1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Geography & Astronomy Hujan Meteor Leonid

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by FirmanKoCho, Nov 16, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    FirmanKoCho Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 3, 2009
    Messages:
    146
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +1 / -0
    Para ahli memprediksi puncak hujan meteorid akan terjadi pada 17 November. Hujan meteor Leonid, akan menyiram bumi dengan 30-300 bintang jatuh tiap satu jam, tergantung tempat yang tepat untuk melihat. Puncak hujan Leonids akan terlihat jelas bagi pengamat di Amerika Utara dan Eropa.Di daerah tersebut, pengamat disarankan untuk jauh dari lampu kota pada jam 2-4 pagi tanggal 17 waktu AS. Hujan meteor akan terlihat 30-50 meteor per jam. Tetapi di Asia, puncak terjadi pada saat subuh, sehingga pengamat berkesempatan lebih besar.

    “Berkat kemajuan komputer, sejak 1990-an kita telah mampu meramalkan aktivitas ini,” kata William Cooke, kepala Kantor Lingkungan Hidup Meteor NASA. “Tahun ini ada akan menjadi puncak ledakan Leonid, di mana jumlahnya hingga 300 per jam,” kata Cooke.

    Fenomena itu disebut Leonids karena memancar dari konstelasi Leo si singa, yang naik di atas cakrawala timur laut jam 1 sampai jam 3 tergantung dari lokasi. Seperti hujan meteor lain, Perseids dan Orionids, Leonids meninggalkan jejak di belakang komet yang mengorbit matahari. Ketika sebuah komet mendekati matahari, es yang mencair mengeluarkan potongan debu yang lebih besar dari butiran pasir. Saat melintasi bumi setiap tahun, komet terbakar di atmosfer.

    daerah yang kemungkinan akan melihat meteor leonid


    Ilmuwan menyebut Leonid seperti bintang rock yang temperamental. Kebanyakan hanya mengeluarkan sedikit penampakan 15 bintang jatuh dalam satu jam. Namun, dalam tahun lainnya, tiba-tiba bisa meletus Leonids sebagai badai meteor yang spektakuler, dengan tingkat lebih dari seribu meteor per jam. Itu karena jejak puing-puing komet yang menciptakan Leonids tidak merata. Orangtua komet, Tempel-Tuttle, mendekati matahari setiap 33 tahun dan meninggalkan gumpalan bahan segar.

    “Dalam kasus-kasus luar biasa, bumi akan menyelam di dekat komet, dan penampakannya akan benar-benar astronomis,” kata Geza Gyuk, seorang astronom di Planetarium Adler di Chicago. Seperti hujan Leonids pada 1833, misalnya, sebanyak seratus ribu meteor per jam, setara dengan rata-rata 30 meteor per detik, kata Gyuk.

    Untuk 2009, para ahli meramalkan Leonids lebih moderat namun awan selebar 100.000 kilometer yang terbuat dari puing-puing akan terbentuk seperti pada 1467 dan 1533. Seperti halnya hujan meteor, Anda tidak perlu peralatan optik mahal untuk menikmati pertunjukan itu, tambah Cooke. “Cara terbaik adalah dengan menggunakan mata telanjang sehingga dapat menerima sebanyak mungkin dari langit,” katanya. “Cukup berbaring, mempersenjatai diri dengan selimut hangat dan cokelat panas, dan hanya melihat lurus ke atas.”



    sory klo :repost: :thx: Just for Fun :piss:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    jerukno15 Lurking Around Veteran

    Joined:
    Jun 30, 2009
    Messages:
    1,968
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +18,487 / -0
    gak kelihatan dari Indonesia yah?
    aihhh... sayang :madesu:
     
  4. Offline

    aingpisan Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 5, 2009
    Messages:
    23
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    dari indonesia keliatan ngak bos?
     
  5. Offline

    K1va70 Beginner Members

    Joined:
    Sep 11, 2009
    Messages:
    392
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +819 / -0
    Dari Indonesia jam berapa kelihatannya, bro..??
     
