1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Info Denda tilang

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by adi295, Sep 9, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    adi295 Beginner Members

    Joined:
    Nov 13, 2010
    Messages:
    257
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +78 / -0
    UU LLAJ No 22 Thn 2009, Tabel Denda Pelanggaran Lalu Lintas

    1. Setiap Orang
    Mengakibatkan gangguan pada : fungsi rambu lalu lintas, Marka Jalan, Alat pemberi isyarat lalu lintas fasilitas pejalan kaki, dan alat pengaman pengguna jalan.
    Pasal 275 ayat (1) jo pasal 28 ayat (2)
    Denda : Rp 250.000

    2. Setiap Pengguna Jalan
    Tidak mematui perintah yang diberikan petugas Polri sebagaimana dimaksud dalam pasal 104 ayat ( 3 ), yaitu dalam keadaan tertentu untuk ketertiban dan kelancaran lalu lintas wajib untuk : Berhenti, jalan terus, mempercepat, memperlambat, dan / atau mengalihkan arus kendaraan.
    Pasal 282 jo Pasal 104 ayat (3)
    Denda : Rp 250.000

    3. SETIAP PENGEMUDI ( PENGEMUDI SEMUA JENIS RANMOR )
    a. Tidak membawa SIM
    Tidak dapat menunjukkan Surat Ijin Mengemudi yang Sah
    Pasal 288 ayat (2) jo Pasal 106 ayat (5) hrf b.
    Denda : Rp 250.000

    b. Tidak memiliki SIM
    Mengemudikan kendaraan bermotor di jalan,tidak memiliki Surat Izin Mengemudi
    Pasal 281 jo Pasal 77 ayat (1)
    Denda : Rp 1.000.000

    c. STNK / STCK tidak Sah
    Kendaraan Bermotor tidak dilengkapi dengan STNK atau STCK yang ditetapkan oleh Polri.
    Psl 288 ayat (1) jo Psl 106 ayat (5) huruf a.
    Denda : Rp 500.000

    d. TNKB tidak Sah
    Kendaraan Bermotor tidak dipasangi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor yang ditetapkan oleh Polri.
    Pasal 280 jo pasal 68 ayat (1)
    Denda : Rp 500.000

    e. Perlengkapan yg dpt membahayakan keselamatan.
    Kendaraan bermotor dijalan dipasangi perlengkapan yang dapat menganggu keselamatan berlalu lintas antara lain: Bumper tanduk dan lampu menyilaukan.
    Pasal 279 jo Pasal 58
    Denda : Rp 500.000

    f. Sabuk Keselamatan
    Tidak mengenakan Sabuk Keselamatan
    Psl 289 jo Psl 106 Ayat (6)
    Denda : Rp 250.000

    g. Lampu utama malam hari
    Tanpa menyalakan lampu utama pada malam hari dan kondisi tertentu.
    Pasal 293 ayat (1) jo pasal 107 ayat (1)
    Denda : Rp 250.000

    h. Cara penggandengan dan penempelan dgn kendaraan lain
    Melanggar aturan tata cara penggandengan dan penempelan dengan kendaraan lain Pasal 287 ayat (6) jo pasal 106 (4) hrf h
    Denda : Rp 250.000

    i. Ranmor Tanpa Rumah-rumah
    Selain Spd Motor Mengemudikan Kendaraan yang tidak dilengkapi dengan rumah-rumah, tidak mengenakan sabuk keselamatan dan tidak mengenakan Helm.
    Pasal 290 jo Pasal 106 (7).
    Denda : Rp 250.000

    j. Gerakan lalu lintas
    Melanggar aturan gerakan lalu litas atau tata cara berhenti dan parkir
    Pasal 287 ayat (3) jo Pasal 106 ayat (4) e
    Denda : Rp 250.000

    k. Kecepatan Maksimum dan minimum
    Melanggar aturan Batas Kecepatan paling Tinggi atau Paling Rendah
    Psl 287 ayat(5) jo Psl 106 ayat (4) hrf (g) atau psl 115 hrf (a)
    Denda : Rp 500.000

    l. Membelok atau berbalik arah
    Tidak memberikan isyarat dengan lampu penunjuk arah atau isyarat tangan saat akan membelok atau berbalik arah. Pasal 294 jo pasal 112 (1).
    Denda : Rp 250.000

