1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Zona All About Story sedang membutuhkan bantuanmu, segera daftarkan diri kamu di open recruitment: moderator AAS
  3. Kini kamu bisa mengupload files menggunakan PC, Mac dan Android ke Maknyos IDWS, informasi lebih lanjut cek: Maknyos IDWS Uploader
  4. Yuk tanyakan apa saja tentang operasi plastik yang bisa membuatmu lebih cantik, lebih ganteng, tampil maksimal dan percaya diri melalui thread ini: Tanya Jawab Soal Plastic Surgery Bareng Klinik Wonjin.
  5. Game Point Blank Indonesia sudah bisa kamu mainkan lagi lho, Garena Indonesia secara resmi akan merilis game Point Blank Indonesia, informasinya ada di sini:Point Blank Garena Indonesia kini sudah bisa di download!
  6. Gratis VIP selama 5 Hari khusus untuk member Registered dan MVU, syaratnya hanya login di sini.

Tips [Info & Tips] Kumpulan Tips & Trik Berkendaraan Sepeda Motor Season 2

Discussion in 'Otomotif' started by carlos_roy_fajarta, Sep 14, 2012.

?

Motor Merk & Jenis Apa Yang Kamu Suka & Nyaman Digunakan Sehari-hari :motor:

  1. Honda Bebek

    0 vote(s)
    0.0%
  2. Honda Skuter Matik

    0 vote(s)
    0.0%
  3. Honda Sport

    0 vote(s)
    0.0%
  4. Yamaha Bebek

    0 vote(s)
    0.0%
  5. Yamaha Skuter Matik

    0 vote(s)
    0.0%
  6. Yamaha Sport

    0 vote(s)
    0.0%
  7. Suzuki (Bebek, Skuter Matik, & Sport)

    0 vote(s)
    0.0%
  8. Kawasaki (Sport)

    0 vote(s)
    0.0%
  9. TVS atau Bajaj

    0 vote(s)
    0.0%
  10. MoGe (Ducati, Harley Davidson, dll)

    0 vote(s)
    0.0%
Multiple votes are allowed.
Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    carlos_roy_fajarta Rockstar Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,185
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +696,221 / -1

    Thread Lanjutan dari:
    Kumpulan Tips & Trik Berkendaraan Sepeda Motor Season 1


    Read Rules, FAQ, and Disclaimer First, U Have Been Warned!
    :oii::lempar::voodoo::piso::pistol::cambuk::cerutu::merah::ogcambuk::ogmarah::ogmerah::ogpanda::ogglek:
    Junker & New Bie Quote Image & One Liner Post = BRP (No Warning)


    Go Forward IDWS!!! Be Safety On The Road Boys!!!




    [Info] Peraturan Terbaru Undang-Undang Lalu Lintas​


    Mulai Januari 2010 ini, UU Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009 akan efektif berlaku, menggantikan UU Nomor 14 Tahun 1992. Banyak peraturan baru yang harus dicermati jika tak mau disemprit ketika berkendara.

    Sebab, hingga saat ini tak sedikit yang tak mengetahui aturan-aturan baru yang diberlakukan UU ini. Sanksi pidana dan denda bagi para pelanggarnya pun tak main-main. Jika dibandingkan UU yang lama, UU Lalu Lintas yang baru menerapkan sanksi yang lebih berat.


    Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya diketahui oleh para pengguna kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat/lebih:



    • Kenakan Helm Standar Nasional Indonesia (SNI)
    Jangan lagi kenakan helm batok. Gunakanlah helm SNI. Selain karena alasan keselamatan, menggunakan helm jenis ini sudah menjadi kewajiban seperti diatur dalam Pasal 57 Ayat (2) dan Pasal 106 Ayat (8). Sanksi bagi pelanggar aturan ini, pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000 (Pasal 291). Sanksi yang sama juga akan dikenakan bagi penumpang yang dibonceng dan tidak mengenakan helm SNI.