  6. Offline

    4Duh Beginner Members

    Joined:
    Apr 11, 2009
    Messages:
    241
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +34 / -0
    di indonesia bisa diliat ga
    kapan??jam berapa????:sebel:
     
  7. Offline

    black_log Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 30, 2009
    Messages:
    228
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +6 / -0
    bener" pengen liat make mata telanjang neh...
    :sebel:
     
  8. Offline

    touranku Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 25, 2008
    Messages:
    139
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +2,339 / -0
    aaihh gag keliatan di indonesia yak
    padahal kayaknya seru tuh
     
  9. Offline

    jayu5 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 22, 2009
    Messages:
    233
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +40 / -0
    Malam Ini Puncak Hujan Meteor Leonid

    Selasa, 17 November 2009 | 11:52 WIB

    JAKARTA, KOMPAS.com - Jangan lewatkan kesempatan untuk mengamati hujan meteor Leonid yang bakal mencapai puncaknya Selasa (17/ 11) malam ini. Pemandangan langka dan tidak semua orang bisa menikmatinya ini bisa disaksikan dengan mata telanjang di semua wilayah dunia, bahkan paling baik dilihat dari Asia termasuk Indonesia.

    Setiap tahun, hujan meteor Leonid selalu mendapat pehatian dari para pengamat langit. Kali ini, kondisi langit juga mendukung karena sedang bulan dalam fase bulan baru sehingga cahayanya tidak mengganggu. Namun, pemandangan sektakuler tentu baru bisa dinikmati dengan syarat jika cuaca tidak mendung.

    "Kami prediksi 20-30 meteor per jam di atas langit Amerika dan sebanyak 200-300 meteor per jam di langit Asia," ujar Bill Cooke, pejabat di Meteoroid Environment Office NASA. Waktu terbiak untuk mengamatinya adalah setelah tengah malam hingga fajar.

    Disebut hujan meteor Leonid karena meteor-meteor yang melesat muncul dari pusat radian di atas rasi bintang Leo. Bulan November ini, rasi bintang ini bisa dilihat di arah Timur Laut pada malam hari. Hujan meteor Leonid berasal dari serpihan-serpihan komet Tempel-Tuttle yang tertinggal saat mendekati Matahari setiap 33 tahun sekali. Saat serpihan-serpihannya melintas atmosfer Bumi, ia akan terbakar dan terlihat sebagai meteor.

    Ukuran serpihan-serpihan berupa debu dan es itu sendiri rata-rata tak lebih besar dari butiran pasir. Namun, ada beberapa yang sebesar biji kacang atau kelereng. Namun karena arah gerak serpihan-serpihan itu berlawanan dengan gerakan Bumi, kecepatan meteor yang melesat bisa mencapai 72 kilometer perjam dan kadang-kadang membentuk jalur cahaya yang panjang dengan rona cahaya putih, biru, atau hijau.

    Jumlah meteor yang melesat setiap tahun berubah-ubah tergantung bagian yang bersinggungan dengan atmosfer Bumi. Tahun ini diperkirakan lebih banyak meteor yang terlihat dibandingkan tahun lalu. Namun, pemandangan paling spektakuler pernah terjadi antara tahun 1999 hingga 2002 saat ribuan meteor bisa dilihat dalam setiap jam sehingga mirip badai meteor.
     
  10. Offline

    K1va70 Beginner Members

    Joined:
    Sep 11, 2009
    Messages:
    392
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +819 / -0
    Gw gak sempat lihat kemarin...
    Buat bro-bro...yang sempet liat bagi ceritanya donk...
    Beneran ada 30 Meteor itu ?
     
  11. Offline

    shubenz Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    397
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +107 / -0
    ini dari detikNews bro,

    Jakarta - Anda pastinya tak ingin melewatkan peristiwa ini: hujan meteor Leonid malam nanti dan mencapai puncaknya subuh esok. Dijamin, Anda akan puas menyaksikannya.