    m. Berpindah lajur atau bergerak ke samping
    Tidak memberikan isyarat saat akan berpindah lajur atau bergerak kesamping.
    Pasal 295 jo pasal 112 ayat (2)
    Denda : Rp 250.000

    n. Melanggar Rambu atau
    Marka Melanggar aturan Perintah atau larangan yang dinyatakan dengan Rambu lalu lintas atau Marka
    Psl 287 ayat(1) jo psl 106(4) hrf (a) dan Psl 106 ayat(4) hrf (b)
    Denda : Rp 500.000

    o. Melanggar Apil (TL - Traffic Light)
    Melanggar aturan Perintah atau larangan yang dinyatakan dgn alat pemberi isyarat Lalu Lintas. Psl 287 ayat (2) jo psl 106(4) hrf ©
    Denda : Rp 500.000

    p. Mengemudi tidak Wajar
    - Melakukan kegiatan lain saat mengemudi
    - Dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di jalan
    Pasal 283 jo pasal 106 (1).
    Denda : Rp 750.000

    q. Diperlintasan Kereta Api
    Mengemudikan Kendaran bermotor pada perlintasan antara Kereta Api dan Jalan, tidak berhenti ketika sinyal sudah berbunyi, Palang Pintu Kereta Api sudah mulai ditutup, dan / atau ada isyarat lain.
    Pasal 296 jo pasal 114 hrf (a)
    Denda : Rp 750.000

    r. Berhenti dalam Keadaan darurat.
    Tidak Memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan Bahaya atau isyarat lain pada saat berhenti atau parkir dalam keadaan darurat dijalan.
    Pasal 298 jo psl 121 ayat (1)
    Denda : Rp 500.000

    s. Hak utama Kendaraan tertentu
    Tidak memberi Prioritas jalan bagi kend bermotor memiliki hak utama yang menggunakan alat peringatan dengan bunyi dan sinar dan / atau yang dikawal oleh petugas Polri.
    a. Kend Pemadam Kebakaran yg sdg melaks tugas
    b. Ambulan yang mengangkut orang sakit ;
    c. Kend untuk memberikan pertolongan pd kecelakaan
    Lalu lintas;
    d. Kendaraan Pimpinan Lembaga Negara Republik
    Indonesia;
    e. Kend Pimpinan dan Pejabat Negara Asing serta Lembaga
    internasional yg menjadi tamu Negara;
    f. Iring – iringan Pengantar Jenazah; dan
    g. Konvoi dan / atau kend utk kepentingan tertentu menurut
    pertimbangan petugas Kepolisian RI.
    Pasal 287 ayat (4) jo Pasal 59 dan pasal 106 (4) huruf (f) jo Pasal 134 dan pasal 135.
    Denda : Rp 250.000

    t. Hak pejalan kaki atau Pesepeda
    Tidak mengutamakan pejalan kaki atau pesepeda
    Pasal 284 jo 106 ayat (2).
    Denda : Rp 500.000

    Tapi pada prakteknya saya kena tilang ga pake helm disidang cuma 50rb... tapi antrinya..... ga nahan
     
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    hpitoey Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    701
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +195 / -0
    kalo minta slip biru jadi kna denda di atas kan gan ??? ane pernah pengalaman gitu tuh,,, arghh, mo g mao jadi kna slip merah deh,,
     
  4. Offline

    ngenfix Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 31, 2011
    Messages:
    134
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +28 / -0
    menakutkan dendanya....

    ane belum punya sim :hammer:

    :niceinfo:
     
  5. Offline

    FirstX Beginner Members

    Joined:
    Apr 12, 2011
    Messages:
    304
    Trophy Points:
    101
    Ratings:
    +6,215 / -0
    klo polisi nya yg melanggar kena denda jg ga yah? ?:bloon:
    ane sering liat tuh di perempatan,,polisi muter arah seenaknya..
    apa karena ada hak kuasa yah jd boleh melanggar..:panda:
     
