan turun. Karena jika dipakai di sirkuit yang kondisinya basah, ban ini akan tetap bisa mengigit,” bilang Supit Hidayat dari Mizzle Shop.

    Ban ini juga dirancang untuk kecepatan maksimum 180 km/jam. Untuk urusan harga, ban ini cukup ekonomis ban dengan ukuran 70/80-17 dibanderol Rp 142 ribu, 80/80-17 dilego Rp 183 ribu dan untuk ukuran 90/80-17 harganya Rp 232 ribu. “Itu baru harganya yang list, kalo beli disini akan diberikan diskon sebesar 10%,” jelas Supi yang kantornya di Jl. Dewi Sartika, RT 004/03, Ciputat, Tangerang.

    2. CAMEL
    Ban yang berasal dari Thailand ini dirancang khusus untuk ban depan. Ukurannya pun paling kecil dibandingkan dengan varian lain. Ukuran 45/90-17 tidak mengurangi daya gigit karena bahannya menggunakan soft compound.

    Selain itu, Menurut Tomo, ban yang dijual dengan harga Rp 275 ribu ini dilengkapi dengan ukuran beban maksimum 78 kg. “Ban ini khusus untuk depan. Jadi, ada ukuran maksimum, juga sebagai acuan bahwa ban ini tidak bisa digunakan di belakang,” beber Tomo yang bos Tomo Speed Shop di Jl. Bendungan Jago Raya No. 6-7, Kemayoran, Jakarta Pusat.

    3. IRC EAT MY DUST
    Ban ini termasuk paling akrab dengan motor drag. Maklum, di pasaran merek dan tipe ban ini laris manis diserbu para speed jungkies. Selain itu, untuk mendapatkan jenis ban ini tidak sulit. “Sekarang ini Eat My Dust yang lagi banyak dicari orang,” bilang Veronica Nancy dari New Gaya Motor di Jl. HOS Cokrominoto No. 7E, Kreo, Batas, Ciledug, Tangerang.

    Keunggulannya, ban yang ‘dilahirkan’ dari pabrik ban IRC Thailand ini memiliki compound yang memang sudah didesain untuk balap, sehingga memang harganya sedikit lebih mahal.

    Selain itu, “Eat My Dust itu kembangannya banyak. Bentuk grip ban segitiga jadi bisa lebih lengket dengan aspal. Apalagi jika dipakai ketika trek dalam kondisi basah,” ungkap Tomo alias Utomo Tjioe, komandan Tomo Speed.

    Untuk harga dan ukuran ban ini ada 4 varian. Yaitu, untuk ukuran 45/90-17 harganya Rp 425 ribu, sedangkan untuk ukuran 60/80-17 harganya Rp 475 ribu. Ukuran 70/80-17 harganya Rp 525 ribu dan ban yang cocok untuk ban belakang yang ukurannya 50/100-17 harganya Rp 550 ribu.

    4. VEE RUBBER DRAKULA DAN SATAN
    Vee Rubber termasuk ban yang juga banyak beredar diajang adu kebut. Walaupun banyak yang mengeluhkan kembangan ban ini cepat habis, namun ban asal Thailand ini masih akrab dengan motor drag.

    Saat ini, Vee Rubber baru saja mengeluarkan varian baru, yaitu Vee Rubber Drakula. Ban dengan tipe slik alias tanpa kembangan punya beban lebih ringan dibandingkan dengan merek dan tipe yang lainnya. Tetapi, tidak mengurangi daya traksi.

    Menurut Miekeel Tjahjanto dari MC Racing, Vee Rubber itu bisa dibilang ban paling lengket. Apalagi sekarang ada tipe baru yang tanpa kembang, walaupun ban ini belum pernah dijajal, tapi kemungkinan bisa lebih mencengkram lagi,” tambah pria yang tokonya berada di Jl. Kebon Jeruk IX No. 20, Hayam Wuruk, Jakarta Barat.

    Dari segi harga, Vee Rubber Drakula lebih mahal jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yaitu Vee Rubber Satan. Untuk ukuran 60/75-17 dibanderol Rp 650 ribu dan ukuran 65/75-17 seharga Rp 650 ribu. Sedangkan Vee Rubber Satan, ukuran 60/80-17 dilego Rp 450 ribu dan ukuran 70/80-17 harganya Rp 500 ribu.



    ==========================================


    yg demen nge-druags :malu
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,571 / -0
    [Info & Tips] Safety Berkendara Motor Gede, Kenali Diri dan Motor

    [​IMG]


    Dalam beberapa minggu lalu, dua pengendara motor besar mengalami kecelakaan. Dua hari setelah lebaran, Andre Mamuaya kecelakaan saat mengendarai Ducati Sport 1000S. Kejadian ini bahkan berakibat fatal. Beberapa minggu kemudian, pesinetron Rezky Aditya juga mengalami kecelakaan dengan mengendarai motor besarnya.

    Pertumbuhan pengendara moge sangat signifikan dalam beberapa tahun belakangan ini. Sebagian di kategorikan sebagai pengendara pemula. Baru bisa bawa motor langsung geber motor berkapasitas di atas 400 cc.

    Saat ini pabrikan motor dan importir umum (IU) juga jor-joran menjual produk motor berkapasitas besar. Pabrikan seperti Kawasaki, Suzuki, Yamaha juga diketahui menjual motor besar. Moge juga telah menjadi lifestyle bagi beberapa kalangan tertentu.


    [​IMG]


    Secara prinsip sebenarnya sama saja membawa moge atau mocil alias kotor kecil yang berkapasitas di bawah 200 cc. “Tetapi, pengendara harus memahami karakter, handling motor besar. Itu jelas beda dengan motor berkapasitas kecil,” kata Petrus ‘Tobun’ Canisius, mantan pembalap motor.

    Tobun yang kini melatih safety riding untuk pengendara moge Kawasaki ini memberikan beberapa tips terkait dengan pengendara moge, apalagi yang awam. “Biasakan diri dengan cara berbelok atau cornering, braking. Sebaiknya untuk awal, sering berlatih di lokasi yang layak seperti di Sentul sebelum melakukan riding di jalanan,” jelas Tobun.

    Yang pasti power moge dengan kapasitas 600 cc berpuluh kali dibanding dengan bebek atau skubek yang berkisar di angka 7-8 dk. “Sekali betot gas badan seperti ketarik. Pegangan tangan ke setang juga mesti kuat,” ulasnya.

    Fisik yang prima juga dituntut dalam mengendarai moge. “Istirahat cukup paling tidak 6-8 jam sebelum bawa moge. Ini penting. Banyak kasus kecelakaan diawali dengan kondisi si pengendara yang tidak baik. Antisipasi dan refleksnya rendah. Dengan moge hal ini tidak bisa,” bilang Tobun.