    • Pastikan Perlengkapan Berkendara Komplet
    Bagi para pengendara roda empat atau lebih, coba pastikan kelengkapan berkendara Anda. UU Lalu Lintas No 22 Tahun 2009, dalam Pasal 57 Ayat (3) mensyaratkan, perlengkapan sekurang-kurangnya adalah sabuk keselamatan, ban cadangan, segitiga pengaman, dongkrak, pembuka roda, helm, dan rompi pemantul cahaya bagi pengemudi kendaraan bermotor roda empat/lebih yang tak memiliki rumah-rumah dan perlengkapan P3K. Bagaimana jika tak dipenuhi? Sanksi yang diatur bagi pengendara yang menyalahi ketentuan ini akan dikenakan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000, seperti diatur dalam Pasal 278

    • Tak Punya SIM? Denda Rp 1 Juta
    Ketentuan yang satu ini mungkin harus menjadi perhatian lebih. Jika selama ini denda bagi pengendara yang tak punya SIM hanya sekitar Rp 20.000, UU Lalu Lintas yang baru tak mau memberikan toleransi bagi pengendara yang tak mengantongi lisensi berkendara. Sanksi pidana ataupun denda yang diterapkan tak lagi ringan. Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan dan tidak memiliki SIM, akan dipidana dengan pidana kurungan empat bulan atau denda paling banyak Rp 1 juta (Pasal 281).

    • Konsentrasi dalam Berkendara
    Pasal 283 UU Lalu Lintas mengatur, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi, dipidana dengan pidana kurungan paling lama tiga bulan kurungan atau denda paling banyak Rp 750.000

    • Perhatikan Pejalan Kaki dan Pesepeda
    Para pengendara, baik roda dua maupun roda empat/lebih, harus mengutamakan keselamatan pejalan kaki dan pesepeda. Bagi mereka yang tidak mengindahkan aturan Pasal 106 Ayat (2) ini, dipidana dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000

    • Lengkapi kaca spion dan lain-lain
    - Pengemudi sepeda motor
    Diwajibkan memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban (diatur Pasal 106 Ayat (3)). Sanksi bagi pelanggarnya diatur Pasal 285 Ayat (1), dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000.

    - Pengemudi roda empat/lebih
    Bagi pengendara roda empat/lebih diwajibkan memenuhi persyaratan teknis yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu mundur, lampu tanda batas dimensi badan kendaraan, lampu gandengan, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, kedalaman alur ban, kaca depan, spakbor, bumper, penggandengan, penempelan, dan penghapus kaca. Pasal 285 Ayat (2) mengatur, bagi pelanggarnya akan dikenai sanksi pidana paling lama dua bulan kurungan atau dendan paling banyak Rp 500.000.

    • STNK, Jangan Lupa
    Setiap bepergian, jangan lupa pastikan surat tanda nomor kendaraan bermotor sudah Anda bawa. Kalau kendaraan baru, jangan lupa membawa surat tanda coba kendaraan bermotor yang ditetapkan Polri. Jika Anda alpa membawanya, sanksi kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000 akan dikenakan bagi pelanggarnya (Pasal 288 Ayat (1)).

    • SIM Harus yang Sah Ya…
    Pasal 288 Ayat (2) mengatur, bagi setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang tidak dapat menunjukkan SIM yang sah dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan dan/atau denda paling banyak Rp 250.000.

    • Pengemudi atau Penumpang Tanpa Sabuk Pengaman, Sanksinya Sama
    Ini harus jadi perhatian bagi pengemudi mobil dan penumpangnya. Jangan lupa mengenakan sabuk pengaman selama perjalanan Anda. Selain untuk keselamatan, juga untuk menghindari sanksi pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000 seperti diatur dalam Pasal 289.

    • Nyalakan Lampu Utama pada Malam Hari
    Saat berkendara pada malam hari, pastikan lampu utama kendaraan Anda menyala dengan sempurna. Bagi pengendara yang mengemudikan kendaraannya tanpa menyalakan lampu utama pada malam hari, dipindana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000 (Pasal 293).

    • Wajib Nyalakan Lampu pada Siang Hari
    Para pengendara motor yang berkendara pada siang hari diwajibkan menyalakan lampu utama. Sekarang, sudah bukan sosialisasi lagi. Bagi pelanggarnya akan dipidana dengan pidana kurungan paling lama 15 hari atau denda paling banyak Rp 100.000.