  6. Offline

    acehkhan12 Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 6, 2010
    Messages:
    6,595
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +109,339 / -1
    biarpun polisi seharusnya ga ada hak kuasa utk melanggar, kecuali sbg penyidik tpaksa melanggar krn keadaan yg memaksa spt mengejar kriminal atau dalam proses keperluan penyidikan..klo masalah denda itu ancaman maximal, utk penerapannya ya ga segitulah besar dendanya..:dandy:
     
  7. Offline

    pulpenbujel Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 6, 2011
    Messages:
    6,752
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +2,554 / -0
    ane pernah ketilang waktu jalan2 di malang.
    yang aku bonceng ngga pake helm.
    ditulis di surat tilang yaitu aku melanggar pasal sekian-sekian yang intinya aku ngga punya sim dan ngga bawa helm.
    aku dsuru bayar sekitar 1.250.000.
    lalu polisinya bilang aku cukup bayar 250.000
    setelah lama ngomong ngomong.
    aku bilang cuma bawa uang 40.000 dan yg aku bonceng bawa 20.000.
    akhirnya ku bayar 60.000 akhirnya dia mau.

    kira2 ini polisi cari duit ato gimana ya?
    ya aku alhamdulillah aja cuma dsuru bayar 60.000
     
  8. Offline

    adi295 Beginner Members

    Joined:
    Nov 13, 2010
    Messages:
    257
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +78 / -0
    Engga semahal itu gan, kalau disidang sih ga punya SIM yg disidang cuma kena 70rb...
    cuma antrinya itu, mesti dateng pagi klo mau sidang.
    Jadi klo polisinya minta lebih dari 50rb mending sidang.
     
  9. Offline

    andrepiss Beginner Members

    Joined:
    Jun 4, 2011
    Messages:
    419
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +31 / -0
    wkwkwkwkkw ane pernh tuh mo ditilang gra2 mtr blm byr pjk tahunan,trs ujung2nya tuh oknum minta duit ga kira2 ya dah ane bilang mending tilang ajah.dia bikin srt tilang nulisnya tdk bisa menunjukan STNK,ane protes ga trima nih ane tunjukin STNK yg di pegang dia,trs dignti ga bsa nunjukin sim,ane prots lg nih ada dia pegang jg.dia marah mksa ane tnda tngan ane ga mau eh di lempar tuh srt tilang,sim ama stnk ane dithn.ane ambil tuh srt tilang trs ane bilang sambil pergi gini"ampe ketemu di pengadilan pak".dia pikir ane ga ngerti hukum gni2 jg ane nyambi dikntr hukum.pas sidang hakim juga bingung krn disurat tilang ditulis tdk bsa mnunjukan stnk,nah tpi stnk terlampir.trs ane di bebasin krn ini ursannya mam dirjen pajak paling jg denda.ane ditnya ma hakim,bersedia byr biaya sidang 5rb perak,ane bilang tdk bersedia,minta aja ama yg nilang.trs ketawa dah tuh hakim akhirnya 5rb dibebankan pada negara heheheh.pulang deh ane lenggang kangkung hehehehe
     
  10. Offline

    clanalfian Silent Reader Members

    Joined:
    May 11, 2011
    Messages:
    141
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +5 / -0
    paling juga polisinya yang malah nawarin untuk damai...
    mana suka nyari" kesalahan yang gak masuk akal lagi...
     
  11. Offline

    masukiwa Members

    Joined:
    Aug 10, 2009
    Messages:
    2
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +0 / -0
    maap gan..ane saranin jgn pernah minta slip biru (katanya cuman 33rb ato berapa lah...)
    boong semua....
    dan ane udah konfirmasi ke twiter @tmcpolda (kalo ga salah inget)
    dy (tmc) siy ga jawab secara langsung pertanyaan g
    (kalo tilang, trus minta slip biru = denda maks oleh petugas?)
    soalnya dl di tilang dan di tulisnya 500rb!!!

    dan ane telusurin ke temen ane yang jd intel
    eh beneran....
    katanya slip merah ajah....
    mobil biasanya 100
    motor biasanya 50
    masing2 per pasal yah...