    Fisik dan stamina ini juga dipengaruhi oleh karakter mesin moge. “hawa mesin sangat menguras tenaga. Apalagi di tengah Jakarta yang kondisinya macet. Membawa moge bisa sangat menyiksa,” ungkap Tobun.

    Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting memberikan ulasan soal berkendara yang penting mind-set. “Biasanya ada perasaan ego berkendara motor besar. Attitude ini jadi sumber petaka,” kata Jusri.

    Soal skill berkendara bisa jadi nomor seratus. “Skill bukan yang utama. sikap dan perilaku berkendara yang harus menjadi perhatian,” bilangnya.


    ==============================


    katro, baru punya moge, udah di pake geber2 di jalan, di sumpahi orang biar modyar baru tahu rasa! :awas:
     
  4. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,571 / -0
    [Info & Tips] First Ride SYM Joyride 200i EVO, Memang Enjoy to Ride!

    [​IMG]


    SYM Joyride 200i EVO masuk Indonesia lewat PT Sanyang Industri Indonesia (SII), tapi unit tes ini kami dapatkan dari PT Sentra Karya Ekamegah (SKE) selaku main dealer SYM untuk Jakarta, Bandung, Surabaya dan Medan. PT SKE sengaja mengajak redaksi untuk mencoba motor Rp 34 jutaan ini, penasaran? Yuk maree kita coba!

    Desain dan Fitur
    SYM Joyride 200i EVO ini memang tergolong matik berukuran besar. Lihat saja, bentuknya lebar, dengan windshield depan yang menjulang. Meski nampak gambot, menariknya motor ini punya dimensi yang tidak terlalu panjang. Pasti ada hubungannya dengan handling nih, sabar kita ulas nanti.

    Sekarang kita lihat desainnya terlebih dahulu. Dari depan, dua lampu berdesain split membuatnya terlihat lebar, sedang di belakang malah tampil membulat. Komposisi jadi proporsional dengan diaplikasikannya jok tebal dan sandaran belakang. Di bawah jok sudah tersimpan boks bagasi berukuran super lega.



    [​IMG]



    Yang unik, cara membukanya dilakukan dengan menekan tombol di panel setang sebelah kiri, secara otomatis kunci akan terbuka dan jok yang sudah dilengkapi penahan hidrolis ini akan langsung terbuka. Lucunya lagi, jok membuka bukan ke depan, tapi ke samping. Memudahkan saat memasukan lebih banyak barang!

    Panel indikatonya juga lengkap, mulai dari speedometer, takometer dan suhu mesin yang ditampilkan secara analog. Di panel digital ada odometer, trip meter, voltmeter dan indikator bahan bakar. Belum lagi tambahan lampu engine check untuk sistem injeksinya juga indikator oli mesin. Makin menyenangkan ketika lampu dinyalakan, iluminasi berwarna biru akan langsung memanjakan mata.




    [​IMG]



    Buka tutup tangkinya pun mudah. Putar anak kunci kontak ke kiri, otomatis tutup bensin yang terletak di bawah setang langsung terbuka. Enggak perlu repot turun dari motor untuk isi bahan bakar. Tapi ada satu hal yang cukup mengganjal, yaitu posisi kiprok dan aki yang terletak di bodi belakang sebelah kanan. Karena terlalu keluar jadi mengurangi keindahan, juga rawan tangan jahil.

    Handling
    Duduk di atas joknya langsung terasa kenyamanannya. Joknya tebal yang membentuk sandaran pinggang. Saat mengemudi jadi bisa lebih rileks dan tidak cepat lelah. Posisi joknya terasa rendah bila dibandingkan dengan dek pijakan kaki. Akibatnya, pengendara bertubuh tinggi pasti akan merasa seperti jongkok ketika mengendarai motor ini.

    Tapi tenang, tidak mengurangi kenyamanan kok. Malah kalau mau, bisa selonjorkan kaki dengan berpijak pada dek bagian atas. Terlebih posisi setangnya juga tinggi, badan jadi selalu pada kondisi tegak dan tidak mudah lelah. Buat boncenger juga nyaman, jok lebar dan tebal serta pijakan kakinya membuat nyaman. Hanya saja, untuk boncenger agak susah saat mau naik, maklum bodinya gambot.



    [​IMG]


    Ketika dibawa jalan pun terasa kalau suspensinya empuk, karakternya memang mengutamakan kenyamanan. Dan yang paling mengejutkan adalah, meski terlihat besar tapi handlingnya tetap mudah. Meliuk di tikungan bersudut tajam sekalipun tetap bisa dilakukan dengan santai.

    Yang pasti ada hubungannya dengan wheel base-nya yang hanya 1.440 mm . Secara kasat mata, meski besar motor ini tidak terlalu panjang. Pantas saja! Remnya juga istimewa, kedua roda sudah dikawal dengan diskbrake. Sekali colek tuas rem, motor langsung melambat signifikat. Pakem!

    Performa
    Meski diklaim menggunakan nama "200" tapi sebenarnya kapasitas mesin motor ini cuma 171,2 cc. Mesinnya satu silinder SOHC dengan 4 klep. Meski terdengar sederhana, mesinnya sudah menggunakan pendingin cair atau radiator. Wah, bakal selalu adem nih.

    Ketika mesin dinyalakan, suaranya terdengar halus. Begitu juga denga getarannya tidak terlalu terasa sampai ke kaki dan tangan. Tarikannya pun cukup responsif, terlebih motor ini menggendong bodi yang tidak kecil bobotnya saja mencapai 155 kilogram. Tenaganya memang terasa halus di putaran bawah, tapi menengahnya tetap terasa kuat. Sepadan dengan bentuknya yang gambot.


    [​IMG]


    Specification Sym Joyride 200i Evo

    Engine type: Single cylinder, four-stroke
    Valves per cylinder: 4
    Fuel system: Injection. EFI
    Fuel control: SOHC
    Cooling system: Liquid
    Gearbox: Automatic
    Exhaust system: Euro 3
    Front suspension: Telescopic fork
    Rear suspension: Unit swing
    Front tyre dimensions: 110/90-13
    Rear tyre dimensions: 130/70-12
    Front brakes: Single disc
    Front brakes diameter: 273 mm (10.7 inches)
    Rear brakes: Single disc
    Rear brakes diameter: 220 mm (8.7 inches)
    Physical measures and capacities
    Dry weight: 155.0 kg (341.7 pounds)
    Overall height: 1,280 mm (50.4 inches)
    Overall length: 2,010 mm (79.1 inches)
    Overall width: 760 mm (29.9 inches)
    Wheelbase: 1,440 mm (56.7 inches)
    Fuel capacity: 8.00 litres (2.11 gallons)



    ===========================


    matik oh matik :angel3:
     
  5. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,571 / -0
    [Info & Tips] Bajaj dan Kawasaki, Kerjasama Penjualan Motor di Indonesia!