    Peneliti Utama Astronomi-Astrofisika LAPAN Bandung Thomas Djamaluddin mengatakan, hujan meteor Leonid terjadi karena Bumi melalui sisa-sisa debu komet tumpele-tuttle. Puncak hujan meteor dapat dinikmati Rabu 18 November antara pukul 03.00 WIB - 04.00 WIB.

    "Kita bisa menikmati antara 100-500 meteor per jam pada waktu menjelang subuh nanti," kata Thomas saat berbincang dengan detikcom, Selasa (17/11/2009).

    Namun Anda semua sebaiknya berharap agar cuaca langit malam dan subuh esok cerah. Sebab hujan meteor tidak akan bisa dinikmati jika langit mendung.

    "Kalau langit mendung, ya tidak akan terlihat. Kebetulan malam ini bulan juga masih baru, jadi hujan meteor akan lebih mudah dinikmati," kata Thomas.

    Thomas mengatakan, hujan meteor Leonid ini akan terulang setiap setahun sekali. "Tapi untuk 2009 ini termasuk hujan meteor yang bagus karena cukup banyak meteor yang akan lalu lalang," katanya.

    Lalu adakah tips khusus untuk menikmati hujan meteor kali ini? Menurut Thomas, untuk menikmatinya tidak diperlukan alat khusus. Penggunaan alat malah akan mengganggu pandangan mata kita.

    "Hujan meteor ini akan terjadi di hampir setiap penjuru langit, jadi pakai alat akan mengganggu. Lebih bagus pakai mata telanjang," kata Thomas.

    Selain itu, ada baiknya jika kita menonton sambil dalam posisi tiduran. "Dengan rebahan, mata akan lebih mudah melihat ke seluruh langit. Bisa pakai tikar atau kursi malas yang bisa ditidurkan," ujarnya.

    Jadi jangan tidur dulu bro, tunggu ampe jam 4 pagi, itu puncaknya
     
  12. Offline

    4Duh Beginner Members

    Joined:
    Apr 11, 2009
    Messages:
    241
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +34 / -0
    wah gak sempet liat:tolong:
    kurang informasi:hiks:
     
  13. Offline

    fajaryadi Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 4, 2009
    Messages:
    649
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +352 / -1
    yach, dah lewat... lgpula, mank bisa dilihat dengan mata telanjang??
     
  14. Offline

    darkpsycho Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 20, 2008
    Messages:
    1,407
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +2,430 / -0
    ga ada yg upload pic nya nih??
     
    • Like Like x 3
  15. Offline

    K1va70 Beginner Members

    Joined:
    Sep 11, 2009
    Messages:
    392
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +819 / -0
    Di daerah gw kok gak ada yang bahas meteor ini ya ?
    Beneran ada gak sich....??
     
  16. Offline

    ophelia17 Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 14, 2009
    Messages:
    195
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +223 / -0
    ini mah gak keliatan di indo
    huh padahal penasaran
     
  17. Offline

    maul_r1 Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 27, 2009
    Messages:
    55
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +104 / -0
    ada kok
    tpi cuman 1 yg gw liat
    itu jg cepet bgd........
     
  18. Offline

    DwinZ Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 28, 2009
    Messages:
    729
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +269 / -0
    d bdg ga keliatan...cape setiap 1 jam g bolak balik keluar liatin langit tp ga ada apa2
     
  19. Offline

    K1va70 Beginner Members

    Joined:
    Sep 11, 2009
    Messages:
    392
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +819 / -0
    Wah..kalo cuma satu gak seru, bro...
    Namanya aja Hujan Meteor, kalo satu bukan "Hujan" donk....
    Sayang yach gak bisa liat Hujan Meteor-nya...
     
  20. Offline

    nobod1es Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 21, 2009
    Messages:
    717
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +263 / -0
    D Bali ga kliatan :hiks:

    padahal langit cerah, ampe kram leher ku liatin langit :madesu:
     
  21. Offline

    Angel0fDarkness Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 31, 2009
    Messages:
    885
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +1,020 / -0
    :madesu: udah lewat ya...?
    :voodoo:knp baru sekarang baruku dengar infonya
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.