    jd saran yang sy anjurkan adalah
    kalo di tilang yah
    1. damai (g siy jarang mau, soalnya kesel ma petugas yang begitu...terutama ama yang sering nongkrong d daerah donkin donut roxy)
    2. di tilang (jgn slip biru!!! karena dy (petugas) bebas menuliskan denda nya, misalnya motor maks 250rb mobil 500rb)
    kalo udah di tilang....dateng ajah ke pengadilan pada saat tilang...datengnya pagi...soalnya sy pernh ikut...
    datengnya jem 8 (padahal masih pada senam pns nya) dan no antrian udah 200an (fyi, motor, 1 pasal = 49rb + admin 1rb)
    nah kalo males dateng pas sidang...besok2nya ajah jg gpp...tp ngambilnya di kejaksaan negri setempat...
    (pernah gitu juga ane ngambil di sana 2 pasal + admin = 105rb)

    semoga bermanfaat
     
  12. Offline

    aryef23 Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 3, 2008
    Messages:
    4,429
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +289,450 / -0
    hahaha... berani banget sih bro :top:
    klo aku pernah juga ditilang, gara2 temen yg aku bonceng ngk pake helm
    tapi krn masih kurang ngerti masalah ini dan takut disidang
    ya aku bayar langsung ke pak polisinya 50ribu :panda:
     
    • Like Like x 1
  13. Offline

    utapes Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 11, 2009
    Messages:
    506
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +357 / -0
    pas ke riau iseng2 ni gan tanya sopir taxi..kalo dsana katanya gak usah bingung..ntah lupa pake sabuk pengaman, naik spd motr gak pake helm, gak ada sim, stnk, bisa lewat dgn 50rb, dah harga pokok non sidang..pada umumnya gt..wah..:sigh:
     
  14. Offline

    Keyheart Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 22, 2011
    Messages:
    82
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    mending minta slip biru, dendanya lebih ringan dibanding slip merah. soalnya klo slip merah dianggap melawan polisi.
     
  15. Offline

    radenmask Silent Reader Members

    Joined:
    May 23, 2010
    Messages:
    129
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +11 / -0
    kadang juga ini akal2an pihak berwajib yang bikin sebel :sebel: dianggap semua orang gak tahu hukum tapi mereka2 yang seringkali ngakali pengguna jalan supaya "bayar" :awas:
     
  16. Offline

    FirstX Beginner Members

    Joined:
    Apr 12, 2011
    Messages:
    304
    Trophy Points:
    101
    Ratings:
    +6,215 / -0
    urusannya akhirat deh klo ama polisi yg semena2..
    toh kekayaan yg haram ga akan jd daging malah jd beban ntr pas di akhir hayatnya..

    doakan aja supaya pak pol yg ga jujur di berikan kesadaran...aminnn...xixixix:peace:
    anggap aja sodakoh ama pa pol,,toh sodakoh bknnya ngurangin harta kita,,malah dapet pahala..:boong:
     
  17. Offline

    adi295 Beginner Members

    Joined:
    Nov 13, 2010
    Messages:
    257
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +78 / -0
    Tapi jangan menyalahkan polisi juga sih.
    Yang kena tilang itu juga pasti ada kesalahan, makanya ditilang.
    Kalau semua polisi jujur, maka semuanya pasti akan disuruh sidang ke polsek (Makan banyak waktu bro)

    Yang saya kurang suka itu jika kita melaporkan tindak kriminal (Seperti kerampokan dan kehilangan motor), bukannya dimintai keterangan, malah dimintai duit... suram

    Pantes aja curanmor dan perampok merajalela
    dan kriminalitas semakin melonjak menembus batas
     
  18. Offline

    XDree Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 3, 2011
    Messages:
    733
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +2,181 / -0
    Klo ane kena tilang gara² ga ada spion, cukup 10.000 rupiah. murah ya? :dead:
     
  19. Offline

    RainDog Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 8, 2010
    Messages:
    2,315
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +2,595 / -0
    gw ditilang karna gak bawa sim n stnk... cukup damai dengan polisi bayar 50k..:hahai:
    daripada ngantri di pengadilan...:hot:
     
  20. Offline

    esbuye Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 28, 2010
    Messages:
    93
    Trophy Points:
    7
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3 / -0
    mengerikan sekali ya denda nya .... ane pengen jadi pengendara yang baik ja deh
     
  21. Offline

    pertapagenit Members

    Joined:
    Jan 11, 2010
    Messages:
    4
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    wedew.. paling murah 250000

    tapi apa kenyataannya begitu
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.