    [​IMG]


    Hari Selasa kemarin (18/9), pabrikan motor India, Bajaj Auto baru saja menandatangani kesepakatan dengan Kawasaki dalam hal kerjasama penjualan sepeda motor. Menariknya, seperti berita yang dirilis oleh Hindustan Times, kerja sama ini akan dilakukan untuk pasar Indonesia.

    Nantinya, jaringan penjualan Kawasaki akan ikut memasarkan sepeda motor buatan Bajaj di Indonesia mulai pertengahan 2013. Motor-motor ini akan diimpor langsung dari India dan dipasarkan sebagai co-branded products.

    Cara ini sebelumnya sudah dilakukan Bajaj dan Kawasaki di India dan yang paling sukses di Philipina. Dengan kolaborasi dalam hal penjualan seperti ini, Bajaj dan Kawasaki mampu menguasai pasar hingga mencapai market share 45 persen.

    Bila melihat cara menjual sepeda motor Bajaj di Philipina, semua jaringan penjualan Kawasaki juga menjual sepeda motor Bajaj. Merek yang digunakan tetap Bajaj tapi pada sepeda motornya juga terdapat logo Kawasaki.

    "Ini adalah pasar 4 juta sepeda motor dan Jepang sudah sangat mapan. Jika kami bisa mendapatkan 20 persen market share, itu adalah jumlah yang sangat besar," harap Ravi Kumar, Vice President, Business Development, Bajaj Auto.

    Sayangnya belum diketahui model apakah yang akan dijual bersama di Indonesia, apakah Pulsar 200NS terbaru atau ada model lain yang sengaja dipersiapkan untuk pasar tanah air. Yang jelas Bajaj memang sedang mengupayakan cara serupa untuk masuk ke pasar yang baru seperti Brazil dan negara-negara lainnya di Asean.

    Hingga saat ini, ekspor sepeda motor Bajaj sudah mencapai 35 negara dan akan terus ditingkatan.


    ====================================


    wkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkw :oblol:
     
  6. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,571 / -0
    [Info & Tips] M-One Super Tyre Sealant, Cairan Anti Bocor Untuk Pelek Jari-Jari

    [​IMG]


    Kasus ranjau paku yang masih marak memang menjadi momok, terlebih di Jakarta. Hal ini tentu sangat merugikan para pengguna kendaraan terutama sepeda motor. Keberadaan M-One Super Tyre Sealant menjadi sebuah jawaban dari permasalahan tersebut.

    Tak hanya melindungi ban tubeless, produk yang mengadopsi teknologi dari Thailand ini juga mampu menambal ban motor velg jari-jari dengan sempurna. Untuk melindungi ban dengan velg jari-jari memang membutuhkan perlakukan khusus.

    PT Karya Cipta Mandiri selaku produsen sengaja memproduksi item yang dinamakan manset. Alat yang juga dilengkapi dengan pentil itu nantinya akan dikalungkan pada bagian dalam velg. Setelah itu, masukan serbuk yang berbentuk seperti karet pada bagian dalam ban. Lalu tuntaskan dengan mengisi cairan M-Ojne Super Tyre Sealant.

    Philip Buulolo, Sales & Marketing Manager mengungkapkan cairan M-One akan langsung menutup lubang pada saat ban terkena paku."Namun yang lebih penting karena produk ini berbasis air dengan PH yang rendah (7-9), maka tidak akan menyebabkan karat pada velg jari-jari," kata Philip.

    M-One Super Tyre Sealant tersedia dalam tiga kemasan yaitu 350ml (velg racing 14 inci), 500ml (velg 17 inci) dan 800ml plus manset (velg jari-jari untuk ukuran 17-18 inci). Harga yang ditawarkan pun cukup bersahabat yaitu berkisar diantara Rp 35-75 ribu.

    Produk ini juga sudah tersebar di Jabodetabek dan beberapa kota di Indonesia. Untuk lebih lanjut bisa kunjungi gerai online mereka di http://m1-online.com cekidot!


    ==================================


    jaman sekarang kalo gak pake tubeless bisa di kerok tu dompet sama tukang tambal (alias penyebar paku) :keringat:
     
  7. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,571 / -0
    [Info & Tips] Ini Dia Ducati Multistrada 1200 versi 2013

    [​IMG]

    Ini dia, Ducati Multistrada 1200 versi 2013. Untuk tahun depan, Ducati menyematkan banyak perubahan pada motor andalannya ini. Paling jelas terlihat adalah estetika desain yang disempurnakan. Tidak terlalu banyak berubah, tapi peleknya benar-benar beda. Versi terbaru lebih nampak lebih kokoh.

    Pada Multistrada 1200 versi standar, kini dilengkapi dengan pilihan Riding Mode, Ride-by-Wire (R-b-W) dan Ducati Traction Control (DTC) juga Anti Lock Brake System (ABS) paling baru. Sedang varian Multistrada 1200 S yang lebih tinggi kastanya di lengkapi dengan semi-active suspension system, Ducati Skyhook Suspension (DSS). Tidak ketinggalan juga opsional boks samping dan standar tengah..

    Sedang varian Multistrada 1200 S Granturismo yang merupakan flagship untuk varian turing, kini dilengkapi dengan boks besar di belakang dan samping kanan-kiri. Juga ada tambahan LED illumination dan ban dengan spesifikasi jarak jauh.


    [​IMG]



    Dan terakhir adalah varian Multistrada 1200 S Pikes Peak, kalau yang ini mengusung livery kemenangan saat menjuarai mountain race bike tahun 2012 lalu. Selain lebih simpel, beberapa komponen seperti knalpot sudah pakai tipe racing aftermarket keluaran Termignoni.

    Rencananya, motor ini akan dipamerkan di INTERMOT motorcycle show di Cologne, Jerman pada 3 sampai 7 Oktober mendatang. Sedang untuk penjualan, mulai akan dipasarkan pada bulan Desember 2012.


    =========================


    nyaman bener ni buat turing :matabelo:
     
  8. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,571 / -0
    [Info & Tips] Pasang Hidraulis Jok, Biar Enggak Rempong Buka Jok

    [​IMG]

    Banyak yang pasang hidraulis mobil di motor. Diletakkan di bawah jok motor, fungsinya untuk mendorong jok agar membuka sendiri. Modifikasi macam ini sudah merebak sejak 2004 lalu.

    Namun pemasangannya harus menggunakan perangkat elektrik agar kunci jok bisa terbuka. Biasanya untuk menarik atau mendorong pelatuk yang terdapat di kunci jok menggunakan central lock mobil. Sampai sekarang tentu harganya masih mahal.