    • Berbelok, Berbalik Arah, Jangan Lupa Lampu Isyarat!
    Setiap pengendara yang akan membelok atau berbalik arah, diwajibkan memberikan isyarat dengan lampu penunjuk arah atau isyarat tangan. Jika melanggar ketentuan ini, Pasal 284 mengatur sanksi kurungan paling banyak satu bulan atau denda Rp 250.000

    • Jangan Sembarangan Pindah Jalur
    Para pengemudi yang akan berpindah jalur atau bergerak ke samping, wajib mengamati situasi lalu lintas di depan, samping dan dibelakang kendaraan serta memberikan isyarat. Jika tertangkap melakukan pelanggaran, akan dikenai sanksi paling lama satu bulan kurungan atau denda Rp 250.000 (Pasal 295)

    • Stop! Belok kiri tak boleh langsung
    Ini salah satu peraturan baru dalam UU Lalu Lintas yang baru. Pasal 112 ayat (3) mengatur, pengemudi kendaraan dilarang langsung berbelok kiri. Bunyi pasal tersebut “Pada persimpangan jalan yang dilengkapi dengan alat pemberi isyarat lalu lintas, pengemudi kendaraan dilarang langsung berbelok kiri, kecuali ditentukan lain oleh rambu lalu lintas atau pemberi isyarat lalu lintas”.

    • Balapan di Jalanan, Denda Rp 3 Juta!
    Pengendara bermotor yang balapan di jalan akan dikenai pidana kurungan paling lama satu tahun atau denda paling banyak Rp 3.000.000 (Pasal 297)

    • Sesuaikan Jalur dengan Kecepatan
    Ketentuan mengenai jalur atau lajur merupakan salah satu ketentuan baru yang dimasukkan dalam UU Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009, yang diatur dalam Pasal 108. Agar menjadi perhatian, selengkapnya bunyi pasal tersebut adalah
    (1) Dalam berlalu lintas pengguna jalan harus menggunakan jalur jalan sebelah kiri
    (2) Penggunaan jalur jalan sebelah kanan hanya dapat dilakukan jika
    a. pengemudi bermaksud akan melewati kendaraan di depannya; atau
    b. diperintahkan oleh petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk digunakan sementara sebagai jalur kiri
    (3) Sepeda motor, kendaraan bermotor yang kecepatannya lebih rendah, mobil barang, dan kendaraan tidak bermotor berada pada lajur kiri jalan.
    (4) Penggunaan lajur sebelah kanan hanya diperuntukkan bahi kendaraan dengan kecepatan lebih tinggi, akan membelok kanan, mengubah arah atau mendahului kendaraan lain.



    Aturan-aturan baru yang diterapkan di UU Lalu Lintas yang baru ini harus menjadi perhatian bagi para pengendara. Selain demi keselamatan, tentunya juga untuk menghindari merogoh kocek cukup dalam karena ditilang. Sanksi denda yang dikenakan lumayan besar jika dibandingkan dengan UU yang lama. Selamat berkendara!







    Thread ini akan saya isi dengan kumpulan Artikel yang di rasa berguna bagi para Biker IDWS, supaya dapat berkendara Sepeda Motor dengan Aman dan Nyaman di Jalan Raya, serta akan membahas dan menggambarkan Tips & Trik Kendaraan, Safety Riding, Event Klub Motor, Info Modifikasi Motor Dan Artikel Yang Sedang Hot Yang Berhubungan Dengan Otomotif Tentunya.





    Jika bro/Sist ada ingin mengkomentari salah satu artikel di thread ini dan ingin berdiskusi mengenai artikel tersebut, silakan di bicarakan di thread [Lounge]Obrolan Seputar Otomotif (dengan cara menunjukkan link address post artikel yang di maksud ke Lounge), harap di Lounge tidak membicarakah hal - hal yg topik omongannya tidak berhubungan dengan Otomotif, meski memang fungsi Lounge untuk bersosialisasi, tapi bersosialisasi atau berdiskusi lah untuk hal yg bermanfaat dan tidak Out Of Topic (OOT) dari tema Sub Forum Otomotif!










    Dilarang Komentar di Thread ini, Hal ini di sarankan supaya thread Kumpulan Tips & Trik Berkendaraan Sepeda Motor Tetap Rapi dan Bersih Dari Komentar Junk dan OOT, terima kasih.