    Nah, karena sekarang eranya motor modern, banyak motor baru yang dari pabrik sudah dibekali tombol pembuka jok di kunci utama. Sehingga kita enggak usah membuka jok menggunakan kunci yang terdapat di belakang. Contohnya di Honda Vario 125 PGM-FI.

    “Biar lebih ekslusif dan enggak ribet, menggunakan hidraulis. Dengan menggunakan hidraulis tinggal pijit tombol, jok terangkat tanpa bantuan elektrik,” kata Bong Bui Khin, bos Jack stand Racing (JST).

    Cara pasangnya mudah. Tebus hidraulis seharga Rp 45 ribu. Hidraulis ini sudah terdapat 5 skrup, 3 dudukan(1 cadangan) dan 1 hidraulis. Sudah tidak menggunakan dari mobil, variasi khusus motor sudah tersedia.

    “Pasangkan dudukan dengan alas berbentuk bulat di box dan dudukan dengan alas lonjong di bagian plastik jok. Dudukan tinggal dibaut skrup pakai obeng plus,” jelas Kimko, sapaan bos dari Jl. Ciledug Raya, Ruko Puri Beta, Petos junction Lot 7 No. 2-6, Tangerang.

    Selain murah, pemasangan mudah, cuman bermodalkan obeng kembang. Dengan begitu Vario 125 jadi enggak tambah rempong alias tak ribet ketika buka jok. "Selain Vario 125, Yamaha Nuovo juga bisa pakai," seru Kimko yang bisa dihubungi di (021) 4461 9168.


    ===============================


    wah honda memang selalu selangkah di depan soal inovasi :top:
     
  9. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,571 / -0
    [Info & Tips] Taurus Duplikat Kunci, Spesialis Kunci Kontak Bisa Bikin Model Baru

    [​IMG]

    Sebagai ahli kunci, kelebihan yang dimiliki Jandadun bisa memperbaiki atau menduplikat kunci di motor-motor baru. Seperti kita tahu, kunci kontak di motor sekarang sudah dilengkapi pengaman bermagnet. Kunci jenis ini biasa disebut Secure Key Shutter.

    Bahkan di motor masa kini, punya anak kunci yang berbeda dari sebelumnya. Batang anak kunci lurus atau tanpa lekukan dan tidak meruncing. Bentuknya sama seperti anak kunci di mobil-mobil keluaran baru.

    Seperti anak kunci Yamaha Mio J, bentuknya lurus saja. Bagian runcing atau lekukan tidak berada di bagian luar. Menduplikatnya tidak bisa sama dengan kunci motor biasa. “Saya akali menggunakan kunci magnet punya Yamaha Xeon. Sedangkan batang kunci pakai punya mobil Honda Jazz dibubut lagi,” jelas Jandadun yang buka lapak Taurus Duplikat Kunci itu.

    Selain harus punya trik mencari bahan baku kunci, “Pada saat kita akan menduplikat atau membetulkan kunci kita harus tahu jalurnya. Jalur kunci itu ada 3, yaitu jalur kiri, jalur kanan dan jalur dua,” jelas pria gemar memakai topi ini.

    Untuk mendapatkan ilmu cara membetulkan dan duplikat kunci, bro asal Sukabumi, Jawa Barat ini awalnya membeli rumah kunci. Lalu dibongkar untuk dipelajari, setelah mahir doi baru berani praktek sendiri.


    ==============================


    bisa buat kunci box juga kah :bloon:
     
  10. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,571 / -0
    [Info & Tips] Air Bersih Untuk Rawat Rem Cakram

    [​IMG]


    Biar pakai cakram standar atau yang segede tampah, soal perawatan perangkat cieet mesti ektra lebih. Maksudnya, kalau tidak peduli dengan peranti ini jangan heran timbul suara berdecit juga seret. Bahkan kondisi paling parah, roda bisa saja tidak mau berputar.

    Penyebabnya tidak lain ulah dari air hujan atau air kubangan yang mengedap. Bukan cuma bikin karat tapi juga bisa ngerusak komponen di peranti itu. Contohnya bagian-bagian part kaliper alias kepala babi yang biasa terpasang diperangkat ciiet..

    Sekali kena hujan atau habis lewat kubangan, enggak heran kotoran pasir mudah melekat di peranti ini. Jika tidak segera dibersihkan, kotoran tadi memungkinkan menyusup ke piston, kampas dan piringan. Hingga efek buruknya menyebabkan terjadi pengkikisan.

    Jika hal ini tidak ingin dialami motor sobat, habis diguyur hujan atau lepas lewat kubangan biasakan tunggangan di siram air bersih. Terutama di kaliper untuk mengusir kotoran yang sementara itu sedang melekat.

    Mau prosesnya lebih cepat, coba siram kotoran melekat tadi dengan air bertekanan. Tapi, kalau punya waktu luang, selain disemprot air ya dicuci juga pakai sabun. Kan sekalian bersih.

    Oh iya, musim kemarau biasanya banyak debu beterbrangan. Jika disiram hujan sebentar, kotoran gampang melekatnya.


    ==============================


    rem cakram meski lebih pakem, tapi lebih ribet perawatannya :sigh:
     
  11. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,571 / -0
    [Info & Tips] Honda Ingin Produksi Motor Balap RC213V

    [​IMG]


    Tokyo - MotoGP adalah balapan para raja yang menggunakan motor-motor prototype. Tapi di masa depan, Honda diam-diam berkeinginan untuk segera memproduksi versi jalanan dari motor balap mereka di MotoGP. Ini adalah menjadi kakak dari CBR1000RR Fireblade.

    Orang dalam Honda seperti dilansir Motorcycle News, Kamis (20/9/2012) mengungkapkan kalau pabrikan berlambang sayap tunggal mengepak itu ingin membuat versi jalanan dari RC213V di 2014 mendatang. Kelahiran motor ini diharapkan bisa meningkatkan citra Honda sebagai merek motor kencang.

    Motor ini nantinya tidak akan menggantikan peran CBR1000RR, namun akan ditempatkan di atasnya. Harganya kemungkinan besar tidak akan murah dan jumlah produksinya juga tidak akan terlalu banyak.

    Rumor mengenai versi jalanan dari motor balap Honda yang berlaga di MotoGP sebenarnya bukan pertama kali ini saja berhembus. Di era MotoGP masih bermesin 500 cc dan 1.000 cc juga sudah berhembus isu seperti itu.

    Namun ada kabar kalau pengumuman itu akan dilakukan akhir pekan ini dimana Presiden Honda, Takanobu Ito akan berpidato untuk memaparkan strategi masa depan Honda.

    "Ini telah dibicarakan untuk beberapa waktu tapi sekarang sudah ada niat untuk menempatkan motor yang berasal dari MotoG untuk diproduksi. Jadi kita dapat memperlihatkan jenis teknik, semangat dan kegembiraan ala Honda yang sudah dikenal," kata seorang sumber di Honda.


    ============================


    cuman satu kata, TOP :sembah:
     
  12. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,571 / -0
    [Info & Tips] Bore Up Honda Vario Techno 125 PGM-FI, Bisa Pakai PCX 150

    [​IMG]

    Kemunculan Honda PCX 150 membawa angin segar bagi pemilik Honda Vario Techno 125 PGM-FI yang suka akselerasi. Karena banyak dari sobat biker berpikir kalau Vario 125 bisa dibore up pakai engine milik PCX 150. Benar enggak ya?

    “Konsep mesin PCX 150 dan Honda Vario Techno 125 PGM-FI sama. Yaitu, eSP Engine (Enhanced Smart Power). Tetapi, untuk substitusi, tentu banyak penyesuaian,” ujar Sarwono Edhi, Technical Training Development PT Astra Honda Motor (AHM).

    Memang, kalau bicara soal baut empat pemegang silinder blok dan kepala silinder, keduanya tidak berubah. Jadi, blok PCX 150 bisa langsung pasang. Perbedaannya hanya di bagian water jacket saja. Itu bisa disebabkan karena piston PCX 150 memang lebih besar dari piston Vario 125.

    Yang jelas, ketika aplikasi piston PCX buat di Vario, kudu mengubah pen piston. Itu karena pin piston milik PCX 150 berdiameter 14 mm. Sedang pin piston Vario 125 punya diameter 13 mm. “Besarnya torsi yang dimiliki PCX 150 membuat pin piston juga lebih besar. Sehingga piston lebih kuat menahan torsi yang lebih besar,” tambah Edhi yang ramah.


    [​IMG]


    Maka itu kalau tidak mau repot, baiknya juga aplikasi kruk as milik PCX juga. Besarnya ubahan piston juga kudu diukuti dengan perubahan diameter klep. Klep bisa juga pakai PCX 150. Jika di Vario 125 pakai klep 27 mm (in) dan 22 mm (ex), maka PCX 150 usung klep 29 mm (in) dan 23 mm (ex).

    Lagi-lagi, kalau enggak mau repot sih bisa saja usung seluruh jeroan dan kepala silinder PCX 150. Toh, bisa langsung pasang juga kok. Paling hanya menyesuaikan paking head saja. Karena bentuk paking Vario dan PCX berbeda.

    Langkah terakhir, penyesuaian di injektor. Maklum! Karena tak lagi aplikasi spuyer, maka injektor yang kudu diganti agar kebutuhan di ruang bakar terpenuhi. Injektor, bisa juga pakai milik PCX 150.

    Nah, terjawab sudah. Jadi, ada pilihan bore up tuh buat bikin Vario 125 berlari makin kencang.



    ====================================


    demen ngebut ya :keringat:
     
  13. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,571 / -0
    [Info & Tips] Perangkat Sepeda Motor Hybrid Retrofit Siap Produksi Masal

    [​IMG]


    Perangkat hybrid untuk sepeda motor yang dibuat oleh PT Retrofit Indonesia (RI), sudah akan masuk ke tahap produksi. Yang saat ini dipasang pada Yamaha Mio berwarna putih ini masih protipe yang akan terus disempurnakan sebelum masuk tahap produksi.

    Seperti mencari dimensi yang pas untuk pelek sepeda motor matik 14 inci, atau bebek yang 17 inci. "Saat ini juga masih menggunakan pelek jari-jari, kedepannya sedang kita siapkan yang pelek racing. Karena tren nya memang sedang kesana," jelas Ir Tutuko Wirjoatmodjo, dari PT RI.

    Selain itu, pria yang pernah bekerja di Toyota dan Honda ini juga mengaku pengembangan jangka panjangnya akan mengarah pada pembuatan perangkat autocharging, sehingga penggunanya tidak perlu berlama-lama melakukan charge sebelum digunakan.

    "Harapanya tahun 2013 mendatang, perangkat hybrid kami sudah bisa diproduksi di Indonesia. Hampir semua komponenya lokal. Yang impor paling hanya 10 persen saja, untuk komponen khusus seperti resistor," jelasnya sambil meyakinkan bahwa tenaga kerjanya juga akan menyerap pekerja lokal.

    Meski secara desain mirip dengan aplikasi motor listrik pada sepeda kayuh, tapi PT RI juga sudah mengantongi paten untuk perangkat listrik tambahan pada sepeda motor. Sehingga tidak ada lagi ketakutan karyanya dijiplak.

    "Selain itu, untuk pemasarannya kami sedang bersiap untuk menjalin kerja sama dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)," buka Ir Agus Hariyanto dari PT Retrofit Indonesia (RI). "Tapi SMK bukan merupakan unit usaha, makanya kami akan masuk lewat Koperasi di SMK," sambung Agus.

    "Kami sangat yakin lulusan SMK memiliki cukup kemampuan untuk melakukan perawatan perangkat hybrid yang kami miliki," terang pria yang sempat menjadi pemasok alat utama sistem senjata (Alutsista) untuk Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) ini.

    Dengan kerja sama ini ada beberapa keuntungan yang akan diperoleh oleh kedua belah pihak. Bagi pihak SMK tentunya akan menjadi pemasukan lewat penjualan, sedang bagi siswa SMK yang dilibatkan bisa mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru.

    Untuk penjualannya juga sedang mejajaki kemungkinan kerjasama dengan lembaga pembiayaan atau leasing. Tentunya agar pembeliannya bisa dilakukan secara kredit. Rencananya, satu set perangkat hybrid dari Retrofit ini dijual dengan harga Rp 2,5 jutaan. Komponennya terdiri dari motor listrik dan controller. Baterainya dijual terpisah, jika membeli secara paket dengan baterai maka harganya akan berkisar di angka Rp 3,5 jutaan.

    Perangkat Retrofit hybrid ini adalah aplikasi sebuah motor listrik sebagai tenaga alternatif menggerakan motor. Motor listik berjenis brushless hub motor ini akan dipasang pada roda depan sepeda motor, sehingga ketika berkerja tidak perlu mengganggu mekanisme mesin standar.

    Sehingga memiliki dua opsi, bisa berjalan dengan bensin menggunakan mesin bawaan motor atau menggunakan listrik. Motor listrik akan langsung memutar roda depan. Agar dapat bekerja, motor listrik ini mendapat suplai listrik dari baterai.

    Aplikasi perangkat ini diharapkan mampu menghemat konsumsi bahan bakar sekaligus membantu pemerintah memecahkan masalah subsidi bahan bakar yang jumlahnya terus melonjak.