    About TS "have the type of motorcycle and a member of"

    [​IMG]
    [​IMG]



    [​IMG]
    "Safety & Smart Riding In The Road, Respect Others, and Brotherhood Has No Limit"

    Tentang Honda Tiger Mailing List


    Apakah HTML?
    Bagi orang IT (Information Technology), nama HTML sudah tidak asing lagi, karena HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language atau program yang digunakan untuk membuat website.

    Namun HTML juga merupakan singkatan dari Honda Tiger Mailing List, yaitu komunitas penggemar dan pemilik motor Honda Tiger di Indonesia yang berinteraksi melalui Internet menggunakan Mailing List (Milis).
    Milis HTML beralamat di honda-tiger@yahoogroups.com dan dibentuk pertama kali 18 Oktober 2000 pada server YahooGroups.

    HTML secara organisasi/paguyuban baru terbentuk resmi pada tanggal 17 Agustus 2002, yang diawali dengan acara touring perdana ke Puncak, Bogor dan kemudian ditetapkan sebagai hari lahir HTML.

    Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Profil pengurus terkini, regulasi dan agenda kerja terbaru, silakan baca di page Sekilas Tentang HTML

    Apakah bentuk dan sifat HTML?

    HTML adalah sebuah milis yang menjadi jaringan komunikasi dan interaksi diantara sesama pengguna Honda-Tiger. Keakraban dan Keguyuban yang terjadi didalam komunikasi dan interaksi tersebut, membuat HTML berkembang menjadi Paguyuban / Komunitas pengguna Honda Tiger tanpa menghilangkan basisnya yaitu Milis.

    Sifat HTML :
    • Egaliter : semua member HTML memiliki posisi dan derajat yang sama, tidak ada senior dan junior didalam HTML.
    • Inklusif : HTML tidak tertutup, siapa saja bisa bergabung, singkat kata, lawannya dari yang eksklusif
    • Universal : HTML tidak dibatasi oleh jarak dan waktu, dengan perkembangan teknologi informasi, dimanapun dan kapanpun pecinta honda tiger berada tidak menjadi halangan untuk saling berinteraksi.

    Apakah visi dan misi HTML?
    Visi HTML :
    Membentuk komunitas pemilik & penggemar Motor Honda-Tiger dan merangkul penggemar Honda-Tiger di seluruh Indonesia baik yang telah tergabung dalam perkumpulan/klub maupun yang tidak tergabung dalam perkumpulan/club (privateer) melalui dunia maya.

    Misi HTML :
    1.Menjadikan millist honda-tiger@yahoogroups.com sebagai komunitas para pemilik & penggemar motor Honda-Tiger di Indonesia, dan sebagai sarana forum diskusi seputar motor Honda-Tiger dan permasalahannya
    2.Sebagai komunitas yang bersifat terbuka, HTML bertujuan untuk menjadikan wahana berkumpul & interaksi antar pemilik & penggemar motor Honda-Tiger serta club-club motor Honda-Tiger yang sudah ada di Indonesia, sehingga diharapkan, para bikers bisa saling berinteraksi melalui milis internet yaitu honda-tiger@yahoogroups.com
    3.Sebagai kepanjangan lidah dari para pemilik & penggemar motor Honda-Tiger ke para produsen & vendor motor Honda Tiger di Indonesia. Dengan memanfaatkan jaringan yang sudah dan akan terus dibentuk. Media Networking (Jaringan) untuk para pemilik & pengguna motor Honda-Tiger.
    4.Secara Aktif untuk ikut dalam kegiatan otomotif khususnya motor di Indonesia. Secara aktif untuk mensosialisasikan diri ke club-club motor baik club motor Honda-Tiger yang sudah ada ataupun club motor lain di Indonesia.

    Berapa Jumlah member HTML?
    Member milis saat ini (Sept 2006) berjumlah 5300 subscriber dari sejumlah itu member yang sudah kopdar rutin sekitar 1000 orang.
    Update per 16 September 2010: subscriber milis sebesar 6436 miliser dan 2000 lebih member yang ikut kopdar.

    Bagaimana menjadi member HTML?
    Syaratnya mudah:
    Daftarkan email anda di mailing list honda-tiger@yahoogroups.com dan mengisi database yang dikirimkan Moderator secara otomatis.

    Cara mendaftarkan email ke milis:
    1. kirim email kosong ke alamat ini: honda-tiger-subscribe@yahoogroups.com
    2. tunggu sampai datang email balasan untuk konfirmasi ulang
    3. langsung saja reply email tersebut
    4. selamat, anda sudah bergabung bersama Honda-Tiger Mailing List
    5. sebagai tambahan, isi database sesuai dengan form yang dikirim oleh milis.

    atau kunjungi website yahoogroups HTML di sini: http://sports.groups.yahoo.com/group/honda-tiger/

    Adakah prosedur maupun administrasi untuk menjadi member HTML?
    Tidak ada prosedur maupun administrasi untuk menjadi member html, cukup dengan subscribe dan mengisi database di honda-tiger@yahoogroups.com.

    Adakah iuran yang dikenakan kepada member HTML?
    Tidak ada

    Apakah ada peraturan dan ketentuan yang harus dipatuhi oleh member HTML?
    Sebagaimana umumnya milis yang lain, aturan di milis adalah NETIKET, atau etika berinternet.
    Aturan ini untuk mencegah digunakannya HTML bagi kepentingan yg tidak sesuai dengan tujuan didirikannya HTML seperti SARA, Spammer, MLM, iklan dan promosi, dll.

    Aturan Kopdar tidak dibatasi oleh aturan tertentu kecuali etika social di masyarakat dan aturan formal dan normatif yang dikeluarkan pemerintah.

    Apakah ada sanksi di HTML terhadap member?
    Tidak ada sanksi administrative dan Fisik. Untuk milis, sanksi yang diberikan html sama dengan sangsi yang diterapkan oleh milist sejenis lainnya yaitu mulai berupa peringatan dengan memoderate email yang bersangkutan hingga dikeluarkan dari keanggota milist (banned). Di Kopdar, jika melanggar norma-norma masyarakat yang berlaku, maka sanksi yang diberikan adalah sanksi social seperti layaknya kita sebagai anggota masyarakat.

    Apakah HTML mempunyai susunan pengurus?
    Ketika beberapa orang bergabung menjadi suatu kelompok, mesti ada orang yang menjadi kordinator. Demikian pula dengan HTML, yang memiliki jumlah member yang semakin bertambah baik di dunia maya maupun di darat.

    Untuk di milis pengurusnya ada para Moderator, kita menyebutkan Board of Moderator (BOM), terdapat 15 orang BOM yang bertugas memoderate postingan dan memanage jalannya diskusi di milis.

    Sementara di kopi darat, ada BOS (Board of Sarasehan) dan Korwil (Koordinator Wilayah) yang tugasnya memoderate kegiatan-kegiatan kopi darat HTML.
    Untuk lebih lengkapnya mengenai struktur organisasi HTML bisa dilihat di page About HTML

    Apakah HTML mempunyai sekretariat?
    HTML tidak memiliki kantor atau sekretariat. Kantor kami adalah di dunia maya, di Server masing-masing. Karena untuk meeting dan berdiskusi bisa setiap saat di depan komputer, melalui milis, chatting, atau conference. Kopi darat hanyalah menjadi transaksi dari apa yang dibicarakan di internet atau hanya sekedar temu kangen.

    Dimana saya dapat menghubungi HTML sebagai organisasi?
    HTML dapat dihubungi dengan subscribe di honda-tiger@yahoogroups.com, atau mengunjungi www.honda-tiger.or.id dan berkomunikasi melalui Forum Komunitas dan Kopdar Wilayah di website tersebut

    Jika saya anggota suatu club honda tiger, bisakah saya menjadi member HTML dan sebaliknya?
    HTML bersifat terbuka dan tidak terikat, siapa saja dapat menjadi member HTML baik privater, anggota club, karyawan, tua muda, miskin kaya tidak dibeda-bedakan.
    Member HTML juga tidak dihalangi dan dibebaskan menjadi member suatu perkumpulan atau club.

    Zaman sudah reformasi bukan lagi orla atau orba yang banyak larangan gak boleh ikut suatu organisasi. Asalkan tujuannya baik, dan bukan organisasi yang dilarang negara, siapapun bebas memilih asal bertanggung jawab terhadap pilihannya tersebut.

    Bagaimana