    ==========================================


    go green earth :nikmat:
     
  14. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,571 / -0
    [Info & Tips] Per Klep Yoshimura, Diameter dan Tingginya Lebih

    [​IMG]


    Kemampuan mesin mengail tenaga besar patokannya bukan cuma dari kompresi tinggi. Tapi, gimana juga dengan kemampuan pegas klep menahan gempuran kompresi seher. Terlebih saat mesin 4-tak dipacu kecepatan tinggi. Jika tidak siap, kebocoran sangat mungkin terjadi. Tenaga pun jadi taruhannya.

    Seperti di ajang Kejurnas Grasstrack Seri 5 Region 2 di Bandung lalu. Penggunaan per klep merek Yoshimura jadi bahan omongan. Digunakan di Honda Blade pacuan F. Chimon yang jadi jawara kelas Bebek Modifikasi 4T Senior. Juga di Blade geberan Prabowo Adi yang jawara di kelas Bebek Modifikasi Junior. Keduanya dari tim MPS Honda Banten IRC AHRS.

    “Biasanya sih pakai per klep merek lain yang juga ramai dipakai motor spek motoprix. Cuma begitu ganti per klep merek ini, kelihatan sekali perubahannya. Tenaga motor dari start sampai finish kayak enggak ada habisnya. Begitupun menurut pengakuan para joki,” urai Fahmi, manager tim MPS Honda Banten IRC AHRS.

    Dilansir Fahmi yang mengikuti ucapan mekaniknya, Abdul ‘Keling’ Syukur, mengatakan kalau part tersebut memiliki perbedaan mencolok. Terutama diameter ulir pegas dan tingginya dibanding per klep yang sekarang masih ramai dipakai mekanik balap.

    “Kalau diukur sigmat, tingginya 32 mm atau lebih tinggi 0,5 mm dari produk lain. Sedangkan diameter ulirnya 3 mm atau lebih besar 0,2 mm juga dari produk lain. Kelebihannya enggak gampang floating (ngambang) waktu digeber tinggi. Makanya enggak bocor kompresi,” lanjutnya.

    Hanya saja per klep yang dijual sekitar Rp 1 jutaan lebih itu akan datang lagi bulan depan. Sebab pemasarannya bukan hanya di kalangan grasstarker, tapi juga road race dan drag bike, jadi wajar kalau laris manis. Jadi ya mesti sabar menunggu.

    “Saya juga baru tahu kalau per klep ini banyak yang suka buat dipakai motor balap. Makanya cepat habis. Buktinya tim MPS Honda Banten IRC AHRS salah satu penggunanya. Nah, per ini akan datang lagi bulan depan,” jelas Felix Ardianto, Sales & Marketing Manager Trivera Jaya, selaku distributor gir dan rantai merek SSS.

    Ditunggu.


    ====================================


    baru tahu per bisa ngaruh ke tarikan :kaget:
     
  15. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,571 / -0
    [Info & Tips] First Ride Yamaha Mio Hybrid Retrofit, Mudah Dikendarai

    [​IMG]


    Kami pun menyempatkan untuk mencoba Yamaha Mio Sporty yang sudah dipasang perangkat hybrid Retrofit. Perangkat Retrofit hybrid ini adalah aplikasi sebuah motor listrik sebagai tenaga alternatif menggerakan motor.

    Motor listik berjenis brushless hub motor dipasang pada roda depan sepeda motor, ketika berkerja tidak perlu mengganggu mekanisme mesin standar. Sehingga memiliki dua opsi, bisa berjalan dengan bensin menggunakan mesin bawaan motor atau menggunakan listrik.

    Dalam aplikasinya, motor listrik akan langsung memutar roda depan. Ukuran diameter motor listiknya yang besar mengharuskan pelek diganti dari 14 inci jadi 16 inci. "Selain itu, modifikasinya pada rem cakram depannya juga dilakukan agar master rem enggak mentok di motor listriknya," jelas Ir Tutuko Wirjoatmodjo, dari PT Retrofit Indonesia (RI) sambil mempersilahkan untuk mencoba motornya. Ayuk!

    Karena mau langsung menggunakan motor listiknya, maka yang harus dilakukan pertama adalah menekan tombol powernya. Ketika lampu merah di tombol menyala, artinya sudah siap untuk digas. Tapi sebaiknya, ada indikator yang menginformasikan bahwa motor sudah siap jalan. Jangan sampai enggak tersadar kalau sudah "on", jadi terkaget karena tiba-tiba motor berjalan.



    [​IMG]


    "Iya, ini masih prototipe, nanti pada versi produksi masalnya akan kami lengkapi," yakin Tutuko. Oke langsung gas, eh jangan bingung. Untuk membuat motor berjalan tidak bisa dilakukan dengan memutar grip gas, tapi dibuatkan tuas yang digerakan dengan jempol. Jadi mirip mengendarai ATV, ngegas-nya pakai jempol hee..

    Sekali colek, langsung terasa responsif. Dan yang jelas tanpa suara, benar-benar menggelinding tanpa berisik. Tapi kecepatannya tidak terlalu cepat cuma sekitar 20 km/jam, sayang tidak bisa memastikan kecepatannya karena speedometernya dimatikan. Speedometer dimatikan karena rumah gigi nanas di teromol depan dilepas untuk jalur kabel dari controller dan baterai ke motor listrik.

    Dengan kecepatan ini, rasanya cocok untuk penggunaan jarak dekat seperti di perumahan. "Kecepatannya bisa ditingkatkan lagi dengan merubah spesifikasi motor listriknya. "Yang ini 500 watt, kalau pakai 1.000 watt pasti akan lebih kencang," jelas pria ramah ini.

    "Tapi kecepatan memang dibatasi, jangan terlalu tinggi karena yang bergerak adalah roda depan. Handling jadi susah kalau terlalu kencang," wantinya.

    Ketika motor listik mati dan hendak beralih ke mesin konvensional, tinggal pencet tombol "off" lalu tekan tombol starter. Kalau sudah lihay, cara ini bisa dilakukan sambil motor meluncur. Tapi buat yang belum terbiasa, sebaiknya minggir dulu untuk mengganti mesin yang bekerja.

    Oiya, kedepannya kita juga akan menambahkan indikator tegangan baterai atau aki. Maklum lah, ini masih prototipe," jujurnya. Tapi sabar dulu, perangkat hybrid Retrofit ini baru akan mulai dijual tahun depan, tentunya setelah penyempurnaan dan membangun jaringan after sales lewat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

    Rencananya, satu set perangkat hybrid dari Retrofit ini dijual dengan harga Rp 2,5 jutaan. Komponennya terdiri dari motor listrik dan controller. Baterainya dijual terpisah, jika membeli secara paket dengan baterai maka harganya akan berkisar di angka Rp 3,5 jutaan.


    ====================================


    bagus sih, tapi implementasinya susah cari colokan listrik nya :hmm:
     
  16. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,571 / -0
    [Info & Tips] Supra X Motor Bebek Terbaik 2012

    [​IMG]


    Jakarta - Supra X boleh jadi merupakan motor legenda Honda saat ini. Tak salah rasanya jika motor ini menjadi motor bebek terbaik di 2012.

    Ini berdasarkan hasil survei yang melibatkan 2.600 responden yang tersebar di tujuh kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, dan Banjarmasin.

    Survei The Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2012 ini juga semakin memperkuat predikat Supra X sebagai Raja Bebek di Tanah Air.

    Pada ajang IBBA 2012 ini, Honda Supra X tercatat sebagai salah satu merek yang telah mendapatkan penghargaan dalam kurun waktu lima tahun berturut-turut.

    Penghargaan diberikan dalam malam penganugerahan yang diselenggarakan oleh Majalah SWA, MARS dan Metro TV di Hotel Grand Melia (20/9), Jakarta.

    Penghargaan ini juga semakin memperkokoh image Honda sebagai salah satu merek kepercayaan pelanggan yang telah 9 kali menerima penghargaan IBBA.

    "Terima kasih kepada konsumen yang telah mempercayakan Honda sebagai alat transportasi sehari-hari. Melalui penghargaan ini kami akan terus memberikan yang terbaik melalui produk dan layanan," ujar Head of Corporate Communication AHM Kristanto di Jakarta.

    Sepanjang bulan Januari-Agustus 2012, AHM berhasil meraih pangsa pasar 57,5% setelah berhasil menjual 2.707.804 unit. Sementara di segmen bebek kelas atas, Honda Supra series mendominasi dengan pangsa pasar 65,4% atau terjual sebanyak 360.078 unit. Honda Supra series merupakan salah satu kontributor utama penjualan bebek Honda.


    =========================================


    :cheers:
     
  17. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,571 / -0
    [Info & Tips] Breket Setang City Cub, Aluminium atau Pelat Besi

    [​IMG]

    Modifikasi bebek jadul bergaya city cub punya pakem di areal setang yang dibikin simpel. Makanya bagian kemudi standar terpaksa harus ditanggalkan, diganti dengan kemudi layaknya motor batangan.

    Nah, buat ganti setang model telanjang itu kudu memperhatikan braketnya, lantaran untuk pegangan setang harus dibuat dulu dudukannya. “Braket baru harus dibuat sebagai pegangan pangkal setang. Untuk modelnya sesaui selera saja,” ujar Sus Anwar dari rumah modifikasi Black Orcid Custom yang biasa menggarap ubahan bebek city cub.

    Ini berlaku buat suspensi depan bebek model konvensional dengan link yang diaplikasi Honda C70, Honda C800, sampai Astrea Star. Untuk membuat braket ini ada beberapa cara yang bisa diaplikasi.

    “Kalau di tempat kami biasanya pakai braket hasil kreasi sendiri. Untuk bahannya mengandalkan aluminium,” lanjut builder yang buka bengkel di Batas, Ciledug, Tangerang itu.


    [​IMG]



    Jadi, braket yang ditawarkan Black Orchid Custom dari bahan aluminium dipasang di atas fork. Alas braket langsung dibaut pada mangkok fork. Sedangkan raisernya dibikin seperti lingkaran, jadi raiser yang mengikat setang hanya satu buah saja. “Untuk raiser setangnya di buat unik, modelnya bulat dibentuk mirip piston,” ujar Sis yang menawarkan satu set braket plus setang dengan harga Rp 300 ribuan.

    Untuk mengkreasikan raiser tidak hanya berupa piston saja. Lingkaran bisa dibentuk model lain yang unik macam mahkota atau perangkat lainnya.

    Tiap builder tentu punya cara yang berbeda bikin braket setang city cub. Seperti yang dilakukan bengkel Get Wheel Soon di bilangan Kramat Jati, Jakarta Timur. “Untuk tatakan bawah yang nempel pada bagian atas fork mengandalkan pelat besi. Lalu sebagai pegangan setang pakai raiser setang bawaan variasi,” jelas Jauwe sebagai buildernya.

    Pelat sebagai tatakan diambil dari pelat besi yang tebalnya cukup 0,5 cm, jadi enggak terlalu tebal. Bentuk pelat sebagai braket raiser ini bisa dipilih modelnya, berbentuk bulat atau persegi. Lalu tinggal pilih raiser variasi yang modelnya beragam di toko aksesoris

    Biar tampilan braket lebih manis, Jauwe mengatakan braketnyanya bisa dibentuk menutup celah ruangan antara bagian ujung sayap atas dan fork. Karena kalau pakai setang bawaan motor, lubang ini pastinya tertutup, biar tampilan bagian setang lebih rapi,” urainya.

    Kalau enggak mau keluar banyak biaya bisa menempuh cara yang dilakukan Eko Luriyanto dari bengkel Awiwiw Custom. Untuk membuat dudukan setang bahan yang dipakai mengandalkan part dari bagian setang. Jadi, bagian braket setang disiasati dengan memanfaatkan mangkok pada bagian atas fork.

    “Caranya pada bagian pangkal setang langsung di tanam dua buah baut mati. Begitu juga dengan mangkok dibikin lubang yang ukurannya sesuai dengan baut yang sudah tertanam di setang,” tutup Eko yang buka bengkel di Jl. H. Ropiah, Bintaro, Jakarta Selatan.


    =============================================


    cari stang yg nyaman di gunakan :hmm:
     
  18. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,571 / -0
    [Info & Tips] Bodi Belakang Byson, Lengkap Sepatbor dan Stoplamp

    [​IMG]


    Bodi variasi unik ini untuk Yamaha Byson. Bahannya terbuat dari fiberglass dan dibentuk menyerupai dudukan bodi aslinya. Jadi, enggak perlu repot-repot harus rombak ulang. Produk custom ini didatangkan langsung oleh pedagangnya dari Thailand.

    Kebanyakan variasi bodi belakang untuk Yamaha Byson yang beredar di pasaran hanya undertailnya saja. Tapi, bodi variasi bermerek Racing Performance ini dibanderol Rp 350 ribu ini dilengkapi sepatbor belakang.

    Bukan hanya itu, stoplamp dan lampu sein LED sudah ikut nemplok. Otomatis posisi stoplamp yang aslinya di sepatbor pun jadi pindah menyatu dengan bodi belakang. Datang langsung ke CEN 128 di Jl.Kebon Jeruk III No.36, Kota, Jakarta Barat. Telepon (021) 649-8977.


    ====================================


    yg gak mau sama :malu
     
  19. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,571 / -0
    [Info & Tips] KAWASAKI Modification Contezt 2012 Dibanjiri Peserta!

    [​IMG]

    Kawasaki Modification Conteszt 2012 yang akan berlangsung, Sabtu (22/9) nanti tampaknya akan terlihat seru. Terlihat saat sesi teknikal meeting, semua peserta yang sudah mendaftar antusias menyemarakan jalannya event.

    Apalagi di sesi penjabaran soal regulasi, banyak juga perserta yang bertanya soal kelas yang diikuti. Sehingga mereka tidak salah dalam menentukan kelas saat sesi penjurian event kerjabareng PT Kawasaki Motor Indonesia, MOTOR Plus dan www.motorplus-online.com.

    "Sampai waktu penutupan jam 9 malam, jumlah motor merek Kawasaki yang ikut ada 83 motor dan 1 peserta batal karena telat. Semua peserta rata-rata memenuhi kuota kelas yang di lombakan," ujar Aan Fikriyan selaku koordinator event kontes.

    Lanjut Aan, 83 peserta yang sudah mendaftar hanya memenuhi 7 kelas dari 9 kelas yang disediakan panitia. Diantaranya kelas Fashion Standar, Fashion advance, airbrush grafis, stiker, Extreme, racing look dan Fashion ER-6. Sedangkan 2 kelas yang tidak memenuhi kuota adalah kelas airbrush realis dan new retro.

    Selamat bertempur buat semua peserta! Oiya, buat yang berniat melihat langsung barisan motor-motor keren ini silahkan datang besok Sabtu (22/9) ke Parkir Timur Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta dari jam 9 pagi sampai 9 malam!


    ========================================


    wah bisa dapat inspirasi nih yg ninja nya masih standar :blink:
     
  20. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,571 / -0
    [Info & Tips] Bursa Batok Lampu, Harga Tak Jauh Beda

    [​IMG]


    Penggantian batok dan reflektor lampu depan memang bukan kegiatan rutin. Ini dilakukan jika motor habis kejadian jatuh atau kecelakaan. Varian motor tiap merek cukup lengkap mulai dari tipe bebek, matik dan sport. Hanya dari Kawasaki saja yang tak memiliki varian matik.

    Batok lampu untuk motor bebek Honda sebenarnya bervariasi. Tapi, harganya tak terpaut jauh untuk Honda Supra series, Blade atau untuk motor matiknya. Sama dengan Suzuki, untuk motor bebek dan matiknya masih di bawah angka Rp 500 ribu.

    Harganya relatif tak memiliki perbedaan yang sangat jauh. Jadi, sebagai bayangan untuk panduan sebelum beli part ini enggak ada salahnya membaca ulasan ini dulu.



    Motor Sport
    Tipe motor sport tergolong paling mahal. Honda Tiger Revo harga reflektornya Rp 285 ribu. "Tapi, untuk Megapro Rp 346 ribu sudah termasuk reflektor, bohlam dan soket," kata Agus Nugroho dari Palmerah Motorindo.

    Suzuki Thunder reflektornya Rp 141 ribu. Kalau untuk Yamaha Byson harga reflektornya saja Rp 255 ribu, ditambah batok Rp 361 ribu. Dan dari Kawasaki ada Ninja RR batoknya seharga Rp 400 ribu, dan reflektornya Rp 370 ribu.


    [​IMG]


    Motor Bebek
    Varian bebek dari Honda yaitu Supra series yang paling ba-nyak berkeliaran. Batok Supra Fit hanya Rp 70 ribu. Sedangkan Supra X125 Rp 122 ribu. Suzuki Lebih murah ada Smash Titan harga batok lampunya Rp 90 ribu dan reflektornya Rp 80 ribu.

    Kawasaki yaitu Athlete batok lampunya Rp 22 ribu, dan reflektornya Rp 300 ribu. Dari Yamaha ada Jupiter MX harga reflektornya Rp 122 ribu.


    [​IMG]


    Motor Matik
    Lampu motor matik relatif termasuk paling murah. Yamaha Mio reflektornya Rp 96 ribu, batok lampu harganya Rp 117 ribu. Honda Vario series Rp 113-134 ribu. Sedangkan Honda BeAT batoknya Rp 56 ribu ditambah reflektor RP 99 ribu.

    "Skydrive harga batok lampunya Rp 75 ribu, dan reflektornya Rp 385 ribu," kata Ahmad Fajar inventory dari Suzuki Mahkota Inti Sejahtera dari Tanah Abang, Jakarta Pusat.


    ===============================


    wah harganya segitu ya :iii:
     
  21. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,571 / -0
    [Info & Tips] Jaga Kualitas Pendengaran Bikers!

    [​IMG]


    Kegiatan membersihkan telinga buat beberapa orang sangat mengasyikkan. Bahkan seringkali membersihkan dengan memakai cotton buds hingga ke bagian tengah telinga. Padahal menurut dr. M. Tri Andika Augustiant SpTHT dari RS. Sari Asih Ciputat, Tangerang Selatan, membersihkan telinga dengan cotton buds bisa membayakan telinga.

    "Kalau membersihkan dengan cotton buds sebaiknya untuk bagian luar telinga saja. Jangan sampai masuk ke bagian tengah telinga," pesannya.

    Membersihkan telinga bagian dalam menggunakan cotton buds malahan bisa mendorong kotoran telinga masuk lebih dalam dan menumpuk di dalam. Kotoran yang menumpuk berpotensi menutup saluran dan mengganggu pendengaran. Tanpa disadari, cotton buds bisa masuk terlalu dalam dan melukai gendang telinga.

    Selain itu, agar kesehatan telinga terjaga, menjaga intensitas suara yang didengar akan membantu menyehatkan telinga. "Kapasitas pendengaran manusia normalnya hingga 80 dB. Melebihi angka ini dapat mengakibatkan kerusakan telinga," lanjut dokter Andika.

    Tanpa disadari bikers yang doyan mendengarkan musik keras-keras pun bisa mengalami gangguan organ pendengaran. Seperti kita lihat, banyak biker memakai earphone selama berkendara. Padahal, selain berbahaya buat pengendara, juga bisa merusak sistem pendengaran.

    Termasuk suara knalpot di jalan. Apabila setiap hari didengar, dalam kapasitas tertentu akan mengganggu pendengaran. Penggunaan helm yang menutup telingan selama berkendara membantu melindungi telinga dari suara-suara keras.

    Untuk menjaga kebersihan telinga bagian dalam sebaiknya lakukan kunjungan rutin ke dokter. Dokter akan melakukan pembersihan dengan alat khusus yang tidak merusak dan membaha-yakan bagi organ telinga.


    ==============================


    pakai mp3 di helm jangan kenceng2 suaranya :awas:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.